Berbuka Puasa Dengan Teh Manis dan Kurma. Mana yang Lebih Baik?

Bagaimana puasanya guys, masih lancar gak? Semoga kita masih diberi kesehatan ya, sehingga dapat tetap lancar berpuasa sampai meraih kemenangan di 1 Syawal nanti. Aaamiiin. Berbicara mengenai puasa, tentu tidak terlepas dari yang namanya menu berbuka puasa. Biasanya kita masyarakat Indonesia memegang teguh prinsip “Berbukalah Dengan Yang Manis”.


Buah Kurma - Blog Mas Hendra
Sehingga tidak sedikit dari kita yang mengonsumsi teh manis dan buah kurma untuk berbuka. Seperti yang kita ketahui, anjuran berbuka puasa dengan kurma cukup populer di kalangan umat Islam, karena hal ini sesuai dengan sunnah Nabi. Namun sekarang timbul pertanyaan, manakah yang lebih baik, berbuka dengan kurma atau teh manis?

Secara umum, pakar kesehatan setuju bahwa kurma dan teh manis sangat baik untuk berbuka puasa. Teh manis dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga tubuh tidak lemas. Sementara kurma selain dapat meningkatkan kadar gula, juga mengandung serat.

Menurut dr AR Inge Permadhi, MS. SpGK dari fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo mengatakan, “Kalau untuk berbuka saja itu cukup karena dapat membantu meningkatkan kadar gula di dalam tubuh kita”.

Pendapat yang sama juga diutarakan oleh Dr dr Saptawati Bardosono, Msc. Ia mengatakan, teh manis dan kurma, dapat segera menggantikan kekurangan cairan dan gula darah yang berkurang karena berpuasa selama kurang lebih 13 jam. “Keduanya terbukti sehat untuk minuman buka puasa, namun penelitian membuktikan bahwa buka puasa dengan kurma dapat mempertahankan kadar gula darah lebih lama, sehingga membuat orang tidak kalap ketika makan malam.

Baca juga artikel menarik lainnya : 9 Aktivitas yang Membuat Puasa Jadi Gak Berasa

Kesimpulannya, keduanya memang baik untuk berbuka puasa, sama-sama dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga tidak lemas. Hanya saja, melihat statement diatas, dapat disimpulkan bahwa kurma jauh lebih baik, karena mengandung karbohidrat kompleks, glukosa, sukrosa dan fluktosa, sehingga penyerapannya bisa bertahap, selain itu juga di dalam kurma juga mengandung serat, vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh.

Tidak heran, mengapa Nabi menganjurkan umat Islam untuk mengonsumi kurma saat berbuka puasa, karena khasiatnya yang luar biasa bagi tubuh.

Tapi jangan lupa ya guys, agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi, disarankan makan besar minimal setengah jam setelah berbuka, karena kurma dan teh manis saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Seperti yang dijelaskan oleh dr Inge, dalam sehari tubuh kita memerlukan kurang lebih kalori sebanyak 1.500 kalori. Ketika kita sahur, hanya kurang lebih 300 kalori saja yang masuk ke dalam tubuh, sisanya harus dipenuhi setelah berbuka hingga sebelum tidur.

Semoga bermanfaat.




8 comments

Kurma, tapi sayang ya harga tergolong elit kalau ditempat saya.
Terpaksa hanya teh manis.

Reply

setuju, kurma memang lebih baik karena kandungannya lebih kompleks

Reply

Semuanya yang manis baik buat berbuka puasa mas, tergantung adanya yang mana.. saya semua suka wkwkwk

Reply

Wah sayang banget ya harganya bisa lebih mahal, mungkin kendalanya ada di pendistribusiannya ya bang... Karena biaya pengirimannya cukup mahal, maka harga jual kurmanya juga ikutan melambung. Semoga menjadi perhatian bagi pemda setempat bang

Reply

Yup, kurma jauh lebih sehat dibanding teh manis. Tapi semua tergantung selera juga sih

Reply

Yup betul kang, syukuri apa yang ada, kalo adanya kurma ya gak apa-apa, atau cuma teh manis juga sah-sah aja kok... Kalo saya sih lebih milih kurma daripada teh manis, soalnya gulanya cukup tinggi juga kang, meskipun lagi puasa, tapi saya tetap jaga asupan gula ke dalam tubuh

Reply

Bermanfaat nih, yang jelas apapun menu berbukanya harus disyukuri :)

Aku sendiri alhamdulilah selama #BerburuTakjil dapet kurma, dapet teh manis dan air putih untuk minumnya. Sebagai mahasiswa yang sekaligus anak kost tentu sangat-sangat disyukuri banget ini mas. Alhamdulilah :)

Reply

Alhamduillah kalau bermanfaat Mas....

Ada kelebihan tersendiri bagi anak-anak kost ketika waktu berbuka ya Mas, bisa keliling dari satu Masjid ke Masjid lainnya berburu takjil. Dan yang terpenting adalah pengalamannya itu loh, bertemu banyak orang dan dapat pahala sholat berjamaah di Masjid yang berbeda

Reply

Post a Comment