Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Nggak Biasa Untuk Mempromosikan Bisnis

Cara Unik Mempromosikan Bisnis

Langkah apa yang pertama kali dilakukan orang ketika baru memulai bisnisnya? Lalu, apa yang dilakukan orang ketika bisnisnya sudah mulai berjalan? Dan terakhir, apa yang harus dilakukan orang ketika bisnisnya sudah mulai ramai? Jawaban dari ketiga pertanyaan itu adalah PROMOSI. Yup betul banget, promosi memiliki peranan yang cukup penting di dunia marketing. Usaha atau bisnis tanpa promosi itu ibarat, masakan tanpa garam, rasanya hambar dan seperti ada yang kurang.

Namun promosi yang dilakukan mulai dari awal hingga bisnis sudah berjalan, memiliki tingkatan porsi yang berbeda. Seperti pada saat memulai bisnis, tentu saja seseorang harus gencar melakukan promosi kesana kemari demi mengenalkan usahanya ke masyarakat luas.

Selain pandai memanfaatkan peluang yang ada, bisnis juga harus dibarengin dengan promosi, agar roda perputaran bisnis terus berjalan dan nggak berhenti. 

Coba kamu tengok, contohnya minimarket atau supermarket yang sudah punya nama besar, pasti sering melakukan promosi, entah itu program 50% off, buy 1 get 1, buy 2 get 1, jika konsumen belanja pada kelipatan tertentu akan mendapatkan reward, dan lain sebagainya. Padahal, kalau kita pikir, tanpa promo seperti itu pun, usaha mereka tetap saja berjalan.

Bentuk promosi bukan hanya itu saja loh, ada bentuk promosi-promosi lainnya, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal biayanya. Namun kalau bisa sih, kita menerapkan prinsip dasar ekonomi : "Modal yang sedikit untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya". Hihihi...

Salah satu promosi dengan biaya yang bisa dibilang cukup terjangkau adalah dengan memanfaatkan media merchandise atau souvenir yang unik dan menarik. 

Lalu, kalau barang-barang promosinya sudah siap, kemana kita harus nyebarinnya? Biar bisnis kamu semakin dikenal luas dan makin laris manis, ya berarti promosi kamu juga harus tepat sasaran. Bagaimana caranya? Mudah saja kok. Yuk kita lihat 6 cara nggak biasa untuk mempromosikan bisnis ala Bogmashendra.com berikut ini :

1. Menempelkan stiker di angkutan umum

Kalau kamu lagi naik bis, angkot atau sejenisnya, kamu bisa menempelkan stiker bisnis kamu di kaca atau di body mobilnya. Sssst, tapi jangan sampai ketahuan ya. 

Dengan begini, muncul harapan agar stikernya dapat dibaca oleh orang banyak. Dan kalau orang-orang sudah pada baca, jadi muncul rasa penasaran, kalau sudah penasaran, pasti mereka akan mencoba untuk mendatangi lokasi bisnis milik kamu.

2. Membagikan jaket ke tukang ojek pengkolan

Membagikan jaket bisnis yang sudah kamu buat ke tukang ojek langganan kamu. Yang namanya tukang ojek itu kan nganterin penumpangnya ke berbagai lokasi, ada yang dekat, sedang atau jauh. 

Nah, selama mereka beroperasi memakai jaket yang kamu kasih, maka akan banyak orang yang akan memperhatikan brand kamu di jaket tersebut. Jadi secara nggak langsung, para ojekers juga turut membantu mempromosikan bisnis kamu loh.

3. Membagikan topi ke kondektur

Untuk menghindari panas terik matahari, biasanya para kondektur atau kernet bis memakai topi, atau minimal memakai slayer untuk nutupin kepalanya biar adem. Nah disini bisa jadi peluang promosi yang cukup oke nih, kamu bisa membagikan topi kamu ke mereka. 

Selain sebagai bentuk amal jariah, bisnis kamu juga akan semakin dikenal luas oleh masyarakat. Artinya, antara kamu sama mereka sama-sama menguntungkan.

4. Membagikan kaos ke penjual keliling

Promosi ini mirip banget sama partai yang suka membagi-bagikan kaos. Hanya bedanya kalau partai membagikan kaosnya banyak banget, kalau kamu bisa membagikan kaos sesuai dengan bujet saja. Kamu bisa membagikan kaos ke beberapa penjual keliling yang sering mampir di sekitar tempat tinggal kamu.

5. Manfaatkan momen berharga

Ada beberapa momen berharga yang mungkin saja bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan bisnis kamu atau sekadar menambah relasi bisnis, seperti acara kopdar suatu komunitas atau reunian. 

Kamu bisa memberikan semacam merchandise atau souvenir berupa gantungan kunci atau pin brand bisnis kamu ke mereka. Bisnis plus silaturrahmi pun tetap jalan saling beriringan.

6. Reward kepada konsumen loyal

Sudah saatnya ketika bisnis kamu mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan, kamu bisa memberikan reward kepada konsumen yang kamu anggap loyal. Jadi kalau misalnya konsumen yang loyal itu transaksi dalam jumlah tertentu (target marketing), maka kamu bisa berikan "kenangan" berupa sebuah mug, gelas atau jam dinding, sebagai bentuk reward bagi mereka. 

Dengan cara seperti ini, diharapkan para konsumen pun akan merasa dihargai eksistensinya selama ini, dan peluang mereka untuk kembali lagi akan lebih besar. Itu artinya income akan semakin terbuka lebar.

Itulah manfaat promosi di dalam dunia marketing, agar roda bisnis terus berputar untuk mencapai target yang diharapkan. Dengan promosi, secara nggak langsung, kamu mempertahankan loyalty konsumen. 

Karena seperti yang saya pelajari sedikit dari ilmu marketing, mempertahankan konsumen agar tetap loyal terhadap brand kita, itu nggak mudah loh, mengingat persaingan semakin hari semakin ketat.

Namun satu hal yang perlu digarisbawahi (*ngambil penggaris), semua promosi yang kamu jalanin, nggak akan berarti apa-apa kalau kamu nggak memberikan pelayanan (service) yang wow kepada konsumen. Karena BEYOND SERVICE sejatinya merupakan bentuk promosi yang hakiki...

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang masih bingung bagaimana mempromosikan bisnis yang anti mainstream.

Semoga bermanfaat.

10 komentar untuk "6 Cara Nggak Biasa Untuk Mempromosikan Bisnis"

  1. Wah iya bener tuh, dengan cara kita membagikan kaos ke penjual keliling, beri jaket ke tukang ojek, tempel ke angkot sebagai jara jitu untuk mempromosikan bisnis kita ya. Kenapa saya gak kepikiran sampe kesitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba Kang, siapa tau bisnis kita jadi lebih dikenal lagi.

      Hapus
  2. Wahhh saya gak kepikiran tuh buat nempelin stiker ke angkutan umum, tapi emang bener juga yaa.. Jadi bisa dilihat orang banyak yang naik, dan terkenal di kalangan masyarakat dan kenek-kenek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah minimal masyarakat dan para kenek jadi tau bisnis kita, hahaha. Minta izin lebih baik lagi.

      Hapus
  3. Ulasan yang sangat bermanfaat. Selamat malam, Mas.

    BalasHapus
  4. Cara promosi yang dibagikan dalam artikel ini terbilang unik, dan saya yakin kalau diterapkan secara konsisten maka hasilnya akan sangat signifikan bagi perkembangan bisnis yang dijalani ya kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja Mang. Kayaknya masih sedikit yang mencoba promosi dengan cara ini, hehehe. Barangkali Kang Maman tertarik untuk mencobanya.

      Hapus
  5. Jangan lupa gambar barang yang mau dipromosikan diletakkan di tempat yang mudah diliat Mas Hen hehe. Misal kalau di kaos bagia bahu atas. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap laksanakan komandan. Terima kasih atas masukannya. Bisa dipertimbangkan nih Mas.

      Hapus