Manfaat Arisan yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Arisan yang Perlu Kamu Ketahui - Blog Mas Hendra

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya arisan bukan?!. Kegiatan arisan ini sepertinya sudah sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia, terutama kaum ibu-ibu, sebuah habitat yang sering naik motor lampu seinnya kekiri tapi beloknya kanan. Karena seperti yang kita ketahui, arisan biasanya didominasi oleh kaum ibu-ibu. Namun pada perkembangannya, lambat laun arisan tidak melulu dilakukan oleh kaum ibu-ibu saja loh, bahkan hampir dari seluruh kalangan, mulai dari cabe-cabean, anak sekolahan, anak kuliahan bahkan sampai kalangan parlente. 

Kreatifnya orang Indonesia, kegiatan arisan ini semakin lama justru semakin keluar dari pakemnya, artinya arisan tidak hanya sebatas berupa uang, namun sudah mengalami sedikit inovasi, seperti arisan berupa barang, makanan, arisan naik haji dan lain sebagainya. 

Nah melalui artikel singkat ini, saya akan membahas sedikit mengenai manfaat ‘tersembunyi’ yang tanpa kita sadari akan kita dapatkan dari arisan ini, tentu saja versi saya pribadi. Selamat menyimak guys :


1. Mempererat tali silaturahmi

Banyak cara untuk menjalin tali silaturahmi, salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan arisan. Di dalam arisan ini, tali silaturahmi akan tetap terus terjaga ketika kita saling bertemu satu sama lain, dan begitu seterusnya. 

Dan yang lebih pentingnya lagi, secara tidak langsung kita telah melakukan salah satu anjuran dari Baginda Nabi Muhammad tentang pentingnya menyambung tali silaturahmi, agar kelak kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang suka memutus tali silaturahmi. 


2. Mengenal satu sama lain (lebih akrab)

Kegiatan arisan ini, biasanya terdiri dari berbagai kalangan yang hadir. Tentu saja kita tidak dapat mengenal seluruh anggota keluarga maupun rekan para peserta arisan. Dengan rutin mengikuti arisan ini, maka kita memiliki kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain.


3. Dapat mengenal wilayah baru

Jalan Jati Indah Jati Padang Golf ⛳ - Blog Mas Hendra

Tidak dapat dipungkiri, yang namanya arisan pasti lokasinya selalu saja berpindah-pindah, tergantung dari lokasi tempat tinggal peserta yang mendapatkan arisan tersebut. Dan bagi saya pribadi hal ini tentu menjadi pengalaman tersendiri ketika saya beradaptasi menemukan lokasi-lokasi baru yang masih asing. 

Hal ini sangat bermanfaat bagi saya, karena secara tidak langsung saya pun dapat mengenal wilayah-wilayah baru yang sebelumnya masih asing bagi saya. 


4. Pengelolaan uang akan terkontrol dengan baik

Dengan mengikuti arisan, sedikit banyak akan membantu kita untuk melatih mengelola uang dengan lebih baik lagi. Karena di dalam budget pengeluaran rutin kita, mau tidak mau kita pun harus menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk dialokasikan ke dalam kegiatan arisan ini. Dan ini artinya kita dapat mengontrol pengeluaran dengan lebih baik lagi agar tidak boros.


5. Memperluas jaringan bisnis/usaha

Khusus buat kamu yang memiliki usaha, momen arisan ini juga sangat baik sebagai ajang promosi loh. Peluang untuk mendapatkan atau menjaring konsumen pun terbuka lebar. Tidak ada salahnya kan kalau kamu ‘berjualan’ bisnis kamu kepada rekan/saudara/teman di dalam arisan??. Baca artikel menarik lainnya : Mau Bisnis Reseller? Ke Lemarikita.com Saja!


6. Menghilangkan kejenuhan

Selain mengadakan arisan di rumah, tidak sedikit juga yang mengadakan arisan di luar rumah atau lebih tepatnya ke tempat-tempat wisata dan kuliner. Disadari atau tidak, melalui kegiatan arisan outdoor ini, secara tidak langsung kita sudah melakukan refreshing loh. 

Baca artikel menarik lainnya : Tips Liburan Asyik di Rumah

Selain itu, juga bisa saling berbagi cerita dan berbagi pengalaman sekaligus menghilangkan kepenatan selama kegiatan arisan ini. 

Bagaimana guys, banyak manfaat positifnya bukan??. Nah itulah beberapa manfaat arisan yang perlu kamu ketahui. 

Semoga artikel di atas bermanfaat.

4 comments

kalau di tempat saya mah kebetulan yang megang arisan suka telat bayarnya jadi males ikutan, mending ikutan tabungan rencana aja deh.. hhehe

Reply

Emang sih arisan identik dengan kumpulan ibu2 ya mas, padahal bapak2 juga bisa saja ikut arisan dan manfaatnya banyak, salah satunya mempererat tali silaturahmi...

Reply

Iya sebelumnya memang arisan sangat identik dengan ibu-ibu, tapi belakangan ini berbagai kalangan pun juga ikut-ikutan arisan... Betul banget mempererat tali silaturahmi itu merupakan salah satu bagian terpenting dari kegiatan arisan ini..

Reply

Berarti harus lebih selektif lagi dalam memilih anggota arisan ya mba...

Reply

Post a Comment