Serunya Para Bocah Bermain Kelereng

Sewaktu saya libur kerja, di depan rumah saya selalu saja dipenuhi bocah-bocah yang sedang asyik bermain permainan tradisional. Entah itu main bola, main kelereng maupun mainin hati, eh... SKIP yang ketiga!!


Suara riuh pikuk teriakan bocah selalu terdengar. Menandakan betapa serunya permainan yang mereka mainkan. Apalagi di bulan puasa ini, yang notabene mereka liburan sekolah selama sebulan penuh. Jadi selalu saja suasana ramai sama para bocah yang bermain di pagi hari.

Para Bocah Bermain Kelereng - Blog Mas Hendra
Pekarangan rumah kecilpun nggak jadi masalah

Para Bocah Bermain Kelereng - Blog Mas Hendra
Serunya bermain kelereng bersama

Saat melihat para bocah sedang asyik bermain kelereng, saya jadi teringat masa kecil saya dulu. Dimana kelereng, layangan dan bola menjadi objek permainan yang sangat seru saat itu. Zaman saya dulu nggak kenal yang namanya gadget, lah wong belum ada gadget waktu itu. Taun 1988-1989 bro. Tua amat ya saya. -:)

Baca juga artikel : Memory of My Traditional Games

Ternyata kebersamaan itu sangat mengasyikkan ya. Mereka bisa saling bercengkrama satu sama lain ketika bermain. Nggak ada yang namanya individualistis atau menyendiri. Kerjasama dalam permainan menjadi prioritas bagi mereka. Hmmm... Jadi iri pengen bermain lagi.

Mudah-mudahan permainan tradisional akan tetap dilestarikan oleh para bocah pada zaman kekinian ya. 

Baca juga artikel :

50 comments

Alhamdulillah, ternyata masih ada anak kecil yang megang kelereng, bukannya megang tab atau gadget lain punya orangtuanya....

Sekarang udah jarang banget liat anak main di pekarangan depan rumah. Kebanyakan anak-anaknya senang di rumah sibuk sama gadget. Ponakan aku, si Artha, sukanya main COC, Mas Hen. Pusing kepala Tantenya :(

Reply

Yah mau nggak mau mereka mengikuti perkembangan zaman juga Cha... Kalo pusing minum obat aje

Reply

Tahun 1988-1989 saya aja belum lahir mas :D

Reply

Wew muda sekali Anda wahai anak muda!

Reply

Inget jaman SD ngumpulin kelereng di dalam botol...

Reply

Dibekasi bermain kelereng masih kalah populer sama bermain layang layang mas soalnya jarang ada tempat kosong ada juga jalanan yang sudah dicor

Reply

Kirain ngumpulin jin di dalam botol :(

Reply

Bermain layang-layang malah butuh lapangan bukan?? Bekasi sekarang semakin padat aja ya

Reply

di lingkungan tinggalku juga sama, masih banyak yang maen permainan tradisional atau fisik ketimbang di depan gadget hehe

Reply

Lebih baik bermain di jaman dulu dari pada sekarang. Dulu aja pasti tradisional banget permainannya, lelah tapi menyenangkan dan mengesankan, daripada sekarang, lelah engga, cuman diem didepan gadget dan laptop, beres, tapi gak akan ada keseruannya -__-

Reply

Beberapa bulan lalu pulang kesukabumi lagi musim ini trus nyobain main, eeh pas lebaran kemaren balik lagi kesana malah musim layangan trus ikutan ngejar layangan bareng bocah2 padahal udah tuwir :'D

Reply

Iya pastinya kalo di pedesaan mah permainan tradisional masih laku ya... Seru tuh ngejar layangan

Reply

Kalo sekarang cuma hayalan tanpa fisik ya... Beda sama dulu...

Reply

Wah harus dilestarikan tuh...

Reply

saya jadi ingat waktu sd, itu di sekolah sd saya juara nomor dua di sekolahan kalau mau tanding kelereng, jagonya gila, hahahha
punya berbotol2 kelerng di rumah saya sampai sekrang

Reply

Generasiku masih ngerasain tuh mas (95), dulu SD masih sering main2 kelereng, petak umpet, bola, karet, dll. Tapi memang kemajuan di bid teknoogi sekarang yg membuat pudar. Bahkan sekarang keponakan sy yg berumur 3 th aja mainannya sehari2 tablet krn sama ortunya disuruh di rumah terus. Prihatin-_-
Salam kenal ya mas

Reply

Salam kenal juga..

Iya mau nggak mau kita juga malah mengikuti arus perkembangan zaman ya Mas. Semakin lama permainan tradisional semakin pudar

Reply

Wah enak ya masih punya koleksi kelerengnya, saya mah sudah pada hilang...

Reply

Kelereng sama maen gambaran sudah jd legend sayang bgt ga ada yang melestarikan tergerus zaman bukan kelereng yg dipegang tapi Tab he he

Reply

kalo saya kelereng kurang bisa, sering kalah
hobinya main main tali sama petak umpet

Reply

Nah jadi inget
Kayanya udah lama bener ga pernah liat yang main kelereng. Perasaan jaman kecil dulu hampir tiap waktu main ginian tiap kali musim. Udah hampir punah kah..?

Reply

Iya nih gadget telah "merampas" masa depan para bocah kekinian ya mba...

Reply

Sama. Saya juga paling enak main petak umpet deh

Reply

Betul mas, udah hampir punah loh...

Reply

jadi inget waktu kecil, permainan sewaktu kecil memang seru apa lagi main kelereng, beda sama jaman sekarang, udah jarang banget aku nemuin anak lagi pada maen kelereng

Reply

Pastinya dong mba. Sekarang udah jamannya gadget sih...

Reply

permainan yang udah jarang dimainin sama anak-anak zaman sekarang :)

Reply

Bener banget mba, sudah langka dimana anak-anak bermain permainan tradisional seperti dulu..

Reply

boong itu mas, mas Ilham lahir tahun 70-an.
Beneran.

:P

Reply

Saya juga kangen sama permainan dulu mas. Dimana belom ada gadget dan permainan praktis lainnya.
Saya dulu pernah main kelereng juga sama temen2, pulang-pulang eeh jari telunjuk saya sakitnya minta ampun. Kuku sampe merah2 gitu. Hahaaa cemen banget yak mas.
tapi sebenernya main kelereng seru ya mas.

Hahaaa itu siapa yg mainin hati mas? wkakaa
tahun 88-89 ya mas?
hhhmmmmm saya kayaknya belom lahir. hahaa orangtua juga belum nikah pd tahun itu.

hahaa
hestegberasamuda :D

Reply

Yang mainin hati kaya aku belum pernah bang waktu kecill.. Coba sekarang apa yah? hahaha

Kalau inget permainan tradisonal gini jadi inget ternyata aku udah tua.. hehehe

Reply

disana masih ada yang yah,,, di perumahan saya mah anak kecil nya dah pada nunduk semua hahahaha #melekgadget

Reply

sekarang mungkin banyak ya Mas, xixixi...

Berarti kita sudah termasuk jejeran ;para sepuh ya Mas

Reply

Jadi keinget masa kecil saya dulu suka main di kali sama sawah ahahaha,,,,, anak anak sekarang mah mainanya gadget

Reply

Iya mas waktu kecil saya juga sering main kelereng, layangan.. tapi kalau yang main kelereng di sini sudah langka mas, nah kalau main layangan sekarang di sini lagi musim pada main layangan ya anak kecil ya orang dewasa... :)

Reply

Ya permainan tradisional cuma dimainin kadang-kadang doang sih mas, tergantung situasi. Tapi kalo gadget mah kayaknya hampir di setiap kesempatan ya,,,

Reply

Iya nih jadi inget jaman dulu banget ya mba....

Reply

Nunduk khusyu ngeliatin layar gadget yah??!!...

Reply

Ooh, ternyata lebih sepuh dari saya ya..?! Jadi namanya Ilham ya, selama ini tertutupi dengan nama Chisana..

Reply

Wuih dulu mah permainan lebih seru, bisa bebas lari-larian kesana kemari mencari alamat...

Bocah-bocah sekarang pandai mainin hati, hahaha....

Iya sekitar taun segituan, berarti Anda muda sekali wahai anak muda!!

Reply

Bocah macam apa yang main hati? :(
Walaupun gadget udah menyerang, tapi kayaknya kekuatan permainan tradisional beneran kuat banget ya makanya bisa bertahan sampe sekarang. Yaa walaupun udah agak agak jarang keliatan sih.

Reply

Ya bocah kekinian, hehehe... Iya sih kalo dipertahanin permainan tradisional, pastinya gadget bisa nomor sekian...

Reply

amin semoga saja mas

paling suka tuh main kelereng
apalagi itu juga suka ada tekniknya juga. sampai saat ini saya bisa bikin kelerengnya muter terus mundur ke belakang

Reply

ditempatnya aku mainan kelereng udah kalah saing sama game online·_·

Reply

Wuidiiih, kayaknya jago banget nih maen kelereng, saya mah nggak jago Om...

Reply

Wah beneran, zaman sekarang mah jangan heran, semakin canggih dan permainan tradisional semakin tersingkir...

Reply

Ditempat saya namanya ngadu kaleci.

tapi sekarang perlahan mulai hilang ni permainan, tergerus zaman

Reply

witwiw keren tuh ajarin dong, saya mah ngepasin buat ke kelereng yang dipasang aja suka melenceng

Reply

Sekarang juga masih ada sih, tapi nggak kayak dulu, rame

Reply

Wah, sama mas, saya juga nggak Jago maen gundu

Reply

Post a Comment