Tips Berbuka Puasa yang Tepat dan Menyehatkan


Sudah bukan rahasia umum lagi jika tiba waktu buka puasa, maka di pikiran kita adalah ingin segera makan dan minum dengan porsi yang banyak, guna menghilangkan rasa lapar dan haus yang menyerang seharian. Hal ini adalah wajar adanya, mengingat perut kita tidak terisi makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Tapi sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan ketika berbuka puasa, agar pencernaan, khususnya lambung kita tidak bermasalah karena kesalahan yang biasa kita lakukan ketika berbuka puasa.


Taukah kalian, kalau kita makan secara berlebihan ketika berbuka puasa dapat menimbulkan berbagai masalah seputar perut, seperti kembung, sakit perut atau bahkan diare. Nah berikut ini adalah tips berbuka puasa yang baik dan menyehatkan yang saya rangkum dari portalremaja.co.id, berikut ini :

1. Langkah pertama ketika waktu berbuka tiba, jangan terburu nafsu untuk segera menghabiskan seluruh makanan yang ada. Satu hal yang perlu diingat adalah, bagilah perut dengan tiga bagian, seperti 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 untuk udara.

Konsumsilah makanan sesuai dengan porsinya. Artinya jangan terlalu makan dengan porsi berlebihan, dan sesuaikan porsi makanan/minuman yang masuk ke perut.

2. Selanjutnya, konsumsilah terlebih dulu makanan yang lembut dan manis. Hal ini guna mengembalikan energi dan nutrisi yang hilang dari tubuh, sehingga tubuh akan kembali fit. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah buah kurma, yang banyak mengandung vitamin dan gizi bagi tubuh. Baca juga : Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

3. Setelah itu, perbanyak minum cairan, seperti jus buah atau jus sayuran. Tapi jangan terlalu banyak minum dengan es batu yang terlalu dingin, karena hal ini dapat menyebabkan perut cepat sekali merasakan kenyang, sehingga akan menghilangkan nafsu makan.

4. Jika perut sudah terisi dengan cairan, maka selanjutnya sebaiknya mengonsumsi buah-buahan atau yogurt yang mengandung probiotik agar usus dan pencernaan tetap berfungsi dengan baik.

5. Hindari untuk langsung mengonsumsi makanan berat setelah berbuka. Hal ini untuk menghindari perut yang terasa kembung atau kekenyangan. Beri jarak waktu setelah mengonsumsi makanan ringan sebelum makanan berat.

6. Jangan makan dengan terburu-buru. Kunyahlah makanan sercara perlahan sampai halus, agar enzim di dalam mulut akan membantu melancarkan pencernaan.

Dengan menerapkan pola makan yang tepat sewaktu buka puasa, maka kita dapat meminimalisir terjadinya sakit perut atau kembung. Semoga tips berbuka puasa yang tepat dan menyehatkan dapat bermanfaat bagi kalian semua.



2 comments

Saya buka biasanya dengan kurma+ Air Putih ditambah sepotong Martabak Mini dilanjut Jamaah Maghrib Ke Masjid.Makan besar setelah sholat tarawih kalau nggak gitu sholat tarawihnya jadi malas karena perut kenyang

Wah mantap tuh mas Dwi, apalagi ada martabaknya buatan sendiri pula... Yup kalo abis tarowih kan biasanya suka lapar lagi ya


EmoticonEmoticon