Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan Aplikasi WhatsApp


Seperti kita ketahui, aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang paling banyak digunakan saat ini. Lebih dari 1,5 milyar pengguna memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk saling berkirim pesan teks, gambar, video, dokumen dan audio. Bahkan menariknya lagi, kini Anda juga dapat melakukan panggilan suara dan juga video call melalui WhatsApp.


Jika Anda sebagai pengguna aktif WhatsApp, Anda juga mungkin telah bergabung dengan banyak grup chatting untuk saling berkirim pesan. Untuk dapat mengakses semuanya, tentu saja Anda membutuhkan akses internet yang kencang dan juga kuota yang banyak.

Kabar baiknya, WhatsApp telah menyediakan fitur alternatif untuk mengurangi penggunaan kuota penggunanya. Berikut adalah langkah cara menghemat kuota saat menggunakan aplikasi WhatsApp :

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp, lalu klik titik berjumlah tiga di pojok kanan atas. Lalu pilih "Setting" (setelan).


2. Pada menu Setting, lalu pilih menu Data and Storage Usage (penggunaan data dan penyimpanan).


3. Ini merupakan bagian yang paling penting. Pada menu "Media auto-download" (unduh otomatis media), lalu klik sub menu "When using mobile data" (saat menggunakan data selular), hilangkan semua centang, agar foto, audio, video dan dokumen tidak terdownload secara otomatis ke smartphone Anda, sehingga kuota Anda tidak terkuras terlalu banyak, terutama file yang berukuran besar.


4. Langkah terakhir, silahkan centang pada menu "Call settings - Low data usage". Hal ini untuk menghemat kuota Anda ketika melakukan panggilan suara maupun video call.


Dengan menerapkan keempat langkah diatas, semoga aplikasi WhatsApp tidak boros kuota lagi. Demikian artikel tentang Cara Menghemat Kuota Saat Menggunakan Aplikasi WhatsApp.


Semoga bermanfaat.


10 comments

Sip, udah semua mas. Tapi yang jadi masalah sekarang gimana caranya ngurangi size aplikasi yang makin hari makin gede banget.

Waktu itu aku baru saja ikut grup darma wanita yang isinya banyak ngeshare foto. Capek hapus foto, akhirnya aku nanya adik. Dan akhirnya pakai yang tidak auto download.

Gak bisa dihindari mas, karena aplikasi harus terus update untuk performa yang lebih baik dan mendapatkan fitur-fitur terbarunya.

Nah ini dia salah satu fitur whatsapp yang dapat membantu meniminalkan penuhnya memory smartphone gara-gara banyak foto dan video tersimpan otomatis di galeri

Nice!
Selain menghemat kuota, juga bisa menghemat lokasi penyimpanan supaya nggak cepat penuh.:D

Selain bisa menghemat kuota, Whatsapp juga tidak terlalu menghabiskan banyak memori saat berjalan. Berbeda sekali dengan BBM yang kalau di hp saya suka ketutup sendiri :D

Yup betul mas, biar memori hape gak cepat penuh

Mantaaaapp

Jujur emang ngeselin sih gambar dan video-video gak penting yg otomatis kesimpan itu menuh-menuhin hape dan boros kuota juga wkwkwk

Iya mas, untuk menghindari hal seperti ini, ya sebaiknya fitur auto download-nya diaktikan, jadi lebih hemat kuota.


EmoticonEmoticon