Review Modem Wifi Andromax M3Y


Seperti janji saya sebelumnya, saya akan sharing tentang hasil review singkat dari Modem WiFi merk Andromax tipe M3Y. Modem WiFi atau disingkat MiFi ini, merupakan perangkat WiFi portabel yang sangat simpel. Kita dapat mencolokkan MiFi ke perangkat laptop/PC, atau tanpa mencolokkannya, untuk bermain internet. Selain itu juga modem ini dapat saya bawa kemana-mana. Sangat mudah dan simpel. Baca artikel sebelumnya : Dapat Modem WiFi Andromax M3Y Dari Lomba Blog 


Setelah hadiah dikirim ke rumah, saya pun langsung membuka kemasannya yang masih tersegel oleh hologram. Kotaknya berukuran tidak terlalu besar. Setelah saya buka kotaknya, di dalamnya ada :

- Satu unit modem wifi berwarna hitam
- Satu unit baterai
- Kartu sim Smartfren
- Kabel charger warna putih tanpa kepala charger
- Dua buah buku panduan (user manual) dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
- Selembar kertas kata sambutan dari team Andromax (greeting from us)
- Kartu garansi, dan
- Selembar kertas panduan cara aktivasi dan registrasi nomor Smartfren


Oh iya guys, untuk baterai dan sim card Smartfren sudah terpasang di dalam unit modem. Kita hanya perlu melakukan aktivasi dan registrasi nomornya saja.







Cara melakukan aktivasi dan registrasi nomor Smartfren di MiFi Andromax M3Y

Untuk mengaktifkan nomornya, kita hanya tinggal mengikuti instruksinya saja lewat buku panduan. Saya pun mulai mengaktifkan jaringan WiFi lewat smartphone saya. Lalu akan muncul jaringan wifi baru di smartphone, yakni Andromax M3Y.


Langkah berikutnya saya klik jaringan WiFi tersebut. Tapi sebelum melanjutkan internetan, saya harus mengaktifkan nomor Smartfren terlebih dulu dengan cara mengisi beberapa data yang diperlukan, mulai dari mengisi :

- Kode Outlet (Contoh EJA02468) -> Untuk mendapatkan kode outlet ini, kita harus mendatangi Gerai Smartfren.
- Nomor Smartfren -> Tertulis di belakang modem.
- Kode PUK / kode Aktivasi -> Tertulis di belakang modem.
- Nomor KTP/SIM/PASSPORT -> Pilih salah satu saja.
- Masukkan tempat dan tanggal lahir.

Semua data sudah saya isi, hanya tinggal mendapatkan kode outlet yang diminta. Sampai disini, saya sempat bingung, darimana saya mendapatkan kode outlet ini. Lalu tanpa pikir panjang, saya pun menghubungi customer service Smartfren (08811223344) lewat handphone saya, untuk mendapatkan kode outlet tersebut.

Sang CS menjelaskan, untuk mendapatkan kode outlet tersebut, kita harus mendatangi Gerai Smartfren terdekat guys.

Saya pun meminta untuk dicarikan Gerai Smartfren yang paling dekat dari tempat tinggal saya, yakni di Pengasinan, Depok. Atau paling tidak di sekitar Sawangan Raya. Setelah dilakukan pencarian, kata CS-nya belum ada Gerai Smartfren di sekitar tempat tinggal saya. Disitu kadang saya merasa sedih.


Mencoba menghubungi teman di counter handphone  

Sebelum berkeliling mencari Gerai Smartfren, saya pun mencoba menghubungi lewat BBM, seorang teman yang memiliki counter handphone di ITC Fatmawati, untuk mengaktifkan dan registrasi nomor Smartfren saya.

Dia pun meminta saya untuk mengirimkan foto kartu identitas saya (KTP/SIM/Passport) dan juga kartu SIM Smartfren lewat BBM.



Tidak menunggu lama, nomor Smartfren saya pun sudah aktif. Ini artinya, saya sudah dapat menggunakan internet lewat modem wifi Andromax. Hanya saja, saya tidak mendapatkan username dan password untuk dapat login ke akun Smartfren saya. Berhubung tidak bisa mengakses akun Smartfren, saya pun tidak bisa mengecek sisa kuota internet dan lain sebagainya.


Kualitas jaringan 4G  

Modem wifi M3Y milik saya ini, sudah support jaringan 4G. Di tempat tinggal saya, terkadang kualitas jaringannya stabil dan juga sebaliknya, tidak stabil. Tapi secara keseluruhan, dapat saya katakan kualitas jaringannya terbilang cukup okay. Cukup lho ya, bukan berarti kenceng banget.

Tapi ketika saya mengaktifkan MiFi di daerah Pondok Cabe, jaringannya cukup kuat dan stabil. Internetan pun terbilang lancer dan tanpa hambatan.

Kartu SIM Smartfren ini tidak bisa digunakan di handphone, dan begitu juga sebaliknya, kartu SIM XL saya tidak bisa digunakan di Modem WiFi Andromax. Ini berarti MiFi Andromax M3Y tidak bisa di-unlock atau diganti dengan kartu sim operator lainnya.


Fitur MiFi Andromax M3Y



Mungkin kalian penasaran, apa saja sih fitur-fitur yang ada di Andromax M3Y ini? Yuk kita lihat fitur-fitur menarik dari modem Andromax M3Y ini :

- Mobile WiFi LTE cat4
- Chipset Qualcomm 9307
- Dapat dikoneksikan dengan tablet, pc, smartphone dan perangkat wifi lainnya.
- Mendukung WiFi 2,4 Ghz
- Mendukung sampai 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan
- Mendukung mobile WiFi App untuk penyetelan lebih ringkas
- Fungsi Wireless Storage, berbagi music, video dan file lainnya melalui koneksi WiFi
- MicroSD slot support up to 32GB
- Baterai 3000mAh

Kuota internet yang saya dapatkan pun cukup melimpah, yakni sebesar 19GB. Lumayan banyak guys untuk internetan dan download video.


Ada notifikasi jika kuota atau masa berlaku sudah habis 

Semenjak paket internetnya saya aktifin tanggal 24 November 2016 lalu, saya lebih sering browsing memakai laptop. Selain itu, dua handphone milik saya dan istri juga selalu terhubung ke MiFi Andromax ini. 

Dan pada tanggal 26 Desember 2016 lalu, ketika akan browsing, saya pun mendapat notifikasi jika paket internet saya sudah habis. 

Pengumuman ini lebih nyesek ketimbang pengumuman kenaikan harga cabe.  

Demikian artikel tentang review singkat modem WiFi Andromax M3Y. Semoga bermanfaat buat semuanya.

10 comments

Kira2 jaringannya nyampe g ke rumah saya?

Reply

Sejak m3y launching, banyak teman yg pakai

Reply

Ini wifinya bisa dibawa kemana-mana, ya? Apa harus nemplok di rumah kaya wifi indi*ome? Kayanya lebih enak begini ya daripada isi quota di HP karena bisa dipakai di laptop sekaligus :)

Reply

masih galau mas, mau pilih yang ini atau yang satunya, sama-sama murah dan berkualitas sih soal wifi mah...

Reply

Sampe Mas Niki, tapi rumahnya digeser aja ke dekat saya

Reply

Wah jangan kebanyakan galau atuh kang, hehehe

Reply

Bisa dibawa kemana-mana, kan bentuknya kecil dan ringan...

Masih bagus isi MIFI, bisa untuk banyak koneksi

Reply

Apakah saya salah satu teman yang dimaksud???

Reply

Pengin juga nih pakai wifi andromax soalnya masih pakai modem 3G tapi sayang yah registrasinya ribet banget pakai KTP segala

Reply

Kalau datang langsung sih tidak ribet mas, biar petugasnya saja yang daftarin

Reply

Post a Comment