Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ciri-Ciri Musik Reggae di Indonesia Saat Ini

Mengenal Ciri-Ciri Musik Reggae di Indonesia Saat Ini

Buat kamu pencinta musik aliran reggae, tentu tidak asing lagi ketika mendengar nama Bob Marley, seorang musisi terkenal yang beraliran reggae paling tersohor di seluruh dunia. Nah reggae sendiri sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 1960-an di Jamaika. Istilah reggae sendiri lebih dikenal pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady.


Lalu bagaimana dengan perkembangan musik reggae di Indonesia? Di Indonesia sendiri, musik reggae mulai bergema sekitar tahun 1986. Waktu itu mulai dikenal band Indonesia yang beraliran reggae, seperti Black Brothers Papua dan Black Company.

Kemudian secara berturut-turut, aliran reggae mulai menghiasi blantika musik Indonesia. Dan kemunculan band-band atau musisi yang beraliran reggae pun semakin banyak jumlahnya, seperti :

Emergency Reggae Band (Papua) berdiri pada tahun 1988
Asian Roots
Asian Force
Abresso
Jaming
Tony Q Rastafara
Gangstarasta (2001)
Steven & Coconut Treez (2006)
Imanez
Souljah
Ras Muhammad
Joni Agung (Bali)
Marapu (Yogyakarta), dan lain sebagainya.

Ciri-ciri musik reggae di Indonesia saat ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan musik reggae aslinya, hanya saja sedikit mengalami improvisasi tanpa mengurangi nilai esensi aliran reggae itu sendiri. Adapun ciri-ciri dasar yang mudah dikenali dari aliran musik reggae adalah :
  • Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi, yang disebut juga skank.
  • Reggae memiliki tempo yang lebih lambat daripada ska atau rocksteady.
  • Biasanya di dalam aliran reggae, terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar.
  • Pada aliran reggae, gitar rhytim lebih dominan memberi penekanan pada ketukan ketiga, atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan.
  • Reggae dikenal dengan tempo serta permainan bassnya yang lebih kompleks.

Bagi kamu yang masih bingung mau mencari koleksi lagu reggae dimana? Jangan khawatir guys, sekarang sudah hadir aplikasi musik Joox. Aplikasi musik streaming yang lagi ngehits ini memiliki koleksi lagu yang sangat lengkap, mulai dari koleksi lagu lawas sampi lagu terbaru, semuanya ada di sini.

Kamu juga bisa menikmati lagu lokal maupun mancanegara. Atau kamu juga bisa menikmati lagu anak-anak, soundtrack, lagu barat terbaru, bahkan sampai lagu daerah dari Indonesia pun tersedia di aplikasi ini. Wah keren banget kan guys.

Bukan hanya lagu jenis reggae saja loh, kamu juga bisa menikmati lagu dari berbagai aliran loh. Pokoknya semuanya lengkap tersedia. Saat ini, aplikasi Joox juga sudah tersedia untuk perangkat Android maupun iOS.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Ciri-Ciri Musik Reggae di Indonesia Saat Ini"