Tong Toll, Tongkat Kartu Tol Elektrik

Tong Toll Tongkat Kartu Tol Elektrik - Blog Mas Hendra

Apa kabarnya pengunjung setia blog mas hendra. Memangnya ada ya?? hehehe... Kali ini saya mau sharing tentang tong toll/tongkat GTO/GTO Stick/Tongkat e-Toll, salah satu terobosan terbaru dari dunia pertollan. Menurut rencana, ruas jalan tol di Indonesia tidak lama lagi akan menggunakan sistem transaksi elektronik. Ini artinya, para pengemudi mobil hanya bisa membayar tol dengan menggunakan uang elektronik (e-money), bukan dengan cash lagi. 

Uang elektronik ini sudah dikeluarkan oleh berbagai bank di Indonesia dengan beragam desain dan bentuk. Jadi ketika melakukan pembayaran, pengemudi hanya perlu menempelkan kartu ini ke alat atau mesin di Gerbang Tol Otomatis (GTO).

Namanya juga orang Indonesia, melihat rencana baru ini, jiwa kreatif pun muncul membuncah ke permukaan. Hal ini memancing kreativitas untuk membuat GTO Stick atau kalau di sosial media biasa disebut tong toll (tongkat e-toll), yah bisa dibilang masih saudara sepupu sama tongsis, hehehe... Tong toll ini memiliki bentuk mirip tongsis, hanya saja pada ujungnya terdapat penjepit untuk menjepit uang elektronik (kartu).

Sebenarnya ini kreatif atau memang pada dasarnya orang Indonesia yang malas berusaha nempelin kartu ketika bayar toll. Ah entahlah...

Baca juga artikel ini ya guys : Tongsis Khusus Jomblo
                                              Siapa Penemu Tongsis?

Ramai di sosial media, seperti Instagram dan toko online, tongtoll ini memliki desain yang beragam, ada yang terbuat dari plastik, bahkan ada juga yang terbuat dari logam. Tong toll yang terbuat dari plastik berukuran statis (gak bisa dipanjang pendekkan) sekitar 23 sentimeter. Sementara yang berbahan logam bisa diatur panjangnya, mirip seperti tongsis.

Tong Toll Tongkat Kartu Tol Elektrik - Blog Mas Hendra
Harganya pun bervariasi, mulai dari IDR 15.000 - IDR 100.000. Tong toll sudah mulai banyak dijual di toko online loh. Ada yang berminat?

Kebanyakan yang menggunakan tong toll ini adalah para ibu (pemilik jargon sein kiri belok kanan) dan kaum hawa, yang biasanya membawa mobil jenis sedan, sehingga cukup kesulitan ketika akan melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu elektronik ini. Makanya dengan kehadiran tong toll ini, sedikit banyak dapat membantu memudahkan pengemudi ketika menempelkan kartu uang elektronik di Gerbang Tol Otomatis.

Kalau tangannya pendek atau tidak mau ribet, tong toll bisa digunakan sebagai alternatif untuk membantu mengurangi beban si tangan. Nah kalau si panjang tangan, kira-kira masih perlu tong toll juga gak ya??? 

Share This Article


18 comments:

  1. ngakak karena aku adalah emak yang begitu sein kiri belok kanan klo lagi nyetir dan untuk saat ini belum berani masuk toll :p
    Boleh juga inovasinya nih buat aku ntar biar pas ke toll jadi ga perlu keluar atau badannya keluar2 :) harganya terjangkau lagi y kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, ketauan nih si pemilik jargon ini. Boleh dicoba nih teh, siapa tau jadi terbantu ketika berada di GTO. Harganya murah-murah pula...

      Delete
  2. mantap nih alatnya, emang kreatif dan unik iya orang indonesia, kepikiran buat alat kayak gitu.

    tapi iya mas, nama alatnya itu lohh, kok agak gimana gitu iya, kalo disebut, jd takut nyebutnya takut terpeleset kata, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kreatif sama malas beda tipis, hehehe....

      Namanya mirip ikan tongkol ya mas. Hati-hati keseleo ngucapinnya

      Delete
  3. perasaan belum ada sebulan ehh alatnya udah ada aja, aduh baca namanya kok pikiranku ngeres gini yah. hehe...
    asli ini mah, orang indonesia tuh kreatif banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, superb banget orang Indonesia ini. Hati-hati keseleo bacanya

      Delete
  4. Itulah hebatnya orang Indonesia ya kang, selalu muncul jiwa kreatifnya di saat moment-moment tertentu, seperti tong toll ini, keren menurut saya, bisa membantu para pengguna jalan tol saat membayar di GTO supaya lebih gampang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang, bener banget, para jiwa kreatif selalu memanfaatkan momen-momen berharganya.

      Delete
  5. Aku biasa duduk manis di samping driver jadi nggk ngalamin hehe
    kreatif apa males entahlah hehe
    ntar aku share deh ke bos haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak ya kalo jadi nyonya mah, hahaha....

      Delete
  6. sejak kemunculan tong toll saya seluruh keluarga masing-masing memiliki, maklum setiap hari kita lewat pintu toll dengan kendaraan pribadi kita masing-masing...simpel dan praktis sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap banget nih Mang Lembu, BTW knalpotnya gak ada jandanya kan

      Delete
  7. baru tau saya.. maklum belum ada jln tol di saya mas.
    makin lama makin canggih aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Mamang tinggalnya di daerah mana, sampe belum ada jalan tol di daerahnya.. Betul semakin canggih saja nih

      Delete
  8. emang pada kreatif ini manusia, ada aja peluang bafus buat dijadikan ide bisnis wkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul, pandai memanfaatkan peluang menjadi sebuah bisnis cukup menjanjikan. Mas Ridah gak ikutan juga bikin Tong Toll??!

      Delete
  9. Nama yang unik, tong tol, tongkat tol atau tongkat tolol hehehehe :D #CANDA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itulah ide unik dan kreatif orang-orang Indonesia...

      Delete