Rutin Mengonsumsi Minuman Ini, Bikin Tubuh Fit Sepanjang Hari

“Everybody wants happiness, nobody wants pain. But you can’t  have a rainbow without a little rain”

Siapa sih yang tidak mau hidup bahagia tanpa pernah merasakan sakit? Pasti semua sepakat untuk menginginkannya bukan?! Termasuk saya. Namun terkadang semua itu tidak berjalan mulus dan tidak sesuai dengan harapan kita. Terkadang karena gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan. Apalagi seiring bertambahnya usia seseorang, maka ada sebagian fungsi dari organ dan tubuh juga mengalami penurunan.

Setiap dari kita, pasti tidak terlepas dari yang namanya rutinitas. Mulai dari seorang ibu rumah tangga dengan segudang aktivitasnya, seorang pekerja seperti saya, bahkan seorang anak kecil pun memiliki rutinitas. Jika rutinitas yang begitu padat, tapi tidak diimbangi dengan gaya hidup yang sehat, tentu akan membawa dampak buruk bagi kesehatan, sehingga akan berpengaruh pada aktivitasnya sehari-hari.

Aktivitas saya, sepertinya lebih banyak saya habiskan di luar rumah. Saya mulai berangkat kerja sekitar jam 11.00 siang. Dan baru sampai di rumah lagi jam 1 pagi. Saya bekerja pada sebuah hotel bintang lima di kawasan Bundaran HI, Thamrin, Jakarta Pusat.

Sedangkan saya tinggal di daerah Pengasinan, Depok. Tapi rute perjalanan saya lebih dekat ke arah Pasar Parung, Bogor. Karena memang tempat tinggal saya berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor.

Perjalanan dari Parung ke Bundaran HI memakan waktu sekitar 1,5-2 jam menggunakan sepeda motor. Saya lebih banyak bekerja di shift siang, yakni mulai dari jam 2 siang hingga jam 11 malam. Selama 9 jam berada di hotel, saya juga selalu berada di ruangan ber-AC yang lumayan dingin.


Saat tingkat hunian hotel sedang tinggi, biasanya berpengaruh pada jam makan saya. Karena mau tidak mau saya harus bergantian dengan teman satu shift agar operasional hotel tidak kacau. Sudah pasti dampaknya malah maag saya yang kadang suka kambuh, karena waktu makan yang tidak teratur. Kalau sudah terasa perih, saya lebih suka ngemil, semisal gorengan, roti atau biskuit untuk mengganjal perut sementara.

Selesai bekerja biasanya jam 11.30 malam. Lalu perjalanan pulang dari hotel ke Parung memakan waktu 1,5 jam. Sampai di rumah sekitar jam 1 pagi. Biasanya saya tidak langsung tidur, karena ada beberapa tulisan di blog yang sekiranya perlu saya edit, sebelum dipublish. Baru sekitar jam 1.30 saya beranjak tidur. Hingga saya terbangun jam 5 pagi untuk sholat subuh, lalu bersiap untuk mengantar kakak Nabil sekolah jam 7 pagi.


POLA HIDUP YANG BURUK MEMPENGARUHI KESEHATAN DALAM JANGKA PANJANG

Terkadang saya suka bengong sendiri sambil berfikir, rutinitas yang biasa saya lakukan setiap hari, justru bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan saya. Karena pola dan gaya hidup saya, bisa dibilang "kurang sehat", seperti waktu tidur yang kurang, makan yang tidak teratur, kecapean dan juga ada beberapa masalah yang sering saya hadapi ketika naik motor menuju tempat kerja, mulai dari cuaca yang panas, tangan sering kesemutan, kehujanan, badan pegal, polusi dan debu jalanan serta mood yang sering berubah (cenderung stress).

Cuaca Panas

Jam 11.00 siang adalah waktu yang sangat pas untuk bersantai ria di dalam rumah atau bercengkrama bersama anak. Tapi, nyatanya, saya harus berangkat bekerja di bawah terik matahari yang begitu menyengat. Selama perjalanan, sering terasa keringat bercucuran, entah dari kepala, maupun badan. Terkadang kondisi ini membuat saya terasa agak pusing, karena paparan sinar matahari saat siang hari membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan kulit, mata, tubuh maupun rambut. Bahkan lebih parahnya bisa menyebabkan seseorang dehidrasi.

Kehujanan

Saat musim hujan tiba, tingkat imun seseorang biasanya lebih rentan terkena berbagai penyakit, diantaranya flu dan demam. Apalagi bagi seseorang yang sering kehujanan, ya contohnya para pengendara motor seperti saya yang sering kehujanan saat berangkat kerja.

Kalau hujan tidak terlalu lebat, saya memaksakan diri untuk tetap berangkat kerja dengan menggunakan jas hujan. Ini lebih baik daripada saya terlambat. Tapi kalau hujan sudah lebat disertai petir dan jarak pandang yang semakin sempit, saya lebih memilih untuk menepi sejenak menunggu hingga hujan reda. Setelah selesai, saya bisa melanjutkan perjalanan ke tempat kerja dengan perasaan tenang.

Polusi dan Debu Jalanan

Masalah berikutnya yang paling sering saya hadapi ketika berangkat kerja adalah masalah polusi dan debu jalanan. Meskipun saya sudah memakai masker agar terhindar dari polusi dan debu, tapi kenyataannya masih saja ada sebagian asap kendaraan yang tidak sengaja terhirup. 

Apalagi jika sering menghirup asap kendaraan dalam jangka panjang, organ tubuh yang paling terkena dampaknya adalah paru-paru menjadi kotor. Tentu efeknya sangat berbahaya bagi tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Hiii... Serem guys.

Makanan Tidak Sehat

Selain masalah polusi, yang membuat gaya hidup saya kurang sehat adalah waktu makan yang tidak teratur dan menu makanan yang sembarangan.

Saya ini penyuka gorengan, mungkin juga Anda. Dan biasanya saya mengonsumsi gorengan untuk mengganjal perut ketika terasa perih.  Rasanya itu loh yang bikin ketagihan. Gorengan ini seperti dewa penolong saya disaat perut perih menahan lapar. Lumayan untuk mengganjal perut, eh tapi ternyata gorengan ini sangat tidak baik loh guys kalau dimakan berlebihan. Hmmm, bagai buah si malakama.

Kualitas Tidur yang Kurang

Lamanya tidur seseorang, akan berpengaruh pada tubuh dan juga kualitas kerja. Sedangkan, waktu tidur saya bisa dibilang kurang maksimal. Jam tidur saya hanya sekitar 4 jam dalam sehari, kurang dari waktu minimal yang dianjurkan, yakni 6 jam. Efek yang saya rasakan adalah badan saya sering terasa pegal, lelah dan kurang konsentrasi.


Mood yang Sering Berubah

Banyak hal yang bisa menyebabkan mood seseorang berubah. Kalau berubahnya kearah positif sih mungkin bagus ya guys, lah kalau saya malah cenderung mengarah stress. 

Penyebabnya memang beragam, mulai permasalahan yang kerap ditemui di lingkungan kerja hingga kemacetan yang seolah tidak ada ujungnya.



TANAMAN TEMULAWAK SOLUSINYA

Saya khawatir, jika dibiarkan saja, lama kelamaan tubuh saya bisa drop, sehingga akan mempengaruhi aktivitas saya sehari-hari. Kalau sudah begini, biasanya saya mencari suplemen yang mampu menunjang aktivitas saya, agar tubuh selalu fit dan tidak mudah sakit.

Minuman yang paling baik bagi tubuh ya yang tanpa bahan kimia atau pengawet dan dibuat murni dari bahan alami. Yang saya tau, di pasaran ada beberapa tanaman yang biasa dijadikan minuman untuk kesehatan, mulai dari jahe, kencur, kunyit, asam dan temulawak.

Namun tidak disangka, ternyata tanaman temulawak memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Dan sangat cocok untuk solusi gaya hidup saya yang "kurang sehat".


Temulawak (Jawa) dalam bahasa Sunda disebut koneng gede, sedangkan dalam bahasa Madura disebut temo labak mengandung beberapa senyawa kimia, seperti minyak atsiri dan kurkumin sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi hati dari racun (antihepatotoksik).


KANDUNGAN TEMULAWAK




MANFAAT TEMULAWAK  

Temulawak sangat cocok untuk dikonsumsi siapa saja, baik pekerja maupun olahragawan, karena bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memelihara fungsi hati dan memperbaiki fungsi pencernaan. Selain itu, kandungan kurkuminnya berguna sebagai antioksidan yang memiliki kemampuan menangkal radikal bebas, seperti anion superoksida dan radikal hidroksil yang membantu memelihara kondisi kesehatan tubuh.
 

Temulawak juga dapat diolah dan sudah banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional, diantaranya :

- Mengatasi Gangguan Ginjal
- Melancarkan ASI
- Meredakan Asma
- Mengurangi Hepatitis
- Menyembuhkan Luka Bisul
- Mengatasi Rasa Mual
- Mengurangi Kelelahan Otot



Eh bukan cuma itu saja manfaatnya loh, ternyata tanaman temulawak juga berperan banyak dalam bidang kesehatan, yang bermanfaat sebagai :

- Sebagai Antioksidan
- Mencegah Darah Kotor
- Melancarkan Haid
- Membantu Mengatasi Jerawat dan Komedo
- Membersihkan Wajah
- Sebagai Bahan Herbal Untuk Kecantikan
- Membantu Meningkatkan Mood
- Meningkatkan Nafsu Makan
- Mencegah Insomnia



DIMANA BISA MENDAPATKAN TEMULAWAK DENGAN MUDAH?

Mungkin Anda cukup kesulitan untuk mencari tanaman temulawak di sekitar rumah, kecuali Anda menanamnya sendiri. Tapi jangan khawatir, sekarang semuanya serba praktis. Bukan cuma mie saja yang instan loh, temulawak juga bisa dinikmati secara instan.



Kini temulawak sudah diproduksi ke dalam bentuk sachet, yakni Herbadrink Sari Temulawak. Jadi saya tidak perlu bersusah payah mengolah temulawak. Sangat membantu menghemat waktu bagi yang disibukkan dengan aktivitas yang cukup padat.

Untuk mencegah supaya gak gampang masuk angin, biasanya saya juga mengonsumsi Herbadrink Wedang Uwuh

Saya tidak perlu khawatir dengan kandungan dari minuman Herbadrink Sari Temulawak, karena dibuat dari bahan-bahan yang alami dan diproses secara higienis dengan teknologi modern. Tinggal buka sachet, tuang ke gelas dan tambahkan air panas atau dingin (es batu), sesuai selera.

Yang membuat saya memilih Herbadrink Sari Temulawak adalah khasiatnya yang sangat baik bagi tubuh, rasanya yang manis dan yang paling penting adalah kandungan yang ada di dalam tanaman temulawak, sehingga membuat tubuh selalu fit, tidak mudah capek dan mampu mengurangi rasa sakit maag saya. 

Tapi perlu diingat ya guys, jangan cuma rutin minum Herbadrink Sari Temulawak saja, tapi juga harus diimbangi dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti makan makanan yang bergizi, tidur/istirahat  yang cukup, rutin olahraga, menghindari stress, insha Allah akan membuat tubuh Anda lebih fit dan tidak mudah sakit.


KEUNGGULAN HERBADRINK SARI TEMULAWAK

- Harganya terjangkau (hanya <IDR 10.000 / box)
- Khasiatnya banyak
- Diproduksi dari bahan alami
- Terdaftar di Badan POM
- Diproses secara higienis dengan tekonologi modern
- Aman untuk dikonsumsi setiap hari
- Bebas gula (untuk varian terbaru)
- Tanpa ampas



Referensi :

Agroteknologi.web.id
id.wikipedia.org
Tips.muslimah-cantik.com

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Herbadrink :

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

18 comments

Temulawak sejak dulu memang dikenal sebagai obat tradisional tapi kini pengolahannya sudah modern tinggal seduh saja

Iya mas Dwi, sekarang semuanya menjadi lebih mudah dan praktis...

pengeen cobaain jugaa mas jamunyaa :D yg wedang wuluh seger kayanyaa :D hehehe good luck mas hendraaa :D

Seger bener, apalagi pas panas panas siang hari. Makasih ya mba

Di tempat saya blm ngeliat herbadrink ini mas, nanti saya coba search di gerai2 siapa atahu dah ada, penasaran pengen nyoba...

Saya beli di Superindo kang, coba aja cari...

temulawak memang memiliki banyak khasiat bagus untuk kesehatan, apalagi kalo kita membuat minuman temulawak sendiri tanpa akan lebih bagus lagi karena diproses benar-benar secara alami

temulawak memang memiliki banyak khasiat bagus untuk kesehatan, apalagi kalo kita membuat minuman temulawak sendiri tanpa akan lebih bagus lagi karena diproses benar-benar secara alami

Kegiatannya mirip dengan saya, waktu lebih banyak diluar rumah.
Kemacetan, cuaca yang sering cepat berubah belum polusi membuat daya tahan tubuh drop.
Temulawak memang banyak khasiatnya.
Lebih aseknya itu gambar dibuat video terus di upload di yuotube.

Wah harus dicoba nih, thanks mas hendra atas infonya

Sekarang gampang kalau mau minum minuman herbal. Nyarinya pun mudah

Keren sama konten nya, sangat menarik 😁
Good luck lombanya

Iya mas, sekarang mah udah serba praktis... Udah gitu harganya terjangkau dengan khasiat yang sangat banyak

Siap bang, nanti saya upload sekalian promosi, hehehe... Paling berpengaruh ke badan itu kondisi sewaktu di jalanan bang, jadi saya rasa temulawak ini sangat cocok bagi kesehatan tubuh

Silahkan mas Septian, dicoba aja, sama-sama

Terimakasih Mba Bella sudah berkunjung di blog ini. Aamiin...

Informasinya komplit, saya jadi tertarik minum herbadrink.


EmoticonEmoticon