Koleksi Resep Sambal yang Menggoda. Bikin Ketagihan! (Part 1)

Koleksi Resep Sambal yang Menggoda. Bikin Ketagihan! - Blog Mas Hendra

Resep Sambal yang Menggoda - Bagi sebagian orang di Indonesia, makan tanpa mengkonsumsi sambal, rasanya seperti ada yang kurang. Maka tidak heran jika banyak orang menambahkan sambal di menu makan mereka, untuk menambah selera makan. Sambal memang memiliki rasa yang mampu membangkitkan nafsu makan.


Sudah bukan rahasia lagi jika sambal di Indonesia dibuat dari bermacam-macam bumbu, sehingga menghasilkan citarasa yang beragam. Lain wilayah, maka rasa dan nama sambal pun berbeda-beda, tergantung jenis bumbu yang digunakan.


Tidak hanya sebagai penambah nafsu makan saja, ternyata mengkonsumsi sambal (makanan pedas, cabai) memiliki beberapa manfaat yang justru baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang lansir dari laman lifestyle.kompas.com berikut ini :

- Menurunkan berat badan
- Menyehatkan jantung
- Melancarkan sirkulasi darah
- Antikanker
- Meningkatkan fungsi pencernaan
- Membantu mengurangi flu
- Membantu tidur menjadi lebih nyenyak
- Menjaga mood
- Melancarkan pencernaan

Tapi meski rasa sambal sangat menggoda, jangan terlalu banyak mengkonsumsinya ya guys, nanti malah bisa bikin sakit perut, karena berlebihan. 

Nah bagi pecinta sambal, saya akan share koleksi resep sambal yang menggoda dan maknyoos, bisa bikin ketagihan.

1. SAMBAL BAWANG CUMI ASIN PEDAS
Sambal Bawang Cumi Asin Pedas - Blog Mas Hendra
SAMBAL BAWANG CUMI ASIN PEDAS
by: @aras_galeri

Bahan
500 gr cabe rawit merah
1 ons cabe merah kriting
250 gr cumi asin
400 gr bawang merah
Garam, gula pasir dan sedikit kaldu bubuk non msg

Caranya
1. Cuci bersih cumi, buang semua kotoran dan plastik cumi, potong-potong lalu rebus dan buang air rebusannya.
2. Goreng cabe dan bawang, tiriskan lalu ulek kasar.
3. Panaskan sedikit minyak, tumis cumi asin sebentar, lalu masukkan sambal, bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk, masak dengan api kecil sampai keluar minyak, setelah dingin simpan dalam toples kaca kedap udara.

2. SAMBAL BAWANG CUMI ASIN
Sambal Bawang Cumi Asin - Blog Mas Hendra
SAMBAL BAWANG CUMI ASIN
by: @aras_galeri

Bahan
300 gr cabe rawit merah
200 gr cabe merah kriting
250 gr cumi asin
250 gr bawang merah
Garam, gula pasir dan sedikit kaldu bubuk non msg, saya pake kaldu jamur umamitake (bisa googling untuk liat bentuknya ya)

Caranya
1. Cuci bersih cumi, buang semua kotoran dan plastik cumi, lalu rebus dan buang air rebusannya.
2. Goreng cabe dan bawang, tiriskan lalu ulek kasar.
3. Panaskan sedikit minyak, tumis cumi asin sebentar, lalu masukkan sambal, bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk, masak dengan api kecil sampai keluar minyak, setelah dingin simpan dalam toples kaca kedap udara .

3. SAMBAL BAWANG IRIS PETE
Sambal Bawang Iris Pete - Blog Mas Hendra
SAMBAL BAWANG IRIS PETE
by: @aras_galeri

Bahan
250 gr cabe rawit merah 
250 gr bawang merah
2 bombay ukr sedang
1 tomat merah
3 papan pete
1 sdm gula pasir (boleh di skip kalo doyan pedes banget)
Garam dan kaldu bubuk

Caranya
1. Iris cabe kecil-kecil, bisa pake gunting, lalu bejek-bejek sebentar pake batu ulekan (langsung di dalam baskom saja).
2. Iris bawang merah dan bombay, tomat di potong dadu kecil-kecil.
3. Irisan cabe bawang tomat semua langsung ditumis dalam minyak panas (saya pake minyak bekas goreng ayam yang sudah disaring, jadi wangi banget) masak dengan api kecil sampai 30 menit (kalo mau lebih pedas, cukup 10-15 menit saja) bumbui garam, gula dan kaldu bubuk, 5 menit sebelum di angkat, masukkan pete, aduk-aduk, nanti setelah diangkat pete akan layu.

4. SAMBAL BAWANG TERASI PEDAS
Sambal Bawang Terasi Pedas - Blog Mas Hendra
SAMBAL BAWANG TERASI PEDAS
by: @aras_galeri

Bahan
25 cabe rawit merah
5 cabe rawit ijo
5 cabe merah kriting
1 tomat ukr besar
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 jeruk limo 
1 sdt terasi goreng
Garam dan gula pasir

Caranya
Goreng cabe, tomat dan bawang, ulek kasar lalu tambahkan terasi, garam dan gula, tetesi dengan air jeruk limo.

5. SAMBAL DADAK
Sambal Dadak - Blog Mas Hendra
SAMBAL DADAK
- sambel mentah -
by: @aras_galeri

Bahan
5 cabe merah kriting
5 cabe rawit merah
5 cabe rawit ijo
2 siung bawang merah
1 tomat merah
1 jeruk limo
Garam dan gula pasir

Caranya
Ulek cabe-cabean dan bawang merah, tambahkan garam dan gula lalu ulek kasar potongan tomat merah, tetesi air jeruk limo, mau tambah penyedap ya monggo.. sesuai selera saja.. **karena cabenya mentah jadi pastikan cabe-cabenya bagus dan mulus ya, bukan yang udah kisut alias keriput.

6. SAMBAL GANDARIA
Sambal Gandaria - Blog Mas Hendra
SAMBAL GANDARIA
by: @aras_galeri

Bahan
10 Cabe merah kriting
10 Cabe rawit merah
10 Cabe rawit ijo (jumlah cabe sesuaikan saja sama selera masing-masing ya)
1 tomat merah 
5 buah gandaria iris-iris
1 sdt terasi goreng
1 sdt gula jawa
1 jeruk limo
garam

Caranya
Goreng sebentar cabe dan tomat, ulek kasar dengan garam, terasi dan gula jawa, tetesi air jeruk limo lalu campurkan dengan irisan gandaria.

7. SAMBAL IJO TERASI PEDAS
Sambal Ijo Terasi Pedas - Blog Mas Hendra
SAMBAL IJO TERASI PEDAS
by: @aras_galeri

Bahan
1 ons cabe rawit ijo
10 cabe ijo kriting
1 tomat merah
1 sdt terasi goreng
1/2 sdm gula pasir
2 jeruk limo
garam

Caranya
Goreng cabe dan tomat, tiriskan lalu ulek kasar dengan terasi, tambahkan garam dan gula, tetesi dengan air jeruk limo.



8. SAMBAL TERASI PEDAS
Sambal Terasi Pedas - Blog Mas Hendra
SAMBAL TERASI PEDAS (tanpa bawang)
by: @aras_galeri

Bahan
10 cabe ijo kriting
10 cabe merah kriting
10 cabe rawit merah
* Jumlah cabe bisa disesuaikan dengan level pedas masing-masing ya.. 😊
1 tomat merah
1 sdt terasi goreng
1 sdt gula jawa
2 jeruk limo
Garam

Caranya
Goreng sebentar cabe dan tomat, ulek kasar, tambahkan terasi, garam dan gula jawa, ulek lagi, tetesi air jeruk limo, kalo mau tambah penyedap silahkan saja sesuai selera.

Note : banyak yang tanya saya pake terasi apa, saya pake terasi cirebon yang segede sabun mandi batangan, trus digoreng, simpen di dalam wadah kedap udara taroh di pintu kulkas, kalo butuh tinggal pake gak usah digoreng lagi, terasinya lebih enak dibanding yg kemasan kecil-kecil itu.

9. SAMBAL TERASI TELUR PUYUH
Sambal Terasi Telur Puyuh - Blog Mas Hendra
SAMBAL TERASI TELOR PUYUH
by: @aras_galeri

Bahan
15 telur puyuh rebus 
15 cabe merah kriting
Segenggam cabe rawit ijo
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 tomat
1/2 sdt terasi 
1/2 sdm gula jawa
2 lbr daun jeruk
1 lbr daun salam
Garam

Caranya
Ulek cabe, bawang, tomat dan terasi, lalu tumis dalam minyak panas dengan daun salam dan daun jeruk, setelah harum masukkan telUr puyuh rebus, bumbui dengan garam dan irisan gula jawa, tambahkan sedikit air, masak dengan api kecil sampai cabe matang dan tanak (keluar minyak).

Noted : Telor puyuh jangan yang sompal kebuka kuningnya ya, jadi pelan-pelan ngupasnya biar mulus, kalo kuning telor kebuka nanti sambelnya cepet basi.

10. SAMBAL TERASI
Sambal Terasi - Blog Mas Hendra
SAMBAL TERASI 
by: @aras_galeri

Bahan
10 cabe rawit merah
10 cabe rawit ijo
5 cabe merah besar
1 tomat
1 jeruk limo
1 sdt gula jawa
1 sdt terasi goreng
Garam

Caranya
Goreng sebentar cabe dan tomat, tiriskan lalu ulek dengan terasi, garam dan gula jawa, tetesi air jeruk limo, simpeeel tapi rasanya maknyuss, kalo mau tambah penyedap ya monggo, tapi gini aja udah enaaak.

11. SAMBAL TERI
Sambal Teri - Blog Mas Hendra
SAMBAL TERI
by: @aras_galeri

Bahan
5 cabe merah kriting
5 rawit merah
segenggam rawit ijo
1 tomat merah ukr besar
1 sdt terasi goreng 
3 sdm teri goreng
1 jeruk limo
1 sdm gula pasir
garam

Caranya
Goreng sebentar cabe dan tomat, tiriskan lalu ulek kasar dengan terasi, gula dan garam, tetesi air jeruk limo lalu taburi dengan teri goreng.

12. SAMBALADO HIJAU TERI
Sambalado Hijau Teri - Blog Mas Hendra
SAMBALADO HIJAU TERI (sambal ijo teri)
by: @aras_galeri
Bahan
250 gr cabe ijo besar
1 ons cabe rawit ijo
6 tomat ijo ukr kecil
8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 jeruk nipis
2 lbr daun jeruk
1 lbr daun salam
1 ons teri goreng
Garam dan gula pasir
.
Caranya
1. Didihkan air, tambahkan sejumput garam lalu masukkan cabe, bawang merah & tomat,, setelah layu tiriskan, ulek kasar dengan bawang putih mentah
2. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis sambel, daun jeruk & daun salam,, bumbui dengan gula dan garam, kalau mau pake kaldu bubuk atau tambah penyedap silahkan aja ya, tp gula garam aja udh enak kok
setelah dingin, campurkan dengan teri goreng

Tips biar sambel ijo warnanya cantik dan gak hitam

1. Sebelum cabe diulek, tetesi cabe dengan air perasan jeruk nipis dulu ya.
2. Air untuk merebus cabe didihkan dulu, tambah garam, baru masukkan cabe dan bahan lainnya, jadi warnanya tetep cantik .
3. Kalau mau pake cabe ijo kriting, boleh gak ditambah rawit, tapiii cabe ijo besar harus pake rawit biar gak bau langu sambalnya.

💗💗💗💗💗

Gimana guys, setelah baca artikel ini, mau bikin sambalnya? Kalau memang mengaku pecinta sambal, silahkan langsung dipraktekkan resep sambal yang menggodatersebut. 

Demikian artikel tentang koleksi resep sambal yang menggoda dan bikin ketagihanSemoga bermanfaat.

Referensi foto dan artikel resep : https://web.facebook.com/prasastyhatiku88/posts/1499168870180539

22 comments

Sambel teri mantap mas
Apalagi kalo ada tambahan kacang gorengnya

Mantap memang bang, apalagi lawuknya pake pizza

Bikin ngiler nih Mas,mana belum makan sore lagi ni hehe

Biar tambah kenyang, makan nasinya sambil liatin foto sambal di postingan ini ya cikgu, hehehe...

Satu lagi yang terlewat: Sambalado dari Ayu Tingting. Itu menggoda banget sih. Apalagi pinggulnya. Oke, salah fokus. XD

Makanan kesukaan ku nih, kalau makan gak ada sambel itu rasanya aneh banget... :(

Rasanya kayak ada yang kurang yah. Berarti Anda aseli orang lokal, hehehe

Wah kalo yang itu lain lagi, bikin ketagihan juga sih, *eh

wah kalau yang sambal iris pete tuch ane suka, mantap banget sepertinya tuch

saya paling suka sambal pete mas hendra bikin lupa berhenti makannya

Yang jelas hampir semuanya mantap mas

Yang jelas hampir semuanya mantap mas,

astagaaaa...sambalnya menggoda semuaaa! Salam kenal dari NYC yaaa

itu sambalnya menggoda banget semua! Salam kenal dari NYC :)

Salam kenal juga. So pasti lah, kalo sambal gak ada yang gak menggoda

So pasti menggoda semuanya ya mba..

Haiyaaa enaknya ini. D rumah masih ad terasi. Mau beli pete ah, menggiurkan ini

Mantaap deh artikel bermacam sambalnya ...

Lihat foto2nya, sukses bikin kuping aku gatal.
Kuping gatal ?.
Percaya atau ngga, beneran tiap kali aku lihat sambal langsung ataupun dari foto ... mendadak kupingku jadi sangat gatal.
Tapi kalo udah makan sambal, gatal itu hilang.

Hahaha 🤣

Silahkan dicoba resep-resep sambalnya mba

Wah kok bisa ya?! Yaudah, berarti emang harus langsung dipraktekin ngolah sambal kayak resep diatas mas....

Hahaha ... Begitulah yang kualami,Hend 😂
Refleks kuping jadi sangat gatal lihat sambal.

Buat yang pertama akan kupraktekin sambalado hijau teri 😉

Siiplah, ditunggu postingannya, hehehe


EmoticonEmoticon