Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semangat Menulis Menurun, Lakukan 4 Kegiatan Ini!

Sebuah Buku dan Ballpoint - Blog Mas Hendra

Ada kalanya kegiatan ngeblog menemui kendala, seperti salah satunya adalah menurunnya semangat menulis. Hal ini disebabkan karena merasa jenuh dengan kegiatan yang itu-itu saja (menulis dan membaca). Bila hal ini dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan akan berakibat menurunnya trafik pada blog yang kita kelola, karena blog yang tidak rutin di-update, akan menyebabkan menurunnya pengunjung. Baca juga -> Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Bila sobat blogger dihadapkan pada situasi seperti ini, lakukan 4 kegiatan berikut untuk mengembalikan semangat menulis yang mulai menurun. 

1. Refreshing 
Kegiatan yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan semangat yang mengendur, termasuk semangat dalam menulis. Sobat blogger dapat melakukan kegiatan jalan-jalan, piknik, liburan, cuti atau sekedar ngumpul bareng dengan orang-orang terdekat. 

2. Menonton 
Sobat blogger juga dapat melakukan kegiatan menonton acara/film favorit, baik itu di rumah maupun di bioskop. Mudah-mudahan dengan cara seperti ini diharapkan dapat mengembalikan semangat menulis yang mulai menurun. Atau bahkan bisa mendapatkan inspirasi menulis dari kegiatan menonton film tersebut. Bermanfaat bukan? Baca juga -> 8 Manfaat Film Barat yang Perlu Diketahui

3. Bermain game 
Seperti dilansir dari laman doktersehat.com, salah satu manfaat dari bermain game adalah untuk mengatasi depresi. Karena game akan mengaktifkan saraf parasimpatik yang dapat mengurangi tekanan yang dapat menimbulkan stress. Parasimpatik merupakan bagian dari saraf otonom, yang mengatur kerja jaringan dan organ tubuh yang tidak dipengaruhi atau disadari oleh kehendak kita.

Ketika sobat blogger terlalu lelah menulis dan semangat mulai menurun, cobalah sejenak untuk mencoba bermain game sampai pikiran kembali fresh. Dengan catatan game yang ringan-ringan saja ya, jangan bermain game yang justru tambah membuat stress, seperti game Cat Mario. Baca juga -> Cat Mario : Game yang Bikin Stress

4. Tidur 

Solusi terakhir kalau sobat blogger merasa menurun semangat menulisnya dan malas melakukan ketiga kegiatan diatas adalah tidur. Sepertinya Anda mulai lelah!. Segera tinggalkan laptop/PC, letakkan mouse dan keyboard, cari bantal dan kasur, lalu istirahat dan tidurlah walau cuma sebentar. Dengan tidur, sobat blogger dapat mengistirahatkan badan dan juga pikiran untuk memperbaiki kondisi tubuh dan konsentrasi kembali menjadi lebih fresh. Siapa tahu saja setelah tidur, sobat blogger mendapatkan inspirasi baru.

Mudah-mudahan sedikit tips diatas dapat membantu sobat blogger yang merasa jenuh dan menurun semangat menulisnya, kembali menjadi lebih greget menulisnya. Ingat loh, semangatnya yang menurun yaa, bukan malas menulis. Kalau malas mah tidak ada obatnya.

Bagi teman-teman sobat blogger yang memiliki tips lainnya, monggo coret-coret di kolom komentar, siapa tahu saja dapat bermanfaat buat yang lainnya.

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Semangat Menulis Menurun, Lakukan 4 Kegiatan Ini! "