Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kesalahan Makan Sahur yang Membuat Tubuh Menjadi Lemas

6 Kesalahan Makan Sahur yang Membuat Tubuh Menjadi Lemas - Blog Mas Hendra
 
Ritual makan sahur menjadi faktor penting ketika puasa Ramadhan. Selain itu juga termasuk salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah. Pada waktu inilah tubuh kita membutuhkan makanan sebelum mempersiapkan tubuh agar tetap dapat beraktivitas seperti hari-hari biasanya. 
Namun meski demikian, masih ada beberapa hal penting lainnya yang kadang tidak kita sadari, justru malah menjadi bumerang bagi kita sendiri.

Karena kebiasaan kecil yang kadang kita anggap sepele, malah akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas ketika menjalani ibadah puasa di siang hari. 

Apa saja sih kebiasaan yang umum dilakukan ketika makan sahur, sehingga membuat tubuh malah menjadi lemas. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari The Health Site.

1. Melewatkan Makan Sahur

Siapa di sini yang tidak suka sahur, tetapi tetap puasa? Alasannya sih karena ngantuk yang tidak tertahankan, padahal sahur adalah salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan sama Nabi loh. 

Kita harus mempersiapkan tubuh agar tetap bisa beraktivitas seperti hari-hari biasanya. Coba bayangin saja jika kita tidak sahur, yang ada tubuh kita malah lemas, dan akan berimbas pada aktivitas kita sehari-hari.

Untuk menyiasatinya, siapkan menu favorit kalian ketika sahur. Tatalah meja makan semenarik mungkin dan hindari kebiasaan makan malam sebelum tidur, agar ketika sahur perut tidak terlalu kekenyangan.

2. Cukup Minum Air Putih

Nah kebiasaan ini juga sering kita lakukan ketika makan sahur, terutama menjelang waktu imsak. Tujuannya sih agar nanti siang tidak kehausan. Padahal ya guys, kebanyakan minum air putih secara sekaligus justru bisa menaikkan asam lambung dalam perut, sehingga perut akan merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan.

Terus gimana dong? Biasakan minum air putih secara perlahan dan bertahap. Minum air ketika bangun tidur, terus minum lagi sebelum makan, sewaktu makan sahur dan setelah makan sahur. 

Tidak hanya itu aja sih, kalian juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, seperti melon, semangka, tomat atau mentimun untuk menambah asupan air di dalam tubuh.

3. Banyak Minum Teh

Yang ini kebiasaan banget orang Indonesia untuk ngeteh manis dan cantik ketika waktu sahur tiba. Padahal ya guys, teh itu mengandung kafein dan bersifat diuretik (meningkatkan frekuensi buang air kecil). Alhasil tubuh kita malah akan dehidrasi dan rasa haus semakin muncul. Hal ini juga berlaku untuk kopi.

4. Makan Coklat atau Permen

Siapa di sini yang hobi ngemil coklat atau kueh manis?? Emang sih makanan yang satu ini enak banget untuk dicemil, apalagi sambil ngeteh, beuuh. Tapi kalau dikonsumsi sewaktu makan sahur, justru kurang tepat. Kenapa bisa gitu ya guys? 

Makanan tinggi karbohidrat sederhana (seperti coklat, kue atau permen), akan dicerna cepat oleh tubuh, sehingga energinya juga akan cepat habis, akibatnya tubuh kita malah menjadi lemas ketika berpuasa.

Usahakan untuk memberi tubuh dengan asupan karbohidrat dari sumber makanan yang mengandung pati kompleks, kayak misalkan nasi merah, oatmeal, kentang atau roti gandum. Karena asupan jenis ini dapat membuat perut kenyang lebih lama.




5. Makan Sebanyak Mungkin

Supaya tubuh kita tidak lemas, kadang kita makan dengan porsi yang banyak. Padalah menurut nutritionist, Dr Neha Sanwalka, pemahaman ini justru keliru. Makan dengan porsi banyak justru akan menjadi beban bagi perut. Udah mah beban hidup berat, masa mau ditambah lagi sama beban makanan.

Berhubung beban kerja perut menjadi bertambah, akan menyebabkan gangguan pencernaan dan perut juga terasa kembung. Yang paling penting sih makan dengan porsi cukup, asal nutrisi dan gizi terpenuhi dengan baik oleh tubuh kita.

6. Langsung Tidur Setelah Sahur

Nabi menganjurkan untuk tidak tidur setelah sahur. Ternyata kalau dilihat dari sisi kesehatan, sangat berpengaruh dengan sistem pencernaan kita loh guys. 

Jika kita langsung tidur setelah makan sahur, akan memicu asam lambung balik arah ke kerongkongan, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan. Akibatnya asam lambung naik dan bisa menimbulkan banyak komplikasi kesehatan.

Jadi, jika kalian memang ngantuk banget dan mau tidur setelah makan sahur, sebaiknya berikan jeda waktu dulu, kira-kira sekitar satu atau dua jam setelah sholat Subuh.

Nah itu tadi artikel tentang 6 kesalahan umum yang sering kita lakukan ketika makan sahur. Mudah-mudahan kita dapat mempraktekkannya supaya puasa kita tetap lancar dan meminimalisir terjadinya gangguan pada pencernaan kita.

Semoga bermanfaat ya guys.

Posting Komentar untuk "6 Kesalahan Makan Sahur yang Membuat Tubuh Menjadi Lemas"