Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Suasana Hujan Deras di Jalan Raya - Blog Mas Hendra

Salah satu faktor yang menyebabkan kecelakaan adalah cuaca. Apalagi di musim hujan seperti sekarang, tentu saja jalanan menjadi licin dan banyak genangan dimana-mana, yang dapat mengakibatkan  pengendara motor tergelincir dan terjatuh. 


Untuk meminimalisir kecelakaan saat berkendara di musim hujan, khususnya bagi para pengendara motor, yuk simak tips aman berkendara di musim hujan berikut ini :

1. Selalu rutin memeriksa kondisi kendaraan 
Sebelum berkendara, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan Anda. Pastikan semua komponen kendaraan berfungsi dengan baik, mulai dari fungsi rem, gas, klakson, lampu utama, lampu belakang dan lampu sign. Dan jangan lupa untuk memberikan perawatan ekstra, dengan cara rutin melakukan service, terutama saat musim hujan.

Periksa juga tekanan angin dalam ban kendaraan, kondisi ban yang cukup baik, akan mengurangi resiko tergelincir, khususnya bagi para pengendara motor. Dan hindari juga berkendara dengan menggunakan ban yang sudah mulai gundul ya guys, baca juga -> Penyebab Ban Cepat Botak dan Gundul

2. Pakai sepatu atau sandal yang tidak licin 
Khusus bagi pengendara motor, jangan mengendarai motor memakai sepatu atau sandal yang licin, terutama saat musim hujan, karena akan menyulitkan Anda ketika akan menginjak pedal rem. Pakailah sepatu atau sandal yang terbuat dari bahan yang tidak licin, seperti bahan karet.

3. Hindari memakai jas hujan model ponco 
Masih banyak kita lihat para pengendara motor yang memakai jas hujan model ponco. Selain ribet, jas hujan model ponco juga rentan menyebabkan kecelakaan, dimana bagian ujung jas hujan yang menjuntai ke bawah, sangat beresiko terkena jari-jari atau velg motor saat berkendara. Alangkah baiknya jika Anda memakai jas hujan model baju dan celana, lebih aman dan nyaman. 

4. Hindari memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat hujan 
Khusus para pengendara motor yang hobi memacu motornya dengan kecepatan tinggi saat hujan, sebaiknya dihindari, karena daya cengkram pengereman sewaktu kondisi jalanan basah, akan membutuhkan jarak yang lebih jauh ketimbang kondisi jalanan yang kering. Jadi, slow saja kalau berkendara di saat hujan, tidak perlu ngebut-ngebut guys.

5. Hati-hati genangan air
Khusus pengendara motor yang menemukan genangan air di jalanan, jangan dibawa pulang genangan airnya asal main terobos saja, karena Anda tidak tahu seberapa dalam genangan air tersebut. Jadi sebisa mungkin hindari genangan airnya ya guys, biar tidak terjatuh. Anggap saja genangan air itu mantan, jadi selalu dihindari... *eh

6. Jangan berteduh di bawah pohon besar 
Hindari untuk berteduh di bawah pohon besar saat hujan tiba, khususnya para pengendara motor. Selain beresiko tumbang karena tertiup angin kencang, berteduh di bawah pohon juga menyebabkan Anda tetap basah. Lagian ngapain juga berteduh di bawah pohon, kan tetap saja basah. Pilihlah lokasi yang aman dan nyaman untuk berteduh saat hujan tiba.

Hindari juga berteduh di bawah flyover atau jalan layang, kabarnya sih akan ada peraturan baru yang dikeluarkan oleh polisi. Baca juga -> Berteduh di Bawah Flyover Bisa Kena Tilang?. Jadi pilihlah tempat berteduh yang benar-benar aman sekaligus nyaman. 

7. Siapkan perkakas perlengkapan kendaraan 
Sewaktu-waktu motor atau mobil Anda mogok karena terpaksa menerobos banjir, ada baiknya Anda menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang bisa digunakan untuk menghidupkan mesin motor/mobil. Yah mungkin bisa menyiapkan dan membawa spare busi, beragam obeng, tang dan lain sebagainya. 

8. Hubungi nomor berikut 
Jika Anda menemukan pohon yang tumbang atau memerlukan jasa mobil derek di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Anda dapat menghubungi TMC Ditlantas Polda Metro Jaya di nomor 021-52960770 atau bisa juga sms ke 1717. 

Demikian artikel mengenai tips aman berkendara di musim hujan. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda selalu 'sedia payung sebelum hujan' dan selalu waspada ketika berkendara, karena keluarga selalu menanti Anda di rumah.

Semoga bermanfaat. 

4 comments

Yang patut diwaspadai kalau ada genangan air kadang kita tidak tahu kalau ternyata genangan itu ada lubangnya dan kalau pas kita lagi kenceng bisa jatuh.Repotnya lagi kalau musim hujan motor gampang masuk angin jadi kudu siap busi cadangan

Reply

Iya bener banget mas Dwi, kalo genangan air, bawa motor pelan aja bisa jatoh, apalagi ngebut....

Reply

Ah kalau lagi cuaca hujan terus naik motor nggak berani untuk kebut-kebutan diatas 60km/jam, selain jalanannya yang licin dan takut akan jatuh ke aspal terus kulit kaki atau tangan jadi lecet-lecet hahahaha

Btw, makasih tipsnya mas hendra :)

Reply

Cari aman aja ya mba wida. Kan mba wida punya solusinya untuk perawatan kulit toh..

Reply

Post a Comment