Ada Apa di Hari Jadi Kota Surabaya ke-724? Ini Agendanya!

Tahukah Anda, jika di bulan Mei 2017 ini kota Surabaya sedang merayakan hari jadinya yang ke-724 loh. Sebelum saya melanjutkan menulis artikel, izinkan saya mengucapkan selamat hari jadi untuk kota Surabaya yang ke-724, semoga kedepannya menjadi kota yang semakin makmur masyarakatnya, maju perekonomiannya, sukses perkembangannya, berkah pendapatannya dan menjadi contoh bagi kota-kota lainnya di Indonesia, atau bahkan di dunia.


Seiring berjalannya waktu, kota Surabaya telah banyak mengalami kemajuan yang signifikan. Apalagi di bawah kepepimpinan walikota Ibu Tri Rismaharini, atau biasa disapa Ibu Risma sebagai “sutradara” dibalik kesuksesan kota Surabaya, kini Surabaya telah menjelma menjadi kota dengan potensi pariwisata yang sangat menjanjikan

Maka tidak heran, atas prestasinya yang gemilang tersebut, banyak penghargaan yang berhasil diraih. Berikut adalah beberapa penghargaan yang bahkan sudah diakui oleh dunia :

Penghargaan Kota Surabaya - Blog Mas Hendra


Guna menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya yang ke-724, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) memiliki agenda acara yang seru dan atraktif untuk masyarakat. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya :


Festival Hari Jadi Kota Surabaya 2017 - Blog Mas Hendra


1. PARADE BUNGA SURABAYA 2017 (7 MEI 2017)
📹 : Fandha TV
Parade Bunga Surabaya 2017 - Blog Mas Hendra
Parade Budaya dan Bunga Surabaya 2017 dihadiri oleh puluhan ribu orang yang menyemut di sepanjang jalan dari Tugu Pahlawan hingga Taman Bungkul, pada Minggu, 7 Mei 2017. Event ini akan diramaikan dengan penampilan puluhan mobil yang berhiaskan bunga warna-warni dan ratusan peserta karnaval.

Parade ini tidak hanya dihadiri oleh peserta dari kota Surabaya, melainkan ada juga yang berasal dari Sumatera, Maluku, Bali, bahkan hingga Papua pun turut serta menyuguhkan budaya dari daerahnya masing-masing. 

2. FESTIVAL RUJAK ULEG 2017 (14 MEI 2017)
📹 : antarajatim.com
Festival Rujak Uleg 2017 - Blog Mas Hendra
Dari namanya saja Anda sudah dapat menebak jika acara ini termasuk acara kuliner. Festival ini akan memenuhi sepanjang jalan Kembang Jepun, Surabaya. Acara ini termasuk ke dalam salah satu agenda penting pada Hari Jadi Kota Surabaya ke-724. 

Rujak uleg merupakan makanan khas asal Jawa Timur. Rujak uleg adalah jenis makanan dengan saus petis dan menggunakan cabai, kacang dan bawang putih. Sementara sayurannya menggunakan mentimun, tauge, lontong, kangkung, tempe dan tahu.

Festival Rujak Uleg 2017 - Blog Mas Hendra

Para peserta diharuskan mengenakan pakaian tertentu yang unik, seperti pakaian nelayan, tokoh pewayangan seperti Gatot Kaca, pakaian tentara, badut dan masih banyak lagi.


3. SURABAYA HEALTH SEASON (APRIL – MEI 2017)
📹 : Tribun Jatim
Surabaya Health Season - Blog Mas Hendra
Acara yang digagas antara Pemerintah Kota Surabaya bersama Dinas Kesehatan ini, mengangkat tema SURABAYA SEHAT melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Tujuan dari acara ini sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Surabaya untuk menerapkan pola hidup sehat dan juga mampu meningkatkan kualitas layanan oleh seluruh pemberi layanan kesehatan. 

Adapun, serangkaian acara yang akan digelar meliputi senam kesehatan, donor darah, bakti sosial, sunatan massal serta pameran produk pertanian dan UKM.

Bagi Anda yang tinggal di kota Surabaya, berhubung masih dalam momen Hari Jadi Kota Surabaya ke-724, banyak fasilitas kesehatan, mulai dari Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, Klinik dan Laboratorium memberikan harga khusus kepada masyarakat kota Surabaya. Surabaya Health Season ini akan berlangsung selama 2 bulan, yakni bulan April hingga bulan Mei 2017.


4. PASAR MALAM TJAP TOENDJOENGAN 2017 (3 – 29 MEI 2017)
📹 : Budiono Sukses
Pasar Malam Tjap Toendjoengan - Blog Mas Hendra
Event tahunan yang sudah melegenda ini hadir sebulan penuh untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya. Bagi Anda pencinta kuliner maupun jajanan Nusantara khas Jawa Timur, jangan lupa ya untuk berkunjung ke Pasar Malam Tjap Toendjoengan di area East Cost Pakuwon City, Surabaya.

Ada jajanan apa saja sih di acara ini? Yang jelas jajanan yang disajikan merupakan jajanan khas dari Jawa Timur dan juga Nusantara, seperti rujak cingur, nasi liwet, lontong Kupang, nasi Bali, aneka sate, gudeg, ronde, lontong balap, pempek, tahu tek, es Manado, rawon, bubur Madura dan masih banyak lagi.

Jika Anda berkunjung ke sini, tidak hanya mencicipi kuliner saja loh, Anda juga bisa menyaksikan budaya tradisional khas Jawa Timur, seperti Ludruk, Ketoprak, beragam perlombaan dan lain sebagainya.


5. SURABAYA SHOPPING FESTIVAL (SSF) 2017 
📹 : NET Surabaya
Surabaya Shopping Festival 2017 - Blog Mas Hendra
Momen yang satu ini sepertinya selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Surabaya. Acara Surabaya Shopping Festival ini akan berlangsung satu bulan penuh, yakni mulai dari tanggal 1-31 Mei 2017. Event pembukaan SSF 2017 ini dibuka di mall Grand City Surabaya, yang dihadiri oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. 

Event ini bertujuan untuk menjadikan kota Surabaya sebagai destinasi wisata belanja, sekaligus mengenalkan destinasi wisata lainnya yang ada di kota Surabaya.


Surabaya Shopping Festival 2017 - Blog Mas Hendra

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini selalu bertambah jumlahnya. Setidaknya ada sekitar 13 Mall dan pusat perbelanjaan yang akan ikut meramaikan SSF 2017 kali ini, yakni :

Surabaya Shopping Festival 2017 - Blog Mas Hendra


6. DOLLY SAIKI FEST (DSF) 2017
📹 : Viva Video
Dolly Saiki Fest 2017 - Blog Mas Hendra
Peresmian Dolly Saiki Fest 2017 ditandai dengan launching-nya Dolly Saiki (DS) Point, merupakan tempat penjualan produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) hasil karya warga eks lokalisai Dolly dan Jarak.

Tanpa mengharapkan keuntungan dari program ini, Pemkot Surabaya hanya menginginkan warga Dolly dan Jarak dapat hidup sejahtera dengan aktif menggerakkan roda perekonomian melalui DS Point ini. Kegiatan Dolly Saiki Fest 2017 yang diprakarsai oleh komunitas BicaraSurabaya ini, berlangsung dari tanggal 13 Mei hingga 16 Juli 2017.

Beragam kegiatan bersifat edukatif dan inspiratif dapat diikuti oleh masyarakat, seperti bazaar, olahraga hingga night run. Berikut agenda Dolly Saiki Fest 2017 :

Jadwal Kegiatan Dolly Saiki Fest 2017 - Blog Mas Hendra

Bagi Anda yang tinggal di kota Surabaya maupun dari luar kota Surabaya, mari kita ramaikan acara pesta rakyat yang berlangsung tiap tahunnya dalam menyambut hari jadi kota Surabaya. Jangan lupa ya, share agenda tahunan ini di berbagai sosial media milik Anda. Tujuannya tidak lain agar acara tahunan ini semakin bertambah semarak dan dikenal luas oleh masyarakat, baik lokal maupun mancanegara.

"Yuk kita semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya ke pentas dunia"



Sumber :

nasional.harianterbit.com
kabarsurabaya.org

6 comments

udah lama juga nih gak main ke surabaya.. semoga ada kesempatan buat balik lagi.

www.deddyhuang.com

Wah sayang banget ya pak, kalo ada kesempatan, bolehlah berkunjung ke kota Surabaya

ayooo mas ke surabayaa. .
tjap toenjongannaa deket sama kosan ku hehehe. .

aku waktu itu ke festival rujak uleg mas, bener' rame dan meriaaah banget. asik pokoknyaaa.. tp pas itu aku teledor bangett jd gak kerasa klu hp kecopetan hikss. . :/

Kuy lah, wah enak dong, banyak jajanan.

Hati-hati lain kali mba, tempat keramaian memang tak luput dari yang namanya copet... Semoga ada gantinya yang better.... Aaamiiin

Selamat hari jadi surabaya...moga makin maju dan saya suka festival rujak ulegnya pasti enak dan menyegarkan

Pastinya rujak ulegnya enak Mas Dwi...


EmoticonEmoticon