Liburan Singkat Ke Taman Cibodas

Taman Cibodas - Blog Mas Hendra

Mengisi waktu liburan kerja, biasanya saya menghabiskannya dengan duduk di depan layar laptop untuk menulis artikel. Tapi kali ini, saya kedatangan Abang dan kedua adik dari istri Abang (dari kampung). Kebetulan keduanya lagi liburan dan mau jalan-jalan di Jakarta. Alhasil saya pun diajak jalan sama Abang.

Tapi tujuannya bukan di dalam kota Jakarta. Kali ini kami memutuskan untuk jalan ke Puncak dan lanjut ke Cibodas. Berhubung berangkat dari tempat tinggal saya di Pengasinan, Depok, kami memutuskan untuk tidak lewat jalan tol, karena aksesnya sudah dekat mengarah ke Bogor. Kami melewati jalur yang biasa dilalui oleh touring motor.

Awalnya sih lancar, tapi begitu menjelang Jalan KH. Sholeh Iskandar, kemacetan mulai nampak di kedua jalur. Ternyata lagi ada pembangunan jalan layang. Tapi tidak lama sih, macetnya paling juga 20 menit, karena ada penyempitan jalur.

JALUR PUNCAK MACET. INI YANG KAMI LAKUKAN!

Tiba di perempatan Jalan KH. Sholeh Iskandar - Pajajaran, kami membelokkan kendaraan ke kanan mengarah Jalan Pajajaran. Kondisi lalu lintas tidak terlalu padat. Hingga kami tiba di perempatan pasar Ciawi, kemacetan mulai terlihat. Terutama yang mengarah ke Puncak, stuck!!

Kami pun sempat berpikir untuk balik lagi dan mencari tempat liburan yang lainnya. Tapi berhubung sudah tanggung, akhirnya kami tetap melanjutkan perjalanan ke Puncak.

Untuk menghindari macet yang parah, Abang saya berinisiatif untuk membelokkan kendaraan ke kanan mengarah Tapos, tepatnya Jalan Cikopo Sel - Jalan Megamendung-Ciawi. Jalur ini merupakan jalur alternatif untuk menuju kawasan Puncak. kalau kalian lewat sini, nanti akan keluar tepat sebelum Taman Safari. Untuk review jalur alternatif Tapos ini, akan saya share di artikel lainnya ya guys. Tunggu ceritanya serunya ya, hehehe...

Jalur Alternatif ke Puncak - Blog Mas Hendra
Belok kanan kearah Jalan Cikopo Sel., jalur alternatif menuju Taman Safari/Puncak

Alhamdulillah, kami keluar tepat sebelum Taman Safari. Kondisi lalu lintas pun lancar. Sebelum ke Cibodas, kami menyempatkan untuk mampir ke Masjid At-Ta'awun untuk sholat Dzuhur. Baca juga artikel : Sholat Ashar Di Masjid At-Ta'awun, Puncak, Bogor

TEH DAN KOPI GRATIS UNTUK JAMA'AH MASJID AT-TA'AWUN

Ada pemandangan yang berbeda. Sewaktu kami kesana, ternyata disediakan minuman teh manis hangat dan kopi secara cuma-cuma untuk jama'ah Masjid. Saya pun tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipi teh manis hangat untuk mengurangi rasa dingin yang menusuk ke tulang. Begitu juga dengan anak-anak. Apalagi air disana sangat dingin seperti es. Terimakasih DKM Masjid, karena kami tidak kedinginan lagi, lumayan perut pun terasa hangat.

Ngeteh di Masjid At-Ta'awun, Puncak - Blog Mas Hendra

Menikmati teh manis hangat dan secangkir kopi

Setelah selesai sholat, kami pun melanjutkan perjalanan ke Cibodas sekitar 20 menit dari Masjid. Dari kejauhan, tampak awan mendung menyelimuti kawasan Cibodas. Kami khawatir akan turun hujan.

Benar saja, ketika tiba di lokasi, hujan pun turun dengan deras, alhasil acara jalan-jalan pun jadi terasa kurang maksimal. Kasian kakak Nabil dan dede Naufal, tidak bisa keluar mobil karena hujan masih turun.

TIKET MASUK KE TAMAN CIBODAS

Sebelum memasuki gerbang utama Cibodas, akan ada pungutan biaya retribusi yang katanya dari pemerintah setempat. Waktu itu kami 1 mobil yang berisikan 7 orang dewasa (anak-anak tidak dihitung), dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000. Setelah itu baru menuju gerbang Cibodas dengan membayar tiket sebesar Rp. 85.000. Gak tau hitungannya gimana, tapi kata petugas jaganya begitu.

Beruntung mobil bisa masuk ke dalam Taman Cibodas, jadi kami tidak kehujanan. Tapi rasa dinginnya luar biasa sampai menusuk tulang. Jadi kalau kalian ke Cibodas, jangan lupa bawa sweater atau jaket dan juga payung, untuk jaga-jaga kalau sewaktu-waktu hujan turun. Soalnya disana jarang ada gazebo untuk berteduh.

Perlahan hujan pun mulai reda, kami mulai keluar mobil untuk menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri dan segar.

Ada Guest House di Taman Cibodas

Musholla di dekat Taman Bunga Sakura

Taman Cibodas atau Kebun Raya Cibodas terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur. Dengan ketinggian 1.275 dpl memiliki suhu udara 17 - 27 derajat Celcius. Bayangin saja guys, udaranya sangat sejuk dan segar banget.

Selain botanical garden, dda beberapa spot menarik yang bisa kalian kunjungi, mulai dari lokasi landscape, kebun pohon sakura, air mancur, taman liana, sungai, air terjun Cibodas, jalan Araucaria dan danau. Lalu ada juga penyewaan kuda bagi kalian yang ingin mencicipi berkuda.

Taman Cibodas - Blog Mas Hendra

Rumah kaca yang menjual tanaman kaktus. Pintunya dikunci

Sekitar jam 5 sore, kami kembali melanjutkan perjalanan pulang. Situasi lalu lintas dari Cibodas sangat lancar hingga ke Taman Safari kembali macet total. Seperti biasa, kami mengambil jalur alternatif, Tapos seperti perjalanan sebelumnya.

Demikian artikel tentang liburan singkat ke Taman Cibodas yang bisa saya share. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian.

34 comments

asiik yang sudah liburan. bagus juga ya untuk liburan keluarga. cuman mas kayanya ko sepi banget ya. apa sebelum di foto orang - orangya di hilangkan dulu

hahaha, itu kan habis hujan, dan masih gerimis, jadi jarang yang berkunjung, udah gitu bukan weekend, jadinya sepi banget. Tempatnya masih fresh banget, alami, adem dan sejuk banget

Kok bisa bayarnya dua kali ya.. Hhh jgn2 pungli tuh, eh nggak boleh suudzon ding.. Hhh

Rekomended nih tempatnya. Masuk daftar wajib kunjung 2018. Moga ndak mena macet. Hehehe

Gak tau tuh, katanya dari Pemda, seharusnya saya dapat tiket, tapi malah gak dikasih tiket. udah biarin aja, hahaha biar seneng

Liburan ke taman cibodas asyik banget tempatnya, berkuda pasti jadi pilihan gadis kecilku nih hehe ... Sayangnya jauh dari daerah kami, liburan akhir tahun sepertinya akan selalu diwarnai dengan lalulintas yang macet karena libur yang bersamaan ada jalan alternatif apa gimana ya

lihat fotonya adem-adem banget dan ijo ya mas. sebandinglah dengan macet yang dialami hehe

Silahkan berkunjung mas, tempatnya sejuk dan asri banget dah

Seger banget tempatnya,kayak sayur bening 😊

Tempatnya adem dan masih alami, cocok bagi penyuka wisata alam. Udaranya juga masih segar banget. Bisa dicoba naik kuda kalo suatu saat nanti berkunjung kesini. Seperti biasa, volume kendaraan meningkat drastis ketika musim liburan tiba, apalagi berbarengan sama libur sekolah, pasti tambah parah macetnya

Iya tapi pas pulangnya malah sebaliknya, liat yang ijo-ijo, terus kena macet deh, hehehe

Enak, Ijo2, pasti tempatnya adem. Sukak....

Sudah lama banget gak mampir ke taman cibodas
memang asyik untuk liburan bareng keluarga disini

cantik sekali bang Cibodasnya apalagi dingin saya suka sekali daerah dingin, maklum orang gemuk suka gerah

Yang pasti adem banget, asri dan sejuk. Saya juga lebih tertarik ke tempat yang seperti ini mas...

Saya juga baru kesini lagi semenjak tahun 2004 silam mas. Berarti udah 13 tahun yang lalu baru ke Cibodas lagi. Tempatnya asyik banget apalagi bareng keluarga

Saya kurus dan suka banget daerah dingin pak.... Cantik ya

Ada penginapannya ya mas enak tuh kalau menginap disana...

Iya mas Dwi, untuk memudahkan bagi yang ingin berlama-lama menginap disini.... Mas Dwi mau nginep??

Wihh, taman Cibodas bagus tempatnya 👍

Asik juga ya bisa liburan bareng keluarga disini.

Bagus banget mas... Apalagi kalo sama keluarga

Asyik banget bisa menghirup udara paling sejuk dan segar, hehehe

Ah saya belum liburan, paling ke pasar malm doang liat kembang api semalem

emang segitu ya harga tiketnya, atau kalau liburan harganya lebih mahal ya? :)

Wah mending bisa menikmati pasar malam, saya mah tetap kerja, hahaha

Saya lebih tertarik dengan hal yang gratis-gratis. Teh dan kopi gratis, wah bisa menghemat pengeluran.

Saya juga pernah main ke sini nih tahun lalu pas hamil. Lumayan capek jalannya naik turun soalnya mobil parkir di luar. Tapi bawa sepeda dari rumah. Jadi naik sepeda keliling gantian sama anak-anak kalau capek.

Harga tiketnya ora jelas mba, hehehe.... Semobil tau-tau harganya 85.000

Lumayan bang buat ngangetin perut. Mampirlah ke Puncak kalo mau kopi dan teh gratis

Wah sayang banget mobil diparkir di luar, udah pasti capek banget itu mah...

Om Hendra, seger banget deh liat ijo-ijo gitu. udah lama gak liat yang ijo-ijo. Rasanya seger di mata. Saya mah taun baru kegiatannya nonton sinetron doang -__-'

Pasti seger om kalo liat ijo-ijo... Waduh malah liat sinetron...