Larangan Keluar Rumah Bagi Anak-Anak Saat Maghrib. Mitos Atau Fakta?

Larangan Keluar Rumah Bagi Anak-Anak Saat Maghrib - Blog Mas Hendra
Menjelang maghrib/gambar : wajibbaca.com

Anak-anak biasanya identik dengan bermain. Selain bermain di dalam rumah, anak-anak juga bermain di luar rumah, berinteraksi dengan teman-teman dan juga lingkungannya. Namun karena saking asyiknya bermain, terkadang anak-anak sampai lupa waktu, dan tidak menghiraukan jika waktu sudah hampir maghrib. Nah biasanya menjelang maghrib, para orang tua khawatir dan melarang anak-anaknya untuk keluar rumah.


Seperti yang kita sering dengar, kalau waktu maghrib tiba, ada banyak jin dan setan yang bergentayangan sewaktu bumi berganti waktu dari siang ke malam saat maghrib. 

Sebenarnya larangan keluar rumah bagi anak-anak saat maghrib tiba, mitos atau fakta sih? Apakah ada penjelasannya secara ilmiah? Mari kita simak penjelasannya.

Baca juga artikel menarik lainnya : Ketika Mitos Sudah Mendarah Daging

Kalau dilihat dari kacamata Islam, sebenarnya larangan keluar rumah bagi anak-anak ketika waktu maghrib tiba sudah diwanti-wanti sejak 14 abad yang lalu oleh Rosululloh. 

Dalam sebuah hadits,  Nabi menjelaskan, "Jangan kalian membiarkan anak-anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam, sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam" (Dari Jabir dalam Shahih Muslim).

Lalu dalam hadits lainnya, "Jika sore hari mulai gelap, tahanlah bayi-bayi kalian, sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu. Jika sesaat dari malam telah berlalu, maka lepaslah mereka, kunci pintu rumah dan sebutlah nama Allah, sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat minum kalian dan sebutlah nama Allah dan tutup tempat makan kalian dan sebutlah nama Allah, meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya".


Penjelasan Secara Ilmiah

Ternyata hadits yang disampaikan oleh Rosululloh ada penjelasannya loh. Seperti yang dijelaskan oleh Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS. dalam bukunya yang berjudul "The Science of Shalat" menjelaskan bahwa saat menjelang maghrib, alam akan berubah spektrum cahaya berwarna kemerahan. Nah cahaya ini dihasilkan dari gelombang elektromagnetik yang setiap warnanya memiliki perbedaan frekuensi, energi dan panjang gelombang.

Perubahan warna spektrum cahaya ini ternyata serasi dengan frekuensi jin dan iblis, yakni warna merah. Kekuatan mereka akan bertambah karena memiliki gelombang yang sama dengan alam dunia.

Di dalam kacamata Islam, setan akan datang secara bergerombol bersamaan dengan datangnya waktu malam, dengan tujuan mencari tempat tinggal untuk berlindung. Mereka akan mencari wadah yang kosong, rumah kosong, ikut duduk diantara orang-orang yang tengah duduk, dan bahkan mengganggu anak kecil hanya untuk mendapatkan tempat bernaung. 

Mungkin ada orang tua yang pernah melihat anaknya tiba-tiba berteriak atau menjerit saat maghrib tiba. Itu karena setan sudah merasuki tubuh si anak tadi. 

Demikian artikel tentang larangan keluar rumah bagi anak-anak saat maghrib tiba

Semoga bermanfaat.

Referensi :

www.kabarmakkah.com


18 comments

Trus bang saya kan belom punya anak
Gimana tuhbang?
Apa anak orang saya ajak ke rumah saya pas magrib?

Reply

Jangan, ntar anak orang malah sawan Bang Niki

Reply

Dari kecil aku juga dilarang keluar pas magrib, mas. Soalnya waktunya shalat. Kebawa deh samapi segede skarang dan mengajarkan hal yang sama ke anak. Hehhee

Reply

Dan dulu aku juga pernah membaca hadist tersebut, walau sebenarnya masih perlu didiskusikan lagi akan ke shohihannya.
Pada intinya mah sebenarnya anak-anak biar mempersiapkan diri untuk sholat magrhib.

Reply

Kalau bahasa orang jawa kena sawan...memang benar dan bukan mitos itu mas...saya sangat setuju dengan dalil dan penjelasan ilmiahnya

Reply

ada yang bilang mitos ada yang bilang fakta ketika anak-anak main diluar rumah ketika masuk magrib teh...tergantung dari kacamata siapa deh yang menilainya itu mah

Reply

Larangan ini bukan main main tapi kadang orang tua masih mengabaikannya padahal jika mereka tahu bahaya ganggan jin/setan pasti mereka akan melarang anak-anaknya.Saya pernah mengalami ada seorang ibu-ibu dan anaknya numpang berhenti di toko saya hanya untuk menunggu magrib usai

Reply

Kalo kata orang sunda mah pamali gan hehe
Fakta nih kalo buat anak kecil ga boleh keluar rumah malem-malem

Reply

Iya mba, secara turun temurun sampai sekarang masih berlaku, karena anjuran itu datangnya dari Nabi..

Reply

Yup, pada intinya jangan melakukan hal yang sia-sia saat maghrib tiba, sebaiknya mempersiapkan sholat berjama'ah dan mengaji, dengan begini anak-anak justru akan terhindar dari gangguan jin/setan

Reply

Iya Mas, kena sawan. yang jelas fakta yang datangnya sudah lebih dulu dari jaman Nabi

Reply

Kalo dari kacamata Mamang kumaha??

Reply

Saya juga begitu kok mas, kalo lagi jalan di luar bareng bocah pas maghrib, ya berhenti dulu sampai azan selesai berkumandang

Reply

Keluar pas maghrib tiba mas tepatnya, kalo malam sih nggak apa2, yang penting jangan keluyuran pake celana dalem doang, ntar dikira tuyul

Reply

Asem! timingnya nga pas banget baca postingan kayak gini malem2.
jadi merinding kan aku. mana di koast-an sendiri. huft,

Penjelasnnya emang masuk akal sih. hehe
jadi bukan mitos dong ya kalau maghrib itu nga boleh keluar?

Reply

Ini fakta mba Asem, eh... Mba Puti.. Trims udah berkunjung ke blog ini

Reply

Beneraan ini mas. Banyak jin jahaat yg bringas kalau pas menjelang maghrib gtu. Dulu pernah pas jaman sd ketemu sama anak kecil tetangga duduk di dpan sma terus pas aku jalan mau pulang liat dia di teras rumahnya. Padahal rumah dia sebelah rumahku. Hikss banyak yg membo" kalau kata ibukku. Aku gatau bahasa indonya.Intinya banyak hal ndak baikk gtuu. Jd mending d rumah dan siap" buat sholat maghrib. .

Reply

Bener banget mba, menjelang Maghrib memang sebaiknya bersiap-siap untuk sholat Maghrib berjamaah bagi pria, bukannya malah keluyuran tanpa tujuan.

Reply

Post a Comment