Begini Cara Saya Mengatasi Sony Xperia C yang Hang

Sony Xperia C Warna Hitam - Blog Mas Hendra

Pasti sudah banyak tips, trik maupun pengalaman teman-teman di dunia maya tentang bagaimana cara mengatasi smartphone ketika mengalami eror atau hang.  Beragam cara sederhana sampai pada cara yang profesional ramai-ramai ditulis di banyak situs di internet.


Nah, belajar dari pengalaman saya ketika mengatasi smartphone Sony Xperia C saya yang sempat hang beberapa waktu lalu, saya akan berbagi sedikit pengalaman yang bisa dibilang cukup sederhana, tidak perlu mengoprek software dan tidak perlu dibawa ke service center.

Sony Xperia C merupakan smartphone keluaran pabrikan asal Jepang. Smartphone ini memiliki memori internal yang sangat terbatas, yakni hanya 4GB (3GB untuk system dan 1GB untuk user). RAM-nya pun hanya 1GB, jadi jangan heran, terkadang suka mengalami sedikit lag ketika mengutak-atik smartphone ini.

Tapi, saya akui secara keseluruhan smartphone ini cukup tangguh juga, meskipun sudah beberapa kali terjatuh, belum pernah mengalami kerusakan berarti, baik psikis maupun fisik. Baca saja ulasan saya -> Evaluasi Setahun Sony Xperia C

Puncaknya, sewaktu anak saya memainkan sebuah game sederhana. Bayangin guys, game-nya sederhana banget, ukuran filenya juga kecil, tapi bisa bikin smartphone jadi hang.

Setelah menunggu beberapa lama, smartphone saya sama sekali tidak merespon. Tetap loading, sampai batas waktu yang tidak ditentukan, entah sampai kapan. Meskipun ditekan tombol power berulang kali, smartphone tetap tidak merespon.

Bagi smartphone yang baterainya bisa dilepas, tentu hal ini bukanlah masalah besar, karena cukup hanya dengan melepas baterai, maka masalah teratasi. Tapi Sony Xperia C saya kan baterainya menempel, tidak  bisa dilepas. Memang sih katanya ada tombol reset di bagian dalam body smartphone, tapi saya belum pernah mencobanya.

Solusinya?

Akhirnya saya akalin dengan cara mendiamkan smartphone sampai baterainya benar-benar habis total. Setelah smartphone mati, barulah saya charge. Tidak lama kemudian, muncul logo Sony dan indikator baterai pun mulai menyala. Hal ini mengindikasikan jika smartphone sudah normal kembali. Setelah baterai penuh, smartphone saya hidupkan dan akhirnya menyala lagi seperti biasa. Alhamdulillah.

Mungkin saja kondisi setiap masalah yang dihadapi teman-teman sudah pasti berbeda-beda.  Bagaimana dengan pengalaman teman-teman? Apakah smartphone-nya sering tiba-tiba eror? Share yuk pengalamannya di sini, siapa tahu bisa tempe bermanfaat buat yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

8 comments

Kalau cara untuk memperbaiki hp samsung gimana mas apa sama juga?

Reply

Kalo baterainya nempel, coba dengan cara yang sama seperti diatas. Kalo masih gagal maning son, bawa saja ke service center

Reply

Kalau saya pakai samsung galaxy pas hang saya cuma matiin powernya saja lalu dihidupkan lagi langsung bener deh

Reply

Berarti masih ringan mas masalahe...

Reply

Caranya cukup simpel ya mas. Tapi alhamdulillah saya belum pernah mengalaminya dan jangan sampai dah hehe

Reply

Jangan sampe deh mas... Jangan sampe

Reply

Tips yang bemanfaat mas hendra, moga gak seperti itu dah hp ane.

Reply

Semoga bermanfaat mas. Terimakasih sudah mampir

Reply

Post a Comment