Cara Mudah Menghindari Demonstrasi

Demo di Bundaran HI - Blog Mas Hendra

Cara Mudah Menghindari Demonstrasi - Daerah rawan demonstrasi di Jakarta, seperti Gedung DPR, Istana Negara maupun Bundaran HI, Thamrin, sepertinya masih menjadi lokasi favorit bagi para pendemo dalam menyalurkan aspirasinya. Tentu saja, dengan adanya aktivitas demonstrasi semacam ini, memberikan dampak yang luas bagi masyarakat yang memiliki kepentingan di sekitar daerah rawan demonstrasi tersebut. Dampak yang paling signifikan dirasakan adalah rugi waktu dan juga materi.  


Seperti yang saya alami. Semenjak pekerjaan saya pindah ke daerah Bundaran HI, saya lebih memilih melewati jalur protokol, seperti jalan Jendral Sudirman-Thamrin. Akses melalui jalur ini dinilai paling cepat, karena jarang ditemui kemacetan yang berarti.

Namun keadaan berubah 180 derajat ketika terjadi aktivitas demonstrasi, salah satunya di daerah Bundaran HI. Mau tidak mau, para petugas terkait melakukan pengalihan arus lalu lintas guna menghindari kemacetan yang parah.


Imbasnya tentu saja, saya dan pengguna jalan lainnya harus memutar mencari jalan lain, salah satu jalur alternatif menuju daerah Thamrin dan sekitarnya adalah melalui jalan Pejompongan – Tanah Abang. Sudah dapat ditebak, di jalur alternatif tersebut akan terjadi penumpukan kendaraan.

Bagi Anda yang tidak memiliki kepentingan di luar rumah, sebaiknya duduk manis di rumah masing-masing sambil melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti ngeblog. 

Namun jika keadaan yang mengharuskan Anda untuk tetap melakukan aktivitas di luar rumah, berikut adalah cara mudah menghindari demonstrasi agar Anda tidak terjebak kemacetan akibat demo tersebut, yang mana justru akan merugikan Anda sendiri :


Cari Informasi 

Anda dapat mencari berita-berita terkini, baik melalui sosial media, grup chatting, teman maupun televisi. Pantau terus perkembangan berita terbaru, terutama mengenai aktivitas demonstrasi. Dengan cara seperti ini, minimal Anda dapat mengetahui apakah akan ada demonstrasi atau tidak.


Berangkat Lebih Awal

Jika memang Anda sudah mengetahui akan adanya aktivitas demonstrasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya berangkat lebih awal, agar Anda tidak terlambat sampai tujuan dan juga terhindar dari kerumunan massa. Baca juga artikel : Tips Supaya Nggak Terlambat Bekerja atau Sekolah  


Cari Jalur Alternatif

Selain jalan utama yang biasa Anda lalui, sebaiknya Anda juga (minimal) mengetahui jalan alternatif lainnya jika terjadi sesuatu selama di dalam perjalanan, salah satunya adalah adanya aktivitas demonstrasi. Dengan mengetahui jalur alternatif, diharapkan Anda akan terhindar dari kerumunan massa demonstran serta tidak terlambat sampai di tujuan.


Menginap di Rumah Teman atau Saudara

Tips yang satu ini, mau dicoba atau tidak juga tidak apa-apa, namanya juga saran dari Admin. Hubungi teman atau saudara yang dekat dengan lokasi di mana akan terjadi aktivitas demonstrasi, untuk sekedar menumpang menginap. 

Jadi Anda tidak perlu bersusah payah berangkat dari rumah ke tempat tujuan, agar tidak terjebak kemacetan maupun aktivitas demonstrasi tersebut. Anda cukup berangkat dari rumah teman atau saudara, untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan Anda. Cara ini juga dinilai dapat menghemat tenaga, biaya dan juga waktu. Tapi ingat, kalau mau mampir, jangan lupa bawakan oleh-oleh.

Semoga tips cara mudah menghindari demonstrasi di atas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

25 comments

Untung perumahan saya didaerah pedalaman jauh dari Ibu kota jadi nggak pernah ketemu yang namanya demo besaran dan malah kalau ada mau saya liput sekalian he he he

sepertinya yang sangat efektip menurut saya no.5
karena dengan kita menginap dirumah temen/sodara yang dekat dengan tujuan akan membuat hemat waktu tentunya dan membuat kita akan tepat waktu terhadap tujuan :)

Belakangan ini kayaknya hebooh dengan demo ya mas :D

Carik jalur alternatif emang harus banget ya, Bang. Contohnya kek di Jakarta kemaren, banyak yg bingung kan mesti lewat jalan mana :(

Kalo g punya tv, ga ada hape, gada laptop, gada komputer gimana tuh bang?
Kalo jalan alternatifnya juga gada gimana tuh?
Kalo ga punya temen sama sodara gimana tuh?

Kalau ditempat saya sih masih jarang ada demonstrasi mas
maklum daerah pelosok, paling juga anak sekolah tawuran aja :)

Bermanfaat nih mas, mencari informasi terlebih dahulu memang penting :) Apalagi mencari jalan alternatife :) Intinya mah jangan panik, selalu ada jalan keluarnya..hehe

Kalau mau nginap di rumah mas Hendra berarti harus bawa oleh-oleh ya mas.. hehe

terimakasih tipsnya Mas :)
alhamdulillah di daerahku belum ada demo-demo besar seperti di kota-kota besar

Tips ini sangat penting untuk sobat2 yang lokasi rumah atau tempat kerjanya deket area yang sering dijadikan tempat demo, untungya saya mah lokasinya jauh dari tempat demo mas... jadi Alhamdulillah aman-aman saja...

Beruntung mas Dwi. Iya tuh mas, demo juga bisa dijadikan bahan buat nulis artikel berita

Nomor 4 sih mas.. Iya, sangat membantu banget, jadi nggak perlu repot-repot berangkat dari rumah kita lagi

Bukan cuma di Jakarta aja sih, di tempat yang lainnya juga sama,

Wah itu lebih parah anak sekolahan tawuran

Perlu bawa mas, dikit aja, paling martabak, pizza, burger 🍔, es krim, seafood, jus alpukat, cilok, jajanan pasar sama SOP buntut. Dah, itu aja sih

Beruntung teh, jadi nggak kena imbasnya demonstrasi

Wah enak dong yah, nggak perlu was-was demonstrasi

berarti keberadaan demonstran justru menderitakan mang admin ya....makanya mang daripada ribet menghindari demonstran, mendingan jadi demonstran ajah, penghasilannya lebih gede dari pada jadi blogger tauuu

Wah tiap hari gak ada bosen2nya liat postingannya bang hendra...
Ada aja idenya buat nulis artikel... Uptodate dan pastinya banyak manfaat yang bisa saya ambil dari artikelnya...
keren terus semangat mas!....

Bisa aja mas. Makasih atensinya... Makasih udah berkunjung ke blog ini

Nice artikel mas :-)
Wah dari demo bisa berdampak besar ya,


Untung nya di tempat ak nga kayak di jakarta,demonya ada tapi masih dampak kecil, tak menggangu Aktivitas sih, karna kota kecil kali ya,,

Makasih sudah berkunjung ke blog ini. Berarti Anda beruntung, nggak pernah ngeliat demonstrasi secara langsung

nah betul itu mas..
nginep di rumah teman paling pas,, oleh2nya jangan lupa ya..
hehehehe..


EmoticonEmoticon