Tempuh Jarak 40 KM Setiap Hari? Ini Rahasia Motor Supra X 125R Tetap Tokcer


Motor merupakan moda transportasi paling favorit bagi masyarakat perkotaan, termasuk saya. Dengan menggunakan motor, saya dapat menghemat waktu lebih cepat jika menggunakan mobil atau pun angkutan umum. Biaya perawatan yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, tidak seperti mobil yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Makanya tidak heran jika di jalanan jumlah motor lebih mendominasi dibanding mobil, karena dinilai lebih praktis dan hemat.

Untuk menuju tempat kerja di daerah Bundaran HI, dari tempat tinggal saya di Pengasinan, Depok, dengan menggunakan motor Honda Supra X 125R, saya harus menempuh jarak yang lumayan cukup jauh, yakni sekitar 19-20 km. Ini artinya saya harus menempuh jarak sekitar 38-40 km dalam sehari pulang pergi.

Jarak yang jauh tentu saja menyebabkan kondisi mesin motor saya cepat panas. Dan akan berpengaruh dengan komponen lainnya. Untuk itu diperlukan perawatan yang ekstra agar kondisi mesin motor tetap bagus dan prima setiap hari.

Beruntung, motor saya merk Honda, yang dikenal memiliki kualitas mesin yang bagus. Saya akui memang, mesinnya bandel dan awet. Tapi meski demikian, saya tidak boleh lengah, dan tetap harus merawatnya dengan baik, agar mesin motor tetap dalam keadaan prima setiap hari, apalagi jarak tempuhnya sangat jauh dan lama.

Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan untuk merawat mesin motor tetap prima meski dipakai setiap hari dengan jarak tempuh yang jauh :

1. Biasakan mengisi bahan bakar beroktan tinggi
Biar motor tua (motor tahun 2006), saya selalu isi bensin dengan pertamax. Karena dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi (90 keatas), akan menyempurnakan pembakaran dalam mesin motor Anda. Kinerja motor juga akan tetap terjaga dengan baik, karena bahan bakar beroktan tinggi lebih sedikit atau bahkan tidak meninggalkan kerak sisa pembakaran di dalam mesin, sehingga dinilai lebih baik daripada menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Nilai oktan untuk pertamax plus 95 pertamax adalah 92, pertalite 90 dan premium 88.

Untuk jarak tempuh sekali jalan 19-20 km, saya isi pertamax untuk 2 hari.

2. Ganti oli secara rutin
Jangan lupa untuk rutin ganti oli. Anjuran yang disarankan untuk mengganti oli adalah jika sudah menempuh jarak 1.000 km atau setiap 2 bulan sekali. Tapi saya selalu mengganti oli setiap bulan, karena ini hanya untuk menjaga kondisi mesin motor agar tetap terjaga dengan baik. Meski begitu, ketika mengganti oli, masih ada tersisa sedikit oli dari mesin motor saya.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang motor : 
Mengganti Spare Part Original di AHASS Cirendeu Raya
Biaya Turun Mesin Honda Supra X 125

3. Service secara berkala
Selain mengganti oli secara rutin, sebaiknya lakukan perawatan atau tune up motor secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjaga mesin motor selalu prima. Biasanya saya lakukan tune up setiap bulan. Tapi kalau kondisi motor masih enak untuk dibawa, saya tune up maksimal setiap 2 bulan.

4. Rajin cuci motor
Nah ini juga cukup penting loh. Mencuci motor secara rutin, dapat menghilangkan sisa-sisa tanah yang menempel di rantai atau bahkan di mesin. Jika sisa-sisa tanah ini mengering dan menempel di rantai, tentu kinerja rantai motor kurang maksimal, sehingga rantai cepat rusak. Hal ini juga berlaku untuk komponen lainnya. Meski musim hujan tiba, sebaiknya tetap mencuci motor walau hanya dengan mengguyurnya saja.

5. Segera periksa kondisi motor
Jika motor terasa tidak enak ketika dibawa berkendara, sebaiknya cepat membawanya ke bengkel untuk diperiksa. Jangan tunggu sampai motor rusak, baru deh ke bengkel. Langkah ini untuk mencegah agar kerusakan tidak bertambah parah dan merembet ke komponen motor yang lainnya.

Segera lakukan langkah-langkah diatas kalau Anda mau mesin motor tetap prima dan terjaga dengan baik. Meski motor tua sekalipun, kalau perawatannya rutin, maka akan lebih awet dan tahan lama. 

Nah inilah rahasia motor Honda Supra X125R saya yang sudah uzur tetap prima meski jarak tempuh lumayan jauh dan setiap hari.

Semoga bermanfaat.


10 comments

Rajin mencuci ini yang kadang terasa aras-arasan. Saya salut nih, sungguh kuat fisiknya pulang pergi kerja naik motor.

Waah Pastinya sudah kecapaian ya tuh Motor 40 km sehari.Harus siap siap pengganti dong Mas takutnya harus turun mesin.Tapi Honda sih Awet Motor saya th 2006 tapi masih OYE

motor begini tangguh banget mas kakak saya punya motor seperti ini tahan banget, Honda!!!!

Dibawa enjoy aja bang, meskipun capek, tapi buat keluarga

Selama masih oke, pakai terus ya mas.

Terlebih kalau niatnya udah ibadah ya, Mas. Beuh berasa nyaman aja. Semoga sehat selalu, Mas.
Supranya juga semoga bisa mengantar selalu untuk menjempur rezeki..

Insha Allah mas, kuat dan awet tahan lama

Aamiin makasih mas, mas Andi juga semoga sehat-sehat selalu dan bisa sukses tercapai cita-citanya, aamiin...

Rajin rajin cuci motor ternyata bisa bikin irit bahan bakar ya mas. baru tau. nice infooo.

Bukan irit bahan bakar mas, tapi membuat komponen dan spare part motor jadi lebih awet, karena terhindar dari tanah, kotoran dan lumpur yang menempel yang kalau didiamkan bisa menyebabkan komponen tersebut gak maksimal, sehingga membuatnya cepat rusak


EmoticonEmoticon