5 Kunci Utama Untuk Sukses Bermain Google AdSense


Program AdSense selalu menjadi primadona dibanding program periklanan yang lainnya bagi para blogger untuk menghasilkan income. Maka tidak heran, berbagai cara dilakukan para blogger agar dapat diterima sebagai publisher AdSense ini, karena begitu ketatnya peraturan Google dalam menyeleksi calon publisher-nya.


Meskipun di blog ini belum terpasang Google AdSense, namun demikian saya menerapkan iklan AdSense di http://sekitarduniaunik.blogspot.co.id. Ada banyak faktor yang dapat menentukan keberhasilan kita dalam mencari pasif income melalui aktivitas ngeblog dengan menggunakan layanan periklanan online ini. 

Seperti yang saya kutip dari informasi di jagat internet, terdapat 5 faktor yang merupakan kunci utama untuk sukses bermain AdSense. Apa sajakah kunci utama tersebut?

1. Terdaftar Sebagai Publisher

Yang jelas, pertama dan paling utama ya harus mendaftar dulu sebagai publisher di Google AdSense. Proses pendaftarannya pun bisa dibilang susah-susah gampang. Baca -> Rahasia Agar Blog Diterima Google AdSense. Tapi berdasar pengalaman saya, ikuti saja TOS (Term of Service) dan peraturan yang telah ditetapkan oleh Google. Dan tidak lupa juga, faktor keberuntungan juga turut andil dalam hal ini.


2. Mematuhi Kebijakan Program

Setelah terdaftar sebagai publisher, kunci sukses berikutnya adalah mematuhi kebijakan program AdSense tanpa terkecuali. Tentu saja kita tidak mau hanya gara-gara melanggar salah satu kebijakan Google, akun kita dinonaktifkan atau di-banned. Jadi tetap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh Google, agar akun AdSense kita tetap aman.


3. Niche atau Topik Blog

Memilih niche blog yang tepat, kemungkinan untuk mendapatkan klik iklan yang valid dari pengunjung juga semakin besar. Pilihlah topik yang paling banyak dicari, namun memiliki tingkat persaingan yang rendah, seperti niche blog tentang info kesehatan, pariwisata, bisnis maupun marketing online.


4. Trafik

Bagaimana mau sukses bermain AdSense bila jumlah trafik atau pengunjung blog sedikit, karena pengunjung yang sedikit, maka potensi klik iklan di blog pun akan kecil. Langkah terbaik tentu saja dengan meningkatkan pengunjung blog. Dengan pengunjung yang banyak dan trafik yang terus meningkat, maka potensi klik iklan pun akan semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan meningkatkan penghasilan AdSense kita. Baca -> Cara Meningkatkan Pengunjung Blog


5. Optimasi Iklan

Posisi iklan yang strategis dan tepat tentu akan mempengaruhi tingkat penghasilan AdSense kita. Banyak master AdSense yang menyarankan untuk meletakkan posisi iklan pada side bar atau sisi kiri atau kanan blog. Selain itu, iklan AdSense juga sangat baik untuk diletakkan di tengah-tengah artikel. Kayaknya semua posisi ya, hihihi…

Nah mudah-mudahan artikel diatas dapat bermanfaat bagi sobat blogger, terutama yang sedang berjuang bersama Google AdSense.

Semoga bermanfaat.

16 comments

Soal adsense saya nyimak dulu mas. Oh ya, ciri-ciri blog itu ditolak oleh adsendse pada saat review kedua apa mas. Maklum saya masih newbie :)

Reply

Untuk blog bahasa indonesia trafik paling menentukan penghasilan mas..bayangkan trafik 1000 per hari paling baru dapat $1 bahkan bisa kurang

Reply

Nanti akan ada email balasan dari Google kalo akun kita ditolak. Terus dikasih tau juga apa persyaratan yang kurang, agar kita bisa memperbaikinya. Lalu kita kirim pengajuan ulang lagi. Begitu terus sampe diterima sama si Google....

Reply

saya ditolak terus mas

Reply

Terima kasih mas Hendra atas jawabannya :)

Reply

Oh ya, apa kalau memang masih tahap review kedua iklan memang tidak muncul ya mas? Terus kira-kira sampai berapa lama? :)

Reply

Sama-sama mas, saya juga masih newbie kok, cuma sharing pengalaman aja...

Reply

Iklan belum muncul sampe disetujui sama Google. Kalo berapa lamanya, tergantung dari Google mas.. Nggak tentu juga

Reply

Kalo terus-terusan ditolak, coba daftar AdSense pake Gmail yang lainnya. Mudah-mudahan berhasil yaa...

Reply

Iya mas, saya juga ngerasa kecil nilai kliknya... Tapi tetap sabar...

Reply

Saya penghasilan Adsense masih kecil mas, jarang yang klik iklan -_-
paling dapet $0.1 dari 1000 tayangan -_-

Reply

Kebanyakan pengunjung blog yang sebagian besar adalah para blogger, pastinya sudah paham mengenai klik klik iklan di sebuah blog/website, makanya mereka jarang yang klik. Tetap berjuang mas Sekai, saya juga begitu kok...

Reply

Waaah nggak ngerti nih sama Adsense. Udah tau dari lama, tapi nggak nyoba. Nggak ngerti. Huhuhu. Dan hebat ya orang yang bisa dapat banyak income dari Adsense ini, Mas Hen :D

Reply

Wah sekali-kali perlu nyoba Cha. Bahkan nggak cuma itu aja, ada yang jadiin ngeblog sebagai kerjaan utama, alias blogger full time loh.

Reply

nice info.. google adsense emang jadi salah satu incaran blogger. sebentar lagi saya umur 18 dan berniat buat daftar, ya... semoga saja sudah memenuhi segala syarat :)

Reply

Semoga diterima yah sama Google. Aaamiiin...

Reply

Post a Comment