Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lezat

Donat merupakan camilan ringan yang mudah kita jumpai. Mulai dari donat yang dijual di restoran sampai yang dijual di pinggir jalan seharga seribu rupiah saja. Camilan donat setidaknya dapat mengenyangkan perut dalam jangka waktu yang tidak lama, karena terbuat dari bahan terigu dan kentang yang banyak mengandung karbohidrat, di mana sifat karbohidrat ini dapat mengenyangkan.


Melalui artikel ini, saya mau berbagi resep cara membuat donat kentang yang diajarkan oleh ibu saya. Anda dapat menyesuaikan banyaknya jumlah donat yang akan diolah, apakah mau dijual kembali atau hanya untuk dikonsumsi sendiri.

Berhubung donat yang saya olah hanya untuk dikonsumsi sendiri, maka resep kali ini, saya akan membuat donat dengan menggunakan terigu sebanyak ½ kilogram saja. Untuk lebih jelasnya kita lihat caranya di bawah ini.

Bahan-bahan Untuk Membuat Donat Kentang - Blog Mas Hendra

Bahan-bahan untuk mengolah donat dapat dengan mudah dibeli di toko-toko kelontong di sekitar rumah. Dan berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan :
  • Tepung terigu ½ kilogram (untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya pilih tepung terigu dengan kualitas yang bagus, minimal bermerk)
  • Kentang 2 butir
  • Pengembang 1/2 sachet (saya memakai pengembang merk Fermipan yang berukuran 11 gram/sachet)
  • Telur 2 butir
  • Gula secukupnya
  • Susu bubuk (merk apa saja) 1 sachet
  • Margarin 110 gram, bisa merk apa saja (untuk mendapatkan hasil yang terbaik, margarin bisa diganti dengan menggunakan mentega semisal merk Lurpak, Elle atau lainnya)


Langkah-langkah untuk mengolah donat kentang :

1. Rebus kentang sampai matang. Sambil menunggu kentang matang, Anda dapat mengolah pengembangnya.

2. Masukkan pengembang ke dalam air hangat kuku berukuran ¾ gelas. Biarkan selama sekitar 30 menit hingga mengembang. Usahakan airnya hangat-hangat kuku, jika terlalu panas, maka tidak akan dapat mengembang.

Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lezat
TAHAP 1 : Pengembang baru dicampurkan dengan air hangat kuku.

Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lezat
TAHAP 2 : Pengembang sudah berubah setelah direndam selama 30 menit.

3. Setelah kentang matang, tumbuk kentang hingga halus. Lalu campurkan dengan terigu, telur, margarin, gula, pengembang dan susu bubuk. Aduk hingga mekar dan merata (kurang lebih selama 30 menit).

Kentang Ditumbuk Sampai Halus - Blog Mas Hendra
Haluskan kentang yang sudah matang.

Adonan Donat yang Sudah Diaduk - Blog Mas Hendra
Adonan yang sudah diaduk. 

4. Jika adonan sudah mekar, bentuklah adonan donat menjadi berbentuk bulat. Lalu letakkan adonan donat yang sudah dibentuk bulat tadi di sebuah wadah, bisa wadah plastik atau apa saja. Lalu lubangi adonan yang bulat tadi dan diamkan sejenak hingga mekar.

Resep Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Lezat
Donat saja ada pasangannya, masa kamu enggak??

*Adonan donat yang sudah dilubangi, jangan didiamkan terlalu lama, karena adaonan akan menempel dan sulit untuk diangkat. Sebaiknya gunakan terigu untuk mengangkat adonan donat agar tidak menempel.😍

5. Lalu masukkan donat ke dalam minyak yang panas, setelah donat dimasukkan ke dalam wajan, kecilkan api dan goreng donat hingga matang.

*Panaskan minyak dalam jumlah yang banyak hingga panas. Setelah donat di dalam wajan, langsung kecilkan apinya, agar donat tidak gosong kecoklatan.😍

6. Setelah donat matang, angkat dan tiriskan minyaknya.

7. Donat pun sudah siap dihidangkan.

Donat Siap Dihidangkan dan Dimakan - Blog Mas Hendra
Tuh hasilnya juga makjleb banget, rasanya maknyoos banget dan biayanya juga murah. 

Makan donat selagi hangat. Anda dapat menambahkan topping berupa coklat meses, keju atau gula bubuk diatasnya sebagai penambah rasa donat. Hidangkan dengan teh atau kopi hangat dan rasakan maknyooosnya.

Baca artikel lainnya : Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Tubuh

Demikian artikel mengenai resep cara membuat donat kentang empuk dan lezat ala saya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Selamat mencoba.



4 comments

Saya suka bikin donat mas cuma sering gagal kadnag menah ditengahnya mungkin nggak pake kentang

ini buat sendiri kak? pinter bikin kue ya ..

Bisa jadi mas, coba ikuti tips dan caranya diatas

Ibu saya yang bikin mas, saya hanya meneruskan saja di artikel ini


EmoticonEmoticon