Loyal Sama BNI Gara-Gara Service yang Exceptional


Kali ini saya mau curhat tentang #PengalamanBersamaBNI. Sebenarnya kalau seluruh curhatan saya ditulis di atas kertas, mungkin butuh puluhan lembar kertas untuk menampung curhatan saya. Tapi melalui sebuah teknologi yang bernama blog, maka saya pun memiliki tempat yang tidak terbatas untuk menulis curhatan saya ini.

Tapi, sebelum lanjut ke cerita saya, kita simak dulu yuk sejarah  visi dan misi serta budaya perusahaan dari BNI yang memiliki tagline :

"Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa"


Sejarah BNI

Logo BNI Dari Masa Ke Masa
Logo BNI dari masa ke masa. (gambar diambil dari : katakidemang@wordpress) 

BNI (Bank Negara Indonesia) kali pertama didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 dan merupakan bank pertama milik negara yang hadir setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Sewaktu masa perjuangan Republik Indonesia dulu, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum. Kemudian pada tanggal 30 Oktober 1946, ORI atau Oeang Republik Indonesia sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, dicetak dan diedarkan oleh BNI.

#70TahunBNI
 R. M. Margono Djojohadikoesoemo sebagai pendiri sekaligus Presiden Direktur pertama Bank Negara Indonesia


#70TahunBNI
Wakil Presiden Mohammad Hatta melakukan peresmian Bank Negara Indonesia di gedung De Javasche Bank, Yogyakarta pada tanggal 17 Agustus 1946



Visi dan Misi BNI

Adapun visi dan misi dari BNI adalah sebagai berikut :

Visi : Menjadi lembaga keuangan yang unggul dalam layanan dan kinerja.

Misi :
1. Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh
    nasabah, dan selaku mitra pilihan utama.

2. Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.

3. Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai kebanggaan untuk
    berkarya dan berprestasi.

4. Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan 
    dan komunitas.

5. Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik
    bagi industri.


Mengenal Budaya Perusahaan

Budaya Perusahaan BNI

Budaya kerja BNI*PRINSIP 46* merupakan tuntunan perilaku insan BNI, terdiri dari :

Empat nilai budaya kerja :

1. Profesionalisme
2. Integritas
3. Orientasi Pelanggan
4. Inovasi Tiada Henti

Enam nilai perilaku utama insan BNI :

1. Meningkatkan kompetensi dan memberikan hasil terbaik.
2. Jujur, tulus dan ikhlas.
3. Disiplin, konsisten dan bertanggungjawab.
4. Memberikan layanan terbaik melalui kemitraan yang sinergis.
5. Senantiasa melakukan penyempurnaan.
6. kreatif dan inovatif.


Setelah membaca sejarah dan visi/misi serta budaya perusahaan BNI, berikutnya adalah tulisan tentang pengalaman saya bersama BNI.


Awal Mula Mengenal BNI

Sekitar tahun 2002 silam, adalah tahun di mana kali pertama saya bekerja. Waktu itu yang namanya belum bekerja alias menganggur, tidak punya yang namanya nomor rekening, bagaimana mau punya rekening bank, penghasilan saja belum ada. Lalu, apa yang mau ditabung di bank kalau penghasilan saja tidak ada.

Yang namanya rezeki memang tidak diduga dan sudah menjadi rahasia dari Tuhan. Setelah menganggur sekitar satu tahun dari lulus kuliah tahun 2001 sampai 2002, barulah saya merasakan yang namanya bekerja dan mendapatkan penghasilan. Meskipun pada saat itu nilainya tidak terlalu besar seperti sekarang, tapi tetap harus saya syukuri atas pemberian rezeki dari Tuhan ini.

Sistem pembayaran gaji karyawan pun dilakukan dengan menggunakan metode transfer antar bank. Karena transfer melalui bank dinilai lebih aman, mudah dan simpel. Dan pada saat itu bank yang dipilih adalah BNI. Saya pun tidak ambil pusing, mau bank mana saja terserah, yang penting gajian saya lancar, hahaha 😂.

Lantas, saya pun harus membuka rekening baru di BNI berikut kartu ATM-nya. Sempat kepikiran juga sih, pasti yang namanya urusan sama bank itu biasanya antrian yang mengular cukup panjang, urusan isi mengisi data, tanda tangan dan prosedur lainnya yang agak ribet, pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Belum lagi bapak security-nya yang galak-galak dan jutek, apalagi sama orang-orang 'kecil' seperti saya, yang datang ke bank hanya naik sepeda motor, bukannya naik mobil yang terkesan 'wah' dan necis. Yang sudah-sudah sih seperti itu.

Tanpa pikir panjang, saya pun mencoba membuang pikiran negatif tersebut dan berusaha positif thinking saja lah. Siapa tahu saja keadaannya tidak seperti itu.

Setelah tiba di salah satu BNI cabang Fatmawati (waktu itu saya memang masih tinggal di Cilandak, Fatmawati, Jakarta Selatan), situasi yang saya alami justru berbeda 180 derajat dengan pikiran negatif saya. Sebuah experience yang tidak saya duga sebelumnya. Saya pun dilayani bak seorang raja, tapi tanpa permaisuri alias jomblo, hehehe...

Mulai dari pintu gerbang, bapak security yang tegap dan gagah, justru menyapa saya dengan ramah dan sopan. Dan menunjukkan saya lokasi parkir motor. Lalu sesaat akan memasuki pintu gedung, ada lagi bapak security yang dengan ramah menyapa saya sekaligus membukakan pintu sambil menanyakan keperluan dan maksud kedatangan saya.

Tidak cukup sampai di situ saja, ternyata antrian tidak terlalu banyak, karena staff yang cukup banyak serta sistem prosedural berjalan dengan sangat baik. Tidak seperti bank lain yang kadang antriannya sangat banyak, membuat saya merasa bad mood duluan. Saya pun dilayani dengan seorang customer service yang sangat ramah. Beliau pun menjelaskan secara detail tentang produk-produk yang tersedia di BNI. Seluruh staff di sini memang sudah dibekali dengan 'amunisi' hospitality serta product knowledge yang sangat baik.

Kartu ATM BNI - Blog Mas Hendra
Dari logo BNI Jadul sampai berubah menjadi logo terbaru, 46


Membuka Rekening Tapenas

Karena merasa puas dengan pelayanannya serta produk-produk yang tersedia, maka saya pun berencana untuk melakukan investasi melalui salah satu produk dari BNI yang bernama TAPENAS, alias Tabungan Pendidikan Anak Sekolah. Saya membuat Tapenas ini, jauh sebelum anak pertama saya masuk SD. Jumlah uang yang saya setorkan waktu itu sebesar Rp. 200.000/bulan untuk jangka waktu 4 tahun.

Produk Tapenas Dari BNI - Blog Mas Hendra
Salah satu produk unggulan dari BNI. TAPENAS.

Ketika akan membuka rekening Tapenas di BNI cabang Fatmawati, seperti biasa, staff customer service melayani kami dengan sangat ramah. Serta memberikan informasi secara detail terkait produk dari Tapenas tersebut.

Namun karena suatu kebutuhan yang cukup mendesak, dengan amat sangat terpaksa sekali, saya pun mengambil seluruh uang Tapenas tersebut. Tentu saja berikut penalti yang harus saya bayarkan, yang jumlahnya sangat KECIL.

Berikut adalah manfaat yang akan kita dapatkan dari produk Tapenas BNI : 

1. Kepastian dana untuk tujuan di masa depan.
2. Meningkatkan kedisiplinan dalam menabung.
3. Mendapatkan asuransi bebas premi.
4. Sebagai sarana investasi dengan mendapat bunga lebih tinggi dibandingkan
    tabungan biasa.


Membuka Rekening TabunganKu

Produk TabunganKu BNI - Blog Mas Hendra

Setelah pindah ke daerah Cirendeu, Tangerang Selatan, saya pun berencana untuk membuka satu rekening di BNI lagi, kali ini tanpa memakai kartu ATM.

Pada tahun 2013 lalu, saya pun membuka satu rekening lagi tanpa memakai kartu ATM, nama produknya adalah TabunganKuSaya pun mendatangi lokasi BNI di jalan Cirendeu Raya, tepatnya berada di sebelah Pombensin Cirendeu. Harapan saya pun sama, semoga BNI tetap memberikan pelayanan yang sama seperti di BNI cabang Fatmawati.

Dan ternyata memang benar, mereka tetap konsisten dalam memberikan pelayanan yang sama seperti yang saya dapatkan di BNI cabang Fatmawati. Kami pun tetap mendapatkan pelayanan yang sangat ramah, mulai dari datang, sampai kami pulang lagi.

Untuk setoran pertama waktu itu sebesar Rp. 500.000. Sengaja saya membuka satu rekening tanpa kartu ATM, supaya tabungan tidak terkuras habis, karena keasyikkan gesek lewat ATM. 

Buku Tabungan TabunganKu BNI - Blog Mas Hendra
Buku tabungan TabunganKu 

TabunganKu ini merupakan produk dari BNI yang ditujukan untuk perseorangan dengan persyaratan yang cukup mudah dan ringan. Produk TabunganKu ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Fitur dari produk TabunganKu :

1. Setoran awal pembukaan rekening minimum Rp. 20.000.
2. Bukti kepemilikan merupakan buku TabunganKu.
3. Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dan biaya penggantian buku
    TabunganKu.
4. Transaksi penarikan tunai melalui Teller di kantor cabang BNI maksimal 
    2 kali per bulan tidak dikenakan biaya. Untuk transaksi ke-3 dan seterusnya
    dalam bulan yang sama akan dikenakan biaya Rp. 1.000 per transaksi.
5. Transaksi penarikan tunai, setoran tunai dan pemindahbukuan dapat
    dilakukan melalui Teller di Kantor Cabang Utama atau Kantor Layanan
    dibawahnya.
6. Saldo minimum rekening (setelah penarikan) adalah sebesar Rp. 20.000.
7. Jumlah minimum penarikan di Teller sebesar Rp. 100.000, kecuali pada saat
    nasabah akan menutup rekening.
8. Biaya penutupan rekening atas permintaan nasabah adalah 
    sebesar Rp. 20.000.


8 Alasan Mengapa Saya Tetap Loyal Sama BNI

Loyal Sama BNI Gara-Gara Service yang Exceptional
Satu buku tabungan milik saya, satu lagi milik istri saya dan buku TabunganKu paling atas milik kami bersama

Kalau ditanyakan, kenapa nasabah seperti saya masih tetap loyal sama BNI?. Padahal di luar sana banyak bank lain yang memberikan penawaran serta keuntungan yang jauh lebih baik. Jawabannya karena saya mendapatkan apa yang saya cari. Saya sebagai nasabah mendapatkan apa yang saya butuhkan dan inginkan di BNI. Dan berikut adalah 8 alasan saya mengapa saya tetap loyal sama BNI :

1. Saya sebagai nasabah memperoleh pelayanan yang sangat baik dari para staff, mulai dari datang sampai saya pulang lagi. Hal simpel inilah yang membuat saya tetap bertahan dari tahun 2002 sampai saat ini (2016) yang masih memiliki rekening di BNI. Mereka tetap konsisten dalam memberikan pelayanan yang exceptional kepada customer. Karena menurut saya pribadi, service is the most important thing in business.

2. Suku bunga yang saya peroleh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bank yang lainnya.

3. Tidak perlu mengantri terlalu lama, karena prosedural berjalan dengan sangat baik serta banyaknya staff yang siap melayani.

4. Saya mendapatkan penawaran produk-produk terbaik dari BNI. Seperti Tapenas dan TabunganKu.

5. Lokasi ATM yang banyak serta mudah dijangkau.

6. Biaya-biaya yang saya keluarkan tiap bulan sangat kecil, berbeda dengan bank lain yang memiliki biaya jauh lebih tinggi.

7. Sisa saldo di dalam rekening BNI bisa kurang dari Rp. 100.000. Berbeda sama bank lain yang mengharuskan sisa saldo di tabungan harus ada minimal Rp. 100.000. 

8. BNI selalu memberikan penawaran promo-promo yang sangat bervariasi. Berikut adalah beberapa promo yang sedang berlangsung saat ini :

Promo Dari BNI
 Buat yang lagi hunting furniture, jangan lewatin kesempatan ini ya. Cuma sampai 31 Agustus 2016 saja loh


Promo Dari BNI
 BNI juga bekerja sama dengan Hari-Hari Pasar Swalayan. Harap Dicatat! Cuma sampai 24 Juli 2016


Promo Dari BNI
 Bisa juga dapetin diskon gede untuk menginap loh. Promo berakhir sampai 23 Desember 2016


Promo Dari BNI
 Untuk keperluan anak, manfaatin kesempatan terbatas ini ya. Promo berlaku sampai 30 Juni 2016


Promo Dari BNI
 Belanja di elevania  juga banyak diskonnya loh. 


Promo Dari BNI
Penawaran istimewa dari Visa khusus untuk Anda setiap hari Rabu di Wonderful Wednesday


Promo Dari BNI
 Diskon juga berlaku di Shaburi. Promo berlaku sampai 24 Maret 2017


Promo Dari BNI
Diskonnya mulai dari 20% sampai 50% dengan BNI poin rewards. Promo berlaku sampai 31 Agustus 2016

Promo Dari BNI
Dapetin banyak diskon dari BNI untuk digunakan di banyak merchant yang tersebar 


Promo Dari BNI
Dapetin diskon sampai 10% untuk paket Big Box dengan Kartu Kredit BNI. Promo berlaku sampai 24 Januari 2017


Hari Jadi yang ke #70BankBNI

Sssst... Sebentar lagi di bulan Juli ini adalah hari jadi yang ke #70BankBNI loh, melalui artikel ini, saya juga mau ngucapin selamat hari jadi yang ke 70 untuk BNI. Di usia yang sudah sangat matang ini, saya percaya kalau BNI sudah merasakan yang namanya asam garamnya berkecimpung di dunia perbankan. Selama itu pula, BNI sudah menjadi pelopor bank di negeri ini yang mengedepankan pelayanan, profesionalitas dan prioritas nasabah. 

Harapan saya adalah semoga saja ke depannya nanti BNI diharapkan menjadi lembaga perbankan yang selalu komitmen dalam pengembangan negeri kearah yang lebih baik dengan exceptional service sebagai acuan utamanya. Sesuai dengan budaya kerja yang diterapkan oleh BNI : profesionalisme, integritas, orientasi pelanggan dan perbaikan tiada henti.

Foto berikut sebagai bukti bahwa BNI, melalui perkembangan teknologinya, terus berkomitmen untuk selalu meningkatkan perkembangan negeri ini :

#70TahunBNI


#70TahunBNI


Segera Buka Rekening di BNI yuk!

Penasaran dengan pengalaman saya yang diberikan oleh BNI??. Yuk segera buka rekening di BNI dan dapetin banyak bonus serta penawaran menarik lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan datang langsung ke cabang BNI terdekat atau teman-teman bisa simak info berikut ini :


@BNICustomerCare
Untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap costumer, BNI menyediakan informasi lengkap melalui Twitter : @BNICustomerCare


ATAU

24Hours BNI Call
Silahkan hubungi 1500046 untuk mendapatkan kemudahan, kenyamanan serta kebutuhan transaksi Perbankan 24 jam

Terimakasih BNI.



Referensi artikel : www.bni.co.id dan pengalaman pribadi
Foto promo dari Twitter BNI @BNIPromo dan @BNI 
Foto Lainnya dari dokumentasi pribadi

23 comments

Keren nih mas hendra suka menabung dah pasti untung

Reply

Wah utangnya juga banyak mas, hihihi... Kalo menabung itu haruslah,

Reply

Gaji pake sistem transfer antar bank
Oh jadi banknya yg ditransfer y bang?
Gimana caranya tuh bang??
Sesungguhnya kita adalah manusia
Dan sesungguhnya uang di bank itu adalah tabungan manusia
Jadi uang di bank itu adalah uang kita meski kita tidak menabung karena kita adalah manusia

Reply

Iya uangnya mas yang ditransfer, masa bank nya. Niki mau ditransfer ke Africa tak????

Reply

pengalaman yg berkesan dgn BNI pastinya

Reply

Pastinya mas... Kalo nggak berkesan, mana mau saya bertahan

Reply

Waah samaan dong aku juga punya rek di bni

Reply

Wah sama dong. TOS!!! Bagi dong, *eh....

Reply

Waks. Nganggur setahun baru dapat kerja? Aku harus belajar sabar nih sama Mas Hen. Kalau soal bank, aku nggak punya rekening BNI sih. Moga segera punya dengan kerjaan baru. Huahahaha.

Reply

Setahun itu bolak balik nyari kerjaan nggak dapat juga, baru deh tahun 2002 dapat kerjaan. Ya memang harus sabar dan berusaha keras, apalagi kota Jakarta Bung!!!

Buka rekening dong di BNI, biar ngerasain gimana enaknya jadi nasabah BNI....

Aaamiiin team dari blog mas hendra doain biar cepet dapat kerjaan baru Cha....

Reply

Saya juga nasabah BNI sejak 2003an, mantabs neh Mas Hendra sekeluarga di BNI semua nabungnya. Ini buat lombakah?

Reply

Wah lama juga mas jadi nasabahnya. Iya nih kompetisi dari BNI... Ikutan dong

Reply

Pas banget nih, aku mau buka rekening tabungan.. limitnya itu murah banget.. kayaknya perlu dicoba nih pake tabunganKu dari BNI.. makasih mas infonya..

Reply

Terimakasih sudah mampir di blog saya. Senang kalau bermanfaat. Silahkan buka rekening di BNI, dan dapetin banyak benefitnya....

Reply

Saya baru tau dengan "TABUNGANKU" cocok banget tuh ya utk pelajar/mahasiswa karena setoran awalanya cuma Rp.20 ribu, tak dikenakan biaya administrasi bulanan pula, hehehe... Tapi, toss dulu, kita sama-sama punya TAPENAS BNI, hehehe

Reply

Cocok untuk siapa aja sih sebenarnya. Biayanya murah banget dan pasti aman, apalagi nggak pake kartu ATM,

Reply

wah...BNI lagi nih..heheheehe
Semoga menang mas ya ...dan salam kenal :)

Reply

Aaamiiin... Makasih udah mampir juga. Salam kenal juga

Reply

iya mas Hendra sama-sama..hehehe :)

Reply

Keren ya BNI, ada Fasilitas Rekening TabunganKu yang saldo minimalnya cuma 20rb..
keren,, jadi bakal lebih banyak yang suka dan tidak takut menabung ke bank dengan membawa uang recehannya ^_^

Salam kenal mba, tulisan yg renyah untuk dibaca dan gak membosankan.. semoga kita sama2 menang aamiin..

Jika berkenan blogwalking juga di artikel saya, trims ^_^ http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/bni-bank-kebangganku-untuk-berkarya-dan.html

Reply

Siip lah, pokoknya fitur-fiturnya terbilang lengkap dan menguntungkan nasabah, serta yang penting adalah pelayanannya yang luar biasa alias exceptional!!

BTW, saya bukan mba, hiks... hiks...

Reply

Saya juga sahabat setia BNI sejak saya masih sekolah dulu,
Nice artikel mas

Reply

Trims sudah mampir ya. Kenapa nggak diceritain pengalaman bersama BNI di blog?? Berbagi pengalaman, siapa tahu bermanfaat bagi orang lain...

Reply

Post a Comment