Jangan Asal Daftar Tes! Kenali Dulu 3 Lembaga Tes Bahasa Inggris Paling Populer


Di zaman now yang serba modern dan canggih, sudah bukan rahasia lagi kalau generasi penerus dituntut untuk mahir menguasai bahasa asing, yah minimal bahasa Inggris. Dalam kehidupan kita sehari-hari pun tidak terlepas dari tulisan-tulisan bahasa Inggris. Untuk itulah pentingnya belajar bahasa Inggris. Bahkan bahasa Inggris sudah dikenalkan sejak usia TK. Dan menjadi mata pelajaran wajib mulai dari usia SD.



Jika kita ingin memasuki dunia kerja atau ingin mengambil beasiswa keluar negeri, kita pun dituntut untuk memiliki keahlian dalam bahasa Inggris. Tidak jarang, untuk memuluskan langkah ini, banyak orang yang rela mengikuti tes bahasa Inggris untuk memperoleh sertifikat resmi. Sertifikat ini juga sebagai modal untuk digunakan berbagai kepentingan lainnya.

Mungkin kalian masih ada yang bingung ketika ingin mengikuti tes bahasa Inggris. Karena sekarang ini tempat tes bahasa Inggris pun semakin beragam. Mungkin banyak yang mengenal TOEFL sebagai tes bahasa Inggris paling populer. Tapi sebenarnya masih ada lagi loh, yakni IELTS dan TOEIC.

Nah melalui artikel ini, saya akan membahas mengenai ketiga lembaga tes bahasa Inggris yang paling populer ini :

1. TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)
TOEFL merupakan lembaga tes bahasa Inggris paling populer di dunia. Lembaga ini sudah berdiri sejak tahun 1964. Untuk sertifikat yang dikeluarkan oleh TOEFL hanya berlaku selama 2 tahun saja.

Setidaknya ada tiga macam tes TOEFL ini, yakni paper, computer dan internet based. Untuk TOEFL Paper Based Test (PBT), masih menggunakan cara lama, yakni tes dikerjakan di atas lembaran soal. Dan cara inilah yang paling umum dari tes TOEFL. 

Tes TOEFL PBT meliputi :
- Listening
- Reading
- Structure

TOEFL PBT pun penyelenggaranya berbeda-beda. Untuk TOEFL PBT biasa digunakan untuk keperluan internasional, seperti melamar ke universitas atau perusahaan asing. Sedangkan yang hanya digunakan untuk standarisasi di dalam negeri atau di dalam institusi adalah TOEFL instituisonal-Institutional Testing Program (ITP).

Seiring perkembangan zaman, TOEFL pun mengalami perkembangan untuk mengerjakan beragam tes, yakni tes dikerjakan dengan menggunakan komputer, biasa disebut TOEFL Computer Based Test (CBT).

Tes TOEFL CBT meliputi :
- Listening
- Reading
- Structure
- Writing

Berbeda dengan kedua model tes diatas, tes yang ketiga ini menggunakan basis internet, meski pengerjaannya sama-sama lewat komputer. Tes TOEFL Internet Based Test (IBT) ini harus tersambung dengan internet agar tetap dapat berinteraksi satu sama lain (interaktif).

Tes TOEFL IBT meliputi :
- Listening
- Reading
- Structure
- Writing
- Speaking

2. IELTS (International English Language Testing System)
Bagi sebagian orang, tes ini jauh lebih sulit dibanding dengan TOEFL. Dimana letak kesulitannya? Di sini kalian akan berhadapan langsung dengan penguji native.

Tes IELTS ini sangat cocok bagi kalian yang ingin melanjutkan studi ke negara-negara eks persemakmuran atau persemakmuran Inggris, maka IELTS-lah yang dibutuhkan.

Tes IELTS digunakan untuk kebutuhan :
- Visa Luar Negeri
- Akademis ke Inggris dan Australia

Tes IELTS meliputi :
- Listening
- Reading
- Writing
- Speaking
Popularitas TOEFL dinilai mulai meredup seiring banyak universitas di Amerika Serikat juga mulai menerima tes dari IELTS.

3. TOEIC (Test of English for International Communication)
Berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang biasanya digunakan untuk keperluan umum atau akademik, maka TOEIC lebih fokus untuk yang ingin bekerja di lingkungan internasional.

Adapun skill yang difokuskan adalah kemampuan yang riil di dunia kerja, seperti mampu berkomunikasi, meeting dan konverensi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Tes TOEIC meliputi :
- Listening
-Reading

Tes TOEIC digunakan untuk kebutuhan :
- Keperluan kerja di luar negeri
- Keperluan kerja di perusahaan asing di Indonesia

Nah kalian sudah paham kan, perbedaan ketiga lembaga tes bahasa Inggris tersebut. Masing-masing memiliki standarisasi dan spesifikasi yang berbeda, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kalian.


Semoga dengan artikel ini, kalian tidak bingung lagi memilih tempat tes bahasa Inggris untuk mendapatkan sertifikat resmi.

Semoga bermanfaat.

12 comments

sampai sekarang masih tes toefl doang,belum pernah nyobain ielts ataupun toeic.

Iya soalnya TEFL ini paling populer jika dibanding IELTS atau TOEIC

Dulu pernah kepikiran ikut tes toefl tapi nggak kesampaian keburu lenyap hafalannya..

aku belum pernah semuanya bang padahal sangat perlu test-test ini

Dicoba lagi mas Dwi, siapa tau bisa lolos dan diterima kerja di Afganistan

Disesuaikan saja dengan kebutuhan mas,

jadi nilai test mas hendra pasti sempurna ya

sertifikat toefl sering menjadi persyaratan lamaran pekerjaan yang bikin mubazir belum dpt kerjaan udah kadaluarsa, ya sebenarnya ilmunya sih nggak mubazir tp pemanfaatannya utk syarat kerja itu yg bikin ikutan kursus hehe

Toefl yg sudah pernah. Karena kebutuhannya masih di dalam negeri saja 😊

gak lah mang, saya malah baru ikutan tes TOEFL, itu pun dulu banget pas masa sekolah. Yang dua malah belum pernah ikutan, karena masih terhitung baru dan belum begitu familiar

Memang disinilah salah satu kekurangannya, tapi mungkin saja tujuannya baik, siapa tau seiring perkembangannya, materi test yang akan diberikan selalu menyesuaikan dengan zaman dan dunia kerja...

Saya juga sudah pernah test TOEFL, tapi masih sebatas untuk kebutuhan sekolah saja, karena memang belum masuk ke dunia kerja.


EmoticonEmoticon