Seoul Memasang Rambu Bahaya Bagi Zombie Ponsel di Jalan

Rambu Khusus Pengguna Ponsel di Seoul - Blog Mas Hendra

Pernah perhatiin nggak sih di jalanan, ada orang yang asyik mainin ponsel sambil berjalan, tanpa mempedulikan keadaan sekitarnya. Padahal bahaya selalu mengintai siapa saja di jalanan loh. Sepertinya hal ini seolah sudah menjadi tren di zaman yang serba digital ini. Nggak perduli dengan keselamatan dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya, bahkan parahnya lagi ada yang sampai mengalami kecelakaan cuma gara-gara asyik mainin ponsel sambil berjalan.


Seperti yang saya kutip dari detikInet, kasus kecelakaan seperti ini terhitung tinggi di Seoul, Korea Selatan. Maka untuk mengurangi angka kecelakaan agar nggak bertambah terus jumlahnya, pemerintah setempat berinisiatif untuk memasang rambu khusus.

Menurut rencananya, sebanyak 300 rambu akan dipasang di sejumlah titik. Namun pada tahap awal, rambunya baru akan dipasang di lima tempat yang paling sering terjadi kecelakaan.

Rambu Khusus Pengguna Ponsel di Seoul - Blog Mas Hendra

Rambu Khusus Pengguna Ponsel di Seoul - Blog Mas Hendra


Pemerintah Seoul sendiri sih berharap banget setelah rambu-rambu tersebut dipasang, dapat menekan angka kecelakaan ke depannya. Tapi sayangnya masih banyak warga yang pesimis cara ini akan berhasil.

"Bagaimana orang yang akan pakai ponsel di jalan akan menyadari adanya rambu tersebut, jadi saya rasa kurang efektif," ujar salah satu warga seperti dikutip dari Korean Times, Senin (27/6/2016).


Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan pengguna ponsel terbanyak di dunia. Seperti kebanyakan negara di Asia, warga Korea selatan juga nggak bisa lepas dari ponselnya, bahkan sambil berjalan sekalipun, makanya sering disebut 'zombie'.

Setidaknya sudah terjadi nggak kurang dari 1000 kasus kecelakaan pada pengguna ponsel yang berjalan sambil mainin ponsel, demikian laporan dari Badan Keamanan Transportasi Korea Selatan sepanjang 2014. Angka itu meningkat dari 437 kasus pada tahun sebelumnya.

Ternyata bukan cuma di Korea Selatan saja loh, pemerintah Belgia pun menerapkan hal yang sama.

Baca artikel menarik lainnya : Cara Mengatasi Lupa Password Pada Android



Lain di Korea Selatan dan Belgia, lain pula di China dan Amerika Serikat. Keduanya membuat jalur khusus bagi para pengguna ponsel. Lain lagi di Jerman, ada lampu merah khusus bagi pengguna ponsel.

Jalur Khusus Pengguna Ponsel di Belgia - Blog Mas Hendra
Jalur khusus pengguna ponsel di Belgia. Gambar diambil dari kabarini.com


Lampu Lalu Lintas Khusus Pengguna Ponsel di Jerman - Blog Mas Hendra
Lampu lalu lintas khusus pengguna ponsel di Jerman. Gambar diambil dari Kompas Tekno


Jalur Khusus Pengguna Ponsel di China - Blog Mas Hendra
Jalur khusus pengguna ponsel di China. Gambar diambil dari Tribunnews.com


Wah inovatif banget ya guys, demi keselamatan pengguna ponsel yang 'cuek' dengan keselamatannya sendiri. Selain itu, masih banyak lagi negara lainnya yang menerapkan rambu khusus bagi pengguna ponsel. 

Mudah-mudahan setelah ada rambu khusus atau jalur khusus untuk pengguna ponsel, semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya yang timbul akibat bermain ponsel sambil berjalan kaki, tanpa mempedulikan keadaan sekitar. 

Jangan sampai kamu seperti cewek ini yang berjalan sambil asyik mainin ponsel, terus kecebur sungai kecil. Silahkan lihat video-gif-nya ya guys :


Semoga bermanfaat.


14 comments

Saya kira zombie ponsel apaan mas, ternyata orang maen hape di jalanan yah, hehe...

boleh juga ditiru ide pengamanannya tuh biar meminimalisir kecelakaan di jalan raya.

Reply

Ya jadi mirip kayak zombie di jalanan kang,

Reply

Saya pikir zombie beneran kang sampai serius dan fokus saya bacanya eh ternyata untuk meminimalisir angka kecelakaan ternyata.

Reply

Yah begitu lah, kelakuan nya yang mirip zombies kang, hihihi

Reply

Itu buat warga yang suka main ponsel sambil jalan nggak lihat jalan ya mas Hendra,,, hehehehehe, sehingga butuh rambu-rambu, biar nggak terjadi kecelakaan,,, kelihatannya banyak yang pesimis ya dengan rambu-rambu tersebut.... :D

Reply

saya mah takut kalau main posen sambil di jalan, mending menepi atau berhenti dulu kalau mau ngecuk ponsel, daripada....daripada...

Reply

Iya, ngecuk itu apa ya, baru denger?

Reply

nah iya ini, sekarang semuanya udah jadi budak-budak gadget. itu yang di jerman gue juga pernah baca di akun info instagram. mungkin di indoneia masih belum perlu beginian, apalagi di jakarta. main hape di jalanan begitu yang ada di jambret.

Reply

ternyata kegilaan zombie diluar negeri lebih parah daripada di indonesia sendiri. Lha disana jalan aja megang hape untungnya kita disini skill nya udah tinggi bro, megang hape sambil nyetir motor atau mobil, gimanagak hebat loh :D

tapi bagus juga pemerintahanya sudah mengantisipasi kejadian kayak gini jadi bisa mengurangi kecelakaan. tapi menurut pemikiran saya malah jika terus dimanjakan dengan rambu-rambu itu zombie gadget malah makin banyak dong

Reply

Tapi setidaknya di luar negeri sudah lebih dulu diantisipasi, karena untuk menyetop angka kecelakaan akibat bermain ponsel sambil berjalan

Reply

hahah judulnya bikin penasaran... :D
eh ternyata zombienya generasi menunduk..tak kirain zombie beneran :D..

Reply

Iya zombie modern mas, hehehe

Reply

Post a Comment