Mudahnya Menjual Barang Bekas di Prelo!

"Ah, lagi-lagi koneksi lambat. Lagi-lagi sinyalnya lemot. Ngeblog jadi terhambat, kalau gini terus, gimana mau internetan?!" Masalah ini, kerap kali saya temui ketika internetan di tempat tinggal saya. Sinyal yang lemot, tidak stabil dan parahnya tidak ada koneksi. Berkali-kali saya harus melepas baterai modem untuk me-refresh sinyalnya. Hasilnya memang ada perubahan, tapi hanya sebentar, selebihnya ya lemot lagi.


Alhasil urusan ngeblog pun jadi tidak lancar. Makanya saya jarang update artikel paling cepat 5 hari sekali. Kalau sudah begini, biasanya saya mengandalkan wifi dari kantor untuk update blog. Tapi ngeblog di kantor, hasilnya tidak maksimal, tau sendiri dong, kerjaan menumpuk sudah di depan mata. Yang ada nanti kena omelan si boss.


Maunya sih saya jual saja modemnya, dan ganti dengan provider lain, tapi masih bingung, mau jual kemana. Jual ke tetangga pun, pasti tidak ada yang mau, lah wong sinyalnya kok yang bermasalah di tempat tinggal saya di Pengasinan, Depok. Masa iya tetangga mau beli modem dengan provider yang sama. 

Ada beberapa teman dan saudara yang sudah saya tawarkan modemnya, tapi mereka belum berminat. Alhasil saya memang harus bersabar untuk menjual modem ini, karena menjual modem itu tidak semudah menjual emas atau handphone.

"Dijual di forum jual-beli aja di Facebook" Seorang teman menyarankan untuk menjual modem saya di forum jual beli di Facebook. 

"Kalau dijual di forum, tidak ada hitam diatas putih. Selain itu juga tidak ada pihak yang menjembatani antara saya sebagai penjual dengan calon pembeli. Bagaimana kalau terjadi sesuatu? Siapa yang mau bertanggung jawab?

Ah daripada pusing, mendingan saya googling saja, siapa tau ketemu solusinya. Setelah ketemu beberapa blog, ternyata banyak postingan yang membahas tentang jual beli barang bekas di PRELO. Masih agak asing di telinga, tapi akan saya jelaskan di bawah ini.

"What?? Prelo, apaan tuh?"


MENGENAL PRELO

Ada pepatah yang mengatakan, "Tak Kenal, Maka Tak Sayang". Sebelum membaca lebih jauh tentang postingan ini, ada baiknya kita mengenal lebih dekat tentang PRELO. Prelo itu bisa dibilang sebuah aplikasi yang berbasis marketplace online khusus jual beli barang preloved (barang bekas layak pakai) yang berkualitas dan asli, alias “NO KW” di tanah air.

Di aplikasi Prelo, kamu bisa menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai, tapi masih dalam kondisi layak pakai ya guys. Sayang kan kalau dibuang begitu saja, lebih baik dijual.

Kalau biasanya, produk yang dijual online adalah produk baru, tapi di e-commerce ini kamu bakalan menemukan produk preloved. Cukup kreatif bukan?! Secara, tidak semua orang menginginkan untuk membeli produk baru. Kadang ada juga loh yang mau beli barang bekas. Terutama bagi yang memiliki budget terbatas, tapi menginginkan produk berkualitas.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Prelo, kamu perlu menginstall aplikasinya lebih dulu di smartphone, agar lebih mudah dan praktis. Aplikasi Prelo sudah tersedia untuk pengguna Android dan juga iPhone. Ukuran filenya juga kecil kok, di Android saya hanya sekitar 39MB saja loh.

Pengguna Android bisa download : di sini
Pengguna iPhone bisa download : di sini

Setelah terinstall, kamu mendaftar dengan mengisikan data yang diminta, seperti alamat email dan password. Atau kamu juga bisa daftar dengan akun Facebook milik kamu loh.


Visi dan Misi Prelo

Team Prelo ini memang luar biasa hebat, e-commerce yang peduli dengan lingkungan hidup melalui bisnis jual beli barang preloved di aplikasinya. Dan berikut adalah visi dan misi dari Prelo :



Visi
Layanan e-niaga yang ramah lingkungan berbasis teknologi dan pemberdayaan komunitas.

Misi
Memaksimalkan potensi teknologi untuk membangun gaya hidup ramah lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan, ekonomi, karyawan dan perusahaan.


PRODUK APA AJA YANG ADA DI PRELO?


Penasaran produk-produk apa saja yang dijual di aplikasi Prelo? Yuk lah dilihat saja di bawah ini :


1. Fashion Wanita
Bagi kamu yang lagi nyari kado untuk Ibu, istri, pacar, adik, bibi atau siapalah, di Prelo ada banyak banget kebutuhan produk berkualitas khusus untuk cewek dengan harga yang terjangkau, mulai dari dompet, baju, sepatu, sandal, sweater, rok, jilbab dan masih banyak lagi. 



2. Produk Kecantikan
Berikutnya, khusus kamu cewek yang hobi merias diri, lipstikkan, kutekkan, bedakkan atau luluran sebelum ketemu gebetan, kamu bisa pilih beragam produk kecantikan yang ada di Prelo, mulai dari lipstik, parfum, cat kuku, eyeliner, bedak dan masih banyak lagi.




3. Keperluan Si Kecil
Nah ini bagi para mahmud (mamah muda) yang mau manjain si kecil, ada beragam produk yang bisa kamu pilih di Prelo, mulai dari sepatu, sandal, baju, boneka, mainan dan lain sebagainya.



4. Koleksi Buku
Halo pencinta buku! Di Prelo juga ada banyak koleksi buku mulai dari novel, buku pengetahuan, pelajaran dan masih banyak lagi loh.


5. Koleksi Barang Antik
Kamu hobi ngumpulin barang antik? Jangan khawatir, di Prelo juga ada kok. Produknya juga beragam, mulai dari hiasan, jam weker, kursi antik, patung dan masih banyaaaak lagi.


6. Fashion Pria
Hi para cowok! Mau cari jaket, sepatu, celana jeans, tas, jam tangan, baju atau produk lainnya, ada banyak kok di Prelo. Komplit lagi.


7. Gadget
Bagi para pemburu gadget, di Prelo juga ada loh. Merk dan jenis produknya pun beragam. Mulai dari tab, handphone, laptop, modem, casing dan lainnya tersedia lengkap.


8. Keperluan Hobi
Di Prelo juga tersedia produk sesuai dengan hobi kamu loh. Misalkan, hobi kamu bermusik, bermain game, olahraga, otomotif, hewan atau koleksi barang, ada kok di Prelo.



9. Keperluan Rumah Tangga
Nah ini buat yang lagi nyari furniture untuk keperluan di rumah, di Prelo juga ada loh, mulai dari meja, sprei, kebutuhan dapur, keset, karpet, payung dan lainnya.



YUK SELAMATKAN BARANG BEKAS DAN LINGKUNGAN MELALUI PRELO

Coba kamu perhatikan huruf "P" pada Prelo, yang menyerupai bentuk lingkaran anak panah. Logo ini adalah sebuah proses yang tidak henti dalam memberi manfaat dan juga menerima keuntungan antara pihak internal Prelo (perusahaan dan karyawan) dengan pihak eksternal (masyarakat, lingkungan dan ekonomi). Keren banget kan filosofinya. Sederhana dan sangat helpful.

Seharusnya kita berterimakasih sama PRELO. Hanya lewat sebuah aplikasi Prelo, kita bisa menyelamatkan lingkungan sekitar kita loh. Kok bisa sih? Coba sekarang kamu lihat di sekeliling rumah kamu, ada berapa banyak buku bekas, baju bekas, sepatu bekas yang masih layak pakai? Atau mungkin saja ada handphone second. Daripada disimpan saja, kamu bisa menjualnya di Prelo loh. 

Yuk segera beralih ke jual beli barang bekas secara online lewat aplikasi Prelo. Karena di Prelo, belanja terasa lebih aman dan nyaman, karena didukung oleh fitur-fitur inovatif yang memberikan garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali.




Selain itu juga ada beberapa manfaat yang akan kamu dapetin kalau kamu menjual barang second di aplikasi Prelo :

1. Mendapat Uang

Hanya dengan menjual barang-barang yang tidak terpakai, kamu akan mendapatkan uang. Bisnis yang kamu lakukan lewat aplikasi Prelo, akan lebih menguntungkan lagi kalau kamu mengajak teman untuk berbelanja dan menggunakan kode referral yang kamu dapetin ketika mendaftar di Prelo. 

2. Membantu Terciptanya Ekonomi Hijau
📹 : OECD
Melakukan bisnis di Prelo itu lebih mengarah ke "Ekonomi Hijau". Ekonomi Hijau adalah ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan keadilan sosial serta tidak merugikan lingkungan hidup. Dengan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik, tentu saja akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


3. Memfasilitasi Interaksi Antar Pengguna
📹 : Call Center Aktif

Transaksi yang kamu lakukan akan diawasi oleh Prelo, karena Prelo akan memfasilitasi interaksi antar pembeli dan penjual. Dengan demikian, transaksi yang kamu lakukan di Prelo menjadi lebih aman, nyaman dan terpercaya, alias NO TIPU-TIPU!



4. Menggunakan Rekening Bersama (Rekber)

Istilah rekber mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang yang sudah sering bertransaksi secara online. Transaksi akan lebih aman karena dana yang ditransfer oleh pembeli akan ditahan di rekening bersama. Dana baru akan diteruskan ke penjual jika barang pesanan sudah di tangan pembeli.


CARA MENJUAL BARANG BEKAS DI APLIKASI PRELO

Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya mau jual modem saya lewat aplikasi Prelo. Lumayan, kan uangnya bisa untuk beli modem yang lain lewat aplikasi Prelo. Caranya gampang banget kok.

1. Klik Gambar Kamera (JUAL) Dari Aplikasi Prelo
Upload foto barang preloved yang akan kamu jual melalui smartphone. Kamu bisa pilih gambar dari koleksi foto kamu atau kamu bisa mengambil gambar dengan kamera smartphone.



Pastikan barang yang akan kamu jual merupakan produk original. Upload foto produk ke dalam beberapa posisi, seperti bagian atas, tampak belakang. Lalu jangan lupa sertakan label/merk. Kalau ada cacat, jangan lupa disebutkan juga, agar calon pembeli tidak kecewa.

2. Lengkapi Detail Barang
saya diminta untuk melengkapi detail barang, mulai dari kategori barang, nama barang, catatan khusus, alasan menjual barang tersebut, berat barang, harga awal ketika membeli barang dan harga jual.


3. Tunggu Penawaran Dari Calon Pembeli
Saya hanya tinggal menunggu calon pembeli yang tertarik untuk membeli modem saya. Oh iya, kalau kamu tertarik untuk beli modem saya, Kamu bisa pakai kode referral milik saya loh : Hendras_1981d7Gy1o. Kalau kamu belanja pakai kode referral saya, kamu akan dapat referral bonus senilai IDR 25.000. Lumayan kan?!


Fitur-Fitur Inovatif di Aplikasi Prelo



Untuk memudahkan kamu melakukan bisnis, di aplikasi Prelo sendiri sudah disematkan fitur-fitur menarik dan inovatif yang selalu hadir. Penasaran seperti apa fitur-fitur tersebut? Berikut selengkapnya :

1. Siap Menjual Barang Preloved Kamu
Melalui aplikasi, team Prelo selalu siap membantu untuk menjual barang preloved milik kamu. 

2. Ribuan Barang Bermerk Tersedia
Tidak perlu bingung menemukan barang yang kamu cari, di aplikasi Prelo, ribuan barang telah tersedia untuk kamu pilih sesuai kebutuhan kamu.

3. Fitur Chatting yang Mempermudah Transaksi
Bingung untuk ngobrol langsung dengan calon penjual/pembeli? Tenang saja guys, di aplikasi Prelo, kamu bisa ngobrol langsung melalui fitur chatting. Kamu juga bisa bertanya-tanya tentang produk dan tawar menawar harga barang dengan penjual/pembeli di aplikasi Prelo.



4. Waktu Jaminan Prelo
Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan complain (max. 3x24 jam setelah status transaksi DITERIMA) kalau barang pesanan tidak sesuai. Dan kamu akan memperoleh refund 100%.

5. Share Kode Referral Kamu, dan Dapatkan Bonus
Kamu juga bisa sukses menjalankan bisnis lewat aplikasi Prelo dengan menjual barang preloved. Menariknya lagi, kamu memiliki kesempatan memperoleh bonus referral untuk setiap transaksi yang kamu lakukan.

Bagaimana guys, tertarik buat jual barang bekas milik kamu. Tunggu apa lagi, KUY lah, jangan biarkan barang bekas menumpuk di rumah. Segera jual di PRELO!

8 comments

untung uda nulisnya klo blm nulis liat blognya kang hendra lgsg lelah hayati hahaha keren kang dan aku sbg pembeli puas beli preloved di prelo scara sbg emak2 yg sgt memperhitungkan ekonomi keluarga prelo adlh tempatnya hahaha..gudluck kang smg aku jg gudluck 😁🙏🏻😆

Reply

Kalau saya belum berhasil menjual barang di prelo, saya baru berhasil beli saja. Kemaren sempet ada yang pesan jualan saya, tapi di cancel karena waktu pembayaranya cuma sebetar huhuhu..

Reply

Makasih mba Herva, coba coba aja sih, mudah-mudahan bisa lolos lagi.

Prelo sebenarnya menjembatani untuk mengurangi resiko barang-barang yang bertumpuk di rumah ya mba.

Reply

Sabar, butuh perjuangan Mas Amir, hehehe...

Reply

Untuk prelo sendiri sudah sering dengar, tapi untuk mencoba menjual di sini belum sama sekali mas. Karena memang belum ada yang dijual. Tapi kalau mau jual sudah banyak referensi seperti apa :)

Termasuk dari blog mas Hendra ini :)

Reply

Lengkap banget ya kang, dari fashion sampai barang antik ada semua di prelo, tempat asyik jual beli online...

Reply

Iya kang, jadinya pengunjung memiliki banyak pilihan produk yang akan dibeli di Prelo ini.

Reply

Yah boleh kapan-kapan mas Andi, kalo ada barang preloved, bisa coba jual di Prelo

Reply

Post a Comment