Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Emas Masa Kini di Tabungan Emas Online

Investasi Emas

Menabung emas online adalah salah satu cara "kekinian" dalam berinvestasi demi masa depan Anda. Untuk sekian lama, emas terkesan sebagai investasi yang "angker", karena harga per gramnya yang cukup mahal, sehingga sulit dijangkau. Hal ini membuat para pengecer yang bermodal rendah keburu ngeri dan minder. Padahal, tabungan emas amat menjanjikan, mengingat tren harga emas yang stabil dan bahkan mengalami kenaikan dalam jangka panjang.

Untungnya, seiring kemajuan teknologi keuangan digital, sekarang orang sudah bisa membeli dan menabung emas dengan modal kecil. Membeli dan menabung emas sudah bisa dikatakan seperti judul lagu Oasis "Little by Little", sedikit demi sedikit. Dan sedikit yang saya maksud bukan lagi dalam ukuran 1 atau setengah gram, tetapi 0,01 gram atau sekitar Rp. 5.000. Beli emas sudah seperti beli camilan.

Tetapi, apa sesungguhnya menabung emas online itu? Apa saja keuntungannya? Dan bagaimana cara melakukannya?

Apa Itu Tabungan Emas Online?
Tabungan Emas online adalah layanan penitipan saldo emas secara digital melalui jaringan internet. Jika membeli emas secara offline, maka Anda akan memperoleh emas fisik, tetapi jika membeli emas secara online, maka Anda akan memiliki emas dalam bentuk saldo yang jumlahnya bisa Anda lihat secara real time

Nantinya, ketika saldo emas Anda sudah mencapai jumlah tertentu (biasanya minimal 1 gram), maka Anda bisa memilih untuk mencetaknya secara fisik.

Berhubung yang diperjualbelikan bukan emas dalam bentuk fisik, Anda bisa membeli emas dalam jumlah yang amat kecil. Anda bisa membeli emas mulai dari Rp. 5.000.

Dengan menabung emas secara online, Anda tidak saja bisa membeli emas, melainkan juga bisa menjualnya kapanpun dan di manapun. Bayangkan ketika harga emas naik dan Anda menekan tombol "jual" saat itu juga. Anda akan cuan. Tidak perlu repot ke toko emas untuk menjualnya.

Ringkasnya, dengan tabungan emas online Anda bisa membeli emas secara eceran, sedikit demi sedikit, hingga menjadi "bukit". Emas Anda beli melalui penyedia layanan melalui aplikasi atau marketplace tertentu. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank atau dompet digital.

Manfaat Tabungan Emas Online
Semua penjelasan tadi terdengar menjanjikan bukan? Tapi apa sesungguhnya keuntungan menabung emas online? Dikutip dari Duwitmu.com, berikut 5 keuntungan menabung emas online.

Manfaat Tabungan Emas Online

1. Harga emas relatif stabil
Harga emas relatif stabil dan bahkan cenderung meningkat (perhatikan grafik harga emas di atas). Kenapa? Emas umumnya dipandang sebagai komoditas yang kebal terhadap inflasi. Nilai emas lebih stabil jika dibandingkan dengan nilai mata uang atau komoditas lainnya. Karena itu, emas kerap digunakan sebagai penjamin mata uang tertentu.

Stabilitas harga dan kestabilan nilai menjadikan emas salah satu pilihan investasi teraman. Anda bisa membeli emas dengan harga murah saat ini dan menjualnya berkali lipat di masa depan. Hold atau tahan, kata orang-orang. Simpan selama mungkin, karena harganya cenderung naik.

2. Mudah dicairkan
Mencairkan tabungan emas online tidak sulit. Ada dua cara. Pertama, Anda bisa mencairkan tabungan dengan menjual saldo emas tabungan Anda secara langsung melalui aplikasi. Kedua, jika saldonya telah mencapai jumlah tertentu (biasanya minimal 1 gram), Anda bisa mencetak tabungan emas secara fisik dengan tambahan biaya cetak. Di beberapa layanan, Anda bisa mencetak tabungan emas menjadi perhiasan.

3. Aman
Ini bagian yang sangat penting. Anda harus menentukan penyedia layanan tabungan emas online yang bisa dipercaya. Ada banyak penyedia layanan di luar sana. Mencobanya satu persatu tentu bukan hal yang masuk akal. Anda perlu memilih penyedia layanan yang sudah punya track recoard seperti Pegadaian. Lembaga Pegadaian merupakan BUMN yang terdaftar sebagai lembaga hukum dan berpengalaman selama puluhan tahun.

4. Terjangkau
Melalui Pegadaian, Anda bisa membeli emas dalam satuan kecil, mulai dari 0.01 gram. Dengan demikian Anda bisa menabung dengan lebih fleksibel. Ada uang Rp. 5.000 saja? Anda sudah bisa membeli emas. Ada sisa kembalian, jajan Chatime saja Rp. 15.000. Bisa Anda pakai untuk membeli emas. Dan ketika saldo emas Anda sudah cukup, Anda bisa mencetaknya menjadi emas fisik.

5. Praktis dan Mudah
Ingat dengan lirik lagu ini : 'Buat apa susah, susah itu tak ada gunanya'. Hari-hari ini, saat kemajuan teknologi dapat membantu segala urusan, termasuk membuka tabungan emas secara online, susah itu makin tidak ada gunanya. Berkat kecanggihan smartphone, Anda bisa membuka tabungan emas secara online, di manapun dan kapanpun.

Atau jika Anda masih agak gagap dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa mengunjungi outlet Pegadaian untuk menimba informasi atau minta diajari. Buka tabungan emas dengan bantuan agen Pegadaian, lalu top up saldo awal sesuai kemampuan dan keinginan Anda. Selamat, sekarang Anda sudah punya tabungan emas.

Cara Membuka Tabungan Emas Online
Sebagai contoh, kita akan menggunakan layanan tabungan emas online dari Pegadaian. Seperti saya tulis di atas, Pegadaian adalah BUMN yang sudah punya pengalaman panjang dalam bisnis jual-beli emas. Selain itu, cara membuka tabungan emas di Pegadaian juga terbilang mudah. Jadi amat pas menggambarkan betapa mudahnya membuka tabungan emas secara online. Berikut cara praktis bagi Anda yang ingin membuka tabungan emas.

1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital melalui Google Play Store pada ponsel Anda.
2. Tunggu hingga proses instalasi selesai, lalu buka aplikasi tersebut.
3. Isi data identitas pribadi pada kolom-kolom yang tersedia sesuai perintah.
4. Isilah unit Pegadaian sesuai dengan wilayah kantor atau agen cabang di dekat tempat tinggal Anda.
5. Lakukan pembayaran untuk biaya pembukaan tabungan.
6. Lakukan konfirmasi pembayaran untuk mengaktifkan tabungan emas, bisa dengan mendatangi kantor terdekat atau menghubungi contact person. Waktu tunggu pengaktifan adalah selama 7 hari kerja.
7. Ambil buku tabungan dari unit kantor cabang yang Anda pilih saat pengaktifan berjalan lancar.

Epilog
Emas bukan lagi hal yang terlalu sulit untuk dimiliki. Dengan menyisihkan Rp. 5.000 saja, Anda sudah bisa membeli emas. Menarik bukan?

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Sekarang, saya mau beli emas dulu. Ada sisa uang kembalian setelah beli batagor Mas Andi. Batagornya enak banget. Emasnya juga.

2 komentar untuk "Cara Menabung Emas Masa Kini di Tabungan Emas Online"

  1. Aku bersyukur udah melek emas dari lama :D. Tapiii nyeselnya Krn sempet Hiatus 2017 dan fokus Ama saham. Tapi sejak pandemi melanda, aku stop semua investasi saham dan obligasi ku, dan berpaling lagi ke emas :D.

    Cara yg aku pake 2-2nya mas, beli lwt pegadaian, dan juga beli fisik batangan. Krn biar gimana, kadang aku seneng aja megang fisiknya gitu :D. Apalagi kalo ada yg motifnya batik, ato kayak Keluaran King Halim gambarnya lucu2.. ada Masjidil haram, ada naga dll. Itu aku beli juga :D. Lumayan utk koleksi.

    Sekarang harga emas melangit, aku pilih stop dulu membeli, Krn aku yakin ini bakal turun sih. Ada yg nyaranin untuk jual emas batangan yg aku punya, tp jgn semua. Cuma aku ga mau. Biarin aja disimpen. Toh aku nabung emas memang utk investasi JK panjang , utk bekal pas udah tua ntr :D. Aku udah itung2 aku bakal butuh kurleb 800gr untuk bisa hidup kayak skr saat pensiun nanti. Dan yg aku kumpulin baru setengah.

    Jadi biar aja di keep dulu :D. Ga pengen nyusahin anak kalo udh tua

    motivasiku nabung emas,Krn orang tua pernah bilang, naik haji itu zaman dulu cuma butuh 99 gr. Sekarangpun, naik haji tetep 99 gr :D. Makanya aku selalu sisihin sebagian uang utk beli emas tiap bulan. Sampai targetku tercapai. Lebih malah bagus. Setidakny pengen juga pas udah pensiun, menikmati hidup dengan traveling bareng suami :D. Mkanya nabung emas dari skr, biar ga kena inflasi.

    BalasHapus
  2. Wah ini keren bisa jadi panutan Mba Fanny. Siap makasih sudah berbagi ceritanya di sini ya

    BalasHapus