Investasi Reksa Dana di Danareksa

Gedung Danareksa - Blog Mas Hendra

Apa kabarnya sobat blogger dan para pembaca di mana pun Anda berada?? Semoga saja selalu dalam keadaan sehat-sehat ya. Kalau masih ada yang dalam keadaan kurang sehat, semoga cepat diberi kesembuhan. Melalui sebuah tulisan sederhana ini, kali ini saya akan menyinggung masalah seputar investasi reksa dana di Danareksa. Sebuah investasiku masa depanku yang cemerlang dari Danareksa.


Ketika Anda membaca kata 'Reksa Dana' dengan 'Danareksa', mungkin saja sebagian dari Anda, ada yang masih bingung atau belum mengerti dalam membedakan arti ‘Reksa Dana’ dengan ‘Danareksa’. Kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda, namun keduanya saling berkaitan satu sama lain.

Admin Bingung - Blog Mas Hendra
Bingung nih!! Reksa Dana dengan Danareksa apa bedanya ya???

Sebelum Anda melanjutkan membaca artikel ini lebih jauh lagi, saya akan membahas terlebih dulu pengertian dari Reksa Dana.


Pengertian Reksa Dana

Saya akan menjelaskan dulu arti kata Reksa Dana itu sendiri. Secara etimologi, kata Reksa berarti 'memelihara', 'menjaga' atau 'mengelola'. Sedangkan Dana berarti 'sekumpulan uang'. Di Inggris, Reksa Dana disebut juga Unit Trust, sedangkan di Amerika disebut Mutual Fund.

Jadi Reksa Dana dapat diartikan sebagai sekumpulan dana dari masyarakat (investor atau pemodal), untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio dan dikelola oleh perusahaan pengelola investasi atau disebut juga Manajer Investasi (MI). 

Sedangkan menurut Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 Pasal 1 ayat (27) : "Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi." 

Mungkin muncul pertanyaan di benak Anda, apa itu Manajer Investasi?? Jadi manajer investasi itu adalah pihak yang akan mengelola berbagai jenis investasi mulai dari investasi properti, obligasi, saham, pasar uang dan jenis investasi lainnya untuk mencapai target investasi yang akan memberikan keuntungan bagi para investor atau pemodal.
Target Investasi Tercapai - Blog Mas Hendra
Harapan setiap investor yakni tercapainya target investasi


Sejarah Reksa Dana

Kapan kali pertama muncul Reksa Dana? Jadi Reksa Dana ini kali pertama diterbitkan tanggal 21 Maret 1924. Waktu itu Reksa Dana-nya bernama Massachusetts Investors Trust, yang dalam kurun waktu satu tahun saja sudah memiliki sebanyak 200 investor Reksa Dana dengan total aset mencapai US$ 392.000. Massachusetts itu sendiri adalah sebuah negara bagian di Amerika Serikat, bagian dari daerah New England. 

Agar investasi Reksa Dana yang Anda lakukan aman dan menguntungkan, maka  memilih perusahaan pengelola investasi yang memiliki track record terbaik menjadi satu pertimbangan mutlak. Penasaran kira-kira perusahaan mana yang memiliki track record terbaik dan profesional dalam mengelola investasi tersebut?? Akan saya bahas di bawah ini.


Keuntungan Investasi Reksa Dana 

Investasi Reksa Dana memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan produk investasi lainnya serta lebih menguntungkan masa depan Anda. Dan berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh  : 

1. Investasi dikelola oleh Manajemen yang profesional yang memang ahli dalam pengelolaan dana.

2. Investor dapat memantau keuntungan, biaya serta resiko setiap saat secara transparan.

3. Diperlukan biaya transaksi yang cukup rendah, karena dikelola oleh Manajemen yang profesional. Jumlah biaya akan lebih rendah lagi bila investor langsung melakukan transaksi di bursa.

4. Potensi untuk mendapatkan keuntungan lebih tinggi.

5. Sebagai investasi jangka panjang di masa depan.

6. Investasi awal lebih murah.

7. Reksa Dana dapat dijual kapan saja tanpa terkena penalti. 

8. Reksa Dana tidak terkena pajak, tidak seperti deposito. 


Cermat Dalam Menentukan Investasi Reksa Dana

Cerita mengenai maraknya investasi bodong yang merugikan nasabah, kerap kali sering terjadi. Dengan iming-iming berupa keuntungan besar dari investasi yang dilakukan, menjadi daya pikat yang utama untuk menjerat korbannya. 

Dapat saya simpulkan, bahwa untuk melakukan sebuah investasi, bukanlah perkara yang mudah. Untuk meminimalisir agar terhindar dari penipuan yang sama, tidak ada salahnya jika Anda mengambil sikap yang lebih cermat, teliti dan kritis ketika akan melakukan investasi jenis Reksa Dana ini.

Dua langkah sederhana yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan investasi adalah :

1. Selalu periksa apakah perusahaan pengelola investasi (Manajer Investasi) tersebut terdaftar di Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal).

2. Selalu cek skema keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Agar Anda tidak bingung, ragu atau galau lagi ketika akan melakukan investasi Reksa Dana, Anda dituntut untuk lebih cermat dalam memilih perusahaan pengelola investasi yang profesional serta memiliki track record terbaik di bidangnya, seperti yang sudah dilakukan oleh Danareksa Investment Management (DIM). Sebagai perusahaan yang mengelola Sertifikat Danareksa, DIM merupakan anak perusahaan dari PT. Danareksa (Persero) yang berdiri pada tahun 1992.


Investasi Reksa Dana di Danareksa saja
Bingung mau investasi Reksa Dana?? Ke Danareksa saja


Mengapa Harus di Danareksa?

Halaman Muka Website Danareksa Investment Management

Banyak alasan yang menjadikan Danareksa sebagai pilihan bagi Anda yang akan melakukan investasi, mengingat nama Danareksa bukanlah pemain baru sebagai sebuah perusahaan pengelola investasi. 

Penggalangan dana berbagai institusi, baik swasta maupun milik negara serta pemerintah, telah dilakukan oleh Danareksa sejak akhir 1997. Selain itu, Danareksa juga berperan dalam penerbitan maupun penjualan efek di Pasar Modal (baik saham maupun obligasi), serta memberikan layanan sebagai penasihat transaksi seperti merjer dan akuisisi.

Dan perlu Anda ketahui Danareksa Investment Management ini merupakan Manajer Investasi pertama yang meluncurkan Reksa Dana di Indonesia. Tepatnya setelah Pemerintah RI mengeluarkan UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal, yakni pada Juli 1996 dengan meluncurkan Danareksa Melati, Danareksa Anggrek dan Danareksa Mawar.


Jenis Reksa Dana Yang Tersedia di Danareksa Investment Management

Sebagai perusahaan pertama penerbit Reksa Dana, DIM memiliki setidaknya lima jenis investasi Reksa Dana unggulan yang dapat Anda pilih :

1. REKSA DANA SAHAM

Reksa Dana Saham biasa diinvestasikan setidaknya sebanyak 80% dari portofolio yang dikelola. Investasi jenis ini umumnya memperoleh potensi hasil yang lebih tinggi melalui pertumbuhan harga-harga saham dan deviden. Meskipun nilai investasi yang diperoleh paling tinggi, namun resiko yang didapat juga terbilang paling tinggi. 

Setidaknya terdapat enam program yang dapat Anda pilih melalui Reksa Dana Saham :

1. DANAREKSA MAWAR FOKUS 10

Danareksa Mawar Fokus 10

2. DANAREKSA MAWAR

Danareksa Mawar


3. DANAREKSA MAWAR KONSUMER 10

Danareksa Mawar Konsumer 10


4. DANAREKSA MAWAR KOMODITAS 10

Danareksa Mawar Komoditas 10


5. DANAREKSA MAWAR ROTASI SEKTOR STRATEGIS

Danareksa Mawar Rotasi Sektor Strategis


6. DANAREKSA SYARIAH SAHAM

Danareksa Syariah Saham


2. REKSA DANA CAMPURAN 

Yang dimaksud dengan Reksa Dana Campuran adalah Reksa Dana yang melakukan investasi dalam efek ekuitas dan efek hutang yang perbandingannya tidak termasuk dalam ketegori Reksa Dana pendapatan tetap dan pendapatan saham. 

Terdapat dua program yang ditawarkan dari investasi Reksa Dana Campuran :

1. DANAREKSA SYARIAH BERIMBANG

Danareksa Syariah Berimbang


2. DANAREKSA ANGGREK FLEKSIBEL

Danareksa Anggrek Fleksibel


3. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah Reksa Dana yang nilai investasinya mencapai jumlah 80% dari portofolio yang dikelola ke dalam efek bersifat hutang. 

Terdapat empat program dari investasi jenis ini :

1. DANAREKSA GEBYAR INDONESIA II

Danareksa Gebyar Indonesia II


2. DANAREKSA MELATI DOLLAR

Danareksa Melati Dollar


3. DANAREKSA MELATI PREMIUM DOLLAR

Danareksa Melati Premium Dollar


4. DANAREKSA MELATI PENDAPATAN UTAMA

Danareksa Melati Pendapatan Utama


4. Reksa Dana Pasar Uang



Pengertian dari Reksa Dana Pasar Uang adalah Reksa Dana yang melakukan nilai investasi mencapai 80% pada efek pasar uang, yaitu efek hutang yang jangkanya di bawah satu tahun . 



Adapun, Anda akan mendapatkan dua pilihan program yang ditawarkan dalam investasi ini :



1. DANAREKSA SERUNI PASAR UANG II



Danareksa Seruni Pasar Uang II





2. DANAREKSA GEBYAR DANA LIKUID



Danareksa Gebyar Dana Likuid





5. Reksa Dana Indeks 


Yang dimaksud dengan Reksa Dana indeks adalah Reksa Dana yang terdiri dari komponen yang sebagian besar dari index tertentu dan dikelola secara pasif, artinya jual beli tidak dilakukan di bursa. Biasanya keuntungan dan kerugian Reksa Dana indeks seimbang dengan indeks tersebut, kalaupun terdapat selisih, biasanya selisihnya kecil.

1. DANAREKSA INDEKS SYARIAH

Danareksa Indeks Syariah

Tabel berikut akan menjelaskan secara umum beberapa jenis Reksa Dana terbuka beserta tingkat resiko yang didapatkan :

Jenis Reksa Dana Terbuka di Danareksa


Beberapa Kelebihan Investasi Reksa Dana di Danareksa Investment Management

Sebagai investasi jangaka panjang yang cukup menjanjikan masa depan Anda, berikut adalah beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh jika berinvestasi di Danareksa Investment Management :


Kelebihan Investasi Reksa Dana di Danareksa
1. Berbagai transaksi seperti pemesanan, pembelian dan penjualan Reksa Dana dapat dilakukan secara online, baik melalui komputer maupun smartphone.

2. Anda dapat memantau laporan saldo Anda setiap hari.

3. Anda dapat memeriksa sejarah laporan transaksi setiap hari. 

4. Danareksa Investment Management selalu melakukan yang terbaik untuk memantau setiap produk-produk investasi yang dikelolanya.


Bagaimana Caranya Berinvestasi Reksa Dana di Danareksa Investment Management?

Bagaimana, Anda tertarik untuk bergabung bersama Danareksa?. Kapan lagi berinvestasi Reksa Dana kalau bukan sekarang. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dan berinvestasi di Danareksa, Anda dapat langsung menghubungi Danareksa di :


PT DANAREKSA INVESTMENT MANAGEMENT

JL. Medan Merdeka Selatan No. 14 Jakarta Pusat 10110

Fax : (62-21) 350 1707


Kantor Perwakilan Surabaya


Plaza BRI Lantai 7 Suite 705

Jl.Basuki Rahmat No.122-138

Surabaya 60271

Telepon : (62-31) 5359150


Twittericon@ReksaDanaOnline





















Selain itu, Anda juga dapat melakukan pendaftaran secara online untuk bergabung dengan program Reksa Dana, silahkan klik : Pendaftaran Online

Setelah membaca artikel di atas, semoga Anda dapat memahami dan mengerti perbedaan antara Reksa Dana dengan Danareksa. 

Jadi, Reksa Dana itu produk investasinya. Sedangkan Danareksa adalah perusahaan yang mengelola investasi Reksa Dana  tersebut. 

Sebelum menutup artikel ini, Danareksa Investment Management juga memiliki sebuah program yang sangat baik bagi investasi Anda di masa depan. Program tersebut bernama "Investasiku Masa Depanku" Penasaran seperti apa programnya?? Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi : Investasiku Masa Depanku bersama Danareksa.

Semoga bermanfaat.

 Referensi :

- reksadana.danareksaonline.com
- danareksa.com
- wikipedia
- suara.com


8 comments

Saya jadi tau mengenai reksa dana di danareksa nih ya,,, kalo reksa dana di Prancis, apa namanya ya mas hendra? hehehehehehehehehehehehe :)

Reply

Mungkin bisa langsung ditanyakan ke orang Prancis kang?? Hehehe...

Reply

kalau saya masih awam soal dana dan pendanaan kang, masih harus banyak belajar, hehe..

Reply

Bolehlah sekali-kali nyobain kang, biar tau jadinya

Reply

Aku lagi ngelirik lirik buat invest di reksadana jg mas.. kayaknya perlu buat nyiapin dana pendidikan anak,, tapi baca2 jenis reksadana malah tambah pusying.. kayaknya pasrah aja ke MInya,, haha aku save ya artikelnya buat pedoman..

Reply

Makasih udah mampir di blog saya. Silahkan di save, semoga bermanfaat...

Reply

Banyak mjuga jenis investasi di reksa dana dan dana reksa.Saya tertarik yang reksa dana saham sepertinya aman invest disana dari pada main forex

Reply

Cobain mas Dwi, ntar saya ikutan juga...

Reply

Post a Comment