Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Edukasi ke D'Kandang Amazing Farm Depok

Salah satu cara untuk mengurangi rasa jenuh adalah dengan melakukan refreshing. Dengan refreshing, segala kepenatan seolah hilang seketika, karena terbawa suasana yang happy bersama dengan orang-orang terdekat. Dan kali ini saya mau sharing cerita jalan-jalan saya dan keluarga ke tempat wisata edukasi di kota Depok.



Hari Kamis, 05 Oktober 2017, saya mengajak anak dan istri jalan-jalan untuk menikmati wisata edukasi (edutaintment) ke D'Kandang Amazing Farm di daerah Pasir Putih, Depok. Lokasinya dekat dengan jalan Sawangan Raya. D'Kandang memang sudah sangat dikenal, baik oleh masyarakat Depok sendiri maupun dari luar Depok.

Waktu itu kami pergi terlalu siang, sekitar jam 1. Karena saya harus menunggu kakak Nabil pulang sekolah dulu. Dari rumah di daerah Pengasinan, saya ngambil jalur tengah, yakni jalan Panggulan, Bedahan. Karena kalau lewat jalan Muhtar Raya (Sawangan) biasanya macet.

Berhubung lagi musim hujan, jadi siang itu cuaca agak mendung, tapi kami tetap nekat pergi. Soalnya penasaran seperti apa sih asyiknya bermain di D'Kandang.

Jalan Panggulan ini merupakan jalan pintas bagi yang ingin ke daerah Cipayung dan  Citayam, Depok. Jalannya tidak terlalu lebar, dan ada beberapa titik jalanan yang masih rusak. Kanan kiri masih dipenuhi sama kebun-kebun. Ada beberapa Pondok Pesantren juga di sepanjang jalan ini.

Setiap lewat jalan Panggulan, kami selalu melewati Pondok Zidane. Oh iya Pondok Zidane ini tempat rekreasi juga loh. Ada outbound, permainan untuk anak dan juga kolam renang. Tapi saya gak mau bahas ini karena belum sempat main kesini, maunya sih secepatnya main ke Pondok Zidane dan nulis reviewnya di blog ini.

Lokasi D'Kandang berada di Jalan Raya Penarikan RT 07/02, Kel. Pasir Putih, Kec. Sawangan, Depok. Kalau dari Jalan Raya Pasir Putih, nanti masuk lagi ke Jalan Penarikan. Lokasinya memang berada di dalam, bukan di pinggir jalan. Jadi di pinggir jalan itu cuma ada balihonya saja. 
Suasana jalan raya Pasir Putih, Sawangan, Depok. Lokasi D'Kandang ada di sebelah kanan jalan. Arah menjauh kamera menuju Sawangan dan sebaliknya mengarah ke jalan Panggulan dan Citayem

Ketika berbelok ke Jalan Penarikan, kondisi jalan masih rusak. Hal ini sangat disayangkan, mengingat jalan ini merupakan akses utama untuk menuju D'Kandang. Semoga kedepannya bisa segera diperbaiki.
Kondisi jalan Penarikan. Screenshot diambil dari Google Map tahun 2016. Tapi sewaktu saya berkunjung ke sini Oktober 2017 kondisi jalan masih sama, bergelombang dan berbatu.

HARGA TIKET MASUK D'KANDANG AMAZING FARM 2017

Sampai di lokasi sekitar jam 13.40. Saya pun langsung memarkir motor. Untuk parkiran motornya sempit sekali, persis di pinggir kali besar. Kalau lagi rame, pasti sulit mencari parkir motor. Harga parkir hanya IDR 5.000 dan langsung dibayarkan sama abang parkirnya. Nanti kita juga akan dikasih karcis tanda parkir.

Setelah parkir motor, saya langsung beli tiket. Kebetulan hari itu jumlah pengunjung sedikit, mungkin karena hari kerja dan waktu sudah mendekati sore.

Ada dua pilihan paket harga tiket masuk yang bisa kalian pilih :

IDR 18.000/orang => sudah termasuk satu botol yogurt 200ml
IDR 36.000/orang => sudah termasuk satu botol yogurt 200ml + topi

Jadi kalian bisa memilih sesuai kebutuhan. Kalau takut kepanasan, bisa membawa topi sendiri dari rumah. Tapi kalau lupa bawa topi, bisa beli tiket yang harganya IDR 36.000, karena nanti dapat topi. Saya sendiri beli tiketnya yang IDR 18.000 saja, soalnya sudah sedia topi saya bundar dari rumah, hehehe 😂

Saya hanya membayar untuk tiga orang saja. Dede Naufal belum dihitung tiket.


Mau dapetin tiket masuk lebih murah lagi, datang ke D'Kandang hari Minggu antara jam 06-09 pagi yaa. Harga tiketnya hanya IDR 5.000, tapi tanpa dapat yogurt. Nama programnya adalah TUMPAH RUAH.

Setelah dapat tiket, kami langsung masuk ke dalam dan harus menukarkan tiket untuk mendapatkan yogurt di loket penukaran tiket. Nanti akan ada petugas yang berjaga disana. Kalian bisa memilih yogurt sesuai selera loh. Ada rasa stroberi, leci dan lainnya. Tapi jangan nyari rasa yang tertinggal ya.



WAHANA EDUKASI DAN KREASI

Ketika masuk ke dalam, kalian akan disuguhkan pemandangan karpet sintetis warna hijau cukup luas untuk bersantai. Di sebelah kanannya, ada sebuah saung dan juga rumah kayu dan ayunan untuk bermain anak-anak. Tidak jauh dari karpet sintetis itu ada jalan dua arah ke kanan dan kiri, persis di tulisan besar "D'KANDANG AMAZING FARM". kalau ke kanan ke wahana edukasi dan kreasi sedangkan ke kiri untuk lokasi memanah, outbound dan flying fox.


Kalau mau main di rumput sintetis ini, jangan lupa lepas alas kaki ya...


Selama berada di dalam lokasi, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami dan pepohonan yang rindang. Lalu ada juga pot-pot bunga berwarna-warni yang terbuat dari sepatu boot di jembatan yang di bawahnya mengalir sungai Pesanggrahan. Diatasnya berjejeran rapih topi caping berwarna-warni.




Anak-anak akan senang ketika melihat atau bahkan mengikuti salah satu wahana edukasi yang sangat menarik. Mulai dari memberi makan kambing, menunggang kuda, memerah susu sapi, menangkap ikan, dan masih banyak lagi aktivitas yang lainnya. Selain wahana edukasi, di sini juga tersedia wahana kreasi, mulai dari kreasi tanah liat, melukis layang-layang dan banyak lainnya.


Kalau kalian mau mencoba salah satu wahana, kalian bisa langsung ke loket terdekat di dalam, jadi tidak perlu ke loket utama di depan, karena di dalam juga banyak loket tersedia.

Lokasi kandang kambing, ayam dan bebek berdekatan, jadi tidak terlalu capek muter-muter. Di sini juga ada kambing etawa, salah satu penghasil susu kambing terbaik. Baca juga artikel tentang Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh.

 


Kebo "Bule" lagi action difoto 






Rumah pengolahan susu sapi perah. 






Lalu ada juga kandang sapi perah. Lokasinya berdekatan dengan kandang kuda. Oh iya, saya sempat nanya ke petugas sapi perahnya, semua produksi susu sapi dan juga kambing di D'Kandang, nantinya akan diolah menjadi susu pasteurisasi dan yogurt. Kemudian untuk dijual kembali di D'Kandang Amazing Farm. Wah bermanfaat sekali ya.





 Hasil olahan susu sapi dan kambing dijual di D'kandang.

Bagi yang hobi mancing, jangan khawatir, di sini juga sudah tersedia pemancingan loh. Walau tidak terlalu luas, tempatnya cukup nyaman dan sejuk. Harganya pun bervariasi.





FASILITAS CUKUP LENGKAP

Soal kebersihan, tidak perlu risau. D'Kandang sudah menyediakan tempat sampah di beberapa spot strategis. Udah gitu tempat sampahnya pun dipisah, antara sampah kaleng yang bisa didaur ulang, sampah plastik dan dedaunan (sampah organik). Selain itu, di dekat kandang juga selalu disediakan sabun untuk mencuci tangan.


Di D'Kandang memiliki beberapa pendopo untuk mengadakan ragam acara. Lumayan luas loh. Kalau urusan harga, bisa ditanyakan langsung sama petugasnya. Bagi yang lapar dan tidak membawa bekal, jangan khawatir, disini juga sudah ada restoran dengan harga yang relatif terjangkau. Terus bagi kalian yang membawa bekal makan siang dari rumah, kalian bisa menikmati makan siang di saung-saung bambu yang tersebar di beberapa titik. Saungnya gratis, tidak perlu reservasi dulu, langsung gelar makanan dan bersantai ria.



Bagi yang ingin sholat pun sudah disediakan musholla di dekat restoran. Musholanya terletak diatas setelah restoran. Jadi harus naik tangga dulu. Lumayan tinggi juga sih, kalau jatuh bisa berguling-guling. Musholanya sejuk banget dan bawahnya terdapat kolam ikan. Wah pokoknya benar-benar adem dan asri.

Suasana di restoran masih sangat sepi.


Naik lagi terus keatas, ada lokasi untuk wahana edukasi, seperti memanen sayuran, menangkap ikan, menanam tanaman hias, hand boat (perahu tangan) dan hydroponik kids.
 Belajar menanam tanaman agar lebih dekat dengan alam.

Kolam tempat wahana menangkap ikan. 


Setelah puas bermain, kami pun pulang sekitar jam 15.45. Karena D'Kandang tutup sampai jam 16.00 dan pintu gerbang utama akan ditutup jam 17.00.

Pokoknya D'Kandang cocok banget untuk mengenalkan anak-anak dengan alam. Mengajarkan anak-anak memberi makan hewan, dekat dengan hewan dan pastinya juga ikut menjaga dan merawat alam. Salut sama pengelolanya.

Ada beberapa spot yang masih perlu diperbaiki, karena kalau saya lihat, sepertinya D'Kandang masih terus berbenah agar lebih baik lagi ke depannya.

Semoga bermanfaat.


D'KANDANG AMAZING FARM :

➤ Alamat : Jalan Penarikan RT 07/02, Kel. Pasir Putih, Kec. Sawangan, Depok 16519
               
➤ Telepon : (021) 77887138

➤ Tiket Masuk : 
IDR 18.000/orang => sudah termasuk satu botol yogurt 200ml
IDR 36.000/orang => sudah termasuk satu botol yogurt 200ml + topi

➤ Jam Buka : 09.00 - 16.00. 
Hari Jum'at tutup dan tanggal merah tetap buka

Posting Komentar untuk "Wisata Edukasi ke D'Kandang Amazing Farm Depok"