Wisata Halal ke Jepang Bersama Royal Indonesia Travel

Wisata Halal ke Jepang Bersama Royal Indonesia Travel - Blog Mas Hendra

Sudah ada yang punya rencana untuk liburan belum guys?? Yang namanya liburan itu perlu loh, selain untuk mengurangi stress, liburan juga bermanfaat untuk menambah wawasan baru dan juga mampu meningkatkan keharmonisan. Kalau kalian belum punya rencana liburan dan bingung mau menghabiskan waktu liburan kemana, saya punya rekomendasi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi dan pastinya cocok kalau ingin mengajak keluarga untuk berlibur kesana.


Destinasi wisata untuk berlibur kali ini adalah Jepang. Yup!! Siapa sih yang gak menolak kalau diajak liburan ke Jepang. Saya saja gak nolak kalau diajak ke Jepang, apalagi gratis, hehehe... Bagi kalian yang mau mencoba suasana baru berlibur keluar negeri, Jepang bisa menjadi salah satu destinasi untuk berlibur. Hal ini karena di Jepang terdapat banyak tempat wisata modern dan juga wisata yang memiliki nilai histori yang menarik untuk dikunjungi. Gak heran kalau Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan asal Indonesia.

Terlihat dari jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang di tahun 2016 lalu jumlahnya mencapai 270.000. Bahkan jumlah ini melonjak sebanyak 32 persen jika dibandingan kunjungan pada tahun sebelumnya. (Kompas.com/25/01/2017)


Kalau gak mau ribet traveling keluar negeri, sekarang kan bisa melalui jasa tour and travel guys. Sehingga traveling pun menjadi lebih mudah dan nyaman.


Gak perlu khawatir, ada kok travel yang begitu concern memperhatikan masalah wisata halal. Serahkan saja semuanya sama Royal Indonesia Travel. Dijamin traveling kalian akan terasa lebih aman, nyaman dan pastinya halal dong. Karena Royal Indonesia Travel sangat mendukung wisata halal, baik lokal maupun mancanegara. Supaya kalian tahu lebih lanjut tentang Royal Indonesia, yuk kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


PT. Royal Indonesia Travel merupakan perusahaan jasa biro perjalanan untuk melayani paket umroh. Biro perjalanan yang sudah berdiri lebih dari 7 tahun ini, sudah melayani ribuan jamaah yang tersebar di Indonesia. Dengan mengantongi izin umroh nomor D816/2012, Royal Indonesia Travel terus berkembang menjadi perusahaan travel yang bonafid di Indonesia. 


Agar para jamaah merasa nyaman ketika melakukan umroh, dan meningkatkan pelayanan akomodasi (antisipasi ketersidaan hotel), Royal Indonesia sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan hotel berskala besar di Arab Saudi. Tentu saja langkah ini dilakukan agar selalu konsisten dalam memberikan pelayanan yang exceptional kepada jamaah. Tuh kan kalian gak perlu khawatir lagi kalau mau umroh di Royal Indonesia, sisi keamanan dan kenyamanan sudah terjamin dengan baik.

Melihat antusiasme masyarakat Indonesia yang gemar melakukan perjalanan wisata, khususnya wisata umroh dah wisata Muslim, pihak Royal Indonesia menambahkan variasi paket perjalanan wisata, mulai dari umroh reguler 9 hari, umroh plus wisata ke berbagai negara selama 12 hari, haji plus dan juga wisata Muslim ke Turki, Mesir, Jordan, Jerman, Dubai, Spanyol, Maroko, Jepang, Korea, Australia, Bosnia, Palestina dan juga China. 






Jadi kalian gak hanya bisa menikmati perjalanan umroh saja, tapi lebih dari itu, kalian juga bisa menikmati wisata halal ke berbagai negara, karena Royal Indonesia sangat mendukung wisata halal guna memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim Indonesia yang memang mayoritas Muslim. 

Gak hanya itu saja guys, sebagai perusahaan yang mengedepankan bisnis dan profesionalitas, Royal Indonesia juga berperan dalam dunia sosial dan dakwah dengan melakukan kerjasama dengan Cinta Qur'an dan Cinta Qur'an Foundation dalam rangka turut mensukseskan program Indonesia Cinta Qur'an yang bertujuan untuk memberantas buta huruf Al-Qur'an di Indonesia.


Sekarang kalian sudah tahu kan latar belakang Royal Indonesia Travel? Selanjutnya kita lihat yuk guys, kalian bisa kemana saja selama liburan di Jepang bersama Royal Indonesia Travel.

YESS!! JAPAN, HERE WE COME.... 😀

Mau wisata halal ke Jepang bareng Royal Indonesia guys??? Kini saatnya wujudkan impian wisata halal ke Jepang. Kalian gak perlu khawatir lagi dengan menu makanan halal dan fasilitas penunjangnya, karena Royal Indonesia Travel sudah menjamin perjalanan wisata halal kalian. 

Setidaknya ada empat paket wisata halal ke Jepang yang bisa kalian pilih :

1. HALAL HOLIDAYS JAPAN 
2. HALAL TOUR JAPAN GOLDEN ROUTE
3. HALAL TOUR JAPAN KANTO THEME PARK
4. HALAL TOUR JAPAN KANTO ROUTE

Bagaimana guys?? Banyak pilihannya kan. Jadi kalian gak perlu bingung mau pilih paket yang mana, atau tertarik untuk pilih semuanya juga boleh kok 😎. Penasaran aktivitas apa saja yang akan kalian dapatkan jika wisata halal ke Jepang? Kita lihat yuk itinerary-nya (rencana perjalanan) yuk : 


DETAIL :


Pesawat :
All Nippon Airways | Royal Indonesia Travel   
Hotel :
Jepang / Setaraf - Tokyo (    ) 
Harga :
Rp 25.500.000 ,- / Pax /Twn / Dbl Rp 5.000.000,- / Single Supplemen

Note : 
- Harga sewaktu waktu dapat berubah



HARI 1
Persiapan pertama berangkat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Tokyo. Jangan lupa ya guys, segala persiapan harus sudah dilakukan jauh hari sebelum pergi berlibur. Dan yang paling penting selesaikan segala urusan dan pekerjaan di tempat kerja, agar liburan kalian gak terganggu. Kalian gak mau kan, lagi enak-enak liburan, ditelepon sama boss terus gara-gara pekerjaan belum selesai.
Hari 2


Setelah Sarapan di Hotel, dilanjutkan City Tour menuju area Shibuya (photoshop di patung Hachiko), dilanjutkan menuju Harajuku. Setelah itu berkunjung ke Tokyo Mosque, pada tempat ini, kita dapat melakukan sholat terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Setelah melakukan sholat, perjalanan dilanjutkan ke Samurai Museum, Shijuku. Perjalanan diakhiri dengan belanja di daerah Ginza (Asakusa) dan Akihabara. Bermalam di hotel daerah Tokyo.(  B.L.D )
Hari 3 

Setelah sarapan dengan menu halal di hotel, perjalanan dilanjutkan menuju Tokyo Sky Tree (Lantai 1), setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju ke Kota Sano untuk mengunjungi Bandai Museum, dan setelah itu dilanjutkan untuk beristirahat di Sano Cafe, untuk menikmati kue halal khas Jepang. Setelah beristirahat sejenak, perjalanan dilanjutkan untuk mengunjungi Sano 101 Premium Outlet dimana terdapat banyak sekali merek merek terkenal di dunia dengan harga yang relatif murah. Setelah berbelanja, perjalanan dilanjutkan menuju Ashikaga Flower Park untuk melihat keindahan ilumination flower di senja hari. Perjalanan ditutup dengan makan malam dan belajar membuat Ramen Halal yang terkenal di Jepang yaitu Kota Sano. Bermalam di hotel di kota Sano.( B.L.D )
Hari 4
Setelah sarapan dengan menu Halal di hotel, perjalanan dilanjutkan menuju ke daerah Nikko untuk mengunjungi dan menikmati Desa ala Ninja yang diciptakan mendekati jaman Edo waktu lampau. Di tempat ini, kita dapat merasakan pengalaman dengan mencoba memakai baju Kimono atau Yukata dan berfoto seperti di jaman kehidupan para Samurai dan Ninja waktu itu. Bermalam di hotel di kota Sano. ( B.L.D )
Hari 5

Setelah sarapan dengan menu halal di hotel, perjalanan diawali dengan kembali ke Kota Tokyo untuk berbelanja di Rice Crackers Hyouban-do dimana seluruh jenis makanannya halal. Setelah berbelanja, perjalanan dilanjutkan menuju Masjid Camii untuk melakukan sholat di masjid tersebut. Setelah melakukan sholat, perjalanan dilanjutkan menuju daerah Ueno dimana terdapat mall untuk berbelanja oleh oleh souvenir yang murah diantara : Nikinokashi Big Hall dan Donkihowte. Perjalanan ditutup dengan bermalam di hotel daerah Tokyo.( B.L.D )
Hari 6 

Setelah sarapan dengan menu Halal di hotel, perjalanan diawali dengan menuju daerah Kawaguchi untuk photoshop dengan latar belakang Gunung Fuji (tergantung pada cuaca, apabila cuaca cerah maka latar belakang Gunung Fuji akan terlihat dengan jelas). Setelah melakukan photoshop, perjalanan dilanjutkan ke tempat daerah perbelanjaan yang sangat terkenal yaitu di daerah Hakone dan Gotemba Outlet Mall. Perjalanan diakhiri dengan bermalam di hotel daerah Tokyo. ( B.L.D )
Hari 7
Persiapan untuk kembali ke Jakarta, Indonesia.( B )
Note : Program Perjalanan dapat berubah disesuaikan kondisi pada saat program berlangsung.







   

DETAIL :

Pesawat :
All Nippon Airways | Royal Indonesia Travel   
Hotel :
All Japan - All Japan (★★★) 
Harga :
Dewasa Twin Share : Rp. 19.500.000/pax 

Note : 
- Harga sewaktu waktu dapat berubah


Hari 1 
03.00 - Berkumpul di bandara international Soekarno Hatta dan memulai perjalanan dengan penerbangan International menuju Tokyo International Airport, Jepang.


16:30   Tiba di Haneda airport (ANA872)
17:30   Bertemu dengan guide dan melanjutkan perjalanan menuju Hotel
19:00   Tiba di Hotel (Tokyo) check in dan istirahat

Hari 2   


Tokyo - Mt.Fuji - Oshinohakkai - Yamanakako-lake - Shizuoka - Hamanako (L/D)

06.30   Sarapan pagi
08.30   Check out hotel
10.30   Mengunjungi Mt. Fuji Museum
12.00   Makan siang dan Sholat Dzuhur
13.00   Melihat keindahan Mt. Fuji dari dekat dengan mengunjungi Fifht Floor of Mt.Fuji
14.30   Berkunjung ke Oshino Hakkai, Oshino Hakkai adalah delapan mata air alami yang terletak di Oshino, Yamanashi. Mata air di Oshino Hakkai adalah air bawah tanah dari gunung Fuji. Air di sini merupakan hasil mencairnya salju di puncak gunung Fuji yang kemudian merembes ke bawah tanah dan mengalir hingga Oshino
16.30   Mengunjungi Shizuoka Tea Plantation & Mihono Matsuhara adalah
sebuah perkebunan teh terbesar di Jepang yang berada di dataran tinggi di daerah Makinohara
18.00   Chek in hotel di Hamanako dan makan malam

Hari 3  


Hamanako - Kyoto - Kariya (B/L/D)

06.30   Sarapan pagi
08.30   Check out hotel
11.00   Mengunjungi Kiyomizudera Temple adalah kuil terbesar di Jepang yang 
terletak di Kyoto dan dilanjutkan dengan menelusuri jalan yang indah di Sannenzaka dan Ninnenzaka
12.30   Makan siang dan Sholat Dzuhur
13.00   Menelusuri Jalan Hanami Koji yang eksotis yang terletak di kota Gion 
14.30   Kyoto Station
18.00   Chek in hotel di Kariya dan makan malam

Hari 4    


Kariya - Mihono Matsubara - Gotemba Premium Outlet Mall - Atsugi (B/L/D)

06.30   Sarapan pagi
09.00   Check out Hotel
10.00   Mengunjungi Mihono Matsubara
11.30   Makan siang dan Sholat dzuhur
12.30   Kemudian dilanjutkan dengan berbelanja di Gotemba Premium Outlet  
Mall, salah satu tempat belanja murah dan sambil belanja kalian dapat menikmati keindahan gunung Fuji
18.00   Check in hotel di Atsugi

Hari 5   


Atsugi - Yokohama China town - Yamashita park - Yokohama Red Brick warehouse - Daiba park - Tokyo(B/L/D)

06.30   Sarapan pagi
09.00   Check out Hotel
10.00   Mengunjungi Yokohama China town
12.30   Makan siang dan Sholat Dzuhur
13.00   Setelah makan siang dilanjutkan mengunjungi Yamashita park - 
Yokohama Red Brick Warehouse
15.00   Daiba park
18.00   Check in Hotel dan makan malam di Tokyo

Hari 6    


Tokyo - Akihabara - Asakusa - Ginza - Haneda (B/L/D)

06.30   Sarapan pagi
08.30   Check out hotel
10.00  Mengunjungi Akihabara,  salah satu tempat belanja yang berada di sekitar stasiun Akihabara
12.30   Makan siang dan Sholat Dzuhur
13:00   Setelah makan siang dilanjutkan mengunjungi Asakusa dan Ginza
18:00   Dilanjutkan dengan makan malem dan transfer to Airport
21:00   Tiba di Bandara Haneda
23:30   Melanjutkan perjalanan dari Haneda menuju Jakarta dengan (ANA871)







DETAIL

Pesawat :
All Nippon Airways | Royal Indonesia Travel   
Hotel :
All Japan - All Japan (★★★) 
Harga :
Dewasa Twin Share : Rp. 22.000.000/pax 
Note : 
- Harga sewaktu waktu dapat berubah 


Hari 1

03.00   Berkumpul di bandara international Soekarno Hatta dan memulai perjalanan dengan penerbangan International menuju Tokyo International Airport, Jepang.


16:30   Tiba  at Haneda airport (ANA872)
17:30   Bertemu dengan guide dan melanjutkan perjalanan menuju Hotel
19:00   Tiba di Hotel (Tokyo) check in dan istirahat

Hari 2

Around Mt.Fuji -Q-Highland - Tokyo - Mt.Fuji – Fuji-Q-Highland - Izu (L/D)

06.30   Sarapan pagi
08:30   Check out hotel
10:30  Melanjutkan perjalanan tour menuju Mt.Fuji museum keindahan Mt. Fuji dari dekat dengan mengunjungi Fifth Floor of Mt.Fuji
12:00   Kemudian makan siang dan sholat dzuhur
13:30   Melanjutkan bermain
18:00   Transfer ke hotel untuk makan malam dan istirahat di hotel (Izu)

Hari 3 

Around Odaiba Toyota Megaweb Yoyogi Mosque
Izu – Odaiba –Toyota MegaWeb -Yoyogi MosqueTokyo (B/L/D)

06.30   Sarapan pagi
08:30   Check out hotel
10:0     Melanjutkan city tour dan mengunjungi Odaiba shopping / Toyota
Mega Web
13.00   Makan siang dan sholat dzuhur
15:00   Mengunjungi Yoyogi Mosque, salah satu masjid terbesar di Jepang,
yang dibangun dengan gaya Ottoman yang mengesankan
16:00   Kemudian mengunjungi Omotesando
18:30   Transfer ke hotel untuk istirahat dan makan malam (Tokyo or Chiba)

Hari 4  

Around Disneyland

All day Disney Land (B)
06.30   Sarapan pagi
07.30   Check out Hotel
08.00   Seharian bermain menikmati wahana di Tokyo Disneyland
21.00   Kembali ke hotel
           
Hari 5  

Around Disney Sea
  
All day Disney Sea (B)
06.30  Sarapan pagi
07.30  Check out Hotel
08.00  Seharian bermain di Disney Sea
21.00  Kembali ke hotel

Hari 6 

Around Tokyo  Going to Haneda airport (B)
Tokyo - Akihabara - Asakusa - Ginza - Haneda (B/L/D)

06.30   Sarapan pagi
08:30   Check out hotel dan melanjutkan perjalanan tour di hari terakhir
10:00   Mengunjungi Akihabara, salah satu tempat belanja yang berada di
sekitar stasiun Akihabara
12:00   Kemudian makan siang dan sholat dzuhur
13:00   Setelah makan siang dilanjutkan mengunjungi Asakusa dan Ginza
18:00   Dilanjutkan dengan makan malam dan transfer ke Bandara Haneda
21:00   Tiba di Bandara Haneda
23:30 : Melanjutkan perjalanan dari Haneda menuju Jakarta dengan (ANA871)






 

DETAIL

Pesawat :
Citi Link | Royal Indonesia Travel    Air Asia | Royal Indonesia Travel   
Hotel :
All Japan - All Japan (★★★) 
Harga :
Dewasa Twin Share : Rp. 12.000.000/pax 
Note : 
- Harga sewaktu waktu dapat berubah 



Detail Perjalanan :

Hari 1

Berkumpul di bandara international Soekarno - Hatta dan memulai perjalanan dengan penerbangan International menuju Tokyo International Airport, Jepang.




Tiba  di Haneda airport dan bertemu dengan guide lalu melanjutkan perjalanan menuju Hotel.

Tiba di Hotel (Tokyo) check in dan istirahat.

Hari 2   

Tokyo - Mt.Fuji - Oshinohakkai - Yamanakako-lake - Shizuoka - Hamanako (L/D)

Sarapan pagi kemudian Mengunjungi Gotenba Premium Outlet  Mall. Lalu dilanjutkan makan siang dan sholat dzuhur, kemudian Mengunjungi Yokohama China Town. Kemudian mengunjungi Yamashita Park dan Yokohama Red Brick Warehouse. Setelah selesai tour, tranfer ke hotel untuk istirahat di Chiba atau Tokyo.

Hari 3

Hamanako - Kyoto - Kariya (B/L/D)

Sarapan pagi kemudian mengunjungi Daiba Park. Setelah itu dilanjutkan dengan makan siang dan sholat dzuhur. Kemudian mengunjungi Ginza dan Imperial Palace. Setelah selesai tour, lalu tranfer ke hotel untuk istirahat di Chiba atau Tokyo.

Hari 4   

Kariya - Mihonomatsubara - Gotenba premium outlet mall - Atsugi (B/L/D)

Sarapan pagi kemudian mengunjungi Akihabara, salah satu tempat belanja yang berada di sekitar stasiun Akihabara, kemudian dilanjut makan siang dan sholat dzuhur. Kemudian mengunjungi Asasuka.

Melanjutkan dengan shopping di Shinjuku, lalu tranfer ke hotel untuk istirahat dan check in di hotel di Chiba atau Tokyo.

Hari 5  

Tokyo - Akihabara - Asakusa - Ginza - Haneda (B/L/D)

Sarapan kemudian transfer ke bandara Haneda, lalu melanjutkan perjalanan dari Haneda menuju Jakarta.

💚💚💚💚💚


Wah pasti seru banget guys kalau ikutan traveling ke Jepang bareng Royal Indonesia Travel. Soalnya banyak banget tempat wisata yang akan kalian kunjungi loh. Nah sekarang kita lihat yuk keunggulan dari Royal Indonesia Travel :

1. Terjamin Secara Legalitas

Kalian gak perlu takut lagi dengan status kehalalan ketika traveling ke negara yang notabene minoritas Muslim, karena Royal Indonesia Travel sudah mengantongi izin umroh nomor D816/2012.

2. Banyak Pilihan Paket Wisata

Di Royal Indonesia Travel, kalian gak perlu bingung lagi ketika memilih tujuan wisata favorit. Karena ada begitu banyak paket yang bisa kalian pilih, mulai dari umroh reguler 9 hari, umroh plus wisata ke berbagai negara selama 12 hari, haji plus dan juga wisata Muslim ke Turki, Mesir, Jordan, Jerman, Dubai, Spanyol, Maroko, Jepang, Korea, Australia, Bosnia, Palestina dan juga China.




3. Melayani Secara Profesional

Pelayanan yang profesional dan dapat memenuhi ekspektasi customer, tentu merupakan hal yang menjadi pertimbangan ketika kita memilih sebuah produk atau jasa. Dan... Hal ini sudah dibuktikan oleh Royal Indonesia Travel melalui pelayanannya yang exceptional kepada seluruh customer. Gak percaya?? Lihat saja deretan testimoni para pelanggan berikut ini :


 
💙💙💙💙💙

Gimana guys, tertarik untuk liburan dan wisata halal ke Jepang bareng keluarga?? Kalau tertarik, kalian bisa langsung menghubungi Royal Indonesia Travel untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Semoga bermanfaat.

18 comments

one day semoga bisa ke Jepang bareng keluarga, good luck mas.

waduh..
kalau sudah ngomongin jepang langsung saja saya ngiler mas..

pengen banget ada disana..

tapi mesti ngumpulin duit yang lumayan dulu ya mas..
biar bisa segera berangkat.. :)

Aamiin mba, saya doakan semoga kita-kita yang belum pernah ke Jepang, bisa terwujud ke Jepang bersama Royal Indonesia Travel. *kode...

Mba nya gak pernah duduk di bangku belakang ya???

Sama, saya juga suka banget Jepang, mulai dari kulinernya, film kartunnya sampe tempat wisatanya yang sangat menarik.

Nabung dulu mas Eka, nanti berangkat bareng di Royal Indonesia Travel.

Sepertinya saya harus ngumpulin uang paling tidak 12 juta kalau ingin berwisata ke jepang,Bisa nggak ya ?

Insha Allah bisa Mas Dwi... Nanti berangkatnya bisa lewat Royal Indonesia Travel

Kalau setau saya sih, tempat yang ada fasilitas untuk warga muslim itu Bandara Narita Jepang karena ada tempat sholatnya. Btw makin semangat lomba nih Masnya

Thank you atas informasinya mas Amir. Ngeblog mah harus tetap semangat, hehehe

pengin ke jepang, ngerasain kereta super cepatnya itu lho

Wah asyik banget tuh kalo naik kereta peluru, menghemat waktu. Kalo saya bisa ke Jepang, saya mau nyobain semuanya, hahaha... Kuliner, tempat wisata, teknologinya... Terimakasih sudah berkunjung ke blog Ndeso

baru beberapa kali BW kesini, dan yang bikin minder kalau baca postingan lomba dari mas hendra itu selalu TOTAL-KOMPLIT. keren mas :D

ke jepang jadi makin aman sekarang, udah ada paket wisata halal. jadi ngga usah bingung-bingung nyari makanan-minuman halal plus masjid dan hotel bersertifikat halal juga makin banyak disana :)

Ah terlalu berlebihan mas Wisnu. Masih banyak yang lebih bagus kok.

Yup betul banget, wisata halal itu perlu banget khususnya bagi wisatawan muslim. Dan kabar baiknya Royal Indonesia Travel sudah memadai semua fasilitas untuk halal traveler...

Duh, kapan ya bisa ke Jepang bareng suami. Baca ulasannya Om Hendra menarik, apalagi ternyata royal Indonesia travel ada wisata halalnya.

Saya doakan semoga terwujud bisa jalan-jalan ke Jepang mba, aaamiiin...

Memang betul, karena sekarang tidak sedikit wisatawan muslim yang sudah peduli dengan status halal pada menu makanannya, mengingat makanan halal itu memang sangat dianjurkan di dalam agama Islam bukan??! Makanya untuk memenuhi ekspektasi wisata halal para wisatawan muslim yang ingin berkunjung keluar negeri, Royal Indonesia Travel memiliki paket wisata halal untuk lokal maupun mancanegara.

Terimakasih atas apresiasinya dan sudah berkunjung.

pengen sekali2 jalan2 kesana..
ini agency nya legal kah ?
kalau yg belum punya Pasport gimn? apakah bakal di bantu ?

Semoga terwujud ya ke Jepang nya.. Legal Mas, kan sudah terdaftar. Bikin passport dulu dong...

Wisata halal memang sangat perlu diadakan, apalagi untuk umat muslim. Ternyata di royal travel ini lengkap ya paketnya. Lengkap juga penjabaran dari Masnya...

Menurut pribadi saya sangat perlu, mengingat mayoritas warga Indonesia adalah Muslim, maka sudah sepatutnya para pengusaha Travel juga memperhatikan perjalanan wisata halal, salah satunya yang sudah sukses dilakukan adalah oleh Royal Indonesia Travel ini.. Terimakasih sudah berkunjung


EmoticonEmoticon