Kuota Internet Cepat Habis? Lakukan 5 Hal Berikut Sekarang Juga!

5 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Smartphone - Blog Mas Hendra

5 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Smartphone - Kamu pernah merasa gak sih, kuota internet kamu cepat habis? Padahal internetan di smartphone juga biasa-biasa saja. Buka video streaming pun gak pernah. Kalau kamu ingin menghemat kuota internet kamu, berarti kamu sudah berada di artikel yang tepat. Karena kali ini, saya akan berbagi artikel tentang 5 cara jitu menghemat kuota internet di smartphone.


Seperti kita ketahui ada beberapa aplikasi di smartphone yang tanpa kamu sadari, dapat menyebabkan kuota internet tersedot. Mau dihapus, tapi sayang, sementara kamu suka banget sama aplikasi tersebut. Nah daripada galau, sebaiknya langsung saja kamu simak caranya di bawah berikut ini :

1. Membatasi Paket Data Harian
Kalau kamu khawatir gak bisa mengontrol pemakaian paket data, sebaiknya kamu mengaktifkan fitur "Data Usage" atau "Pemakaian Data" di smartphone kamu. Dengan fitur ini, kamu akan menerima "peringatan" ketika pemakaian data kamu telah mencapai batas paket data harian yang telah ditentukan.

2. Meminimalkan Penggunaan Aplikasi Chatting
Mulai sekarang hindari untuk memasang banyak aplikasi chatting di smartphone. Pilih aplikasi chatting yang biasa digunakan sesuai kebutuhan. Seperti kita ketahui, aplikasi chatting yang selalu aktif dan tetap berjalan di background, dapat menguras pemakaian kuota internet. Bayangkan kalau kamu memasang banyak sekali aplikasi chatting di smartphone kamu?

3. Buka Aplikasi Instagram Menggunakan Wifi
Kalau kamu suka banget membuka Instagram di smartphone kamu, maka tanpa kamu sadari, Instagram dapat menguras kuota internet loh, apalagi kalau kamu terus-terusan membuka foto dan juga video di Instagram. Maka sebaiknya kamu bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi untuk membuka Instagram agar kuota internet kamu gak cepat habis.


4. Install Browser yang Ringan dan Hemat Data di Smartphone
Jika kamu rajin menjelajah internet dengan menggunakan browser di smartphone, maka pilihlah browser yang ringan dan dapat menghemat kuota data. Kira-kira browser apa saja ya ringan? Nah kamu bisa menggunakan salah satu browser : 

- Opera Browser
- Apus Browser
- CM Browser
- Ace Browser
- UC Browser

5. Nonton Video di YouTube Offline
Bagi kamu yang hobi nonton video di YouTube, kamu bisa memanfaatkan fitur video offline yang ada di YouTube. Manfaatkan akses Wi-Fi untuk men-download video dari YouTube, lalu kamu bisa menyimpannya secara offline dan kamu bisa menontonnya di lain waktu. Dengan cara seperti ini, maka kamu tetap dapat menghemat kuota internet di smartphone.

Nah itu tadi artikel tentang 5 cara jitu menghemat kuota internet di smartphone. Dengan menerapkan ke-5 cara diatas dapat menghemat kuota internet kamu lebih banyak.

Semoga bermanfaat.

2 comments

Pantes cepet boros saya mas Hendra
pake browser Mozila
saya malah kadang cuma untuk hotspot di laptop
itupun untuk kegiatan ngeblog tapi borosnya minta ampun

Saya juga pakai untuk hotspot di laptop untuk internetan dan ngeblog. Memang sih boros, tapi cukup untuk 1 bulan mas, hehehe


EmoticonEmoticon