Acer Switch Alpha 12! Notebook Canggih Untuk Menunjang Aktivitas dan Hobimu


Atasan saya pernah bilang begini, “Kita hidup itu harus punya hobi, supaya tidak cepat tua alias awet muda”. Filosofinya mungkin kurang lebih seperti ini : ketika kita punya sebuah hobi, tentu kita akan merasa senang hati ketika kita melakukan hobi tersebut. Kalau kita sering merasa senang atau fun, maka kemungkinan besar kita juga akan jarang merasakan yang namanya stress. Dan seseorang yang mempunyai hobi itu, biasanya hidupnya cenderung lebih berwarna, ceria dan terhindar dari stress.


Pendapat yang diutarakan atasan saya ada benarnya juga, semenjak saya tertarik ke dunia blogging (tahun 2013) dan video editing (tahun 2012), saya memiliki aktivitas positif di dalam kehidupan saya yang secara tidak langsung, dapat mengurangi stress, terutama dari rutinitas pekerjaan di kantor.

Berbicara masalah rutinitas kantor, saya adalah seorang karyawan pada salah satu hotel (Jaringan Hotel Starwood) di Jakarta. Di tempat kami bekerja, setiap karyawannya diwajibkan untuk menyelesaikan training online yang mana materinya banyak banget. Namanya juga training online, ya ngerjainnya harus lewat internet. 

Training online ini bertujuan untuk meningkatkan sekaligus melatih kemampuan setiap karyawan. Dan setiap karyawan dituntut untuk dapat mengaplikasikannya pada job desk-nya sehari-hari sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Selain training online, saya juga diberi kepercayaan untuk membuat laporan income bulanan untuk departemen saya saja. 
Berfoto dulu mumpung tidak terlalu sibuk. Bayangin saja, line telepon ada dua, belum lagi ada tamu-tamu yang datang, pastinya repot dan ribet.

Ketika aktivitas hotel lagi sepi, saya menyempatkan untuk mengerjakan training online dan membuat laporan bulanan, tapi kalau tingkat hunian hotel lagi ramai, boro-boro mau ngerjain semuanya, yang ada saya malah keteteran ngurusin kerjaan utama sebagai reception. Alhasil, saya pun harus melanjutkan training online dan membuat laporan bulanan di rumah.  

Berhubung training online ada masa berlakunya, maka lewat dari tanggal yang sudah ditentukan, akan mempengaruhi pada penilaian performance karyawannya. Dampaknya tentu saja akan berpengaruh pada proses jenjang karir.

Beruntung, saya memiliki laptop Acer yang sudah setia menemani saya dari tahun 2012 silam. Melalui laptop Acer ini juga, saya melakukan banyak banget aktivitas, mulai dari ngeblog, ngedit video atau foto, burning CD sampai urusan pekerjaan, semuanya saya kerjakan melalui laptop lawas saya. Baca juga artikel : Pengalaman 3 Tahun Memakai Laptop Acer
Laptop sebagai media penunjang aktivitas yang saya lakukan, mulai dari hobi dan tugas kantor.

ketika libur di rumah, saya memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, mulai dari menulis artikel di blog, ngedit video hingga mengerjakan tugas dari kantor. 

Selain sebagai karyawan, saya juga memiliki 3 buah blog yang harus saya urus. Repot banget memang, tapi meski begitu, saya sangat senang melakukannya, selain karena memang hobi, ngeblog juga bisa mendatangkan penghasilan sampingan loh, salah satunya ya dengan mengikuti lomba-lomba blog, seperti yang diadakan oleh Acer kali ini.

Tidak hanya itu saja, saya juga memanfaatkan waktu libur saya untuk mengedit video. Selain untuk koleksi pribadi, biasanya video hasil editan, saya gunakan sebagai dokumentasi tambahan untuk keperluan menulis artikel di blog.
Selain ngeblog, inilah hobi saya yang lainnya, mengedit video!

Saya terbiasa memulai aktivitas melalui laptop saat pagi hari. Kenapa harus pagi hari?? Selain pikiran masih fresh, pagi hari juga adalah waktu bagi anak saya, Nabil bersekolah. Jadi saya dapat berkonsentrasi penuh untuk menyelesaikan beragam aktivitas saya. 

Sambil ditemani secangkir kopi dan camilan, saya memulai mengerjakan tugas-tugas yang sudah menanti di laptop. Saya memulai dengan aktivitas yang penting dulu, mulai dari tugas kantor, setelah rampung, baru dilanjutkan dengan blogging dan video editing.
Aktivitas ngeblog tambah semangat dengan kopi + pisang goreng.

Pernah suatu hari, secara kebetulan saya dan Nabil liburnya berbarengan di hari Minggu. Otomatis laptop langsung dikuasai sama Nabil dari pagi hari sambil nonton kartun. 

Secara kebetulan, pagi itu ada temannya yang bernama Iman memanggil-manggil Nabil untuk main di luar. Hari Minggu memang selalu dimanfaatkan anak-anak untuk bermain di sekitar rumah.

Wah, kesempatan emas nih, kalau Nabil main keluar, berarti laptop bisa saya pakai”, pikir saya ketika itu.

Akhirnya, Nabil keluar untuk bermain bareng teman-temannya, “Pah aku main dulu ya, laptopnya jangan dimatiin, nanti main lagi”. Setelah keluar, saya pun berniat untuk ngeblog di laptop. Tapi tidak berapa, Nabil balik lagi ke rumah.

Pah, Iman mau main game bareng di laptop ya?!”. Nabil balik lagi sambil membawa temannya. ALAMAK… Baru mau buka laptop, eh akhirnya saya gagal ngeblog. Kalau sudah begini, biasanya saya hanya menulis draft artikel melalui smartphone.
Nabil dan Iman yang lagi asyik bermain game di laptop Acer. Kalau sudah begini, sulit diganggu gugat.

Terus ngeblognya kenapa tidak malam hari saja?

Malam hari adalah waktu bagi saya untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga sambil nonton TV. It’s family time.

Masa sih tidak ada waktu buat keluarga, meskipun kita seorang yang super sibuk dan juga multitasker, jangan lupa untuk luangkan waktu khusus bersama dengan keluarga tercinta walau sejenak, agar tercipta komunikasi yang baik dan kehangatan di dalamnya.

Kalau memang ada rezeki lebih, Insha Allah, saya mau membeli laptop merk Acer lagi yang lebih ringan dan praktis, performance-nya lebih mantap dan yang pasti memorinya lebih besar untuk menyimpan koleksi video milik saya.

Ada satu notebook Acer yang membuat saya kepincut, yakni Acer Switch Alpha 12. 

Alasan saya tertarik sama notebook besutan Acer ini, selain memiliki segudang fitur canggih, notebook ini juga memiliki design yang tipis dan ringan, jadi cocok banget buat saya untuk menunjang segala aktivitas indoor maupun outdoor, mulai dari menulis artikel, mengambil gambar, mengedit video dan foto, browsing hingga mengerjakan tugas kantor. Pokoknya harus bisa semuanya, seperti laptop lawas milik saya. 



Sebagai leader notebook 2 in 1 di tanah air, Acer tidak pernah berhenti berinovasi untuk menghadirkan produk-produk terbaiknya. Mulai dari segi design, sampai performa notebook secara keseluruhan, selalu mendapat perhatian serius oleh Acer. Tidak heran sih, nama besar Acer menjadi salah satu merk laptop yang paling laris manis di pasaran.


Acer Switch Alpha 12  ini hadir dengan fitur terbaik dan teknologi canggih yang akan membantu memudahkan beragam aktivitas yang kamu lakukan di depan notebook. Seperti apa fitur-fiturnya, mari kita simak ulasannya berikut ini :


1. Sistem Pendingin Tanpa Kipas

Switch Alpha 12 ini cocok banget untuk menemani aktivitas yang saya lakukan, mulai dari ngeblog sampai mengedit video seharian, tanpa merasa khawatir akan overheating maupun menimbulkan suara berisik lagi. 

Saya juga tidak perlu khawatir lagi untuk beraktivitas dengan notebook Switch Alpha 12 ini disamping dede Naufal (adik Nabil) yang sedang tidur nyenyak, karena notebook canggih ini tidak menimbulkan suara berisik sama sekali. 

Seperti yang kita ketahui, biasanya pada perangkat notebook dilengkapi dengan kipas konvensional yang berfungsi untuk mendinginkan suhu perangkat notebook. Sistem pendingin pada notebook sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penurunan performa akibat overheating. Tidak itu saja, terkadang kipas tersebut mengeluarkan suara yang cukup mengganggu aktivitas ketika mengutak-ngatik notebook.

Tetapi tidak dengan notebook Switch Alpha 12 yang sudah mengusung teknologi Acer LiquidLoopTM, menjadikan suhu perangkat pada notebook tidak akan mengalami overheating, karena pipa berisikan cairan pendingin di dalamnya akan membuat stabil suhu prosesor Intel Core i Series secara optimal. Seperti diketahui, sistem pendingin tanpa kipas atau fanless, hanya digunakan untuk perangkat dengan prosesor Intel Core M.

Berikut adalah beberapa kelebihan notebook Switch Alpha 12 yang sudah mengusung teknologi sistem pendingin tanpa kipas :

  • Tidak menimbulkan suara berisik ketika notebook bekerja.
  • Dapat membuat notebook kamu menjadi bebas dari debu. Notebook yang masih memakai kipas sebagai pendingin, justru dapat mendatangkan debu yang berpotensi membuat suhu menjadi overheat yang pada akhirnya dapat merusak motherboard.
  • Terasa nyaman ketika memangku notebook atau meletakannya di atas kasur, karena notebook hybrid tidak dilengkapi dengan lubang ventilasi.
  • Dapat menghemat daya baterai. 


2. Desain Ramping dan Fleksibel


Desain notebook Switch Alpha 12 sangat membantu memudahkan saya untuk bebas berekspresi sesuai kebutuhan. Ketika posisi relaks seperti berbaring, saya dapat merubahnya menjadi layaknya sebuah tablet layar sentuh, jadi saya masih dapat dengan leluasa menulis artikel maupun mengedit video dalam posisi malas-malasan (berbaring). Atau ketika posisi duduk, saya dapat merubahnya kembali menjadi sebuah notebook dengan cepat dan aman. Itulah salah satu kelebihan notebook Acer 2 in 1 ini.

Tidak itu saja, Switch Alpha 12 juga sudah dilengkapi dengan keyboard docking yang juga berfungsi sebagai screen protection. Hebatnya lagi, desain screen protecting yang super tipis ini sudah dilengkapi dengan lampu backlit, sehingga memungkinkan saya untuk tetap dapat mengetik meski berada di dalam ruangan dengan pencahayaan redup. 

Acer juga melengkapinya dengan kickstand yang bisa diatur sudutnya hingga 165 derajat untuk memberikan sudut pandang yang diinginkan. Dengan begini, saya lebih leluasa untuk mengetik, menggambar hingga mengedit video/foto lebih nyaman.


3. BlueLight Shield

Layar Acer Switch Alpha 12 memiliki luas 12 inchi dengan resolusi QHD (2160 x 1440 pixel) dan sudah dilengkapi teknologi IPS (In Plane Switching). Teknologi IPS dinilai lebih baik dan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama daripada teknologi TFT. Itulah sebabnya mengapa layarnya mampu menghadirkan gambar yang lebih tajam dan jernih. 

Tidak hanya itu saja, Acer Switch Alpha 12 juga sudah mengusung teknologi BlueLight Shield, yakni sebuah fitur yang dapat meminimalisir emisi cahaya biru pada monitor, agar pengguna tidak mudah cepat lelah ketika berlama-lama di depan monitor.


4. Port USB Type-C Dengan USB 3.1 gen 1

Fitur canggih ini memungkinkan kamu untuk bisa melakukan transfer data hingga 5 Gbps atau 10 kali lipat lebih kencang dibanding USB 2.0. Hebatnya lagi, port USB Type-C dapat difungsikan sebagai output video dan sumber daya yang dapat mengalirkan hingga 4.5W untuk gadget kamu.





5. Stylus Pen 

Untuk membantu mempermudah kreativitas kamu pada layar, Acer sudah melengkapi Switch Alpha 12 dengan sebuah pena digital Active Pen. Selain untuk mencoret-coret layar, kamu akan memperoleh pengalaman menulis digital yang jauh lebih rapih dan mudah, karena stylus dilengkapi dengan sensitivitas hingga 256 tingkat tekanan. Pena ini juga membantu memudahkan kamu ketika menggunakan fitur Windows Inks, mulai dari mengatur ketipisan dan ketebalan garis hingga membuat sketsa digital lebih presisi ketika layar menjadi kanvasnya.
Pen Digital For Your Activities and Hobies
Stylus Pen yang dapat mendukung segala aktivitas dan hobimu.

Berikut adalah spesifikasi lengkap Acer Switch Alpha 12 :

  • 12″ QHD IPS (2160 x 1440) Multi Touch
  • Windows 10 Home 64-bit
  • Intel Core i5-6200U processor (3 MB L3 cache, up to 2.8 GHz)
  • Intel Core i7-6500U processor (4 MB L3 cache, up to 3.1 GHz)
  • Intel HD Graphics 520
  • RAM 4GB DDR3
  • RAM 8GB DDR3
  • 256GB SSD
  • 512GB SSD
  • Front Camera: 2MP
  • Rear Camera: 5MP
  • Wifi 802.11a/b/g/n/ac
  • Bluetooth 4.0
  • Micro SD card reader
  • USB 3.0
  • USB 3.1 Type C
  • Two built-in stereo speakers
  • Built-in Digital Microphone
  • Battery 4.870 mAh (up to 8 hours)
  • Dimension: 292.1 x 201.4 x 15.85 mm (pad and dock)
  • Weight: 1.25 kg (with Dock)
Harga notebook Acer Switch Alpha 12 :
  • Core i5 : Rp. 13.799.000.
  • Core i7 : Rp. 19.999.000.

KESIMPULAN 

Dengan fitur dan teknologi canggih serta kemampuan yang multifungsi, tentu notebook Acer Switch Alpha 12 sangat cocok buat kamu yang memiliki segudang aktivitas, mulai dari menjalani hobi kamu, hingga mengerjakan tugas-tugas, baik dari kantor maupun dari kampus. 

Sebagai seorang yang multitasker, tentu saja kamu membutuhkan sebuah notebook yang handal, kuat, canggih, cepat dan pastinya switchable. Maka notebook Acer Switch Alpha 12 ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

Semoga bermanfaat.

Referensi 

artikel :
- pengalaman pribadi
- www.acerid.com

foto :
- dokumentasi pribadi
- www.acerid.com

video (hasil editing) :
- www.acerid.com


Share This Article


16 comments:

  1. Wah ternyata mas hendra bekerja di industri perhotelan to baru tau
    Yg core i7 harganya bombastis banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ah masa sih... Perasaan udah tau dari dulu deh..

      Delete
  2. Keren.. tapi harganya bikin dag dig dug seerr hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kang, saya nulis harganya aja sampe gemeteran. Tapi yang jelas ada harga ada kualitas. Kualitasnya sudah pasti bagus lah kang.

      Delete
  3. saya penggemar acer, seneng banget kalo punya notebook

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mas, kualitasnya bagus dan kuat loh...

      Delete
  4. Keren mas.. Aku salut sm aktftas yg sibuk n mash bs nyempetn ngeblog..
    Apalagi baca klw mlm sudh jd waktunya sama kluarga..
    Suatu saat nanti klw punya kluarga bs seperti itu juga ya mas.. Kalau malam memg waktunya istirahat n brkmpul sm kkuarga 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapanpun kalo ada kesempatan kenapa nggak mas...

      Aaamiiin, semoga mas Andi ya.

      Delete
  5. Cieehhh pak Hendra ganteng banget deh kalo pake dasi, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Wes cocok banget itu sebetulnya laptop Acer Switch Alpha 12 itu dengan hobi mas Hendra,,hehe
    semoga menang mas ya :D

    ReplyDelete
  7. wiiih... bayangin Has Hendra ngeblog pake dasi sambil mamam pisang goreng hehe.

    Acer Siwtch Alpha dipake edit video kayaknya mantep tuh, Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di rumah mah kagak pake dasi...

      Mantap pastinya, speknya sudah lebih bagus dari laptop sebelumnya. Trims sudah berkunjung ya

      Delete
  8. Wah kekinian banget deh pekerjaanya, kalo aku mah cuma ngumpet didalam kamar gak ada orang yang tau, dipanggil panggil diem aja, eh tanua lagi musikan pake aerphone ^^.

    Btw notebboknya bisa dipotong potong gitu, bisa dijadiin tablet pula, keren pengen punya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngumpet di dalam kamar, tapi yang penting menghasilkan ya mas...

      Notebook nya emang keren, naksir banget. Mas Amir mau beliin buat saya???

      Delete