Cara Menjemur Bayi yang Benar

Sinar Matahari Pagi - Blog Mas Hendra

Sebelumnya saya pernah membahas masalah manfaat sinar matahari pagi bagi bayi, baca -> Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Bayi. Masih mengenai urusan jemur menjemur bayi, saya akan membahas sedikit mengenai cara menjemur bayi yang benar.


Menjemur bayi tidaklah sama seperti menjemur kerupuk, yang cukup diletakkan di bawah sinar terik matahari, lalu kita tinggalkan begitu saja sambil bermain game COC. Jangan sekali-kali melakukan adegan ini di rumah guys!

Meskipun tidak tertuang di dalam UUD 1945, namun menjemur bayi pun ternyata memiliki aturan dan tatacara yang harus kita perhatikan. Menjemur bayi dengan langkah yang tepat guna, tentu akan memberikan hasil yang maksimal bagi kesehatan tubuh si bayi.

Kira-kira langkah apa saja sih yang harus kita lakukan untuk menjemur bayi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Yuk kita lihat penjelasannya yang berhasil saya rangkum dari laman nasional.kompas.com berikut ini.
Bayi Lagi Dijemur - Blog Mas Hendra
Image : blog.awalbros.com
1. Pilih waktu yang tepat untuk menjemur bayi agar mendapat manfaat yang maksimal dari sinar matahari pagi, antara jam 7-8 pagi. Jangan menjemur bayi sewaktu matahari tepat berada diatas kepala (sekitar jam 12-1 siang), karena kulit bayi akan gosong atau terluka.

2. Jemur bayi antara 10-15 menit saja. Hindari terlalu lama menjemur bayi, karena dapat menyebabkan hipertemi (peningkatan suhu tubuh) pada bayi. Hipertemi dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ tubuh bayi, seperti otak.

3. Pastikan bayi tidak mengalami gangguan kulit sensitif terhadap sinar matahari, karena justru akan berdampak buruk bagi kulit bayi.

4. Jangan juga menjemur bayi di lapangan dengan paparan sinar matahari secara langsung. Yang penting tubuh bayi mendapat panas matahari yang cukup, sekalipun berada di lokasi yang agak tertutup.

5. Usahakan untuk melepaskan pakaian bayi saat menjemur. Bolak balikkan posisi tubuh bayi, terlentang atau tengkurap, agar tubuh bayi mendapat sinar matahari yang merata.

6. Temani bayi ketika dijemur. Jangan pernah meninggalkan bayi sendirian ketika dijemur. Usahakan Anda untuk tetap berinteraksi dengan bayi secara komunikatif. Ajaklah mengobrol si bayi walau Anda dikacangin. Langkah ini akan lebih mendekatkan Anda dengan si bayi.

7. Bagi bayi yang lahir prematur, hindari untuk menjemur di bawah sinar matahari pagi. Hal ini disebabkan bayi yang lahir prematur, harus mampu beradaptasi dengan lingkungan luar.

8. Hindari paparan langsung mata si bayi dengan sinar matahari. Sebaiknya posisikan tubuh si bayi membelakangi sinar matahari untuk menghindari resiko kerusakan pada retina mata si bayi.

Dari penjelasan cara menjemur bayi yang benar di atas, bahwasanya proses menjemur bayi merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan bagi ayah dan bunda. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh bagi kesehatan dan pertumbuhan si bayi.

Demikian artikel mengenai cara menjemur bayi yang benar. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel :

- Pengenalan Agama Sejak Usia Dini
- Manfaat Cuci Tangan Bagi Kesehatan

4 comments

judulnya
kayak pakaian aja di jemur
tpi ini untuk kesehatan kan mas. agak ribet ya

Reply

Nggak juga sih, sambil jalan-jalan pagi, kelar

Reply

Saya mbayangin kalau saya punya bayi terus saya jemur sambil dibolak balik ^^. Atau saya jemur terus lupa saya angkat hehe. Piece..^^

Reply

Wah bisa gosong dong mas...

Reply

Post a Comment