Kamar Mandi dan Tanggul Amblas Gara-gara Hal Ini!

Sudah ketiga kalinya kamar mandi di rumah saya amblas. Untuk kasus yang pertama dan kedua tidak terlalu parah, dalam artian saya masih bisa memperbaiki sendiri, yah walau hasilnya tidak terlalu bagus, tapi setidaknya ubin-ubinnya sudah terpasang lagi pada tempatnya. 


Ubin Kamar Mandi Jebol - Blog Mas Hendra

Tapi kasus yang terakhir ini lebih parah bro, hampir sebagian bak mandi dan dekat closet mengalami penurunan pada bagian ubin-ubinnya. Dan puncaknya secara tidak sengaja terinjak, sebagian ubin tersebut malah langsung pecah berantakan, jadinya kelihatan ada apa dibalik ubin. Dan apa yang terjadi? Saya pasrah tidak bisa memperbaikinya, karena rusaknya sangat parah, maka saya pun memanggil sang ahli tukang, hehehe... 

Menurut info yang beredar di sekitar rumah, kamar mandi tersebut sebelumnya memang bekas kebon pisang. Seperti diketahui, tanaman pohon pisang dapat menyebabkan tekstur tanah menjadi gembur (tidak padat).

Dan ndilalahnya, pipa air pembuangan bawah tanah mengalami kerusakan (pecah), yang menyebabkan aliran air dari kamar mandi tidak keluar melalui pipa, melainkan air keluar ke dalam tanah dan merembes, sehingga lama kelamaan mengakibatkan tekstur tanah menjadi bertambah gembur. Tidak heran juga sih, kenapa lantai kamar mandi menjadi amblas, jadi ini toh penyebabnya. 

Kasus ini mirip peristiwa jebolnya Kali Cabean (bukan cabe-cabean ya!), Tegowanu, Grobogan. Karena lahan di sekitar tanggul, justru ditanami pohon pisang oleh warga sekitar. Dan hasilnya sudah bisa ditebak, tanggul pun jebol akibat tanah yang gembur tidak sanggup lagi menahan hantaman air yang deras dan mengakibatkan banjir yang menggenangi Desa Tajemsari dan Karangpasar. (berita.suaramerdeka.com/4 Mei 2015)

Tapi jebolnya tanggul kali Cabean ini tidak separah seperti jebolnya tanggul Situ Gintung. Baca juga -> Mengenang Tragedi Situ Gintung

Malah ngelantur kemana-mana yaa, dari kamar mandi sampai ke tanggul. 

Terlepas dari itu semua, perhatikan dan cermati dengan baik bila Anda akan mendirikan bangunan diatas bekas lahan tanaman pohon pisang, karena bukan tidak mungkin kasus bangunan amblas akan terjadi di kemudian hari bila tidak memperhatikan hal ini. Kok bisa ya ada kemiripan kasus antara kamar mandi jebol dengan tanggul yang jebol....

13 comments

ko bisa ambles ya mas, kalo pas kebetulan lagi di kamar mandi terus ambles kayanya bahaya juga ya, apa lagi kalo ke injek sama anak2

Reply

Kontur tanah menurun dan ke injek bisa bikin tambah amblas mba Defa....

Reply

Eh iya ya mas. Tanah yang bekas ditanami pohon pisang jadi gembur dan nggak padat gitu ya?
Ilmu baru mas. Saya baru tau. Hahaa
Bahaya juga ya mas kalo didirikan bangunan diatasnya. Bisa amblas kayak lantai kamar mandi itu. duuhh

Reply

Iya Lan, pohon pisang bisa bikin tanah jadi gembur, dan pohon pisang justru tumbuh subur diatas tanah yang gembur.

Jelas bahaya dong, makanya harus butuh teknik khusus dan keahlian buat ngebangun gedung diatas bekas kebon pisang. Apalagi ngebangun rumah tangga yang Samawa, hasseeek

Reply

Hati-hati lagi mas nanti kalau ada anak kecil yang tidak tahu keadaan toiletnya ambruk terus jatuh ketiban bebatuan bisa bahaya pada si kecil, hmm agak ngeri

Reply

mungkin harus diuruk dulu mas biar lebih padat

Reply

Untungnya sih nggak kenapa2 mba, kan ekstra pengawasan dari saya

Reply

Iya sudah mas, sudah beres sama ahlinya hehehe... Bener banget saran mas Poniran

Reply

Wah baru tau saya kalo pohon pisang bisa bikin tanah gembur. Thanks infonya Mas.

Reply

Spertinya akar pisang memang punya kemampuan mengumpulkan air,..smoga langsung diatasi persoalan tanah gembur itu

Reply

Iya mas, benar banget, makanya tanaman pohon pisang dapat menyebabkan tanah menjadi gembur

Reply

Post a Comment