Blog dan Kopi, Bagai Simbiosis Mutualisme

Tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia ini dengan berpasang-pasangan. Ada pria ada wanita, ada siang ada malam, ada tinggi ada rendah, ada bagus ada jelek, ada saya ada kamu. Iya... KAMU. Dan saya yakin, masing-masing memiliki peranan yang terbilang cukup penting untuk saling melengkapi satu sama lain.


Begitu juga dengan kopi dan blog. Kalau saya boleh meminjam istilah dari dunia Biologi yang pernah kita pelajari, Simbiosis Mutualisme, artinya hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Memang sih, sepertinya terlalu memaksa kalau meminjam istilah tersebut. Tapi memang begitu kenyataannya, seolah "mereka" berdua memiliki chemistri yang pas ketika disandingkan. Mirip Romeo dan Juliet.

Bagi seorang blogger, teman paling setia dan menyenangkan saat ngeblog adalah menyeruput secangkir kopi dengan ditemani sebaskom cemilan. Tidak heran, aktivitas ngeblog akan terasa semakin bertambah semangat dan menyenangkan. Rasanya bagai disuapin Raisa pakai sendok semen. Begitu menurut pendapat sederhana saya.

Secangkir Kopi - Blog Mas Hendra


Tapi memang seperti itu yang saya rasakan, seolah saya mendapatkan energi baru ketika menyeruput secangkir kopi.

Berdasarkan keterangan yang saya kutip dari situs grosiramazonplus.com, kopi mengandung zat kafein, dimana setelah kita meminum kopi tersebut, zat kafein akan diserap ke dalam aliran darah yang kemudian akan mengalir ke otak. Dengan catatan, sampeyan masih punya secuil otak.

Kemudian, kafein tersebut akan meningkatkan aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, mood, kewaspadaan, tingkat energi, tingkat reaksi dan fungsi umum kognitif (kemampuan dalam berpikir). Selain itu kafein juga dapat meningkatkan adrenalin dalam tubuh kita yang menjadikan tubuh kita siap untuk melakukan aktivitas yang intens. 

Baca juga artikel : Kopi, Dahulu dan Sekarang

Ketika penyakit maag masih betah menemani saya di saat kesepian, saya terlalu pengecut untuk mengambil resiko dengan menyeruput secangkir kopi yang tidak berdosa. Dengan dalih khawatir penyakit maagnya akan kumat.

Namun sekarang, seiring semakin bertambahnya usia Raisa, penyakit maag saya sudah tidak pernah kumat lagi, dan saya pun tampil berani untuk menyeruput secangkir kopi dengan gagahnya.

Sudah menjadi rahasia publik, banyak dari teman-teman sobat blogger yang ngeblog sambil menikmati secangkir kopi, bahkan termasuk saya sendiri. Karena manfaat kopi salah satunya dipercaya dapat membangkitkan 1001 macam gairah dalam melakukan aktivitas, termasuk dalam ngeblog sekalipun. Atau mungkin juga gairah-gairah nyeleneh nan gahar yang lainnya.




24 comments

Saya juga penggemar berat kopi. Setiap nongkrong, apa itu ngblog, nonton atau apalah. Saya pasti selalu ditemani kopi. Tapi bukan kopi hitam ya, karena kata teman saya kalo kopi hitam, kesannya tua banget dit.

Tapi btw mas, saya baca artikel ini ketawa. Kocak banget kata2nya. Menarik mas..




Reply

Iya kalo Dita udah pasti hobi ngopi, hehehe... Saya juga nggak suka kopi item.

Trims ya Dita...

Reply

Biarpun blog saya tagline-nya "Santai, ngopi & berbagi cerita", tapi sebenernya saya justru lebih banyak ditemani air putih saat di depan laptop. Ngopinya kebanyakan pas lagi nongkrong sama temen-temen. :))

Reply

kalo aku sih emang doyan kopi tapi sejak ngekost gak pernah ngopi lagi hihihi entah apa sebabnya

Reply

anjay... masih ada secuilotak
untung otakku banyak ckcck

sayangnya sya nggak suka ngopi mas
pagi aja pas berangkat kerja cuma minum sedikit nggak banyak
saya sih lebih penting air es kalau mau di depan laptop buat bw atau nulis

Reply

aku suda stop num kopi nih, ga tahan klo melek ga bisa tidur

Reply

wah sangat cocok ini gan, ketika suntuk, kopi pun menemani dan menginspirasi hehe salam kenal

Reply

Bener mas, sambil nunggu laptop nyala saya bikin kopi ples cemilan. Nah, itu dosa malam saya yg bikin timbangan naik trs hehe

Reply

((BERTAMBAHNYA USIA RAISA))

Aku suka kopi, Mas Hen. Tapi kalau aku ngerasa kalau gak dengerin lagu pas nulis postingan, rasanya kayak ada yang aneh. Yaaa, mungkin 'kopi'ku itu bukan kopi beneran, Tapi lagu. Hehe.

Reply

Kalo aku mah kagak suka kopi, mending nge teh,,,tapi nge teh juga jarang seh hihi

Reply

Wah, rugi loh kalo nggak nyoba kopi, hihihi.. Saya pagi nge-teh, sore ngopi hahaha

Reply

Ooh kopi lagu, hmmm... Sudah kuduga

Reply

Hehehe, kalo udah urusan perut mah, yang lain minggir....

Reply

Salam kenal juga. Siip lah, pokoe kopi

Reply

Waah, ternyata punya masalah sama gangguan tidur ya,...

Reply

Waw, air es paling maknyoos di saat musim panas gini ya

Reply

Cari tau dulu penyebabnya gih...

Reply

Lebih sehat tuh kalo air putih Mas....

Reply

Dulu juga sering ngblog sambil ngopi, tapi sekarang udah mulai dikurangi minum kopi'a gara" sering pusing abis minum kopi *efek kafein mungkin

Reply

Mungkin terlalu berlebihan sampeyan Mas...

Reply

memang enak pagi pagi ngopi plus jajanan pasar nyruput sambil ngeblog pas banget

Reply

Ditambah hari libur panjang dan suasana ngeblog mendukung, beuuh Mantab banget!!

Reply

mantaps mas, saya juga demikian saat ngeblog di malam hari biasanya ditemani kopi, biar makin encer

Reply

Siip lah, saya suka.. Saya suka

Reply

Post a Comment