Review Asus VivoBook S15. Harga Terjangkau! Spesifikasi Memukau!

Apa kabarnya pembaca Blog Mas Hendra? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun. Aaamiin. Melalui artikel ini, saya ingin sedikit sharing mengenai ulasan atau review dari salah satu merk notebook terbaik di tanah air dan juga sebagai pemimpin pasar notebook nomor satu di Indonesia, yakni ASUS. Penasaran bagaimana notebook tersebut mampu memenuhi ekspektasi saya sebagai seorang blogger? Dan mungkin juga dapat memenuhi ekspektasi Anda semua? Silahkan baca tulisan saya hingga selesai.


Sebagai seorang blogger, saya dituntut untuk menghadirkan tulisan yang berbobot, padat, kreatif dan pastinya bermanfaat bagi pembaca. Harapan untuk memenuhi ekspektasi para pembaca tentunya selalu ada. Untuk itulah saya selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas artikel di blog yang saya kelola. Langkah ini tentu saja tidak mudah, selain harus mengumpulkan banyak ide dan kreativitas, aktivitas blogging juga harus didukung dengan alat tempur yang handal dan mumpuni. Kalau boleh saya menyebut alat tempur tersebut salah satunya adalah notebook. Tentu saja selain smartphone dan kuota internet.

Notebook sudah menjadi barang wajib untuk menunjang aktivitas saya sebagai seorang blogger. Tidak hanya digunakan untuk menulis artikel saja, notebook juga saya gunakan untuk membuat infografis, mengedit foto, mengedit video dan juga kebutuhan komputasi lainnya.

Agar pengunjung blog tidak mudah bosan ketika membaca tulisan saya, biasanya saya menyelipkan beberapa gambar dan juga infografis sederhana. Selain itu saya juga menyelipkan video GIF yang saya edit melalui notebook. Seperti yang kita ketahui, daya minat baca masyarakat kita masih sangat rendah. Disinilah dibutuhkan sebuah kreativitas untuk membuat artikel agar lebih menarik, yakni dengan penempatan gambar di dalam artikel yang ditulis. Kalau boleh saya ibaratkan, gambar maupun infografis ibarat sebuah bumbu dalam masakan, sehingga dapat menambah citarasa yang lezat di lidah.

Berikut beberapa contoh infografis sederhana olahan saya :

Namun untuk memperoleh hasil gambar yang maksimal, serta video editing yang jauh lebih baik, saya membutuhkan perangkat notebook yang lebih handal dan powerful. Handal yang saya maksud adalah mampu menunjang aktivitas blogging maupun kebutuhan komputasi lainnya secara maksimal. Sedangkan notebook yang powerful adalah notebook yang ditunjang dengan fitur-fitur yang canggih dan kekinian. Seperti apa notebook yang handal dan powerful yang mampu menunjang segala aktivitas saya? Simak terus tulisan saya.
Tepat pertengahan Agustus 2017 lalu, ASUS meluncurkan 5 buah notebook yang slim, stylish, trendy dan powerful, yakni ZenBook series dan VivoBook series. Serta 1 tipe notebook khusus untuk para gamer, yakni ASUS ROG Zephyrus GX501. 

Event yang diberi nama The Edge of Beyond ini mengangkat tema Less Is The New Luxury, yang berarti kesederhanaan adalah sebuah bentuk kemewahan yang baru. Berikut adalah 6 notebook terbaru yang keren, stylish dan trendy keluaran ASUS :

1. Asus ZenBook Pro UX550
2. Asus ZenBook Flip S UX370
3. Asus ZenBook 3 Deluxe UX490
4. Asus VivoBook S15
5. Asus VivoBook Pro N580
6. Asus ROG Zephyrus GX501

Dari ke-6 notebook yang baru hadir, ada satu yang menyita perhatian saya, yakni ASUS VivoBook S15, karena memiliki spesifikasi mumpuni dan desainnya stylish. Menurut Benjamin Yeh, Regional Director ASUS South East Asia, VivoBook Series merupakan notebook yang sangat stylish dan memiliki performa yang tinggi.

Seperti kita ketahui, setiap tahun ASUS merilis seri notebook terbaru dengan spesifikasi tinggi yang menarik minat pengguna. Keberhasilan dalam memasarkan lini produk tersebut menjadikan  ASUS menempati peringkat satu terbesar pasar notebook di Indonesia, berdasarkan data GFK 2017.

VivoBook Series hadir bagi yang menginginkan notebook dengan kinerja terbaik, handal dan powerful.
Dan salah satu yang ingin saya review disini adalah ASUS VivoBook S15 yang mampu menunjang berbagai aktivitas saya, baik sebagai seorang blogger maupun pekerja yang membutuhkan kesempurnaan di era yang serba digital ini. 
VivoBook S15 sudah diperkuat dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-7 yang bertenaga dan juga grafis berbasis Nvidia GeForce. Meskipun memiliki spesifikasi yang memukau, namun harganya tetap terjangkau jika dibandingkan dengan notebook sejenis di pasaran. Hanya kurang dari sepuluh jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang notebook stylish dan keren ini.

Penasaran seperti apa keunggulan dan spesifikasi yang dimiliki ASUS VivoBook S15? Berikut ulasannya :
Pertama, saya akan mereview dari sisi desain. ASUS VivoBook S15 hadir dengan dimensi yang sederhana, namun memiliki perpaduan yang sempurna antara performa yang tangguh dan desain yang elegan. Hadir dengan layar 15,6 inci FULL HD, namun notebook ini hanya berukuran 14 inci. 

Finishing desainnya yang begitu elegan dan sempurna, menjadikan VivoBook S15 begitu tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 1,79 cm, dan berat 1,5 kg saja. Sehingga cukup nyaman dan ringan untuk dibawa bepergian. Mampu memenuhi ekspektasi Anda untuk melakukan berbagai pekerjaan dimanapun Anda berada. 😄

Dengan hadirnya teknologi NanoEdge yang digunakan, VivoBook S15 menggunakan bingkai yang sangat tipis, yakni 0,78 cm, sehingga bagian permukaan notebook bisa dimaksimalkan penggunannya oleh layar. Sebanyak 80 persen dari penampang notebook ini adalah layar.

Teknologi NanoEdge memungkinkan Anda untuk tetap dapat melihat layar dari sudut mana pun dengan jelas dan nyaman, serta warna dan kontras tetap hidup dan tajam, karena didukung dengan 178° teknologi wide-view. Tampilan video pun tetap terlihat frame by frame dengan sangat halus. Tampilan yang lebar pada monitor, tanpa memakan tempat, karena VivoBook sudah didesain minimalis dan tetap elegan. Dan VivoBook S15 merupakan salah satu notebook yang tertipis di kelasnya.


Untuk menunjang aktivitas komputasi Anda, VivoBook S15 sudah didukung dengan prosesor Intel® Core™ i5 7200U terbaru. Rasakan pengalaman luar biasa dan responsivitas yang tinggi ketika bekerja. Di VivoBook S15 Anda dapat berpindah-pindah program dan jendela dengan lebih mudah dan cepat. Anda juga dapat mengedit video dan foto dengan mudah, karena sudah didukung dengan RAM sebesar 4GB DDR4 berkecepatan 2133MHz dan grafis NVIDIA® GeForce® 940MX

VivoBook S15 mampu menghadirkan visual yang sangat halus dan pengalaman bermain yang luar biasa. Hadir dengan ultra-fast dual-band 802.11ac Wi-Fi, Anda dapat menikmati kecepatan hingga 867Mbps, lebih cepat 6x dari generasi sebelumnya, yakni 802.11n. VivoBook S15 memiliki semua yang Anda butuhkan untuk fleksibilitas dan performa.
Wi-Fi 802.11ac merupakan generasi kelima (5G Wi-Fi) yang memiliki data rate hingga mencapai 1300Mbps atau 1,3Gbps. Dengan kecepatan seperti ini, tentu saja aktivitas browsing, download maupun steraming menjadi lebih cepat.


💛 Apa yang menjadi kelebihan Wi-Fi 802.11ac? 💛


🔺 Menggunakan Teknologi Beamforming 🔻

Kelebihan yang pertama adalah sudah mengusung teknologi beamforming atau sinyal dapat menyebar terarah dan lebih efektif. Berbeda dengan kebanyakan perangkat Wi-Fi yang ada sekarang, menghasilkan sinyal yang menyebar ke segala arah dengan radius tertentu.


🔺 Bekerja di Frekuensi 5GHz 🔻

Wi-Fi 802.11ac mampu bekerja pada gelombang 5GHz. Ini artinya gangguan pada frekuensi 5GHz cenderung lebih sedikit dibanding frekuensi sebelumnya, dimana banyaknya peralatan rumah tangga yang menggunakan frekuensi 2,4GHz, seperti microwave, oven dan lainnya, akan mengganggu sinyal Wi-Fi generasi sebelumnya yang berada pada frekuensi yang sama.


🔺 Channel Lebih Lebar, 80MHz 🔻

Kelebihan lainnya adalah menggunakan channel yang lebih lebar untuk mendukung pengiriman data lebih banyak, sehingga bandwith pun akan lebih besar.


Menariknya, ASUS VivoBook S15 menghadirkan desain dual-storage sehingga memberikan kemampuan terbaik untuk kedua pilihan, karena memiliki kecepatan data SSD (Solid State Drive) yang impresif serta kapasitas HDD (Hard Disk Drive) yang besar. Anda dapat menginstall berbagai aplikasi dalam waktu yang sangat cepat karena sudah didukung SSD sebesar 128GB dan dapat menyimpan berbagai file, mulai dari film, musik dan foto pada penyimpanan HDD hingga sebesar 1TB (1000GB).

Rasakan pengalaman luar biasa ketika Anda menggunakan ASUS VivoBook S15 dengan SSD, mulai dari peningkatan dalam kecepatan baca/tulis yang drastis, kinerja PCMark, waktu boot-up dan perlindungan data fisik Anda.
ASUS VivoBook S15 sudah dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap. Sebut saja port micro HDMI (High-Definition Multimedia Interface), card reader dan slot micro SD. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan port USB terbaru, yakni USB 3.1 Type-C™ reversibel, yang merupakan penerus dari versi sebelumnya, yakni versi 2.0 dan 3.0.

Menariknya, Anda dapat langsung mencolokkan memory card ke notebook tanpa bantuan memory card reader. Sangat praktis bukan? Dengan ASUS VivoBook segala pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan praktis.
Kelebihan USB 3.1 Type-C™ :



💗 Mentransfer data 5x lebih cepat 💗
💗 Mampu menampilkan gambar beresolusi tinggi ke TV atau Proyektor 💗
💗 Mampu mengisi baterai (charging) lebih cepat 💗
💗 Desain lebih simpel dan ramping 💗
💗 Lebih awet. Karena memiliki daya tahan dan kualitas yang jauh lebih baik 💗

Keamanan data dalam notebook merupakan hal serius yang tidak bisa dikesampingkan. Berbagai sistem keamanan pun digunakan untuk melindungi data, mulai dari pengaturan password hingga pemasangan aplikasi atau software lock juga banyak digunakan dewasa ini.

Hanya dengan mengaktifkan password saja dinilai tidak cukup. VivoBook S15 sangat memahami keamanan data Anda di dalam notebook dengan meningkatkan keamanan dengan mengintegrasikan notebook menggunakan sensor sidik jari. Cara ini dinilai jauh lebih mudah dan aman, karena Anda tidak perlu repot-repot mengetik kata sandi Anda setiap saat untuk masuk ke notebook Anda. Hanya dengan satu sentuhan saja untuk mengaksesnya.
Rasakan pengalaman mendengarkan musik dengan kualitas suara yang jauh lebih baik, karena sudah didukung dengan teknologi milik ASUS, yakni SonicMaster. SonicMaster merupakan teknologi dari ASUS yang mampu memanjakan telinga dengan suara yang jauh lebih halus, jernih dan detail ketika Anda mendengarkan musik, film, suara dan bahkan bermain game.

Pengolahan sinyal tambahan dan penyetelan juga berperan dalam memperbaiki setiap detail suara, menyaring suara dan meningkatkan kejernihan audio, sehingga Anda benar-benar dapat merasakan suara yang lebih mendalam.
Keunggulan teknologi SonicMaster :
💙 Powerful Volume 💙
Perpaduan antara output tinggi dengan distorsi amplifier rendah membuat suara yang dihasilkan akan terdengar jauh lebih nyaman, bahkan dengan volume yang keras sekalipun, tanpa takut speaker akan jebol.


💙 Crystal Clear Sound 💙
Keunggulan berikutnya adalah mampu menghasilkan detail suara yang lebih jernih, sejernih kristal.

💙 Deeper and Richer Bass 💙
Ruang speaker yang besar dan subwoofer eksternal yang profesional mampu menghasilkan suara bass yang lebih mendalam dan lebih kaya, sehingga dentuman akan sangat terasa lebih tegas.

💙 Distinct Vocals 💙
SonicMaster mampu mengurangi atau me-reduce tingkat kebisingan setiap suara, kata, komunikasi, film, musik dan permainan, sehingga suara yang dihasilkan benar-benar terasa lebih hidup.

💙 Wider Range 💙
Teknologi Wider Range mampu mengurangi tingkat kebisingan dan distorsi, sehingga mampu menghasilkan suara yang lebih halus, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Dapatkan pengalaman mengetik yang nyaman dan ergonomis dengan ASUS VivoBook S15, karena memiliki jarak yang lebih lebar antara keycaps-nya, yakni 1,4mm. Jarak yang lebih lebar akan mengurangi kesalahan ketika mengetik (typo) dan mengetik pun akan terasa lebih nyaman, sehingga memberikan pengalaman berbeda ketika Anda mengetik.

Selain itu, keyboard VivoBook S15 juga sudah dilengkapi dengan cahaya (back light) sehingga keyboard tetap dapat terlihat dengan jelas meskipun berada di ruang minim cahaya.
Keunggulan Keyboard single-piece (chiclet) :

💙 Desain yang elegan dan ergonomis, sehingga memberikan posisi tangan ideal yang nyaman 💙
💙 Mengetik menjadi lebih nyaman dan tidak berisik 💙
💙 Tombol keyboard yang tahan lama dan awet hingga 10 juta kali pengetikkan dibanding kebanyakan keyboard 💙
💙 Lebih mudah dibersihkan, karena memiliki jarak yang lebih lebar 💙

Teknologi yang dikenalkan ASUS, IceCool, memungkinkan temperatur perangkat tidak mudah cepat panas, sehingga tidak akan mempengaruhi aktivitas komputasi Anda. 

Teknologi ASUS IceCool didesain menggunakan kontrol kipas terbaru yang canggih, pipa panas yang tipis dan tata letak internal yang cerdas, sehingga menciptakan sistem pendinginan yang efisien yang dapat menjaga suhu palm rest rata-rata di bawah 35°C - lebih rendah dari suhu tubuh untuk memastikan Anda memperoleh kinerja komputasi yang lebih nyaman.
Jangan sampai aktivitas komputasi Anda terganggu hanya gara-gara baterai notebook cepat terkuras habis. Akibatnya Anda lebih sering menyambungkan kabel adapter dan membiarkan baterai berada di kondisi 98 hingga 100 persen dalam jangka waktu yang lama. Padahal kebiasaan buruk ini justru dapat menurunkan masa pakai baterai dan berpotensi membuat komponen di dalamnya kembung.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ASUS VivoBook S15 memiliki dua teknologi yang mampu mencegah hal tersebut diatas. Bahkan sekaligus mampu memperpanjang usia baterai. 

1. Teknologi SuperBattery
Teknologi pengawet baterai ini memungkinkan masa pakai baterai meningkat 3 kali lipat lebih lama dibandingkan dengan baterai notebook pada umumnya. Teknologi ini akan memonitor secara cerdas serta membatasi pengisian maksimal yang bisa diberikan pada sel baterai.

Dengan teknologi SuperBattery, VivoBook S15 mampu mencapai siklus pengisian ulang hingga 900 kali dibandingkan dengan siklus pengisian ulang notebook pada umumnya yang sekitar 300 kali sebelum daya tahan baterainya menurun. Tidak hanya itu saja, SuperBattery juga mampu mengisi ulang baterai dengan cepat, dari kondisi 0% hingga mencapai 60% hanya dalam waktu 49 menit saja.

2. ASUS Battery Health Charging App.
Aplikasi ini memungkinkan Anda secara manual untuk menentukan tingkat Relative State of Charge (RSOC) baterai notebook pada 60%, 80% atau 100%. Cara ini dinilai dapat membantu memperpanjang usia baterai.
Secara hardware, ASUS VivoBook S15 sudah mendukung sistem operasi Windows 10 lengkap dengan Cortana. Namun, varian notebook ini dipasarkan dengan memakai sistem operasi Endless OS di Indonesia. Kabar baiknya, sistem operasi berbasis Linux tersebut memiliki beraneka ragam fungsi dan fitur yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari.
Endless OS yang dikembangkan oleh Endless Mobile ini dapat Anda download secara gratis oleh siapapun. OS ini telah dilengkapi dengan berbagai konten hingga 100 aplikasi gratis yang dapat dipakai langsung tanpa penggunanya harus terhubung ke internet.

Endless OS juga dirancang agar terasa alami dan intuitif, sehingga mudah digunakan walaupun Anda memiliki sedikit pengalaman atau bahkan belum pernah menggunakan komputer. 

Tidak ada biaya apapun untuk menggunakan sistem operasi ini. Penggunaan OS ini tidak dibatasi, tidak seperti sistem operasi atau aplikasi trial yang hanya bisa digunakan selama 30 hari. Hebatnya, sistem operasi ini juga cenderung tahan terhadap virus komputer, sehingga dapat mengurangi masalah yang akan muncul dari serangan virus atau malware yang kian hari kian marak.
Dengan hadirnya sistem operasi yang sudah dilengkapi dengan berbagai aplikasi guna menunjang aktivitas Anda sehari-hari, tentu saja ASUS VivoBook S15 ini menjadi semakin sempurna. Begitu Anda menyalakan notebook, Anda dapat langsung bekerja tanpa perlu melakukan instalasi sistem operasi ataupun berbagai aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari.
Berikut adalah spesifikasi lengkap notebook ASUS VivoBook S15 :


CPU
Intel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating System
Endless OS
Memory
4GB DDR4 RAM
Storage
128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display
15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) with slim bezel
Graphics
Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output
1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Audio
Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone
ASUS SonicMaster Premium Technology
Battery
3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension
(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight
1,7Kg with Battery
Colors
Icicle Gold
Price
Rp9.799.000
Warranty
2 tahun garansi global senilai Rp900.000
Setelah melihat begitu banyak kelebihan yang dimiliki notebook ASUS VivoBook S15 ini, saya semakin bertambah yakin kalau notebook ini mampu untuk menunjang berbagai aktivitas blogging maupun aktivitas komputasi lainnya, dimanapun dan kapanpun. Apalagi ditunjang dengan jeroan yang handal dan tangguh serta fitur-fitur menarik.

Dengan harga kurang dari sepuluh juta, Anda sudah mendapatkan notebook stylish, trendy, handal dan tangguh.


Referensi :

🕮
Asus.com
Rianlab.com

📹
ASUS
Pemmz 
Obat Gaptek 
ASUS UK 

Share This Article


24 comments:

  1. Saya ngebaca blogger yang review asus pada keren-keren semua caranya. Apalah saya malah jadiin review ke arah cerpen. Dan saya kaget ternyata mas hendra bisa jabarin asus dengan detail banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Bimo, hanya berusaha semaksimal mungkin. Ikutan juga ya??

      Delete
    2. iya mas, saya ikutan juga. Tapi gak tau nih kapan pengumumannya.

      Delete
    3. Kalo gak salah sih pertengahan Oktober, tapi belum tau pasti kapannya....

      Delete
    4. Mudah-mudahan kita bisa bawa pulang laptopnya, aaamiiin....

      Delete
  2. tipis iya labtopnya, enak tu di bawa kemana-mana, jadi kepengen beli asus Vivibook S510nya, ngumpulin duit dulu ah,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ukuran notebook itu tipis banget mas. Jadi mudah dibawa kemana-mana, ringkas dan minimalis. Semangat Nabung mas...

      Delete
  3. Wah keren banget pokonya, layarnya 14 inch tapi di dalamnya 15.6 inch, ko bisa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong mas, ini buktinya. Berarti bezelnya saking tipisnya yah

      Delete
  4. Laptop Idaman saya nih...Catet deh ASUS vIVOBOOK s15 Specnya mumpuni dari sisi manapun STORAGE oke,Ram Mantap Prosesosor yahud belum yang lainnya.Nyicil dulu kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mas Dwi, semoga terwujud ya... Lumayan buat senjata ngeblog...

      Delete
  5. Wah, lengkap banget Mas, reviewnya.. Ciamik juga judul sub bab yang pake gambar. Bisa jadi referensi saya buat di blog nih hehehe
    Tapi ini emang laptop impian, nih. Joss speknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, biar semangat nulisnya, ini gak seberapa, padahal masih banyak keunggulannya. Silahkan dicoba mas, cuma pake PowerPoint kok. Speknya bagus dan tangguh, cocok buat aktivitas sehari-hari kayak kita para blogger

      Delete
  6. Saya suka notebook ini karena sesuai dengan keinginan, layar besar dan tipis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya juga suka banget, lebar dan tipis

      Delete
  7. Review ASUS VivoBook S15 disini lengkap dan mendetail sekali kang, dengan segala keunggulan fitur dan performanya yang sangat prima, sangat rekomended buat para blogger untuk menunjang aktivitas ngeblognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih kang... Fiturnya memang kekinian dan mendukung banget untuk aktivitas ngeblog.... Mau beli gak kang??

      Delete
  8. wih Asus keyboard mirip banget sama kibor macbook... O_O
    Spesifikasinya bagus juga untuk ukuran yg tipis2 begini... Lumayan nendang.
    Sekali-kali, mas Hendra, bikin giveaway gitu hahahaha giveaway-nya Asus ini :P
    hehehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah nih bikin giveaway mas, hehehe.... Keyboard nya memang tipis, laptopnya aja tipis kok

      Delete
  9. Keren Om ulasannya. JAdi kepingin deh punya Asus VivoBook nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya atas apreasiasinya, sudah seharusnya seperti itu mas, nulis secara maksimal

      Delete
  10. Keren ya mas laptopnya jadi kepengen, hehe...tapi lomba blog kalah mulu ni, dipendam aja hasrat memiliki asus yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren sangat Mas. Spesifikasinya mantap dan desainnya gak boros, alias minimalis... Tetap terus berusaha Mas, jangan mudah menyerah

      Delete