Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seoul Memasang Rambu Bahaya Bagi Zombie Ponsel di Jalan

Rambu Khusus Pengguna Ponsel di Seoul - Blog Mas Hendra

Pernah perhatiin nggak sih di jalanan, ada orang yang asyik mainin ponsel sambil berjalan, tanpa mempedulikan keadaan sekitarnya. Padahal bahaya selalu mengintai siapa saja di jalanan loh. Sepertinya hal ini seolah sudah menjadi tren di zaman yang serba digital ini. Nggak perduli dengan keselamatan dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya, bahkan parahnya lagi ada yang sampai mengalami kecelakaan cuma gara-gara asyik mainin ponsel sambil berjalan.


Seperti yang saya kutip dari detikInet, kasus kecelakaan seperti ini terhitung tinggi di Seoul, Korea Selatan. Maka untuk mengurangi angka kecelakaan agar nggak bertambah terus jumlahnya, pemerintah setempat berinisiatif untuk memasang rambu khusus.

Menurut rencananya, sebanyak 300 rambu akan dipasang di sejumlah titik. Namun pada tahap awal, rambunya baru akan dipasang di lima tempat yang paling sering terjadi kecelakaan.

Rambu Khusus Pengguna Ponsel di Seoul - Blog Mas Hendra

Rambu Khusus Pengguna Ponsel di Seoul - Blog Mas Hendra


Pemerintah Seoul sendiri sih berharap banget setelah rambu-rambu tersebut dipasang, dapat menekan angka kecelakaan ke depannya. Tapi sayangnya masih banyak warga yang pesimis cara ini akan berhasil.

"Bagaimana orang yang akan pakai ponsel di jalan akan menyadari adanya rambu tersebut, jadi saya rasa kurang efektif," ujar salah satu warga seperti dikutip dari Korean Times, Senin (27/6/2016).


Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan pengguna ponsel terbanyak di dunia. Seperti kebanyakan negara di Asia, warga Korea selatan juga nggak bisa lepas dari ponselnya, bahkan sambil berjalan sekalipun, makanya sering disebut 'zombie'.

Setidaknya sudah terjadi nggak kurang dari 1000 kasus kecelakaan pada pengguna ponsel yang berjalan sambil mainin ponsel, demikian laporan dari Badan Keamanan Transportasi Korea Selatan sepanjang 2014. Angka itu meningkat dari 437 kasus pada tahun sebelumnya.

Ternyata bukan cuma di Korea Selatan saja loh, pemerintah Belgia pun menerapkan hal yang sama.

Baca artikel menarik lainnya : Cara Mengatasi Lupa Password Pada Android



Lain di Korea Selatan dan Belgia, lain pula di China dan Amerika Serikat. Keduanya membuat jalur khusus bagi para pengguna ponsel. Lain lagi di Jerman, ada lampu merah khusus bagi pengguna ponsel.

Jalur Khusus Pengguna Ponsel di Belgia - Blog Mas Hendra
Jalur khusus pengguna ponsel di Belgia. Gambar diambil dari kabarini.com


Lampu Lalu Lintas Khusus Pengguna Ponsel di Jerman - Blog Mas Hendra
Lampu lalu lintas khusus pengguna ponsel di Jerman. Gambar diambil dari Kompas Tekno


Jalur Khusus Pengguna Ponsel di China - Blog Mas Hendra
Jalur khusus pengguna ponsel di China. Gambar diambil dari Tribunnews.com


Wah inovatif banget ya guys, demi keselamatan pengguna ponsel yang 'cuek' dengan keselamatannya sendiri. Selain itu, masih banyak lagi negara lainnya yang menerapkan rambu khusus bagi pengguna ponsel. 

Mudah-mudahan setelah ada rambu khusus atau jalur khusus untuk pengguna ponsel, semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya yang timbul akibat bermain ponsel sambil berjalan kaki, tanpa mempedulikan keadaan sekitar. 

Jangan sampai kamu seperti cewek ini yang berjalan sambil asyik mainin ponsel, terus kecebur sungai kecil. Silahkan lihat video-gif-nya ya guys :


Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Seoul Memasang Rambu Bahaya Bagi Zombie Ponsel di Jalan"