6 Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Tubuh

Ketika mendengar makanan sehat, apa yang terlintas di pikiran Anda?? Makanan organik atau jenis makanan mahal?! Seperti kita ketahui, tidak sedikit orang yang langsung mendeskripsikan bahwa makanan sehat hanya dapat dijumpai di restoran mewah dan mahal. Tentu saja pandangan ini keliru, karena pada kenyataannya, makanan sehat dapat diperoleh dengan cara yang mudah serta harga terjangkau.


Sebelum kita mengetahui manfaat makanan sehat dan bergizi bagi tubuh, kita ketahui terlebih dulu pengertian dari makanan sehat dan bergizi serta kandungan yang wajib ada didalamnya.

Makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang mengandung gizi yang seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh serta bermanfaat bagi tubuh Anda. Selain itu, makanan sehat juga harus bebas dari bahan-bahan yang dapat membahayakan tubuh, seperti pemanis buatan, pengawet dan pewarna.

Dilihat dari kandungannya, makanan sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan lemak tak jenuh. Pada dasarnya lemak memiliki peranan penting bagi tubuh, hanya saja takarannya yang perlu dibatasi.
Makanan sehat dan bergizi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari oleh tubuh sebab ada begitu banyak manfaat yang dirasakan oleh tubuh, sehingga mampu untuk menjaga kesehatan organ tubuh, tulang dan juga otot. Tanpa memandang usia, mengonsumsi makanan yang sehat merupakan hal yang sangat penting, bahkan sebaiknya kebiasaan ini dimulai sejak usia dini.


Setiap hari, tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, air, mineral serta berbagai vitamin lainnya, guna menjaga kesehatan tubuh Anda, sehingga dapat menunjang aktivitas sehari-hari dengan lancar dan prima.

Mengapa zat-zat tersebut diatas begitu penting bagi tubuh? Berikut adalah infografis penjelasannya :

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, tubuh juga butuh asupan nutrisi yang tepat dengan cara rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Pola hidup sehat selalu mengedepankan asupan buah dan sayuran serta sumber protein yang tinggi, sehingga dapat membantu penyerapan zat gizi yang lebih optimal. Dan berikut adalah 6 manfaat makanan sehat dan bergizi bagi tubuh yang perlu Anda ketahui :

💚1. MENINGKATKAN SISTEM IMUN DALAM TUBUH 💚
Jika Anda ingin meningkatkan sistem imun dalam tubuh, mulai sekarang perhatikan menu makanan yang Anda konsumsi. Untuk mewujudkannya, sebaiknya Anda mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup bagi tubuh. Mengapa demikian? Karena buah dan sayuran memiliki khasiat serta banyak vitamin yang terkandung didalamnya, sehingga akan membentuk sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik. Salah satu jenis vitamin yang penting untuk dikonsumsi adalah vitamin C.

Vitamin C ditemukan pada beragam jenis buah-buahan, seperti jeruk, mangga, strawberry dan buah kiwi. Sayuran yang mengandung vitamin C juga dipercaya akan menyehatkan tubuh serta menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

💚 2. MEMBUAT TUBUH TERASA LEBIH SEGAR 💚
Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Dengan demikian, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas setiap hari dengan lancar tanpa merasakan lelah yang berarti.

Selain itu, kondisi tubuh yang selalu dalam keadaan sehat dan segar, maka akan meningkatkan produktivitas harian Anda.


💚 3. MENURUNKAN BERAT BADAN 💚
Mengonsumsi beragam buah dan sayuran menjadi makanan yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain menyehatkan dan bergizi, mengonsumi buah-buahan dan sayuran mengandung kalori rendah dan bebas lemak sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Cara ini dinilai cukup ampuh dalam upaya program penurunan berat badan, selain itu juga tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

💚 4. MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT KANKER 💚
Kanker menjadi salah satu mesin pembunuh mematikan di dunia. Pada tahun 2012 lalu, menurut catatan WHO, setidaknya kanker tercatat sebagai salah satu dari 20 macam penyakit yang paling mematikan di dunia. Dan diperkirakan dalam 20 tahun ke depan, jumlah pengidap kanker bisa meningkat hingga mencapai 70%. 

Untuk mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh, Anda bisa mencoba untuk rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang dipercaya mampu untuk memperbaiki sel-sel di dalam tubuh. Terutama jenis buah-buahan yang berwarna ungu dan merah. Buah ini mengandung lycopene (likopen) dan anthocyanin (antosianin) dalam jumlah yang cukup tinggi. Kedua zat ini memiliki khasiat antioksidan yang kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh.

Buah-buahan yang baik untuk mencegah sel kanker adalah  tomat, delima, anggur, berry (strawberry, blueberry, cranberry, raspberry dan jenis berry lainnya), buah naga, nanas dan sirsak.

💚 5. MENGENDALIKAN TEKANAN DARAH DALAM TUBUH 💚
Sebuah laporan kesehatan yang dikeluarkan oleh National Heart, Lung and Blood Institute pada tahun 2002 dan 2003 silam, memberikan saran bahwa penyesuaian gaya hidup dapat membantu mencegah dan mengobati hipertensi. Para ahli sepakat bahwa  langkah pertama yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Ketika tekanan darah Anda tinggi, Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan berbagai penyakit serius lainnya. Zat yang dipercaya ampuh untuk menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh adalah potasium atau disebut juga kalium. 

Potassium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang mengandung potassium cukup tinggi. 

Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung potassium tinggi, akan membantu untuk menyeimbangkan tekanan darah di dalam tubuh, sehingga tekanan darah akan selalu stabil. Berikut adalah jenis buah dan sayuran yang mengandung potassium cukup tinggi :




💚 6. MELANCARKAN PENCERNAAN 💚
Rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalam makanan sehat dan bergizi membantu melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga buang air besar pun menjadi lebih lancar. 

Oleh karenanya, bagi seseorang yang sulit untuk buang air besar, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi serat yang terkandung di dalam buah dan sayuran agar feses menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan (BAB menjadi lancar).


Menu diet sehat merupakan daftar makanan sehat dan bergizi seimbang yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh setiap harinya. Menu ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin menguruskan badan saja, melainkan untuk semua orang yang menginginkan dan menerapkan gaya hidup sehat. 


Gaya hidup sehat sangat penting untuk diterapkan. Seperti yang kita ketahui, manusia hidup tidaklah selalu dalam keadaan sehat, karena berbagai aktivitas yang dilakukan untuk menyokong kehidupannya, ada masanya dimana daya tahan tubuh akan melemah, sehingga menyebabkan tubuh rentan akan serangan penyakit tertentu.

Salah satu solusi yang tepat untuk menerapkan gaya hidup sehat adalah dengan memberikan tubuh asupan nutrisi harian yang tepat. Dan hindari mengonsumsi makanan cepat saji (junk food) yang dapat menyebabkan obesitas. Langkah terbaik adalah dengan mengolah sendiri  makanan yang akan dikonsumsi agar lebih terkontrol kualitas nutrisinya.

Padatnya aktivitas terkadang membuat waktu Anda begitu sempit, sehingga tidak sempat untuk mengolah makanan sehat, apalagi untuk menghitung jumlah asupan nutrisi harian Anda. Untuk itu, Anda dapat mempercayakan semuanya kepada Gorry Gourmet sebagai solusi tepat untuk menikmati menu makanan sehat dan bergizi, serta praktis. 

Gorry Gourmet merupakan penyedia catering online yang mengolah dan menyediakan menu makanan sehat, bergizi dan pastinya lezat.

Melalui Catering Gorry Gourmet, Anda hanya tinggal menikmati menu-menu makanan sehat sehari-hari yang dibuat oleh para ahli gizi dengan perhitungan matang, mulai dari masakan nusantara hingga masakan mancanegara. 


Melalui berbagai program yang tersedia di Gorry Gourmet, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya dengan menu makanan sehat dan lezat, dan tentu sangat memudahkan bagi Anda yang ingin mengatur gaya hidup sehat, menambah berat badan dan menguruskan berat badan dengan cara diet sehat alami.

Dan berikut setidaknya ada 9 alasan mengapa sebaiknya Anda memilih Gorry Gourmet sebagai personal wellness coach :


💚 1. MAKANAN SEHAT DENGAN CITA RASA MASAKAN NOMOR SATU 💚

Ketika mendengar makanan sehat, biasanya lebih mengedepankan nilai nutrisi dibanding rasa. Tapi tidak di Catering Goory Gourmet. Masakan sehat dan bergizi diolah dan dibuat oleh chef profesional berkelas internasional. Setiap menu dan paket Catering Gorry Gourmet disajikan dengan cita rasa tinggi untuk memastikan kenikmatan santapan yang Anda konsumsi selama dalam program diet.


💚 2. PAKET YANG LEBIH FLEKSIBEL, SESUAI KEBUTUHAN ANDA 💚

Catering Gorry Gourmet berkomitmen untuk menyediakan varian menu dan paket yang dirancang khusus serta disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari penurunan berat badan,  pembentukan otot hingga penanganan berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, koleterol hingga kebutuhan khusus (autisme).

Berikut adalah daftar paket yang bisa Anda pilih di Gorry Gourmet :



💚 3. DIAWASI LANGSUNG OLEH TIM DOKTER GIZI PROFESIONAL 💚

Anda tidak perlu khawatir dengan kandungan nutrisi yang terdapat di Gorry Gourmet, karena seluruh bahan hingga proses pembuatan menu disajikan oleh Gorry Gourmet yang sudah divalidasi kandungan nutrisinya oleh tim dokter gizi berpengalaman untuk memastikan apa yang Anda santap dapat memenuhi kebutuhan Anda.


💚 4. TERSEDIA MENU MAKANAN SEHAT UNTUK ANAK-ANAK 💚

Anak-anak tidak suka makan buah dan sayuran? Tidak perlu khawatir, Gorry Gourmet menghadirkan pilihan menu anak yang lezat dan bergizi untuk dikonsumsi sehari-hari. Dengan komposisi karbohidrat, protein, serat dan vitamin yang seimbang, hidangan ini siap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama masa pertumbuhan.



💚 5. TERSEDIA PAKET EXPRESS DELIVERY 💚

Ada beberapa menu makanan dan minuman sehat yang bisa dipesan dalam waktu cepat. Sesuai dengan namanya, EXPRESS DELIVERY, pesanan akan segera diantarkan sampai ke tujuan. Anda dapat memesan setiap hari Senin - Jum'at mulai pukul 08.00 - 16.00. Pesanan bisa dikirim setiap hari Senin - Sabtu. Anda dapat memanfaatkan layanan ini untuk menghemat waktu berharga Anda.


💚 6. TERSEDIA PAKET MENU FAVORIT ANDA 💚


Di Gorry Gourmet, Anda juga dapat memesan menu makanan sehat sesuai dengan selera Anda. Anda bisa memilih menu favorit untuk makan siang maupun makan malam. Pemesanan buka setiap hari Senin - Jum'at pukul 08.00 - 16.00. Dan dapat dikirim setiap hari Senin - Sabtu. Menarik bukan?! 



💚 7. LEBIH BANYAK LEBIH HEMAT 💚

Jika Anda memesan dalam jumlah yang banyak atau kelompok, seperti arisan dan lainnya, maka Gorry Gourmet akan memberikan potongan harga. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat lebih banyak pengeluaran bukan?!


💚 8. APLIKASI GORRY GOURMET SUDAH HADIR DI SMARTPHONE 💚

Anda dapat mengunduh aplikasi Gorry Gourmet yang sudah tersedia di Play Store maupun App Store untuk memesan menu makanan sehingga lebih praktis dan efisien.





💚 9. TERSEDIA FITUR CHATTING 💚

Guna memudahkan bagi Anda yang ingin mengajukan pertanyaan seputar informasi kesehatan dan kebutuhan diet sehat, Anda dapat memanfaatkan layanan fitur chatting yang sudah tesedia di website Gorry Gourmet.


Kata orang, jika ingin melihat kualitas dan layanan suatu produk, maka Anda dapat melihatnya dari pengalaman orang-orang ketika memesan produk tersebut melalui testimoni. 

Jangan korbankan kesehatan Anda hanya karena padatnya aktivitas dan kesibukan dengan mengonsumsi sembarang makanan, seperti makanan cepat saji (junk food). Beralihlah dengan menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Melalui Catering Gorry Gourmet, Anda dapat menghemat waktu belanja makanan sehat dan praktis. Anda juga tetap dapat menikmati makanan sehat, bergizi dan lezat selama masa program diet Anda, tanpa perlu mengorbankan kesibukan dan waktu Anda.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut informasi seputar kesehatan lainnya, Anda dapat langsung menghubungi maupun mengunjungi akun sosial media Catering Gorry Gourmet sebagai berikut :


Telp : 021-5331956
Whatsapp : 081285130917


Yuk mulai dari sekarang biasakan hidup sehat dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta rutin berolah raga.

Semoga bermanfaat.


Referensi :

gorrygourmet.com
kesehatanmanusia.com
hellosehat.com
halosehat.com
alodokter.com

22 comments

Wuih lengkap banget infonya, mas.. Salam kenal juga dari Bandung ^^

wiwiwi informatif sekali. makanan rekomendasi banget nih untuk acara bareng teman dan keluarga.

Wiwiwi... Makasih. Betul banget ini, makanan sehat dan bergizi praktis dan gak ribet. Tinggal order dan tunggu makanan dikirim ke rumah deh

singkat aja komen kali ini : ntap soul :D
makin kece postingan dan infografisnya mas.

*lho katanya singkat kok jadi panjang* :D

Terimakasih mba DudukPalingDepan. Masih terus belajar mba, biar makin mantap... Gak apa-apa komen panjang juga gak ada yang ngelarang kok, hehehe

Wah Mas Hendra ganti template ya? Atau saya yang ketinggalan hee. Artikelnya lengkap sekali, Mas. Mas Hendra ini suka ya ikut lomba dan suka menang lagu. Suksea terus ya. Sebagai blogger baru, saya banyak belajar juga dari cara Mas Hendra menampilkan tulisannya. Terima kasih. Sukeses terua ya

Iya mba ganti template, biar gak bosan, hehehe.... Iseng ikutan mba, mencoba kemampuan menulis dan bersaing dengan blogger hebat lainnya... Aamiin makasih mba, sama-sama semoga sukses juga ya

Kalau berkunjung kesini saya kok lebih fokus ke gambarnya dari pada artikelnya...pokoknya gambarnya bikin mata pengin lama lama lihat gambarnya tapi memang makanan sehat bergizi perlu di konsumsi tiap hari biar tetap bugar apalagi tinggal dikota yang banyak polusinya

Makasih mas Dwi. Wajib itu, biar tubuh selalu sehat dan gak gampang sakit. Biar tetap fit dan bugar sepanjang hari

waduh panjang banget artikel soal 6 manfaat makanan sehat nya mang....jadi takjub saya bacanya

Gw pernah nyobainn

Enyaaakkkkk


Eh btw, lama gak main ke blog om Hendra. Apa kabar om? Masih bernafas kan?


*toyor pala*

Wah kok gak bagi-bagi jatah ya... Alhamdulillah masih bernafas seperti biasa lewat idung

Betul mba, sebenarnya sih bisa lebih panjang lagi artikelnya, tapi saya ambil intisarinya aja kayak begini nih. Apa yang dibaca neng?

Wah beruntung ya hidup di zaman moderen ini, untuk mendapatkan makanan sehat saja skrg tdk perlu repot tinggal order menu di gorry gourmet beres. Bukan sembarang ketring menu disini dibuat oleh koki handal dan ahli gizi ya ckckckc... Mantap
Mantap juga artikelnya..
Aku juga mau ikut lomba ini yuk mampir hehehe

Yup. Sekarang masyarakat semakin mudah untuk menerapkan pola hidup sehat. Apalagi ada catering semacam Gorry Gourmet, lebih praktis dan terjamin kualitasnya..

Pilihan paket lengkap, mudah, dan praktis. Nggak ada alasan lagi buat nggak menerapkan pola hidup sehat ya, tinggal kemauan aja yang kadang suka sulit dikontrol.

Betul semua paket menu makanan sehat dan diet sudah ada di Gorry Gourmet, tinggal kitanya aja yang harus menguatkan niat untuk menerapkan pola hidup sehat... Makasih sudah berkunjung gan

Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya.

Yang membedakan cara pengolahannya mas Amir. Jadi nilai kandungan nutrisi di dalamnya gak hilang, sehingga tetap bergizi tinggi dan lezat


EmoticonEmoticon