Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Gravitasi yang Bermanfaat



Saya masih ingat, Dosen mata kuliah agama Islam di kampus tempat saya kuliah, El-Rahma Education Center Jakarta, pernah berkata, "Setiap manusia memiliki gravitasi yang dapat menjadi magnet bagi orang-orang di sekitarnya". Pernyataan tersebut beliau sampaikan ketika memberikan mata kuliah agama Islam 16 tahun silam, atau tepatnya pada tahun 2001 lalu.

Secara garis besar, beliau menggambarkan jika setiap manusia memiliki potensi untuk menjadi magnet bagi sesama. Artinya apa? Manusia akan memiliki daya tarik tersendiri bilamana ia dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Kita dapat memberikan hal-hal yang bermanfaat dimulai dari hal yang paling kecil.
Tidak perlu menunggu menjadi orang kaya untuk dapat saling berbagi.
Tidak perlu menunggu menjadi orang hebat untuk dapat saling berbagi.
Tidak perlu menunggu menjadi orang pintar untuk dapat saling berbagi.
Karena siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk dapat saling memberikan manfaat bagi sesama.

LIFE IS SHARING. Itulah sekilas wejangan yang saya dapat dari dosen saya dulu. Alangkah senangnya jika saya dapat mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Beruntungnya, saya berusaha untuk mengimplementasikan nasihat berharga tersebut melalui aktivitas ngeblog. Siapa sangka, hanya dengan berbagi ilmu pengetahuan yang saya miliki maupun berbagi pengalaman berharga yang saya sharing melalui blog, justru mendatangkan berkah dan "hadiah" dari Tuhan, sekaligus segudang manfaat bagi saya pribadi. 

Sebagai seorang blogger, saya mulai aktif ngeblog dari tahun 2013 silam, ada begitu banyak pengalaman, baik suka maupun duka sewaktu ngeblog. Bahkan melalui aktivitas ngeblog juga, ada beberapa prestasi dan benefit yang sudah saya rasakan :

1. Mendapatkan hadiah dari lomba blog
Prestasi yang sudah saya dapatkan adalah berupa penghargaan, baik dalam bentuk materi maupun hadiah dari produk sponsor. 


Dapat smartphone untuk anak saya.


Juara 6 Lomba Blog Kota Indramayu - Blog Mas Hendra
Hadiah modem Andromax M3Y dari lomba blog Kota Indramayu. Modemnya saya pakai untuk internetan di rumah, jadi orang rumah maupun saudara yang berkunjung, bisa merasakan manfaat free wi-fi.


Juara 2 Lomba Blog Fashion Crowd Challenge - Blog Mas Hendra
Hadiah kamera Xiaomi Yi Action + uang tunai. Uang tunai ditabung untuk biaya sekolah anak saya.


Juara 2 Lomba Blog Cek Aja - Blog Mas Hendra
Hadiah kamera action + tongsis. Saya tidak perlu lagi membeli kamera action dan tongsis.

Juara Harapan 2 Lomba Blog Prive Uri Cran - Blog Mas Hendra
Hadiah uang tunai dari lomba blog Prive Uri Cran. Uangnya buat menambah uang saku anak saya.

2. Mendapatkan uang dari blog
Benefit berikutnya yang sudah saya rasakan adalah bagaimana blog dapat menghasilkan uang, baik melalui kerjasama menulis artikel (paid review), article placement, pemasangan iklan mandiri, program afiliasi maupun pemasangan iklan Google AdSense. 

3. Penawaran menarik lainnya
Selain mendapatkan uang dan hadiah seperti diatas, saya juga mendapatkan tawaran menarik lainnya, berupa tawaran diskon menginap di hotel maupun voucher belanja. 


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Voucher Belanja Dari Paid Review Zalora - Blog Mas Hendra
Dapat voucher belanja dari Zalora. Sendal untuk istri, dan sweater untuk saya


Voucher MAP Dari Lomba Blog Samsung - Blog Mas Hendra
Dapat voucher MAP. Lumayan untuk belanja bulanan

Semua pencapaian diatas, semuanya berkat rezeki dari Allah, kerja keras yang saya lakukan, terus mencoba dan jangan mudah menyerah. Tentu saja, hadiah maupun uang yang saya peroleh, tidak hanya saya saja yang merasakannya, pastinya saya berbagi untuk istri dan kedua anak saya.

Sebenarnya tujuan ngeblog tidak hanya mencari materi saja. Namun lebih dari itu, ada pesan penting yang ingin disampaikan melalui tulisan. Ada sebuah pengalaman berharga yang ingin dibagikan kepada sesama. Dengan harapan, apa yang disampaikan kepada orang lain dapat memberikan manfaat. Inilah yang dimaksud dengan magnet bagi orang-orang di sekitar.

Berkat pencapaian tersebut, tidak sedikit teman-teman di kantor yang mulai tertarik dengan aktivitas ngeblog. Bahkan mereka bertanya-tanya, bagaimana cara membuat blog. Bagaimana cara menulis artikel yang benar dan pertanyaan-pertanyaan lainnya, walau belum tahu pasti kapan mereka akan memulainya. 😊

Sebagai satu-satunya seorang blogger di kantor, saya merasa sebagai pusat gravitasi di lingkungan kerja saya. Oleh sebab itu ada beberapa pengalaman menarik yang saya dapatkan di kantor :

1. Kesempatan Mencoba Produk SPA Baru di Hotel
Belum lama ini, hotel dimana tempat saya bekerja, meluncurkan produk SPA terbarunya, yakni produk Thalgo yang berasal dari Perancis. Setiap peluncuran produk baru, biasanya akan melibatkan beberapa blogger sebagai bentuk promosi, baik melalui blog maupun media lainnya.


Mencoba Produk SPA Baru Dari Thalgo - Blog Mas Hendra
 Kapan lagi bisa mencoba facial gratis di hotel bintang lima 


Produk Thalgo - Blog Mas Hendra
 Produk treatment dan facial dari Thalgo


Mencoba Produk SPA Baru Dari Thalgo - Blog Mas Hendra
 Complimentary men's facial seharga Rp. 900.000++


Launching Produk Thalgo di Hotel - Blog Mas Hendra
Para staff hotel dan staff Thalgo berpose pada acara peluncuran produk

Dan saya salah satu blogger sekaligus karyawan yang dapat merasakan complimentary facial dengan produk Thalgo tersebut. Bayangin saja guys, harga satu facialnya paling murah seharga Rp. 900.000 dan paling mahal Rp. 1.700.000. Lumayanlah, muka saya bisa kinclong dengan facial gratis di hotel bintang lima.

Siapa sih yang tidak mau melewatkan kesempatan ini. Yah tentu saja, saya harus menulis reviewnya di blog milik saya, namun belum terealisasi.

2. Meliput Acara Outing Karyawan Hotel
Sepertinya saya satu-satunya karyawan yang sibuk mengambil gambar dan mencatat setiap detail kegiatan outing karyawan yang diadakan setiap tahun. Masalahnya saya diberi kesempatan untuk meliput acara outing untuk dipublish di blog saya. 

Baca artikel : Jalan-Jalan ke Jungle Land, Sentul, Bogor
                 : Jalan-Jalan ke KM Zero Resort, Sentul, Bogor

3. Menerima Penawaran Kerjasama
Seperti blogger lainnya, saya menerima beberapa penawaran kerjasama dari teman kantor, semacam paid review. Ada teman yang minta dibuatkan review tentang online shop miliknya, lalu ada juga yang minta dibantu promosi perumahan di blog milik saya. Karena mereka berpendapat jika promosi melalui blog, hasilnya akan lebih maksimal.

Semua pencapaian diatas, tentu saja membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Namun, siapapun memiliki kesempatan untuk menjadi sebuah gravitasi yang dapat memberikan manfaat bagi sesama. Bahkan hanya melalui aktivitas ngeblog sekalipun. Berikut adalah rahasia sederhana agar bisa menjadi sebuah gravitasi yang bermanfaat bagi sesama :

1. Niat yang Baik
Saya percaya, jika niat awal kita baik, insha Allah, hasilnya juga akan positif, baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Lanjutkan niat ngeblog hanya jika untuk sharing sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. 

2. Tulus
Ikhlaslah untuk berbagi, walau hanya melalui blog sekalipun, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh orang banyak. Jangan terlalu mengharapkan imbalan dari orang lain, karena jika mereka tidak mampu untuk membalas kebaikan Anda, percayalah, bahwa mereka mendoakan Anda yang terbaik.

3. Jangan Pelit Ilmu
Jika Anda memiliki skill atau pengetahuan, berbagilah dengan orang lain. Begitupun dengan aktivitas ngeblog, bagikan ilmu Anda melalui sebuah artikel, jangan pelit ilmu. 

4. Terus Mencoba dan Jangan Mudah Menyerah
Jika ekspektasi maupun keinginan Anda belum tercapai, maka kunci utamanya adalah terus mencoba dan jangan mudah menyerah. Saya meyakini jika kesempatan untuk meraih kesuksesan akan selalu terbuka lebar, selama kita terus mencoba dan mencoba.

Semoga bermanfaat guys.

Posting Komentar untuk "Menjadi Gravitasi yang Bermanfaat"