Menikmati Long Weekend di Kota Jakarta

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menghabiskan liburan long weekend. Ada yang sudah punya rencana untuk pergi berlibur keluar kota. Ada yang ingin menghabiskan waktu liburan berkumpul bersama keluarga di rumah. Bahkan ada yang tetap bekerja pada saat long weekend tiba.



Sepertinya saya termasuk orang yang tetap bekerja saat long weekend tiba. Karena memang saya bekerja pada properti sebuah perhotelan dimana menjelang long weekend, biasanya tingkat hunian hotel (okupansi hotel) justru meningkat. Hal ini memaksa sebagian karyawan hotel tetap bekerja pada saat long weekend tiba.

📹 : Sen A (Channel YouTube)
Sebenarnya tidak menjadi masalah bagi saya, karena memang sudah terbiasa dengan situasi seperti ini dan sudah menjadi kewajiban saya sebagai seorang karyawan. 

Namun jika memang saya memiliki kesempatan untuk menikmati libur saat long weekend, saya lebih memilih untuk berlibur di kota Jakarta saja. Mengingat untuk berlibur keluar kota memerlukan durasi liburan yang lebih lama dan pastinya biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Apalagi jika membawa anak kecil (dede Naufal), tentu saja untuk pergi berlibur keluar kota membutuhkan persiapan yang sangat matang. 

Barang bawaan yang kami bawa pun cukup banyak, mengingat kebutuhan si kecil tentu lebih kompleks dibanding orang dewasa, mulai dari persiapan popok, makanan pendukung selain asi (baca : cemilan), pakaian ganti dan peralatan mandi si kecil. Inilah yang membuat saya mengambil keputusan untuk liburan di Jakarta saja. Lebih simpel dan ramah di kantong. 😀

Tapi bagaimanapun, yang namanya berlibur atau refreshing sangat perlu, selain untuk mengurangi kejenuhan dari rutinitas sehari-hari, refreshing juga mampu menyegarkan pikiran dan juga tenaga.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim asal Harvard Business School, setiap karyawan yang memanfaatkan waktu liburnya untuk waktu pribadi (me and family time) setiap minggunya, maka setelah lima bulan berselang, para karyawan tersebut dilaporkan jauh lebih bahagia dari sebelumnya. Dan berikut adalah manfaat dari refreshing yang akan kita rasakan untuk tubuh yang lebih sehat :

Lebih bahagia
Jauh dari depresi
Merangsang kreativitas dan ide menjadi lebih baik
Menurunkan resiko penyakit jantung, dan
Lebih dekat dengan keluarga   


"Menikmati Long Weekend di Kota Jakarta Saja!"

Biasanya saya menikmati long weekend dengan mengajak anak dan istri untuk mengunjungi tempat wisata atau museum yang ada di Jakarta. Liburan yang kami lakukan, selain sebagai refreshing, juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan, terutama bagi kakak Nabil.

Sengaja saya mengajak kakak Nabil jalan-jalan mengunjungi museum untuk mengenalkan nilai historis dan budaya bangsa Indonesia. 

Jangan salah guys, kota Jakarta dengan segala permasalahan didalamnya, ternyata menyimpan banyak tempat wisata edukatif yang memiliki nilai historis yang tinggi dan tidak kalah menarik seperti di kota lainnya. Dan pastinya tidak menguras kantong jauh lebih dalam, hehehe...

Bagi saya, berlibur tidak harus ke tempat-tempat mahal, melihat anak saya tertawa lepas bahagia ketika jalan-jalan saja sudah membuat saya dan istri senang. Nah berikut adalah tempat wisata yang memiliki nilai edukasi di Jakarta yang dapat dijadikan referensi untuk menikmati long weekend bersama keluarga : 
  
1. Monas

Siapa sih yang tidak kenal dengan Monas. Monumen bersejarah yang dibangun pada 17 Agustus 1961 ini memang sering ramai dikunjungi terutama saat musim liburan tiba. Monumen yang menjadi ikon kota Jakarta ini selalu saja menjadi magnet yang mampu menyedot perhatian masyarakat dari berbagai daerah. 
Monas didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah Kolonial Belanda. Tugu setinggi 132 meter ini memiliki museum sejarah Nasional Indonesia yang terletak di bagian bawah.

Beberapa waktu lalu, saya menghabiskan waktu liburan saya untuk mengunjungi Monas bersama istri dan kakak Nabil. Banyak pertanyaan yang keluar dari mulut kakak Nabil setelah ia melihat setiap sudut Monas.

Lokasi Monas sangat mudah dijangkau karena berada di tengah-tengah kota Jakarta. Kalian juga bisa memanfaatkan bus tingkat City Tour untuk menjangkau kawasan Monas dan sekitarnya.

2. Kota Tua
Liburan berikutnya, kami menyempatkan untuk mengunjungi kawasan Kota Tua di sebelah barat kota Jakarta. Di sini kalian juga bisa mengunjungi beberapa museum yang ada di kawasan Kota Tua, mulai dari museum Wayang, museum Fatahilah (museum Sejarah Jakarta), Gedung Pos Indonesia, museum Bank Mandiri dan museum Seni Rupa dan Keramik. Selain itu, kalian juga bisa mencicipi kuliner yang ada di sekitar Kota Tua. Salah satunya adalah kerak telor, makanan khas asal Betawi yang cukup populer.

Wisata murah meriah ini juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, terutama anak-anak, karena kita juga dapat mengunjungi museum-museum maupun gedung bersejarah yang ada di kawasan Kota Tua.

3. Pantai Ancol
Lanjut dari Kota Tua, kami meneruskan perjalanan ke pantai Ancol. Lokasi dari Kota Tua ke Ancol tidak begitu jauh, hanya sekitar 20 menit menggunakan sepeda motor. Di pantai, kami menggelar tikar untuk sekedar menikmati makan siang di bawah pohon kelapa sambil menikmati suara riuh ombak yang datang silih berganti. Kami pun sempat mencoba naik perahu untuk memutari laut Ancol dengan biaya hanya IDR 10.000/orang.

4. Taman Margasatwa Ragunan
Satu lagi tempat wisata yang sudah terkenal di Jakarta adalah kebun binatang Ragunan. Pada liburan selanjutnya, kami menyempatkan berlibur ke Ragunan bersama kakak dan juga sepupu dengan menggunakan tiga sepeda motor. Kebetulan dede Naufal sudah bisa ikut bergabung.

Harga tiketnya yang murah dan cukup terjangkau, membuat Ragunan menjadi primadona tempat wisata ketika musim liburan tiba. Di sini, kita  dapat mengenalkan berbagai macam satwa kepada anak-anak, mulai dari reptil, mamalia sampai hewan primata. Kakak Nabil dan dede Naufal cukup senang karena bisa menyaksikan secara langsung berbagai macam satwa dari berbagai daerah di Indonesia.

5. Museum Layang Layang Indonesia
Pada kesempatan liburan yang lain, saya mengajak kakak Nabil ke museum Layang Layang yang terletak di jalan H. Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Di sini kita bisa belajar banyak tentang sejarah layang-layang, mengenal jenis layang-layang dari berbagai negara dan bahkan kita juga bisa ikutan membuat layang-layang. 

Ada sekitar ratusan jenis layang-layang dipajang di setiap tembok bangunan museum, mulai dari layang-layang berukuran mini hingga berukuran raksasa.

6. Taman Mini Indonesia Indah
Destinasi liburan berikutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Jakarta Timur. Di sini kami menghabiskan waktu untuk mengunjungi sekaligus mengenalkan beberapa rumah adat dan museum yang ada di TMII.  Untuk mengurangi rasa lelah, kami pun naik wahana yang ada didalamnya, seperti kereta gantung dan kereta di bawah

******** 

Nah itulah beberapa destinasi wisata yang biasa saya kunjungi ketika liburan long weekend tiba. Jika kondisi tidak memungkinkan, liburan long weekend tidak melulu harus dihabiskan keluar kota, di dalam kota sekalipun masih bisa kita lakukan. 

Kami pun cukup enjoy berkeliling kota Jakarta walau terkadang harus berjibaku dengan kemacetan yang seolah tidak ada habisnya. Meski begitu, sebenarnya masih ada beberapa destinasi wisata edukatif yang belum sempat kami kunjungi di Jakarta. Hal ini dikarenakan padatnya rutinitas di tempat kerja dan juga cuaca yang belakangan kurang bersahabat.

Tiga destinasi wisata edukatif di Jakarta yang ingin kami kunjungi pada kesempatan liburan berikutnya :

1. Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)
Museum Polri terletak di Jalan Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sini kita bisa menemukan berbagai macam galeri sejarah kepolisian RI dari masa lalu hingga masa kini. Didalamnya terdiri dari beberapa ruangan, diantaranya ruang koleksi dan peristiwa, ruang sejarah, hall of fame, ruang kepahlawanan, ruang simbol dan kesatuan serta ruang kids corner.

2. Museum Satria Mandala
Kakak Nabil suka sekali dengan segala karakter yang berbau perang-perangan, mulai dari bapak tentara, tank baja, pesawat tempur bahkan sampai senjata mainan. Sepertinya museum Satria Mandala tempat yang tepat untuk dikenalkan dan dijadikan destinasi wisata edukatif di liburan berikutnya, karena disini kita dapat melihat secara langsung alutsista berupa pesawat tempur, helikopter dan tank baja.

3. Planetarium dan Observatorium  
Planetarium ini terletak di kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Di sini kita bisa menyaksikan simulasi perbintangan maupun benda-benda angkasa di jagat raya


"Apa sih RedDoorz itu?"

Untuk menghabiskan sisa liburan yang masih ada, kalian juga bisa menikmati penginapan dengan harga terjangkau di setiap sudut kota Jakarta. Namun, satu hal yang perlu kalian perhatikan, mencari tempat penginapan dengan harga terjangkau menjadi salah satu faktor penting yang sebaiknya sudah diperhitungkan sebelum melakukan traveling.

Namun terkadang tempat penginapan yang diinginkan, terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Alih-alih mau mendapatkan kenyamanan sewaktu menginap, malah sebaliknya. 

Sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini sudah hadir website RedDoorz sebagai portal listing akomodasi terbaik dengan harga terjangkau.

Jadi RedDoorz merupakan sebuah website yang menyediakan daftar penginapan atau guest house secara lengkap dengan harga terjangkau di seluruh Indonesia.
RedDoorz yang berdiri pada tahun 2015 merupakan salah satu merk akomodasi budget yang berkembang pesat di kawasan Asia Tenggara. RedDoorz memiliki visi untuk memfasilitasi para wisatawan untuk memberi kemudahan dalam menemukan akomodasi budget bermerk dengan pelayanan kualitas tinggi. Tidak hanya untuk backpacker saja loh, properti RedDoorz juga sangat cocok bagi yang sedang melakukan perjalanan bisnis maupun liburan bersama keluarga.


Untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan tamu, pihak
RedDoorz menerapkan metode QUALITY CHECK (Pemeriksaan Mutu) secara berkala kepada seluruh properti. Hal ini dilakukan untuk menjaga mutu pelayanan yang konsisten.



"Apa saja keunggulan yang dimiliki oleh RedDoorz??"

Setelah membaca sebuah review tentang RedDoorz di blog milik Mas Matius Teguh Nugroho, dia menceritakan pengalaman menyenangkan ketika menginap di salah satu properti milik RedDoorz. Tentu saja saya memiliki keyakinan jika memang RedDoorz pantas untuk direkomendasikan bagi yang hobi traveling. Berdasar tulisan menarik Mas Matius, ada beberapa alasan mengapa sebaiknya kalian memilih RedDoorz sebagai referensi untuk mencari tempat penginapan :

1. Harga Penginapan yang Terjangkau

Dapat Menghemat Budget - Blog Mas Hendra
Properti RedDoorz menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin menikmati penginapan dengan harga yang terjangkau, namun dilengkapi dengan fasilitas yang wah. 

Harga murah bukan berarti murahan yang terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi kalian
Di RedDoorz, kepuasan maksimal dapat diperoleh dengan harga yang minimal. Bahkan harga kamar yang ditawarkan mulai dari IDR 100.000-an saja per malam, kalian sudah bisa menikmati penginapan ala hotel berbintang. Sehingga kalian  tetap bisa menghemat biaya perjalanan selama berlibur.

2. Fasilitas Lengkap
RedDoorz selalu mengerti kebutuhan yang kalian inginkan dengan menyediakan fasilitas penginapan yang lengkap, guna memberikan pengalaman yang luar biasa selama melakukan traveling. Kalian juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang biasanya jarang ditemui oleh penginapan atau guest house sejenis. Bahkan fasilitas yang dimiliki di hotel, dapat ditemui juga di beberapa properti milik RedDoorz, mulai dari :

- Gratis akses internet
- TV satelit
- Kamar mandi yang higienis
- Kamar dilengkapi AC
- Linen yang bersih, terawat dan wangi
- Fasilitas parkir (mobil dan motor)
- Ruang khusus untuk menerima tamu
- Keamanan 24 jam
- Penerima tamu (reception desk)

 
Bahkan ada beberapa properti RedDoorz yang sudah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, fitness center, dapur bersama dan water heater (pemanas air).

3. Lokasi Penginapan yang Strategis
Penginapan di Properti RedDoorz Selalu Dikelilingi Tempat Menarik - Blog Mas Hendra

Salah satu keunggulan dari RedDoorz lainnya adalah lokasi penginapan berada di area yang strategis dan mudah dijangkau. Selain itu, kalian juga bisa memanjakan lidah dengan menikmati jajanan atau wisata kuliner di sekitar penginapan, maupun pusat perbelanjaan untuk sekedar cuci mata, karena properti RedDoorz dikelilingi dengan beragam tempat menarik, mulai dari mall, wisata kuliner, perkantoran dan pusat perbelanjaan.

4. Sudah Hadir di Beberapa Kota Besar di Indonesia
Properti RedDoorz Tersebar di 6 Kota di Indonesia - Blog Mas Hendra

Untuk memberi kemudahan dan kenyamanan selama perjalanan yang kalian lakukan, properti RedDoorz sudah hadir di beberapa kota besar di Indonesia loh, mulai dari Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Jadi kalian tidak perlu bingung lagi untuk mencari penginapan dengan harga terjangkau ketika berlibur keluar kota.

5. Diulas Beberapa Media Lokal dan Asing

RedDoorz juga sudah diulas oleh beberapa media, baik lokal maupun asing. Hal ini tidak terlepas dari komitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam hal penyediaan penginapan yang terstandarisasi dengan baik. Dengan liputan berbagai media tersebut, membawa pengaruh positif sekaligus membuat RedDoorz semakin dikenal oleh masyarakat luas.

6. Terdapat Fitur RedCash
Kalian bisa memanfaatkan fitur RedCash sebagai uang virtual untuk memesan kamar di RedDoorz. RedCash akan kita dapatkan dengan cara melakukan pemesanan melalui website RedDoorz.

7. Fitur Navigasi Menuju Properti
Fitur ini memudahkan pengguna website untuk memperoleh rute yang akan mengarahkan tamu ke setiap properti pilihannya. Dengan menggunakan berbagai moda transportasi darat, tamu akan diarahkan dan dipandu mulai dari bandara, stasiun hingga menggunakan kendaraan pribadi atau jalan kaki untuk menuju lokasi properti yang diinginkan. 


"Mencoba Menginap di Salah Satu Properti RedDoorz"
Berbicara masalah RedDoorz, saya tertarik nih guys sama salah satu properti RedDoorz Plus @ Cipete Selatan yang ada di daerah Cipete, Jakarta Selatan. Lokasinya lumayan jauh dari tempat tinggal saya di Depok, jadi sekalian mengajak jalan anak-anak ke kota, hehehe. Di saat orang-orang liburan ke Desa, eh saya malah sebaliknya, tidak apa-apalah, boleh dong sekali-kali travelingnya out of the box.
Di sekitar Cipete juga banyak tempat yang bisa kami kunjungi, seperti misalnya ITC Fatmawati yang di dalamnya juga tersedia Food Court, lalu ada juga Lippo Mall Kemang, Cilandak Town Square dan Pondok Indah Mall. 

Selain itu, lokasi penginapannya juga dekat dengan saudara yang tinggal tidak jauh dari penginapan. Jadi saya bisa menghabiskan waktu untuk mengunjungi saudara, sekaligus bersilaturahmi.

Yang saya suka dari penginapan disini adalah tersedia fasilitas kolam renang outdoor dan juga pusat kebugaran. Kebetulan, kakak Nabil lagi hobi banget berenang (baca : main air) walaupun belum mahir berenang, hihihi... Saya juga bisa mencoba faslitas pusat kebugaran. Siapa tau saja sehabis keluar dari gym, badan saya sudah mirip Ade Rai... KEKER (ingan)... hahaha...




 
Jauh sebelum RedDoorz hadir, dulu saya cukup kesulitan mencari penginapan dengan harga yang terjangkau di Jakarta. Sekalinya dapat penginapan yang murah di derah Grogol, keadaannya malah jauh dari kata nyaman, banyak nyamuk, kamar tanpa AC, kamar pengap dan kondisi kamar mandi yang kurang terjaga kebersihannya. Sekarang saya tidak perlu khawatir lagi mencari penginapan yang murah dan nyaman tentunya, karena properti milik RedDoorz sudah tersebar di hampir setiap sudut kota Jakarta, dan juga kota-kota besar lainnya, bahkan RedDoorz  juga sudah hadir di Singapura.

Meskipun di Jakarta dan sekitarnya sudah banyak penginapan sejenis dengan harga murah, namun saya tetap mengandalkan RedDoorz sebagai properti yang memiliki standar pelayanan berkualitas tinggi.

Mulai saat ini, yuk jadikan liburan kalian semakin berkesan dengan memanfaatkan penginapan murah, berkualitas dengan standar pelayanan yang tinggi hanya di RedDoorz. Kini kalian juga bisa menghabiskan liburan tanpa perlu merasa khawatir kantong jebol karena mahalnya biaya penginapan. Namun di RedDoorz, kalian bisa mendapatkan penginapan dengan harga yang jauh lebih murah dan dilengkapi fasilitas yang wah. 

Jika kalian tertarik untuk memesan penginapan di properti RedDoorz, kalian bisa mengunjungi websitenya di :  


Atau kalian juga bisa download aplikasinya melalui Play Store :

Kalian juga bisa langsung menghubungi nomor : 021-80629666 atau 0018030174229 untuk melakukan pemesanan.

Ingat ya guys, rencanakan liburan kalian dengan baik dengan memanfaatkan fasilitas penginapan hanya di RedDoorz. Jangan sampai liburan kalian berantakan hanya gara-gara penginapan yang kalian pesan tidak sesuai dengan ekspektasi kalian.

"Tips Sederhana Sebelum Menikmati Liburan Long Weekend"

Sebelum menyudahi tulisan ini, saya ingin berbagi tips sederhana sebelum menghabiskan liburan long weekend :

1. Rencanakan Anggaran
2. Tentukan Destinasi
3. Persiapkan Packing yang Praktis
4. Selesaikan Semua Pekerjaan/Urusan di Kantor, dan
5. Pilih akomodasi Penginapan yang Profesional Melalui RedDoorz

Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

#MyWeekendGetaway #RedDoorzContest 

Referensi :

www.reddoorz.com   

Share This Article


24 comments:

  1. Jadi pengen ke kota tua Mas. Posifi foto disitu lagi hits banget ya, banyak bertebaran di media sosial foto disitu.. Enaknya kalau gak pagi sore kali ya mas, biar teduh gitu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul banget mas Andi, sebaiknya pagi-pagi banget atau sore, karena nggak terlalu panas. Kalo siang hari ampun panas banget. Kuy lah jalan ke Jakarta, jangan di Yogyakarta aje, hehehe

      Delete
    2. Hehe.. Iya Mas, in shaa Allah di lain waktu :)
      Tahun kemarin beberapa kali ke Jakarta, tapi sayangnya bukan maen karena ada acara :)

      Delete
    3. Ya Mudah-mudahan kesampaian ya buat liburan ke Jakarta

      Delete
  2. Duh senangnya liburan bersama keluarga. Dan tempat wisata yang ingin saya kunjungi di Jkt yaitu wisata kota tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tercapai ya mas Amir jalan-jalan ke kawasan Kota Tua...

      Delete
  3. Musium Polri yang belum pernah saya kunjjungi. Monas, kota tua dan ancol menjadi primadona saya setiap akhir pekan. Senantiasa berwisata agar tidak mudah depresi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata si Abang traveler juga ya... Kok nggak ketemu sih di kota Tua??!

      Delete
  4. Liburan sambil menginap diapartemen itu baru beda apalagi kalau viewnya bagus dan lokasinya dekat dengan tempat wisata tambah asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalo dapat penginapan gratis dari RedDoorz, pasti lebih asyik lagi, hehehe *Colek RedDoorz 😁

      Delete
  5. selamat berjuang menyingkirkan para kontestan lainnya,
    saya yes.... kontesnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mang Lembu atas support nya... Masih terus berusaha yang terbaik

      Delete
  6. jadi pelajaran bagi saya karena libur panjang juga hayu kita liburan 5 bulan kedepan akan lebih bahagia. :D
    Pilihannya juga banyak nih mau kemana aja boleh tuh. kalo saya karena liburnya panjang tapi kurang panjang kalo harus kejakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo memang liburannya hanya sebentar, bisa dihabiskan di dalam kota aja mang, karena seperti yang sudah saya bahas diatas, liburan keluar kota memang perlu dana yang nggak sedikit dan durasi liburan yang lebih lama.

      Pilihan tempat penginapannya memang banyak mang, jadi nggak usah bingung takut nggak kebagian tempat penginapan disaat musim liburan

      Delete
  7. Pengen banget main ke planetarium tapi gak sempet sempet terus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy lah main ke Jakarta... Ta tunggu ya!!

      Delete
  8. Asikk asikkk main ke wisata edukasii ya mas. Bermanfaat banngeet buaat anak" hehehe

    Asik ya ada reddoor Skrng jd ndak bingung cari penginapan. Harganya jugaa sangat bersahabat 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, enak loh kalo ngabisin liburan ke tempat wisata edukatif, saya jadi banyak tau, terutama anak saya.

      Apalagi ada RedDoorz, kalo capek, tinggal nginep aja deh...

      Delete
  9. ngomong-ngomong saya belum pernah nyobain bus citu tour Jakarta itu malah hihi

    ReplyDelete
  10. Aku pernah nyoba reddoorz bbrp kali di jkt. Enak bgt, standardisasi mrk di tiap tempat sama2 bersih, nyaman dan murah, ga mgkn deh dpt penginapan senyaman itu dgn hrga semurah itu di jkt, yg lbh mahal banyak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren nih udah pernah nyobain, saya jadi makin penasaran nih mba sama RedDoorz

      Delete
  11. pernah sih liburan ke Jakarta, tapi belum sempat ke Ancol, katanya kakak sih jauh dari rumahnya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget ya, sekali kali boleh sih dicoba mba. Dari tempat saya juga jauh banget, dari Parung ke Ancol, dari ujung ke ujung, hehehe

      Delete