Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Apa kabarnya?. Kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara membuat atau perpanjang SKCK. Kalau dulu itu namanya SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik), tapi sekarang berubah menjadi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Nah bagi teman-teman yang masih bingung atau belum pernah membuat, silahkan membaca artikel ini.


Saya biasa membuat atau perpanjang SKCK di Polres Jakarta Selatan. Soalnya lokasinya lumayan dekat dari rumah. Dan untuk pembuatan SKCK ini tidak boleh di wakilkan, karena dibutuhkan proses sidik jari (bagi yang pertama kali membuat SKCK). Pun kalo perpanjang tidak bisa diwakilkan, harus tanda tangan juga, tapi tidak perlu proses sidik jari lagi.

Berikut adalah persyaratan administrasi bagi yang akan membuat SKCK baru : 
1. Foto copy KTP 1 lembar.
2. Foto copy Kartu Keluarga 1 lembar.
3. Surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan yang disahkan oleh Kecamatan. (Jadi prosesnya dari RT sampai ke Kecamatan).
4. Pas foto ukuran 4x6 sebanyak 6 lembar.
5. Proses sidik jari di Polres.

Dan ini adalah persyaratan untuk perpanjang SKCK :
1. Foto copy KTP 1 lembar.
2. Foto copy Kartu keluarga 1 lembar.
3. Pas foto ukuran 4x6 4 lembar.
4. Membawa SKCK yang masih berlaku.
5. Kalau masa berlaku SKCK sudah habis, diperlukan surat pengantar RT, RW yang disahkan oleh Kelurahan.
6. Tidak perlu sidik jari lagi.

Saya pun sempat memfoto banner persyaratan untuk membuat SKCK baru maupun perpanjang SKCK :
Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Prosedur pengajuan pembuatan SKCK

Cara Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Jam operasional pelayanan SKCK Polres Jaksel

Oh iya, nanti kalau teman-teman mau membuat atau perpanjang SKCK, harus mengisi form yang sudah disediain. Jangan lupa juga untuk bawa pulpen sendiri, meskipun sudah disediakan disana, tapi terkadang suka ngantri. Biaya pembuatan SKCK cuma Rp. 10.000. Masa berlaku SKCK itu hanya 3 bulan dari tanggal pembuatan atau perpanjangan.

Artikel menarik lainnya : Cara Membuat Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian

Demikian artikel tentang cara membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

Semoga bermanfaat.

Share This Article


13 comments:

  1. Boleh saya save mas gambarnya ? kebetulan saya mau buat SKCK nih di polres terdekat . untuk masalah biay paling berapa mas ? terus itu kalau SKCK berlakunya berapa tahun ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas. Biaya berkisar 10-20rb an. SKCK biasanya berlaku 3 bulan doang. Semua ada di dalam artikel

      Delete
  2. Buat Lulusan sekolah yg mau kerja butuh banget nih informasi ini biar sekali jalan dah selesai krn dah tahu syarat-syaratnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat mas buat yang membutuhkan

      Delete
  3. baca ini, saya jadi berfikir kalau tiap daerah beda-beda syarat buat SKCK. Di daerah saya cukup mudah tidak pakai syarat banyak cuman banyak punglinya hahaha.. Syarat Ambil skck cuman rekomendasi polres (bayar 20.000 cuman untuk selembar kertas doang :D), foto 3x4 6 lembar terus isi form. Sidik jari (bayar 10.000). biaya pembuatan skck pun tidak sesuai dengan peraturan pemerintah yaitu 30.000 (belum termasuk biaya pengesahan fotocopy nya).. Maaf saya curhat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka di dalam birokrasinya pun harganya berbeda-beda, tidak ada patokan tetap berarti ya. Makasih sudah mampir

      Delete
  4. mau nanya nih saya mau bikin skck di porles jaksel dan pas saya mau minta surat kerangan rt/rw kata pak rt nya nggak usah pake begituan. cuma bawa foto copy ktp.akte.kk ijazah terakhir. dan foto 4x6 6 lembar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau bikin SKCK memang harus ada surat pengantar dari Kelurahan yang ditandatangani sama Kecamatan. Nah untuk sampe ke Kelurahannya, ya kita harus minta surat pengantar dari tingkat RT dan RW dulu dong...

      Delete
  5. mau nanya nih saya mau bikin skck di porles jaksel dan pas saya mau minta surat kerangan rt/rw kata pak rt nya nggak usah pake begituan. cuma bawa foto copy ktp.akte.kk ijazah terakhir. dan foto 4x6 6 lembar

    ReplyDelete
  6. Halo saya mau tanya kalau sblmnya saya sdh buat skck dipolsek tp ternyata harus dr polres apakah saya harus membuat skck baru dari polres atau bisa diperpanjang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup diperpanjanga aja mba...

      Delete
    2. Mau tanya nih kalau tidak ada akte kelahiran tetapi hanya ada surat kelahiran bisa ngga?
      Dan kalau ijazah nya hilang trus diganti dengan surat keterang dari sekolahan bahwa pernah berstatus disekolah tersebut itu bisa ngga ya mas
      Terimakasih

      Delete
    3. Bisa mba Indri, coba aja deh. Tapi mungkin saja tergantung dari masing-masing kepolisian juga sih ya

      Delete