Transaksi Digital Menjadi Lebih Mudah Dengan Kioson

Logo Kioson - Blog Mas Hendra

Apa kabar sobat blogger semuanya? Kali ini saya akan sharing kabar gembira khusus buat kamu yang lagi bingung dan galau dalam mencari peluang bisnis yang tepat dan menguntungkan dengan modal yang terjangkau. Karena pada dasarnya berbisnis tidaklah mudah. Selain itu kamu juga harus memiliki perhitungan yang matang, agar bisnis yang akan kamu jalani tidak berhenti di tengah jalan, alias bangkrut. Daripada galau berkepanjangan, yuk kita cari solusinya di sini. 


Di era yang serba digital ini, siapa sangka sebuah gadget mampu mendatangkan penghasilan yang cukup menjanjikan. Siapa pun memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang pebisnis. Bahkan dengan modal yang bisa dibilang tidak terlalu besar, seseorang sudah dapat menjalankan bisnis online-nya hanya melalui sebuah aplikasi pada gadget-nya.

Di aplikasi digital ini, kamu bebas bertransaksi dan berjualan. Aplikasi ini cocok banget bagi kamu yang mau jalanin bisnis/usaha maupun transaksi untuk keperluan sendiri. Daripada penasaran, langsung saja kita simak tentang aplikasi yang mampu mewujudkan mimpi kamu menjadi seorang pebisnis.

SEKILAS TENTANG KIOSON

Kioson adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia. PT. Kioson Komersial Indonesia (Kioson) didirikan pada Mei 2015 oleh para ahli di bidang Merchandising, E-Commerce, Telekomunikasi dan Industri Keuangan.

Kioson, dengan tagline-nya “SEMUA BISA ONLINE”, sangat mendukung pergerakan Ekonomi Digital di area pedesaan yang masih merasakan kesenjangan Digital. Dengan hadirnya Kioson, toko kelontong serta kios-kios kecil akan berubah menjadi E-tailer, yaitu toko yang dapat melakukan transaksi digital.

Ke depannya nanti diharapkan semua masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dalam pengembangan Ekonomi Digital. Hmmm, sangat menarik bukan?

Saat ini (data bulan Mei 2016), Kioson sudah memiliki lebih dari :

  • 4.000 toko yang sudah bergabung menjadi E-tailer
  • 400.000 jumlah aktif konsumen
  • 500 supplier yang sudah menjadi mitra bisnis Kioson

CARA BERGABUNG MENJADI MITRA KIOSON

Untuk dapat berjualan dan bertransaksi di Kioson, langkah pertama tentu saja kamu harus meng-install aplikasi Kioson. Pada awalnya saya sempat kepikiran, bagaimana jika seseorang belum memiliki gadget Android, sementara untuk bergabung di Kioson haruslah memiliki gadget berplatform Android.

Namun jangan khawatir guys, ternyata Kioson sudah lebih dulu mengantisipasi dengan memberikan kemudahan buat kamu yang belum memiliki gadget Android untuk memilih Paket Gold.
Info Paket Kioson - Blog Mas Hendra
Ada dua pilihan Paket untuk bergabung sebagai mitra Kioson.

Adapun pada Paket Gold, kamu cukup membayar sebesar Rp. 900.000. Biaya tersebut sudah termasuk Tablet Android, Saldo sebesar Rp. 100.000, buku panduan serta Banner Toko. Cukup worth it lah, mengingat benefit yang akan didapatkan jauh lebih besar.
Transaksi Digital Menjadi Lebih Mudah Dengan Kioson - Blog Mas Hendra


Sementara buat kamu yang sudah memiliki gadget Android, dapat memilih Paket Kioson GO. Ukuran file aplikasi Kioson terbilang cukup kecil kok, hanya sekitar 35MB, jadi tidak akan banyak memakan memori gadget. 


Adapun langkah-langkah untuk proses install sampai pada proses join, akan saya jabarkan sebagai berikut :

1. Download Aplikasi Kioson di Google Playstore.


2. Setelah ter-install di gadget, buka aplikasi Kioson. Nanti akan muncul panduan singkat tentang cara penggunaan aplikasi Kioson. 
Panduan Singkat Aplikasi Kioson - Blog Mas Hendra

3. Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran melalui aplikasi Kioson. Harap mengisi data diri pribadi dengan data yang akurat. Jika sudah terisi semua, klik Kirimkan.
Mengisi Formulir Pendaftaran di Kioson - Blog Mas Hendra
Tanda bintang berwarna merah, harus diisi.


4. Jika sudah selesai mendaftar, dalam 1x24 jam, kamu akan dapetin ID Kioson Cash Point (KCP) lewat notifikasi SMS dan Email. Sebenarnya sih tidak perlu menunggu terlalu lama, bahkan dalam hitungan 2 menit saja, ID dan Password saya sudah dikirim loh.
Notifikasi Sukses Dari Kioson - Blog Mas Hendra
Ada notifikasi masuk dari Kioson. Hanya tinggal menunggu ID dan Password saja.

Segera ubah password

5. Setelah memperoleh ID KCP dan Password dari Kioson, saya pun langsung mengubah password yang sudah diberikan oleh Kioson. Alasannya sih supaya mudah diingat. Caranya adalah sebagai berikut :
- Buka kembali aplikasi Kioson dari gadget kamu.
- Pilih Lupa Password/Membuat Password. Lalu masukkan ID KCP milik kamu.
Mengubah Password - Blog Mas Hendra


- Nanti akan ada permintaan kode OTP (6 digit) yang akan dikirimkan melalui SMS dalam hitungan menit.



- Setelah kode OTP-nya sudah dikirim (kode ini akan hangus dalam 30 menit bila tidak langsung diaktifkan), lalu masukkan kodenya di kolom yang sudah disediakan.


- Lalu masukkan password yang kamu inginkan (minimal 6 karakter dengan kombinasi huruf dan angka).

- Konfirmasi password lagi.

- Lalu klik Kirimkan



Proses pendaftaran sudah selesai. 





CARA TOP-UP di KIOSON 

Untuk memulai bertransaksi dan menjalankan bisnis di Kioson, tentu saja kamu harus mengisi saldo deposit atau top up. Oh iya guys, top up sebaiknya dilakukan kurang dari dua minggu setelah pendaftaran, karena kalau lewat dari dua minggu, ID Kioson kamu akan terhapus secara otomatis

Ada dua cara yang dapat kamu pilih untuk mengisi saldo :

1. Top Up Lewat ATM
Saya memilih mengisi saldo melalui transfer ATM. Pagi-pagi setelah mengantarkan anak saya sekolah, saya menyempatkan ke ATM BNI untuk melakukan transfer. Caranya juga cukup mudah kok. 

- Pilih menu TRANSFER, lalu pilih TRANSFER ANTAR BANK ONLINE.

- Pilih Bank Sinarmas sebagai bank tujuan transfer. Daftar kode Bank Sinarmas adalah 153. Lalu masukkan nomor rekening tujuan dengan format sebagai berikut :

8383+No. Ponsel terdaftar di Kioson. CONTOH : 838308788780****
Layar Monitor ATM - Blog Mas Hendra
Mudahnya Top-up melalui ATM.


Setelah proses transfer selesai, kurang dari 5 menit saya pun langsung mendapat notifikasi melalui SMS tentang permintaan kenaikan saldo. Saldo saya pun bertambah menjadi Rp. 75.000, termasuk saldo awal bonus Rp. 5.000.
Saldo Bertambah - Blog Mas Hendra
Total jumlah saldo saya bertambah kurang dari 5 menit.

2. Top Up Lewat Rekening Kioson
Selain top up lewat ATM, kamu juga bisa top up langsung di mobile banking atau internet banking melalui menu Transfer dengan minimum top up sebesar Rp. 10.000 saja. Jangan lupa ya, setelah transfer, konfirmasi langsung melalui menu Panel Kioson dari gadget Android ya guys.

Semua caranya sudah dijelaskan melalui email yang dikirimkan ketika kali pertama join di Kioson.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa hubungi LOKET untuk bantuan teknis :

LOKET (Layanan Online Kioson E-Tailer) : 
XL         : 0818 0721 8383
Indosat  : 0857 7625 8383
3 Tri      : 0899 983 8383
T-Sel     : 0812 9556 8383


KEUNTUNGAN BERGABUNG MENJADI MITRA KIOSON

1. Komisi Langsung di Setiap Transaksi
Komisi Langsung di Setiap Transaksi - Blog Mas Hendra
Mungkin kamu bertanya-tanya, apa saja keuntungan bergabung di Kioson? Kenapa sih harus bergabung di Kioson, sementara start up yang lainnya juga tidak kalah bagusnya? Benefit apa saja yang akan kamu dapatkan di Kioson? Memangnya apa kelebihan dan keuntungan bila bergabung di Kioson?

Tenang saja guys, semuanya akan terjawab melalui artikel ini, dan nanti juga kamu tahu tentang kelebihan serta benefit yang akan kamu dapetin setelah bergabung di Kioson. 

Jujur saja, alasan saya ikut bergabung menjadi mitra Kioson, selain karena ada banyak keuntungan dan komisi yang akan saya peroleh, Kioson juga begitu menghargai mitranya dengan memberikan bonus serta komisi langsung pada setiap transaksi digital yang saya lakukan loh. Hal inilah yang paling menarik menurut saya pribadi dibanding start up sejenis yang lainnya. 

Gratis Voucher Belanja dan Saldo - Blog Mas Hendra
Selain itu, bonus deposit saldo sebesar Rp. 5.000 dan voucher belanja, langsung kamu terima setelah bergabung di Kioson.

Transaksi Belanja Online - Blog Mas Hendra
Setiap kamu jualan produk atau cuma belanja online saja di Kioson, kamu juga tetap akan dapetin komisi loh. Nilainya juga lumayan, hingga 8% per item. 


Bisa Transaksi Pembayaran Tagihan - Blog Mas Hendra
Buat kamu yang mau nyambi jadi agen pembayaran, seperti pembayaran PLN, Telkom, PDAM sampai cicilan motor, bisa dilakukan di Kioson loh. Dan untuk komisinya sebesar Rp. 1000 per transaksi. 

Menjadi Agen Laku Pandai dan Sinarmas Multifinance - Blog Mas Hendra
Buat kamu yang suka dunia marketing atau MLM, rasanya cocok banget kalau kamu ikutan jadi agen Laku Pandai atau Sinarmas Multifinance. Dan yang menggiurkan adalah komisinya hingga Rp. 400.000 per aplikasi yang di-approve. Wow... Lumayan tuh buat nambahin uang saku.

Bisa Transaksi Digital - Blog Mas Hendra
Mau jualan pulsa hape sama pulsa listrik?? Bisa kok di Kioson. Harganya juga jauh lebih murah. Komisi yang kamu dapetin sebesar Rp. 1.500 per transaksi. 


2. Jual Lebih Banyak Produk dan Jasa Keuangan
Jual Lebih Banyak Produk dan Jasa Keuangan - Blog Mas Hendra
Saya agak terkejut ketika kali pertama membuka Kioson, karena di dalamnya terdapat banyak sekali fitur serta produk-produk yang bisa dijual. Hal ini merupakan kemajuan yang cukup signifikan mengingat Kioson masih terbilang baru dalam dunia digital e-commerce. 

Kamu dapat memasarkan beragam produk yang ada di aplikasi Kioson, mulai dari fashion, peralatan kantor, kesehatan & kecantikan, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, elektronik & gadget, bayi & anak, produk unik, olahraga & outdoor, makanan & minuman, handphone dan elektronik rumah tangga.
Jual Lebih Banyak Produk dan Jasa Keuangan - Blog Mas Hendra

Selain itu, kamu juga bisa menjual jasa keuangan dengan menjadi agen di Kioson, seperti agen Laku Pandai dan Sinarmas Multifinance. Tidak itu saja guys, kamu juga bisa membayar tagihan listrik, PDAM, TV berbayar, telepon & internet, tiket kereta api, asuransi, cicilan motor bahkan premi BPJS juga bisa dibayar.

3. Menjadi Tujuan Transaksi Pelanggan
Menjadi Tujuan Transaksi Pelanggan - Blog Mas Hendra
Sejak kamu bergabung dengan Kioson, siap-siap saja toko kamu bakal banyak didatangi para pelanggan untuk bertransaksi. Seperti diketahui guys, jika Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM sekaligus berperan aktif dalam menjembatani antara pemilik toko (usaha kecil/kelontong) dengan masyarakat, sehingga tidak ada lagi yang namanya kesenjangan digital di daerah. 

Semua transaksi dilakukan secara digital, begitu mudah, cepat dan simpel. Apalagi Kioson memiliki beragam produk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti pulsa handphone, token listrik dan PDAM.

PENGALAMAN MEMAKAI APLIKASI KIOSON


Menu Utama Aplikasi Kioson - Blog Mas Hendra
Menu utama didominasi oleh kotak-kotak berukuran kecil berwarna orange muda.

1. Kesan Pertama Memakai Aplikasi Kioson

Kesan kali pertama saat membuka aplikasi Kioson cukup menarik. Didominasi oleh kotak-kotak kecil berwarna orange muda. Warna orange memberikan kesan kehangatan, persahabatan, antusiasme, pencapaian bisnis dan kegembiraan atau keceriaan. Selain itu warna orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.

Deretan paling atas nampak nomor ID saya, lalu bar yang berwarna hijau adalah saldo milik saya dan bar berwarna biru adalah total penjualan per hari. Warna yang berbeda tersebut, memberikan kesan sebagai pembeda dari elemen yang lainnya.

Semua menu Kioson diletakkan menjadi satu di sebelah kiri, agar memudahkan user dalam mencari menu yang diinginkan. Namun menu-menu tersebut diletakkan secara acak (random). Menurut saya sebaiknya menu-menu tersebut diletakkan sesuai dengan abjad secara berurutan (A-Z), agar lebih memudahkan bagi user.

Aplikasi Kioson sendiri, saat artikel ini ditulis, sudah di-download lebih dari 5000 kali guys. Di sebelah kanan aplikasi Kioson, terdapat display yang berukuran lebih besar yang berisi promo-promo menarik dari Kioson. 
Transaksi Digital Menjadi Lebih Mudah Dengan Kioson - Blog Mas Hendra


Aplikasi Kioson mudah untuk dioperasikan dan selama saya menggunakannya, tidak ada kendala seperti hang, error maupun force close. Perpindahan antar menu terbilang cepat dan tidak ada lag, tapi semuanya tergantung dari jaringan internet provider. Secara keseluruhan mudah digunakan dan lancar, selama jaringan internet kamu bagus.

2. Mudahnya Isi Token Listrik di Kioson

Setelah Top-Up saldo sebesar Rp. 70.000, saya pun langsung melakukan transaksi isi pulsa listrik. Di Kioson, kamu bisa mengisi pulsa pra bayar maupun pasca bayar. Enaknya lagi, kamu bisa jadiin bisnis jualan pulsa atau hanya untuk keperluan sendiri saja. Semuanya bebas. Itulah enaknya transaksi digital di Kioson, sama-sama dapat komisi kok. :)

Nah berikut adalah cara mengisi token listrik pra bayar di Kioson :

1. Pertama-tama masuk ke aplikasi Kioson. Lalu pilih menu PLN untuk membeli token listrik. 
Mudahnya Isi Pulsa Listrik di Kioson - Blog Mas Hendra


2. Pilih menu Voucher PLN Pra bayar untuk membeli token listrik. Lalu klik KIRIMKAN.
Mudahnya Isi Pulsa Listrik di Kioson - Blog Mas Hendra


3. Masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meter pelanggan. Lalu masukkan nomor handphone yang sudah kamu daftarkan di Kioson. Lalu klik KIRIMKAN.
Mudahnya Isi Pulsa Listrik di Kioson - Blog Mas Hendra


4. Ada lima nominal saldo token listrik yang bisa kamu pilih, mulai dari 20.000, 50.000, 100.000, 200.000 dan 500.000. Klik jumlah saldo token listrik yang kamu inginkan. Lalu klik KONFIRMASI PEMBAYARAN.
Mudahnya Isi Pulsa Listrik di Kioson - Blog Mas Hendra


5. Lalu akan muncul nilai nominal serta biaya yang harus dibayarkan. Klik KONFIRMASI PEMBAYARAN untuk melanjutkan proses pengisian token listrik.
Mudahnya Isi Pulsa Listrik di Kioson - Blog Mas Hendra


6. Tunggu sebentar ya guys, nanti akan ada notifikasi masuk kalau pembayaran yang kamu lakukan sudah SUKSES. 
Mudahnya Isi Pulsa Listrik di Kioson - Blog Mas Hendra


7. Nomor stroom/token akan dikirimkan melalui SMS. Jadi tunggu saja ya guys, tidak lama kok, paling kurang dari satu menit loh.



3. Langsung Dapat Komisi

Semenjak saya meng-install aplikasi Kioson, saya bebas melakukan berbagai transaksi digital, salah satunya ya isi token listrik ini. Semuanya menjadi sangat mudah, kapanpun dan dimanapun kita berada. Sudah gitu, saya mendapat tambahan komisi untuk transaksi pengisian token listrik sebesar Rp. 1.750. Semakin banyak transaksi, maka komisi pun semakin banyak didapat.
Komisi Dari Kioson - Blog Mas Hendra


4. Yang Perlu Diperbaiki Dari Aplikasi Kioson

Sebuah system bukan berarti tanpa celah, masih ada yang sebaiknya mendapat perhatian oleh pihak pengelola untuk memperbaiki beberapa hal yang dirasa masih kurang, seperti :

- Belum tersedianya tombol untuk keluar/exit. Yang ada hanya tombol untuk Logout, sehingga sedikit menyulitkan user yang akan keluar dari aplikasi.

- Menu sebaiknya dibuat secara alphabet berurutan.

- Jenis produk yang dijual sudah lumayan banyak, namun sebaiknya ditambah lagi jenis produk yang dijual online. Saya mencari gendongan bayi untuk anak kedua saya, namun ternyata belum tersedia di Kioson.

Serius guys, ini menarik banget, saya juga mau mempromosikan Kioson untuk orang tua saya yang memiliki usaha toko kelontong dan isi ulang pulsa. Dan kebetulan, Ibu saya juga sudah punya Android. Jadi cocok banget untuk memajukan usaha keluarga.


KESIMPULAN

Kioson cocok banget untuk dijadikan bisnis online, meskipun kamu punya toko atau tidak. Seperti saya, meskipun tidak punya toko untuk berdagang, tapi saya masih bisa jualan pulsa online dan lain sebagainya. Apalagi kalau punya toko, pasti akan bertambah ramai lagi usahanya.

Meski begitu, kalau tidak mau dijadikan bisnis, kita juga masih bisa bertransaksi di Kioson untuk keperluan sendiri loh. Dan menariknya lagi, kita tetap akan memperoleh komisi atas setiap transaksi di Kioson. Tuh kan, menguntungkan banget kan guys.

Jadi setiap orang yang bertransaksi di Kioson, memiliki peluang yang sama untuk sama-sama sukses, semua tergantung usaha kita dalam mengenalkan bisnis yang kita jalani ke masyarakat luas.

Dengan hadirnya Kioson, semakin banyak masyarakat yang sudah merasakan manfaat transaksi secara digital. Tidak hanya di kota besar, namun seluruh lapisan masyarakat dari seluruh nusantara. Dengan demikian, tidak ada lagi yang namanya kesenjangan digital di tengah masyarakat.

Mulai sekarang, yuk install aplikasinya, dan rasakan BADAI komisinya!!!
Saya dan Aplikasi Kioson - Blog Mas Hendra

Artikel ini diikutsertakan dalam LOMBA REVIEW APLIKASI KIOSON.


Lomba Blog Review Kioson - Blog Mas Hendra

20 comments

Semakin canggih teknologi komunikasi dan informasi

Reply

Pastinya dong, semakin lebih simpel yah

Reply

Asyik jual pulsa dan token bisa pakai aplikasi kioson cuma sayangnya depositnya harus transfer via rekening bank ini yang kadang menjadi kendala karena tidak semua punya rekening dan kadang lokasinya jauh dari bank kalau ada juga bank plat merah antrinya luar biasa kalau mau transfer via teler atau isi rekening.Saya sendiri bisnis pulsa pakai deposit yang bisa langsung ditempat jadi lebih cepat karena perputarannya cepat

Reply

Ya bisa dibilang cara paling mudah lewat ATM, tapi kalo belum punya rekening, kayaknya harus buru2 buka rekening deh, kan benefitnya banyak kalo kita punya rekening...

Saya sudah mulai transaksi di kioson mas Dwi, enak dan mudah banget. Mau isi pulsa nggak perlu bingung, tinggal pencet aja dari kioson, yang penting saldo deposit mendukung, hehehe

Reply

wuih....reviewnya dahsyat..komplit abis...gut lak mas...semoga berjaya ya....

Reply

Iya nih, menulis secara maksimal, hehehe... Makasih sudah mampir

Reply

Kayaknya ini mirip start up bisnis K****o gak ?

Reply

Wah start up bisnis baru nih, kayaknya beda dari yang lain. Btw udah punya 2 anak Mas, aku masih nganggur aja nih ^_^

Reply

Iya mas Amir, hampir mirip loh

Reply

Iya udah mas. Mudah-mudahan cepat married ya, biar ada yang ngurusin, hehehe

Reply

Wah menang ini mas... lhs wong lengkap banget ini penjelasanya... mantaplah...

Reply

Aaamiiin, hahaha bisa bae dah ah

Reply

sukses dengan Kioson.
penjabarannya lengkap banget Mas

Reply

Terimakasih juga sudah mampir di blog saya..

Reply

Saya member baru di kioson, ya baru 2 hari... Hehe,
Keterangan di atas hampir sepenuh'a saya pahami, karena saya sudah berhasil daftar dan transaksi, termasuk top-up tentunya.
Tapi masih ada yg saya belum paham mengenai ketentuan komisi? Bagaimana cara penarikannya? Batas minimal komisi yg dapat ditarik? Batas waktu minimal(hari/minggu/bulan)?
Jika ada yg paham, mohon untuk berkenan menginformsikan.. Jujur saya suka dengan aplikasi kioson ini.. ;)

Reply

Sebelumnya terimakasih sudah mampir di blog saya.

Masalah yang Anda hadapi sama seperti saya. Untuk saat ini saya juga belum paham mengenai batas minimum penarikan. Mungkin sobat blogger yang lain ada yang bisa bantu.

Tapi saran saya sebaiknya tanyakan langsung ke Kioson melalui twitter, aplikasi maupun Facebook nya.. Responnya sangat cepat...

Reply

komisi harian, bisa ditarik esok hari'a. jadi jika kita mendapat komisi dari hasil transaksi hari ini, katakan 10rb. maka besok (mulai pergantian hari jam 00:01) sudah dapat ditarik dan akan menambah saldo kita.
tapi saya jg masih bertannya tentang Promo Cashback 50rb dengan transaksi 50 pulsa&data 5 multi biller??? hmmm ora mudeng... mungkin ada yang tau?

Reply

Up.. Ada yang sudah lebih dulu mencoba???

BTW makasih sudah mampir dan sharing pengalamannya

Reply

Post a Comment