FUN HOLIDAY 3D2N Di Kota Bogor Bersama Keluarga

Kota Bogor Diapit Gunung Salak - Blog Mas Hendra

Menjelang akhir tahun 2017 ini, saya berencana mengajak keluarga kecil untuk berlibur menikmati suasana Kota Bogor. Kota yang diapit Gunung Salak dan Gunung Gede ini menyimpan begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, taman, tempat nongkrong asyik, wisata kuliner hingga wahana bermain untuk anak-anak, rasanya semua lengkap tersedia di Kota Bogor. Tidak heran banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang menghabiskan waktu liburan disini.


Kebetulan kakak Nabil sudah mulai libur sekolah, jadi saya ingin memanfaatkan momen liburan ini untuk mengajak anak-anak refreshing. Yang butuh refreshing kan bukan hanya orang tua saja loh, anak-anak juga butuh refreshing kelesss.

Kenapa saya memilih Kota Bogor sebagai destinasi liburan? Selain banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, jarak ke Kota Bogor juga tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya di Pengasinan, Depok. Jadi saya bisa lebih menghemat waktu dan juga biaya.

Agar liburan terasa lebih nyaman dan berjalan dengan baik, saya sudah menyusun rencana perjalanan untuk mengisi liburan akhir tahun nanti. Berikut rencana perjalanan liburan saya bersama keluarga :

RENCANA PERJALANAN FUN HOLIDAY 3D2N DI KOTA BOGOR
HARI PERTAMA


09.00 - 14.00
Bermain Di Taman Ade Irma Suryani

Destinasi pertama adalah mengajak anak-anak mengunjungi Taman Ade Irma Suryani atau yang lebih dikenal dengan nama Taman Topi yang terletak di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor.

Sebenarnya sudah lama mau main kesini, tapi baru sekarang direncanakan matang-matang. Karena kami inginnya sekalian menginap di Kota Bogor, soalnya kalau bolak-balik ke rumah terasa capeknya, kasian anak-anak. Dan pastinya supaya lebih puas lagi mengeksplore kota Bogor.

Di Taman Topi saya bisa mengajak kakak Nabil dan dede Naufal bermain sepuasnya dengan menaiki berbagai macam wahana, mulai dari komidi putar, wahana gajah terbang, kincir mini, kereta monorail, bom bom car, wahana bola air, flying fox dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisata Taman Ade Irma Suryani - Blog Mas Hendra
Salah satu bangunannya menyerupai topi 

Wisata Taman Ade Irma Suryani - Blog Mas Hendra
Beberapa Wahana yang ada di Taman Topi 

Wisata Taman Ade Irma Suryani - Blog Mas Hendra
Biasanya jumlah pengunjung meningkat saat musim liburan 

Wisata Taman Ade Irma Suryani - Blog Mas Hendra
Wahana "Gajah Terbang", mirip di Dufan, tapi ini versi mininya loh 

Wisata Taman Ade Irma Suryani - Blog Mas Hendra
Tersedia kolam renang untuk anak-anak, cocok untuk kakak Nabil dan dede Naufal bermain air

Lokasi Taman Topi juga mudah dijangkau, baik dengan menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, naik angkutan umum atau bisa juga naik kereta api dan turun di Stasiun Bogor, karena lokasinya tidak jauh dari Stasiun Bogor loh.

Saya sendiri maunya naik motor ke Taman Topi. Selain untuk menghemat waktu, saya juga jadi lebih mudah berkeliling kota Bogor. Motor menjadi pilihan utama karena kalau naik angkot, lumayan lama dan pastinya macet, karena sekarang Kota Bogor sudah semakin padat.

Untuk urusan makan siang, tenang saja guys, di dalam area Taman Topi banyak warung makan yang menjual berbagai jajanan dan makanan khas Bogor maupun Nusantara, mulai dari soto ayam, nasi goreng, sop iga, iga bakar, roti cane, pisang bakar hingga beragam camilan untuk mengganjal perut.

Kalau mau mencoba kuliner yang lainnya juga bisa loh. Kan Kota Bogor kulinernya banyak banget. Kalau saya sih kepincut ingin mencicipi soto mie khas Bogor langsung ditempatnya sambil ditemani segelas es teh manis. Hmmmm, mamamia lezatos...

Alamat :
Jalan Dewi Sartika No. 30, Pabotan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121

Jam Buka :
Jam 09.00 - 17.00

Harga Tiket Masuk :
Tiket masuk Taman Topi : Rp. 2.000
Tiket masuk Taman Ade Irma Suryani : Rp. 10.000
Tiket wahana : Rp. 5.000 - 25.000/wahana


14.00 - 16.00
Santai Sejenak Di Taman Kencana

Taman Kencana - Blog Mas Hendra

Setelah lelah menemani kakak Nabil dan dede Naufal bermain di Taman Topi, saya ingin mengajak mereka untuk menikmati suasana sore hari bersantai di Taman Kencana. Lokasinya tidak begitu jauh dari Taman Topi dan masih satu arah. Selain berfungsi sebagai ruang terbuka hijau, di taman ini kalian juga bisa menikmati wisata kuliner. Karena di sekitar taman tersedia cafe atau restoran untuk menikmati berbagai macam wisata kuliner, sebut saja Kedai Kita, yang menjual pizza kayu bakar, lalu ada sop buah Pak Ewok, lasagna gulung, Rumah Cupcakes, macaroni panggang, Pia Apple Pie, Bogor Raincake, Fat Bubble dan Klappertaart Huize.


Daftar Cafe di Taman Kencana - Blog Mas Hendra

Daftar Cafe di Taman Kencana. Masih banyak lagi loh guys

Di Taman Kencana ini, banyak muda-mudi sering menghabiskan waktu sambil menikmati wisata kuliner, apalagi menjelang weekend, suasana semakin bertambah ramai saja.

Alamat :
Jalan Taman Kencana, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16128



16.00 - 18.30
Check In Di RedDoorz 

Setelah lelah dan puas bermain di Taman Topi dan Taman Kencana, sekarang waktunya check in dan istirahat sejenak di RedDoorz. Oh iya guys, sekedar informasi RedDoorz merupakan situs penyedia informasi daftar penginapan atau guest house secara lengkap dengan harga terjangkau di seluruh Indonesia. Jadi bisa dibilang RedDoorz ini memfasilitasi para wisatawan atau backpacker untuk memberi kemudahan dalam menemukan tempat penginapan murah dengan pelayanan kualitas tinggi. RedDoorz juga sangat cocok bagi yang sedang melakukan perjalanan bisnis maupun liburan bersama keluarga.

Banyak benefit yang akan  kalian dapatkan, diantaranya :
- Harga yang murah dan terjangkau (mulai dari IDR 100.00an/malam)
- Didukung Fasilitas yang lengkap, mulai dari free WiFi, free amenities, linen yang bersih, air panas, TV Kabel dan lainnya
- Sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Palembang dan Batam).


Sebelumnya saya dan keluarga kecil pernah liburan dan menginap 3 hari 2 malam (3D2N) di salah satu properti RedDoorz di daerah Fatmawati Jakarta Selatan. Fasilitas yang saya dapatkan memang lengkap, mulai dari koneksi wifi yang ngebut, kolam renang, TV kabel, air panas, amenities, AC dan tempat parkir. Inilah alasan mengapa saya memilih RedDoorz sebagai tempat untuk menginap di Kota Bogor. Tidak mau dong liburan singkat jadi berantakan gara-gara tempat penginapannya tidak nyaman.





Baca artikel : Pengalaman Menginap di RedDoorz



18.30 - 20.00
WISATA KULINER MALAM HARI SAMBIL MENIKMATI SUASANA KOTA BOGOR

Setelah sholat Maghrib, waktunya wisata kuliner untuk mencari makan malam. Di Bogor memang begitu mudah untuk mencari jajanan, mulai dari yang paling murah (kaki lima) hingga yang mahal lengkap tersedia. Sengaja saya memilih lokasi yang tidak begitu jauh dari tempat kami menginap, agar lebih dekat saat pulang kembali ke penginapan. Sambil makan malam, kami bisa menikmati suasana Kota Bogor di malam hari.

20.00 - 05.00
KEMBALI KE PENGINAPAN UNTUK ISTIRAHAT

Waktunya kembali ke penginapan dan menikmati waktu istirahat di RedDoorz. Sementara anak-anak nonton kartun melalui TV kabel, saya bisa melanjutkan menulis artikel (ngeblog) dengan memanfaatkan fasilitas wifi sambil ditemani secangkir kopi sebagai teman pencari inspirasi.


HARI KEDUA

07.00 - 09.00
SARAPAN PAGI

Agenda pagi hari saya isi dengan aktivitas ringan, yakni jalan-jalan pagi di sekitar penginapan mencari suasana baru sekaligus ingin mencicipi sarapan pagi dengan menu jajanan khas Kota Bogor. 

09.00 - 15.00
WISATA KE KEBUN RAYA BOGOR



Mumpung lagi menginap di Kota Bogor, saya ingin sekalian mengajak anak-anak ke Kebun Raya Bogor untuk bersentuhan langsung dengan alam. Disini saya ingin mengenalkan anak-anak dengan alam, agar mereka lebih peduli dan senantiasa menjaga alam serta lingkungannya dengan baik.

Disini anak-anak dapat belajar dan mengenal berbagai koleksi pohon dan tumbuhan langka serta fasilitas lainnya, seperti Laboratorium Kultur Jaringan, Garden Shop Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi, Griya Anggrek dan lain sebagainya.

Alamat :
Jalan Ir. Haji Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122

Jam Buka :
Jam 08.00 - 17.00

Harga Tiket :
Wisatawan lokal : Rp. 15.000/orang
Wisatawan mancanegara : Rp. 25.000/orang
Parkir mobil : Rp. 30.000
Parkir motor : Rp. 5.000
Tiket sepeda (keliling) : Rp. 5.000


15.00 - 17.00
SHOLAT ASHAR DAN ISTIRAHAT DI PENGINAPAN

Setelah lelah berkeliling Kebun Raya Bogor, kini saatnya kembali ke penginapan untuk istirahat sejenak dan membasuh diri.


17.00 - 20.00
MAKAN MALAM DI MALL BOTANI SQUARE


Mall Botani Square Bogor - Blog Mas Hendra

Suasana di Mall Botani Square, Bogor

Mumpung lagi ada di Kota Bogor, pengen banget masuk ke Mall terbesar dan terlengkap di Kota Bogor, yakni Mall Botani Square yang terletak di Jalan Pajajaran. Letaknya sangat strategis dan yang menarik dari mall ini adalah mengusung konsep FAMILY, LIFESTYLE AND ENTERTAINMENT, sehingga sangat cocok untuk hangout bersama keluarga. Agenda makan malam bisa juga dilakukan di Mall Botani Square ini.


20.00 - 05.00
ISTIRAHAT DI PENGINAPAN

Setelah menikmati makan malam di Mall Botani Square, waktunya kembali ke penginapan untuk beristirahat dan menghilangkan rasa lelah setelah keliling seharian. 

HARI KETIGA
07.00 - 11.00
SARAPAN PAGI, PERSIAPAN CHECK OUT DAN MENGUNJUNGI ALUN-ALUN KOTA BOGOR

Sebelum check out, kami ingin menikmati suasana pagi hari di Kota Bogor dengan berkeliling mengendarai sepeda motor sekalian mencari sarapan pagi. Setelah itu kembali ke penginapan untuk istirahat sejenak dan siap-siap check out.

Setelah check out dari RedDoorz, saya ingin menyempatkan untuk mengunjungi alun-alun Kota Bogor yang letaknya satu arah dengan perjalanan pulang ke Depok, makanya saya check out dulu dari RedDoorz, supaya gak bolak balik lagi ke penginapan.

Alamat :
Jalan Raden Aria wiranata No. 12-13, Empang, Bogor Selatan, Kota Bogor 16132


REDDOORZ NEAR KEBUN RAYA BOGOR

Untuk memudahkan saya menjangkau spot-spot menarik selama liburan di Kota Bogor, saya  memutuskan untuk menginap di RedDoorz Near Kebun Raya Bogor, karena lokasinya sangat strategis dan dekat dengan Taman Topi, Taman Kencana, Kebun Raya Bogor, Mall Botani Square serta tempat-tempat kuliner maupun wisata lainnya.

Alamat :
Jalan Jalak Harupat No. 9a, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor 16122



Guest House ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari free WiFi, amenities, lobby, TV Kabel dan Kantin, sehingga memberikan rasa nyaman bagi tamu yang menginap.


RedDoorz Near Kebun Raya Bogor - Blog Mas Hendra

RedDoorz Near Kebun Raya Bogor - Blog Mas Hendra

RedDoorz Near Kebun Raya Bogor - Blog Mas Hendra

RedDoorz Near Kebun Raya Bogor - Blog Mas Hendra

Demikian rencana liburan akhir tahun saya selama 3D2N di Kota Bogor bersama RedDoorz. Bagaimana dengan kalian, sudah punya rencana untuk liburan belum?

#RDHolidayTrip

26 comments

Wah keren banget penginapanya, pengin juga nginep di red doorz, besok dah kalo dapet

Silahkan dicoba mas, staycation lah sekali-kali, biar ora mumet

keren banget bogor ya bang , banyak wahana rekreasi

Bogor salah satu kota yang sering dijadikan destinasi untuk berlibur, salah satu yang paling fenomenal adalah kawasan Puncak dan sekitarnya....

Itu tiket masuk ke Taman Ade Irma Suryani terjangkau ya, Mas. Terlebih untuk maen ke wahananya. Jadi tergoda pengen kesitu..hehe

Ngomongin Bogor, dulu pernah berselancar, tapi hanya sekali itupun nggak ada niatan maen, pengen sesekali maen ke sana lagi. Semoga kesampaian..

Mas Hendra aslinya mana ya, aku lupa? atau belum pernah tahu nih..he
Aku penasaran banget pengen ke kebun raya Bogor lho, Mas. Memang sih terlihat dan terdengar familiar. Tapi ya, yang namanya belum pernah suka penasaran..he

Rencana kita kok sama ya ke Bogor...kebetulan ada Kakak ipar di Cibinong tadinya mau kesana.Tapi krn ada sesuatu hal terpaksa batal deh liburan kali ini Selamat Liburan deh mas jangan lupa ceritanya

asyik liburan terus mas hendra..
ditempat saya juga ada kebun raya mas, kebun rasa bedugul.. lumayan lah bisa jalan-jalan lihat pemandangan hijau.. hehehe...

Terjangkau banget mas, udah gitu kita bisa pilih mana wahana yang ingin ditaiki, jadi gak perlu bayar semuanya, seperti di Dufan

Betul mas Dwi, udah lama juga mau explore Kota Bogor, cuma mikirnya kalo bolak balik sehari pasti capek banget, makanya mending cari penginapan murah disana, mana lagi kalo bukan di RedDoorz

Kebun Raya Bedugul itu macam mana isinya mas? Sama kayak di KRB ya... Perlu liburan mas, buat ngurangin rasa jenuh pekerjaan.... Sekalian ngajak bocah liburan juga

Semoga rencana liburan akhir tahunnya berjalan dengan lancar kang, jangan lupa kalau pulang bawa oleh-oleh kota Bogor yah, hehe…

wah penjelasannya detail banget ya! Happy holiday buat keluarga ^^
RedDoorz emang jadi alternatif buat liburan deh kalo urusan penginapan, selain udah trusted plus terjangkau juga :)

Ah syg bgt aku blm dpet izin piknik jauh kaya ke Bogor.. Baca postingan ini bikin ngiler bobok dipenginapannya

Mungkin kapan-kapan boleh nyoba rencana liburan ke Bogor mba...

Yup betul banget, nginep di RedDoorz bisa bikin liburan tambah seru dan menyenangkan, karena didukung sama fasilitas yang cukup lengkap

Aamiin mang, oleh-oleh blogger mah biasanya tulisan review trevaling nya , heheheheh

Iya betul..Ngeblog terus bikin dunia serasa berputar putar hahahaha...

Bogor tempatnya keren-keren iya.

Aku belum pernah ke bogor sih, tapi bisa nih tempatnya jadi liss, mana tau tahun depan bisa kesana hehe :-)

Wah harus nyoba nih kapan-kapan, bagus tauuu

Dunia berputar tapi kalo menghasilkan akan sebanding mas, hehehe.... Tapi perlu lah refreshing... KUYlah mas Amir ke Bogor, nanti mampir ke tempat saya, hehehe

Mantab liburannya bwrsama kluargađź‘Ť

Iya dong pastinya lebih seru dan berkesan

Duh Bogor,, beberapa kali mampir doang tapi belum pernah eksplor. Catetannya mas Hendra ini aku simpen lah,, siapa tau ada waktu untuk jalan-jalan beneran ke Bogor

Siip silahkan di bookmarked dulu, siapa tau suatu saat bermanfaat... Kalo ke Bogor, harus eksplore, biar lebih puas travelingnya

baca postingannya bikin tertarik main ke Bogor euy !

Silahkan mas explore kota Bogor, pasti betah...


EmoticonEmoticon