6 Alasan Mengapa Memilih Ponsel Berkamera


Pertama sekali, sebelum saya menulis artikel ini, saya mau mengucapkan syukur Alhamdulillah, karena diberi rezeki lebih untuk membeli ponsel yang memiliki fitur kamera. Kenapa saya bilang seperti ini?. Bayangkan saja guys, masih banyak saudara-saudara kita di luar sana yang punya ponsel tapi nggak ada fitur kameranya, atau bahkan ada yang nggak punya ponsel sama sekali. Tuh kan, hal sekecil ini juga harus kita syukuri loh, biar berkah. *ini kenapa malah tausiyah!!


Terus yang kedua, saya juga mau mengucapkan terimakasih buat pakde Martin Cooper. Loh memangnya doi siapa sih??

Tuh kan, pada nggak kenal. Lah wong saya juga nggak kenal, hehehe... Nggak ding!!

Jadi si pakde Martin Cooper ini adalah orang yang pertama banget membuat teknologi yang menjadi cikal bakal sebuah ponsel. Pada tanggal 03 April 1973, beliau bersama timnya berhasil memasukkan beragam komponen elektronik menjadi satu kesatuan ke suatu alat yang berukuran kecil tersebut.

Berkat kerja kerasnya, beliau pun berhasil menyelesaikan telepon genggam pertamanya dengan berat 2 kilogram. WOW!!

Sebenarnya sih ada banyak tokoh yang terlibat dalam perkembangan ponsel dari masa ke masa, sampai ke zaman sekarang di mana ponsel disesaki dengan beragam fitur canggih di dalamnya, termasuk kamera.

Baca artikel menarik lainnya : Kamera Ponsel Sebagai Sarana Pendukung Dokumentasi

Ngomongin soal fitur kamera pada ponsel, menurut saya pribadi, ini memang menjadi salah satu fitur yang bisa dibilang harus ada di zaman yang serba digital ini. Itu menurut pendapat pribadi saya loh ya. Nah berikut adalah 7 alasan mengapa memilih ponsel berkamera :

1. Mengabadikan momen-momen berharga

Zaman kekinian di mana setiap momen begitu mudahnya dapat diabadikan dengan hanya menggunakan kamera ponsel. Ada nikahan pasti difoto, ada lahiran pasti difoto, ada yang ulang tahun pasti difoto atau ada mantan nikahan pasti difoto juga.

Dengan hadirnya fitur kamera pada ponsel, tentu akan memudahkan kita untuk segera mengabadikan momen berharga tersebut.

Momen berharga seperti di atas, memang sayang banget untuk dilewatkan begitu saja guys. Karena di kemudian hari, momen-momen seperti ini, justru akan menjadi sebuah cerita berharga bagi anak cucu kita kelak nanti. Tsaaah!!

Sama kayak sewaktu saya nikahan dulu, setiap detail jalannya prosesi pernikahan pasti difoto dan hasil fotonya dimuat ke dalam sebuah album foto untuk kenang-kenangan kelak nanti.

Sewaktu anak pertama saya yang TK lihat foto-fotonya, beliau malah nanya begini :

"Pah, aku kok nggak ada sih di foto ini, akunya kemana?" tanya beliau dengan muka polosnya.

"Kamu waktu itu belum dibikin sama papah dan mamah!". Nggak ding, jawaban yang terlalu vulgar itu!! Skip.

"Kamu waktu itu masih belum lahir sayang, kan mamah sama papah saja baru menikah, semuanya kan butuh proses... bla... bla... bla...", pokoknya saya dituntut untuk ngasih jawaban yang nggak bikin beliau untuk nanya-nanya lagi deh. Kan tau sendiri anak kecil kalau sudah nanya, itu terus-terusan, mirip kayak penyidik kepolisan yang lagi interogasi maling kolor. 


2. Mengabadikan momen yang nggak diduga (unpredictable moment)

Kamera ponsel juga bisa digunakan untuk mengabadikan momen yang nggak diduga loh. Banyak hal-hal yang nggak diduga kadang terjadi di sekeliling kita, dan kayaknya sayang banget untuk dilewatkan begitu saja.

Kayak misalkan nggak sengaja ketemu sama mas Chris Evans (pemeran Captain America) lagi makan ketoprak di pinggir jalan (masa iya di tengah jalan) atau nggak sengaja ketemu sama mba Taylor Swift lagi beli pembalut dengan fitur yang ada sayapnya. Supaya bisa terbang!

Seperti yang pernah saya alami beberapa waktu lalu, karena ada event bertanding, maka Mas Chris John menyempatkan untuk berlatih di gym di salah satu hotel bintang lima di kawasan Jakarta Pusat, tempat di mana saya bekerja.


Foto Bersama Chris John - Blog Mas Hendra


Setelah selesai berlatih, saya pun menyapa beliau dan menyempatkan untuk minta waktunya berfoto bersama beberapa staff waktu itu, termasuk saya sendiri.

"Selamat malam pak, boleh minta waktunya sebentar untuk foto-foto bersama staff??", pinta saya waktu itu.

Dan Mas Chris pun dengan ramah menyanggupi permintaan tersebut. Nggak nyangka juga beliau rela mau berfoto bersama orang-orang yang nggak penting ini, hehehe... Dibalik kebringasannya sewaktu bertanding, ternyata beliau adalah sosok pribadi yang ramah loh.

Nggak hanya itu saja, kita juga bisa mengabadikan peristiwa mengharu biru atau kejadian lucu yang terjadi di sekeliling kita. Maka dengan memanfaatkan fitur kamera pada ponsel, tentu akan memudahkan kita untuk jepret sana sini ketika unpredictable momen ini terjadi.

3. Mengabadikan momen bersama orang-orang terdekat

Kamu juga bisa mengabadikan momen penting bersama orang-orang terdekat kamu, seperti orang tua, pasangan, saudara, kerabat dan lainnya. Salah dua momen penting yang paling sering dimanfaatkan untuk berkumpul bersama adalah hari raya Idul Fitri dan juga hari pernikahan.

Sudah nggak bisa dipungkiri, momen penting tersebut sering kali menjadi ajang foto-foto demi satu kata dan tujuan, yakni NARSIS. Setelah foto tersimpan di ponsel, kamu bisa langsung share ke berbagai sosial media. Simpel kan?!

4. Bahan pendukung untuk artikel

Nah buat kamu yang ngaku blogger, pasti nggak bisa lepas dari yang namanya kamera. Yup! Untuk menulis artikel, terkadang memerlukan sebuah gambar atau foto sebagai bahan pendukung artikel. 

Selain kamera digital, para blogger sering kali memanfaatkan kamera ponsel untuk mengambi foto sebagai bahan untuk menulis artikel. Apalagi bagi seorang travel blogger, maka kamera menjadi peralatan yang wajib ada ketika bepergian.

Baik kamera ponsel maupun kamera digital masing-masing tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya.

5. Mengabadikan tumbuh kembang si kecil

Pernah nggak sih kamu melihat para mahmud & pahmud (mamah muda & papah muda) yang hobi mengoleksi foto buah hatinya ke dalam sebuah album foto? Ssst... Jangan salah loh, kamu juga bisa kok mengoleksi foto-foto si kecil hanya dengan memakai ponsel. Nggak perlu memakai kamera digital yang mahal.

Mengoleksi foto si kecil, mulai masih di dalam kandungan sampai usia kanak-kanak, merupakan hal yang menyenangkan. Karena dengan begitu, kamu dapat dengan mudah memantau perkembangan si kecil, sekaligus sebagai sebuah memori yang nggak bisa dilupain sampai kapanpun kamu menutup mata.

6. Mengembangkan bakat fotografi

Melalui kamera pada ponsel, kamu juga bisa melatih untuk menjadi seorang fotografer loh. Yah walaupun nggak pro pro amat, tapi setidaknya kamu dapat terus mengasah kemampuan memotret dengan hanya berbekal kamera ponsel.

Dengan melakukan pengaturan secara maksimal pada fitur kamera sebuah ponsel serta pengolahan/pengeditan yang pas, maka akan menghasilkan sebuah foto yang hasilnya nggak jauh berbeda dengan bidikan seorang fotografer. Walau hanya dengan menggunakan ponsel sekalipun.


Berkat perkembangan teknologi pada lensa kamera ponsel yang kian hari kian canggih saja, maka nggak tertutup kemungkinan kehadirannya akan semakin mengancam keberadaan kamera digital. 

Hal ini disinyalir akan membuat banyak masyarakat lebih memilih menggunakan ponsel sebagi alat untuk fotografi ketimbang kamera digital. Karena selain memiliki kamera, ponsel juga memiliki seabrek fitur canggih yang memanjakan penggunanya.

Nah itu tadi 6 alasan mengapa memilih ponsel berkamera. Alasan kamu di nomor berapa? Atau apakah ada alasan lainnya yang lebih menarik?? Share yuk di kotak amal komentar, siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

14 comments

Benar kang harus kita syukuri :) ohm jadi itu ya alasan mas hendra memilih ponsel yang ada kamera nya :)

Reply

Ponsel berkamera saat ini udah jadi kebutuhan yang gak bisa ditawar-tawar lagi ya, mas.. karena memang sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Selain harganya terjangkau juga mudah dibawa-bawa, bisa masuk saku...

Reply

Iya kurang lebih seperti itu kang...

Reply

Yup, bener2 membantu banget untuk dokumentasi kang... Simpel dah pokoe

Reply

Jika boleh menambah kang, fitur ponsel berupa kamera biasanya digunakan untuk memotret buku, produk, atau halaman sebuah artikel untul bahan tugas kuliah heheh sesuai dengan pengalaman

Reply

alesan saya mah karena diperintahkan oleh kantor untuk mengirimkan foto pekerjaan dan lalu dikirimkan lewat WA ke pusat untuk disusunkan laporannya...gimana kalau begitu, coba?

Reply

eh ternyata saya teh udah follow blog keren ini, udah folow balik belom mang?

Reply

Coba saya cek mang, pasti saya follback blog keren Mang Lembu...

Reply

Nggak boleh mang, hahaha.... Wah keren nih, ponselnya bener2 bermanfaat banget buat pekerjaan ya

Reply

Wah mantap nih masukkannya. Makasih

Reply

klo kamera jman skrg sih sringnya foto alay yg gaya candid. apa tuh gaya sok cool pura" gak tau lg di photo :D
bagus tuh mas fungsi photo jd gambar utk artikel blog pribadi. kece!

Reply

menurut saya hanphone tanpa ada kamera kurang lengkap mas..hehe
tapi bagaimanapun saya rasa masih banyak yang membutuhkan handphone non kamera untuk cadangan atau sms/telfon saja.. :)

Reply

Pastinya dong mba, semuanya jadi mudah karena kamera ponsel ya

Reply

Yup! Bener banget mas, biasanya banyak juga yang punya hape cadangan dengan fitur seadanya, soalnya kan fungsinya hanya buat sms/telp

Reply

Post a Comment