6 Cara Nggak Biasa Untuk Mempromosikan Bisnis

Saya mau tanya guys, langkah apa sih yang pertama kali dilakukan orang ketika baru memulai bisnisnya? Terus pertanyaan kedua, langkah apa yang dilakukan orang ketika bisnisnya sudah mulai berjalan? Lalu yang terakhir, langkah apa yang harus dilakukan orang ketika bisnisnya sudah mulai ramai? Mau tahu apa mau tahu banget jawabannya?! Jawaban dari ketiga pertanyaan itu adalah PROMOSI. Yup betul banget, promosi memiliki peranan yang cukup penting di dunia marketing. Usaha atau bisnis tanpa promosi itu ibarat, masakan tanpa garam, rasanya hambar dan seperti ada yang kurang.


Namun promosi yang dilakukan mulai dari awal hingga bisnis sudah berjalan, memiliki tingkatan porsi yang berbeda. Seperti pada saat memulai bisnis, tentu saja seseorang harus gencar melakukan promosi kesana kemari demi mengenalkan usahanya ke masyarakat luas.

Selain pandai memanfaatkan peluang yang ada, bisnis juga harus dibarengin sama yang namanya promosi, agar roda perputaran bisnis terus berjalan dan nggak berhenti. Coba kamu tengok, contohnya minimarket atau supermarket yang sudah punya nama besar, pasti mereka menerapkan yang namanya promosi, entah itu program 50% off, buy 1 get 1, buy 2 get 1, jika konsumen belanja pada kelipatan tertentu akan mendapatkan reward, dan lain sebagainya. Padahal, kalau kita pikir, tanpa promo seperti itu pun, usaha mereka tetap saja berjalan.

Dan yang namanya promosi bukan cuma itu saja loh, ada bentuk promosi-promosi lainnya, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal biayanya. Tapi kalau bisa sih, kita menerapkan prinsip dasar ekonomi : "Modal yang sedikit untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya". Hihihi...

Salah satu promosi dengan biaya yang bisa dibilang cukup terjangkau adalah dengan memanfaatkan media merchandise atau souvenir yang unik dan menarik. Salah satu website yang nyediain beragam merchandise dan souvenir oke punya adalah Custom Bagus. Caranya juga mudah banget kok, tinggal klik website www.custombagus.com dan pilih jenis souvenir yang akan kamu gunakan sebagai media untuk promosikan bisnis kamu.




di Custom Bagus, kamu bebas mengolah dan menentukan logo sendiri atau tema yang sesuai dengan brand atau bisnis kamu. Nantinya logo atau tema yang sudah jadi, bisa diletakkan ke dalam bentuk : brosur atau katalog, kartu nama, kartu undangan, pulpen, payung, banner, spanduk, kaos, topi, jaket, stiker, pin, mug, botol minuman, jam dinding, poster, gelas, bantal, dompet dan masih banyak yang lainnya.





Terus kalau barang-barang promosinya sudah siap, kemana kita harus nyebarinnya? Biar bisnis kamu semakin dikenal luas dan makin laris manis, ya berarti promosi kamu juga harus tepat sasaran. Bagaimana caranya? Mudah saja kok. Yuk kita lihat 6 cara nggak biasa untuk mempromosikan bisnis ala Mas Hendra berikut ini :


1. Tempelin stiker di angkutan umum

Kalau kamu lagi naik bis, angkot atau sejenisnya, kamu bisa manfaatin untuk nempelin stiker bisnis di kaca atau di body mobilnya. Dengan begini, muncul harapan agar stikernya dapat dibaca sama orang banyak. Dan kalau orang-orang sudah pada baca, jadi muncul rasa penasaran, kalau sudah penasaran, pasti mereka akan mencoba untuk mendatangi lokasi bisnis milik kamu. Kalau bisnis kamu sudah ramai, pasti kamu jadi sibuk dan nggak sempat ngehubungin aku deh. Eh malah baper!


2. Bagiin jaket ke tukang ojek pengkolan

Bagiin jaket bisnis yang sudah kamu buat ke tukang ojek langganan kamu. Yang namanya tukang ojek itu kan nganterin penumpangnya ke berbagai lokasi, ada yang dekat, sedang atau jauh. Nah, selama mereka beroperasi memakai jaket yang kamu kasih, maka akan banyak orang yang akan memperhatikan brand kamu di jaket buatan Custom Bagus tersebut. Jadi secara nggak langsung, para ojekers juga turut membantu mempromosikan bisnis kamu loh.





3. Bagiin topi ke kondektur

Untuk menghindari panas terik matahari, biasanya para kondektur atau kernet bis memakai topi, atau minimal memakai slayer untuk nutupin kepalanya biar adem. Nah disini bisa jadi peluang promosi yang cukup oke nih, kamu bisa bagiin topi kamu ke mereka. Selain sebagai bentuk amal jariah, bisnis kamu juga akan semakin dikenal luas sama masyarakat. Artinya, antara kamu sama mereka sama-sama menguntungkan.


4. Bagiin kaos ke penjual keliling

Promosi ini mirip banget sama partai yang suka bagi-bagiin kaos. Cuma bedanya kalau partai bagiin kaosnya banyak banget, kalau kamu bisa bagiin kaos seperlunya saja, yang penting sesuai budget. Kamu bisa bagiin kaos ke beberapa penjual keliling yang sering mampir di sekitar tempat tinggal kamu.


5. Manfaatin momen berharga

Ada beberapa momen berharga yang mungkin saja bisa kamu manfaatin untuk meningkatkan bisnis kamu atau sekadar menambah relasi bisnis, seperti acara kopdar suatu komunitas atau reunian. Kamu bisa berikan semacam merchandise atau souvenir berupa gantungan kunci atau pin brand bisnis kamu ke mereka. Bisnis plus silaturrahmi pun tetap jalan saling beriringan.


6. Reward kepada konsumen loyal

Sudah saatnya ketika bisnis kamu mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan, kamu bisa memberikan reward kepada konsumen yang kamu anggap loyal. Jadi kalau misalnya konsumen yang loyal itu transaksi dalam jumlah tertentu (target marketing), maka kamu bisa berikan "kenangan" berupa sebuah mug, gelas atau jam dinding, sebagai bentuk reward bagi mereka. Dengan cara seperti ini, diharapkan para konsumen pun akan merasa dihargai eksistensinya selama ini, dan peluang mereka untuk kembali lagi akan lebih besar. Itu artinya income akan semakin terbuka lebar.

Itulah manfaat promosi di dalam dunia marketing, agar roda bisnis terus berputar untuk mencapai target yang diharapkan. Dan juga dengan promosi, secara nggak langsung, kamu mempertahankan loyalty konsumen. Karena seperti yang saya pelajari sedikit dari ilmu marketing, mempertahankan konsumen agar tetap loyal terhadap brand kita, itu nggak mudah loh, mengingat persaingan semakin hari semakin ketat.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba promosi dengan memanfaatkan merchandise dan souvenir, jangan ragu-ragu untuk mengunjungi Custom Bagus.

Namun satu hal yang perlu digarisbawahi (*ngambil penggaris), kesemua promosi yang kamu jalanin, nggak akan berarti apa-apa kalau kamu nggak memberikan pelayanan (service) yang wow kepada konsumen. Karena BEYOND SERVICE sejatinya merupakan bentuk promosi yang hakiki...

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara mempromosikan bisnis yang anti mainstream.

8 comments

kalau promosi biar mantep kasih diskon besar-besaran, pasti ampuh! :D

Reply

Tiga pertanyaan dijawab dengan satu jawaban dan satu kata. Keren keren. Nggak kepikiran. Tapi memang bener ya, Mas Hen. Kalau nggak ada promosi gimana mau punya pelanggan :'D

Yuhuuuu ikut lomba Custom Bagus. Sukses ya buat lombanya, Mas Hen! ;)

Reply

Makasih Icha... Ikutan juga dong

Reply

aduh..
mau kalau dikasi jaket dan topi gratisan mas hendra...
hehehe..

Reply

Jadi tukang ojeg pangkalan dulu, hahaha...

Reply

Pastinya, tapi liat budget juga... harus balance

Reply

Custombagus memang tepat sebagai pilihan karna profesional dari segi desain dan layanannya.

Reply

Siip lah mas Adam pokoknya.

Reply

Post a Comment