Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Bayi

Matahari di Pagi Hari - Blog Mas Hendra
Belakangan ini, saya memiliki sebuah kebiasaan baru setiap pagi hari. Saya harus memberikan kehangatan sinar matahari bagi anak saya yang masih berusia 3 bulan. Mengingat betapa bermanfaatnya sinar matahari pagi, maka saya pun tidak mau melewatkan kesempatan tersebut. Antara jam 7-8 pagi, saya keluar rumah untuk mencari sinar matahari pagi yang menembus diantara dedaunan.


Para pakar kesehatan sepakat bahwa matahari pagi, terutama antara jam 7-8 pagi, sangat bermanfaat bagi tubuh. Sinar matahari pagi membantu merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Apa itu vitamin D? Vitamin D memiliki fungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga dapat menguatkan tulang. Selain itu, sinar matahari pagi juga sangat baik untuk memberikan kehangatan pada tubuh bayi sekaligus membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokannya.

Biasanya bayi mengeluarkan suara ngrok-ngrok saat bernafas, apalagi yang memiliki kecenderungan alergi, maka dengan paparan sinar matahari pagi secara rutin, gejala tersebut akan berkurang secara perlahan.

Pernah suatu ketika, saat sedang menjemur anak saya, tiba-tiba beliau bersin-bersin ditambah bonus berupa ingus. Reaksi tersebut bukan tanpa sebab, karena saya yakin hal ini merupakan efek hangat yang didapat dari sinar matahari tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat sinar matahari pagi bagi bayi :

1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si bayi
2. Mengurangi depresi atau kejenuhan pada bayi
3. Membantu menurunkan kadar bilirubin yang terlalu tinggi pada bayi
4. Membantu mengurangi perkembangan bakteri 
5. Dapat melancarkan aliran darah
6. Memperbaiki kualitas tidur
7. Meningkatkan sel darah putih yang digunakan untuk melawan penyakit
8. Membuang racun dari tubuh
9. Menghangatkan tubuh bayi

Selain baik bagi tubuh bayi, sinar matahari pagi juga sangat baik untuk orang dewasa, aki-aki, nini-nini, om, tante, dede gemes maupun para jomblo dari berbagai wilayah di negeri ini.

Semoga artikel mengenai manfaat sinar matahari pagi bagi bayi dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca juga artikel lainnya : 

Melihat Langsung Proses Persalinan
Pengalaman Belanja di Bilna Online Shop

Post a Comment