Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Migrasi Kartu XL 4G LTE


Semenjak teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) diluncurkan, saya justru masih asyik dan terlena menikmati jaringan 3G. Kebetulan di tempat tinggal saya sebelumnya di Cirendeu, sinyal XL 3G cukup bagus dan jarang banget menemukan kendala yang berarti, makanya saya belum tertarik untuk upgrade simcard XL ke 4G.😃

Tapi semenjak saya pindah ke daerah Pengasinan, Depok, sinyal XL 3G malah kurang bagus. Bahkan sewaktu internetan lewat laptop pakai handphone sebagai modemnya, sering banget sinyal berubah jadi E (Edge) bukan H+, ini artinya sinyal XL malah berjalan di 2G. Kok sinyalnya malah stuck ya!

Baca juga artikel lainnya : Pengalaman Pakai Kartu XL Bertahun-tahun

Karena sinyal yang kurang bagus ini, aktivitas browsing dan ngeblog menjadi sedikit terganggu. Alhasil saya pun berencana upgrade atau migrasi simcard XL dari 3G ke 4G, supaya internetan berjalan lebih ngebut, wuss wuss. Siapa tahu setelah ganti ke 4G, internetan bisa lebih baik lagi.

Untuk mengganti simcard XL, saya harus datang ke XL Service terdekat untuk mengganti simcard lama saya. Sebenarnya di daerah Margonda, Depok juga ada XL Service, cuma nggak tahu kenapa malah  malas kalau jalan ke Margonda, akhirnya saya lebih memilih ke PIM, walau lebih jauh, tapi tidak apa-apalah, sekali-kali cuci mata boleh dong. 

Akhirnya, hari Kamis, 2 Februari 2017 lalu, ba'da Dzuhur saya pun meluncur ke PIM bareng istri dan kedua anak saya. Waktu itu agak-agak gerimis manja gitu guys.

Sampai di parkiran, motor langsung saya buang parkir. Parkirannya penuh sama motor. Yaiyalah, kalau penuh sama monyet namanya Ragunan!! PLAK... 

Saya mengira kalau XL Service ada di gedung PIM 2, makanya saya sempat naik ke lantai 1 dan melewati jembatan penghubung antara PIM 1 dengan PIM 2. Setelah saya tanya ke security, katanya adanya di gedung PIM 1, alhasil saya balik lagi ke gedung PIM 1.

Ternyata lokasi XL Xplore adanya di pojokan di lantai 1 Pondok Indah Mall 1 tidak jauh dari restoran Bakmi GM. Dari kejauhan juga kelihatan catnya didominasi warna putih dan banyak staff cewek pada ngumpul menyambut para customer. Oalah, ternyata XL suka yang mojok-mojok toh...

Gerai XL Xplore di Pondok Indah - Blog Mas Hendra
 Pria mana yang menolak disambut sama mereka!!

Ketika sampai di lokasi, saya pun langsung mengambil nomor antrian dan disuruh menunggu sebentar. Tidak sampai 5 menit, nomor saya dipanggil. Kebetulan siang itu suasana tidak terlalu ramai, jadi tidak perlu mengantri lama.

Tidak ada persyaratan khusus untuk proses upgrade ini, hanya menunjukkan KTP dan kita disuruh mengisi nama, nomor handphone, alamat dan tanda tangan pada form yang sudah disediakan. Lalu simcard lama saya diganti dengan yang baru dari XL. 

Formulir Pengganti Kartu SIM - Blog Mas Hendra
 Formulir yang harus diisi.

Oh iya guys, kalau mau upgrade simcard ke 4G XL, kita harus ngisi pulsa sebesar Rp. 50.000. Jadi kalau upgrade 2 nomor XL, ya harus isi pulsa Rp. 100.000. Kalau upgrade 3 nomor XL, ya harus isi pulsa Rp. 150.000 dan seterusnya.

Menurut info dari CS-nya, XL Xplore di PIM ini buka setiap hari dari jam 10.00 pagi sampai jam 22.00, menyesuaikan jam operasional Mall.


Bagaimana Dengan Jaringannya, Bagus Atau Tidak?

Mungkin banyak yang penasaran, apakah jaringan 4G XL bagus atau tidak?! Semua tergantung wilayahnya, kalau wilayah tempat tinggal teman-teman sudah mencakup 4G, internetan lancar jaya kok. Tapi kalau belum mencakup 4G, sinyalnya akan tetap di 2G/3G. Pun begitu jika sinyal 4G kita lemah atau hilang, maka otomatis sinyal akan berubah ke jaringan 3G (H+).

Kebetulan di Pengasinan, Depok, sinyal 4G XL cukup bagus, yah walau cuma 1-2 batang, tapi internetan cukup lancar dan jauh lebih baik daripada sebelumnya. 

Nah itu tadi pengalaman saya mengganti simcard XL 4G. Bagaimana dengan pengalaman teman-teman, ceritain dong, hehehe!!

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Migrasi Kartu XL 4G LTE"