10 Tempat Wisata Paling Keren di Magelang yang Wajib Anda Kunjungi


Kabupaten Magelang yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki beragam tempat wisata menarik yang berpadu padan dengan keindahan alam nan asri. Ibukota Kabupaten ini adalah Kota Mungkid.


Wilayah Magelang pun tidak sulit untuk dijangkau, karena memiliki letak yang strategis berada di jalur utama Semarang - Yogyakarta. Magelang berada di 15 km utara kota Mungkid, 75 km sebelah selatan Semarang dan 43 km sebelah utara Yogyakarta.

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Kabupaten Magelang, setidaknya ada 10 tempat wisata paling keren, menarik, unik dan sarat edukasi sejarah yang sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjunginya ketika liburan di Kabupaten Magelang. Selain menyajikan keindahan alamnya, tempat wisata berikut juga sudah dikenal masyarakat secara luas karena memang memiliki spot-spot yang sangat instagramable.

Dan berikut adalah 10 tempat wisata paling keren di Magelang yang wajib Anda kunjungi :

1. PESONA WISATA CANDI BOROBUDUR
Siapa yang tidak mengenal tempat wisata yang satu ini. Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang terletak di Magelang. Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar dan termegah yang ada di Indonesia, bahkan di dunia, oleh sebab itu, candi ini menjadi warisan kebudayaan dunia (world heritage) yang diakui oleh UNESCO.

Berdasarkan bukti sejarah yang ada, candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 Masehi pada masa Dinasti Syailendra.

Yang menarik dari Candi Borobudur adalah proses pembangunan yang dilakukan tanpa menggunakan bantuan komputer maupun alat canggih. Bahan yang digunakan hanya menggunakan batu kali yang disusun secara rapi dengan menerapkan sistem interlock (saling mengunci satu sama lainnya).

Hebatnya lagi, arsiteknya yang mampu memahat 2672 panel relief secara berkesinambungan. Konon kalau panel relief ini disusun secara berjajar, akan membentuk panjang 6 kilometer.

👉 Alamat :
Jalan Badrawati, Borobudur, Kota Magelang, Jawa Tengah


👉 Jam Buka :
jam 06.00 pagi -17.00 sore

👉 Tiket :
Umum (usia 6 tahun keatas) : Rp. 30.000/orang
Anak-anak (usia 6 tahun kebawah) : Rp. 12.500/orang

👉 Fasilitas :
- Restoran
- Toilet
- Tempat Parkir 
- Food Stands

Tips mengunjungi Candi Borobudur :

Sebelum Anda mengunjungi Candi Borobudur, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini agar perjalanan Anda tetap nyaman :

1. Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Borobudur adalah saat pagi hari atau sore hari menjelang matahari terbenam. Selain untuk menghindari ramainya wisatawan, pada siang hari terik matahari cukup menyengat.
2. Jangan lupa untuk memakai topi atau pelindung kepala dan juga kacamata hitam.
3. Gunakan alas kaki atau sepatu/sandal yang nyaman di kaki, karena Candi Borobudur cukup luas untuk dikelilingi.


2. PESONA WISATA GEREJA AYAM

Bagian paling atas, Mahkota Ayam merupakan spot terbaik untuk berfoto 

Bagian dalam Gereja Ayam 

Destinasi wisata berikutnya adalah Gereja Ayam Bukit Rhema atau terkenal dengan sebutan Gereja Ayam. Kalau Anda perhatikan dengan seksama, sebenarnya bentuk bangunan ini lebih mirip burung merpati (mengenakan mahkota), yang melambangkan kedamaian. Namun karena bentuk bangunannya agak besar dan lebar, sehingga lebih meyerupai ayam, maka tempat ini terkenal justru dengan sebutan Gereja Ayam.

Dari Bukit Rhema ini Anda dapat menikmati keindahan sunrise dengan pemandangan puncak Candi Borobudur.

Melihat Lebih Dekat Keunikan Bangunan Gereja Ayam

Tingkat pertama (langit-langit gereja) :
Disini Anda dapat melihat seluruh ruangan Gereja Ayam dengan beberapa pilar di sudut lainnya. sementara jendela-jendelanya unik berbentuk bunga di tiap sisinya. Bagian atasnya terdapat motif salib.

Tingkat kedua (leher ayam) :
Dari sini, Anda dapat melihat keindahan alam disekitarnya melalui jendela-jendela kecil yang berbentuk jajaran genjang di leher ayam. Bahkan dari sini Anda dapat menyaksikan badan hingga bagian ekor dari bangunan Gereja Ayam.

Tingkat ketiga (paruh ayam) :
Posisinya berada setingkat lagi dari leher ayam. Anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang lebih tinggi lagi dari leher ayam.

Tingkat keempat (mahkota ayam) :
Untuk memperoleh spot terbaik dari wisata ini adalah di bagian paling atas, yakni mahkota ayam. Disini Anda dapat menikmati indahnya pemandangan perbukitan. Mahkota ini idealnya muat untuk 5-7 orang.

👉 Alamat :
Gombong Kembanglimus, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah



👉 Jam Buka :
Jam 05.00 pagi - 17.00 sore

👉 Fasilitas :
Tempat parkir


3. KRAGILAN TOP SELFIE

Gardu pandang di Hutan Pinus Kragilan

Tempat wisata yang lagi kekinian di Kabupaten Magelang adalah Kragilan Top Selfie. Kragilan merupakan sebuah hutan pinus yang menyajikan pesona alam yang sangat indah. Lokasinya sangat pas untuk digunakan berfoto atau selfie. Makanya disebut top selfie, karena banyak sekali spot menarik yang instagramable.

Disini selain menikmati keindahan hutan pinus, Anda juga dapat mencoba spot-spot foto yang unik dan menantang, seperti ayunan (mountain swing), rumah pohon, sepeda langit dan gardu pandang berbentuk love yang menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Dan yang lebih menarik adalah Anda tidak perlu membayar biaya lagi jika Anda ingin foto di spot-spot menarik tersebut.

Keindahan hutan pinus dan perpaduan pemandangan alam yang indah ini tentu saja akan menyegarkan pikiran Anda dari segala kepenatan dan beban pekerjaan. Apalagi udara yang berhembus pun terasa dingin dan fresh.

👉 Alamat :
Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56193



👉 Jam Buka :
Jam 06.00 pagi - 18.00 sore

👉 Tiket :
Motor Rp. 5.000
Mobil Rp. 15.000


4. Wisata Taman Kyai Langgeng





Setelah puas menikmati wisata hutan pinus Kragilan, kini saatnya Anda memanjakan putra putri Anda di sebuah taman rekreasi, yakni Taman Kyai Langgeng. Disini tersedia berbagai wahana yang dapat memanjakan putra putri Anda, mulai dari rumah apung, komedi putar, waterboom, sepur mini, mobil keliling, bioskop 6D, kereta air, biang lala, komidi layang motor trail dan becak air. Tidak hanya itu saja, disini juga tersedia berbagai flora dan fauna yang dilindungi, seperti burung dan tanaman langka.

Disini Anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang sangat asri. Disini juga terdapat berbagai warung yang menjajakan makanan dan minuman, sehingga akan memudahkan pengunjung ketika perut sudah terasa lapar atau haus.

Awalnya pada tahun 1987, tempat ini menyajikan koleksi tanaman langka dengan nama Taman Bunga. Lalu pada tahun 1997 dilengkapi dengan berbagai wahana, dan namanya pun berubah menjadi Taman Kyai Langgeng.

Mengenal Sejarah Kyai Langgeng

Mungkin Anda penasaran dengan sosok Kyai Langgeng. Berikut sejarah singkatnya. Bernama asli Ki Ageng Suryokusumo, atau lebih dikenal dengan nama Kyai Langgeng adalah seorang ulama berpengaruh yang menjadi penasehat spiritual Pangeran Diponegoro pada masa melawan penjajahan Belanda.

Ia masih keturunan Raja Mataram, yakni Sri Sultan Hamengkubuwono II dan menjadi orang kepercayaan Pangeran Diponegoro. Ia mendirikan sebuah pondok pesantren kecil di Magelang dan memiliki sejumlah santri. Kyai Langgeng meninggal dan dimakamkan di Magelang, tepat berada di tengah Objek Wisata Taman Kyai Langgeng pada tahun 1829.

👉 Alamat :
Jalan Cempaka 6, Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122



👉 Jam Buka :
Jam 08.00 pagi - 17.00 sore

👉 Tiket :
Hari Senin - Jum'at : Rp. 20.000
Hari Sabtu - Mingg dan Libur Nasional : Rp. 25.000
Libur Lebaran, Natal dan Tahun Baru : Rp. 30.000


5. Wisata Ketep Pass





Bagi Anda yang tertarik dengan cantiknya pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, Anda wajib untuk mengunjungi tempat wisata Ketep Pass. Karena wisata Ketep Pass terletak diantara kedua gunung tersebut, sangat cocok untuk berfoto dan menyaksikan indahnya ciptaan Tuhan.

Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan dengan ketinggian mencapai 1200 meter dpl dan luasnya kurang lebih 8000 meter persegi. Ketep Pass mudah dijangkau, baik dengan menggunakan bus besar, sedan, minibus maupun motor, karena akses yang tidak terlalu sulit untuk dilewati.

Tempat wisata yang diresmikan pada 17 Oktober 2002 ini berjarak sekitar 2,1 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Boyolali dan 30 km dari Candi Borobudur.

Fungsi Ketep Pass

Tidak hanya sebagai tempat wisata saja, Ketep Pass memiliki fungsi yang cukup vital di Magelang, diantaranya :
- Digunakan sebagai sarana edukasi dengan adanya Volcano Centre dan Volcano Theatre.
- Sarana penelitian. Digunakan untuk mengamati aktivitas Gunung Merapi.
- Sebagai sarana dokumentasi. Anda dapat menyaksikan film dokumenter yang diputar di bioskop mini.
Digunakan sebagai sarana peragaan dengan adanya komputer interaktif yang menyimpan data-data tentang Gunung Merapi di Volcano Centre.

👉 Alamat :
Jalan Ketep, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56481



👉 Jam Buka :
Jam 06.00 pagi - 17.00 sore

👉 Harga Tiket :
- Tiket masuk area dan museum
Rp. 7.500/orang (Rp. 500 Asuransi Pengunjung)
- Tiket Ketep Volcano Theatre
Rp. 7.000/orang
- Tiket Teropong
Rp. 3.000/orang
- Tiket wisata mancanegara
US $ 3/orang (free all facilities)

👉 Harga Parkir :
Sepeda motor : Rp. 2.000
Mobil : Rp. 5.000
Mini bus : Rp. 7.000
Bus besar : Rp. 12.000

👉 Fasilitas :
- Museum Vulkanologi
- Bioskop Mini
- Teropong
- Pelataran Pancaarga
- Gardu Panjang


6. Taman Rekreasi Panca Arga 1


Satu lagi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama putra putri Anda, yakni Taman Rekreasi Panca Arga 1 atau Taman Tank. Sesuai dengan namanya, karena disini terdapat tank dan meriam tembak. Selain itu juga terdapat tempat duduk, ayunan dan berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak. Lalu ada juga sebuah tugu yang bentuknya mirip dengan Monas, sehingga banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai Monas Panca Arga.

Taman rekreasi Panca Arga merupakan sebuah taman yang berada di perumahaan yang diperuntukkan bagi para prajurit TNI-AD yang berkantor di Akademi Militer Magelang. 

Sesuai dengan namanya, Panca yang berarti lima, dan Arga berarti gunung. Karena memang taman rekreasi ini dikelilingi oleh lima gunung, sehingga memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan sejuk.

Taman rekreasi ini memang diperuntukkan bagi para penghuni, dan juga pengunjung dari luar penghuni perumahan.

👉 Alamat :
Desa Sukarejo, Kecamatan Mertoyudan, Kota Magelang, Jawa Tengah



👉 Fasilitas :
- Tempat parkir kendaraan
- Masjid
- Kamar mandi/MCK
- Berbagai arena permainan anak-anak
- Taman yang luas


7. Pemandian Air Hangat Candi Umbul


Kabupaten Magelang dikenal memiliki banyak Candi sebagai peninggalan sejarah yang hingga kini masih dirawat dan dilindungi, bahkan dijadikan sebagai objek wisata. Salah satunya adalah Pemandian Air Hangat Candi Umbul yang terkenal dengan wisata pemandian air hangatnya.

Candi yang dibangun dari jaman Syaliendra ini diambil dari bahasa Jawa (mumbul berarti "naik"), karena sumber air yang keluar dari dasar kolam selalu menyembul menyerupai gelembung-gelembung.

Kolam disini dibagi menjadi dua, yakni di bagian atas merupakan kolam air panas tanpa bau belerang dan yang lebih rendah kolam air dingin. Kolam yang keseluruhan dindingnya terbuat dari lapisan batu andesit ini adalah dahulunya merupakan tempat pemandian para putra-putri bangsawan.

Secara keseluruhan, Candi Umbul ini memiliki nuansa sejarah yang begitu kental, terlihat dari sejumlah batuan situs berjejer di tepian kolam yang menggambarkan relief tumbuhan, binatang dan stupa di bagian puncak candi. Keberadaan menjadi salah satu daya tarik wisata di daerah Grabag, berdekatan dengan Air Terjun Sekar Langit dan Telaga Bleder.

👉 Alamat :
Jalan Candi Umbul, Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56196

👉 Jam Buka :
Jam 06.00 pagi 18.00 sore



8. Rumah Kamera
 Bagian atas Rumah Kamera. Anda juga dapat melihat pemandangan alam yang asri dan indah di sekitar Rumah Kamera




Destinasi berikutnya adalah berkunjung ke Rumah Kamera. Sesuai dengan namanya, rumah ini memiliki bentuk menyerupai sebuah kamera DSLR. Rumah kamera ini tidak dijadikan sebagai tempat tinggal, melainkan sebagai tempat pameran koleksi sang pemilik.

Adalah Bapak Tanggol Angien Jatikusumo atau akrab disapa Pak Tanggol adalah pemilik dari Rumah Kamera tersebut. Pak Tanggol berasal dari Bali, tapi sudah lama tinggal di Semarang, dan kini ia menetap di Jalan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Rumah Kamera ini ia fungsikan sebagai tempat untuk memamerkan hasil koleksi lukisan maupun foto-fotonya yang terpampang di setiap sudut bangunan unik ini. Karena keunikannya, akhirnya Rumah Kamera ini mulai menarik perhatian dari masyarakat maupun para traveler yang melintas dari Candi Borobudur, maupun yang akan mengarah ke Candi Borobudur.

Setiap detail Rumah Kamera dibuat semirip mungkin dengan kamera DLSR dan memiliki fungsinya tersendiri. Pada bagian lampu flash dibuat sebagai pintu masuk. Lalu pada bagian yang menyerupai mode pengaturan dan LCD kamera berfungsi sebagai jendela.

Rumah berlantai empat ini dilengkapi dengan interior berupa kursi-kursi mungil dan unik yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung jika merasa lelah ketika mengelilingi Rumah Kamera.

👉 Alamat :
Jalan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah



👉 Harga Tiket :
Rp. 5.000/orang


9. Punthuk Setumbu



Penasaran ingin melihat keindahan matahari terbit dengan lebih jelas? Jangan khawatir, Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini, namanya Punthuk Setumbu (Borobudur Nirwana Sunrise), spot terbaik untuk menyaksikan sunrise di dekat Candi Borobudur. Bahkan jika Anda beruntung pada waktu tertentu, Anda dapat melihat matahari terbit tepat di tengah antara Gunung Merbabu dan Merapi.

Sebenarnya Punthuk Setumbu adalah nama sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 400 dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Dulunya tempat ini merupakan sebuah ladang penduduk. Hingga suatu hari, seorang fotografer berhasil mengabadikan foto sunrise Candi Borobudur yang sangat cantik, hingga orang-orang pun berdatangan untuk mengunjungi tempat ini guna menyaksikan sunrise.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan sunrise, sebaiknya datang sebelum jam 05.00 pagi. Jika Anda khawatir terlambat datang untuk melihat sunrise, Anda dapat menginap di penginapan di sekitar lokasi, sehingga Anda tidak perlu repot terburu-buru untuk datang ke objek wisata ini.

Punthuk Setumbu berupa pelataran luas yang telah dikelilingi dengan pagar. Disini juga telah disediakan gazebo, rumah panggung dan kursi-kursi kayu yang digunakan untuk menunggu matahari terbit. Sebaiknya datang lebih awal agar tidak kehabisan tempat duduk.

Waktu Terbaik Mengunjungi Punthuk Setumbu

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik dan cuaca terang, sebaiknya Anda mengunjungi Punthuk Setumbu ketika musim kemarau antara bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan ini, matahari dapat terlihat dengan jelas tanpa diselimuti oleh kabut, sehingga menghasilkan foto dan momen yang indah. Selain itu jalan akses menuju lokasi pun tidak becek dan licin, sehingga membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman.

Untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu, Anda harus berjalan kaki kurang lebih 20 menit. Meskipun cukup singkat, namun cukup menguras tenaga, apalagi perjalanan dilakukan pada waktu fajar, dimana pada saat ini cuaca masih terasa sangat dingin.

👉 Alamat :
Jalan Borobudur Ngadiharjo KM3, Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553



👉 Jam Buka :
Waktu Fajar - 17.00 sore

👉 Harga Tiket :
Rp. 15.000/orang

👉 Fasilitas :
- Penginapan
- Tempat parkir
- Gardu pandang (Spot foto)
- Toilet
- Musholla
- Ojek menuju puncak
- Warung makan
- Gazebo
- Camp ground


10. Museum Kapal Samudraraksa Borobudur



Last but not least, destinasi berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Kapal Samudraraksa Borobudur. Lokasinya berada di dalam kompleks Candi Borobudur. 

Disini Anda dapat melihat tiruan kapal Borobudur yang bernama Kapal Samudraraksa pada masa Dinasti Syailendra di abad ke-8 Masehi. Dalam sejarah dunia, Kapal Borobudur termasuk kapal modern pertama di dunia, karena memiliki struktur ganda dengan dilengkapi dayung yang banyak dan lambung kapal yang luas.

Kapal besar berukuran panjang 18 meter, lebar 1,4 meter dengan bobot 40 ton ini dibuat oleh ahli pembuat kapal tradisional asal Jawa Timur bernama As'ad Abdullah di bawah pengawasan ahli arkeologi Maritim dari Australia. Kapal ini merupakan rekonstruksi dari Kapal Borobudur yang terdapat di relief candi.

👉 Alamat :
Taman Wisata Candi Borobudur, Jalan Badrawati, Borobudur, Kota Magelang, Jawa Tengah 56553

Bagaimana guys, sangat menarik bukan? Jangan lewatkan ke-10 tempat wisata diatas, karena ada begitu banyak pengalaman menyenangkan yang akan Anda dapatkan, mulai dari wisata alam yang indah, melihat matahari terbit, berfoto di spot-spot yang instagramable, bersenang-senang dengan menaiki berbagai wahana bermain, belajar sejarah dengan mengunjungi museum dan Candi, menikmati kolam air panas hingga mengunjungi rumah yang unik.

Semoga artikel tentang 10 tempat wisata paling keren di Magelang yang wajib Anda kunjungi dapat bermanfaat bagi Anda sekaligus menjadi referensi bagi Anda yang ingin liburan ke Kabupaten Magelang.


🕮 Referensi :

wikipedia.org
trivindo.com
wisatabaru.com
jateng.tribunnews.com
brobali.com

14 comments

Magelang emang keren banget. Kalo dari tempatku deket, cuma 3 jam sampe kalo cepet

Haa, 3 jam, wow lumayan jauh juga ya, Enak dong bisa sering main ke Magelang

kunjungan malam bro. keren banget ya wisatanya. kapan aq bisa kesana heheh

mas favorit setiap rekreasi yang bisa mandi apalagi kalau air hangat mantap nian, melancarkan peredaran darah kalau gunung aku phobia ama ketinggian

Impiannya sama, pengin nyobain wisata ke Magelang, penasaran banget sama tempat wisatanya yang keren dan menarik, apalagi punthuk setumbu dan Ketep Pass

Betul Mas, suka ngajak bocah berenang dan main air, hehehe.. Saya juga suka ketinggian sih, penasaran sama Bukit Punthuk Setumbu dan Ketep Pass

Waa.. magelang punya banyak lokasi wisata ternyata yaa.. tempatnya juga bagus2... itu yang gereja ayam tempat lokasi shooting AADC 2 bukan ya.. kayaknya mirip2 tempatnya..

Betul mba, ini baru sebagian kecil loh, padahal masih banyak lagi yang gak kalah kerennya, tapi 10 ini yang paling yahud deh. Betul itu Gereja Ayam pernah dipakai shooting AADC loh,

walah aku baru tau kalau gereja ayam itu di Magelang, selama ini tak kira di Jogja wheheheh

aku ke Magelang baru ke Borobudurnya, Sungai Elo, sama Gunung Sumbing, indah magelang itu

Lokasinya memang di perbatasan Magelang-Yogyakarta, makanya banyak yang bilang di Yogya, padahal itu masih di Magelang

Wah enak dong udah pernah kesana, saya kapan ya???

Candi Borobudur masih menjadi destinasi favorit di Magelang sepertinya ya mas sudah Mendunia

Betul mas Dwi, salah satu yang paling favorit ya Candi Borobudur...


EmoticonEmoticon