Serunya Para Bocah Bermain Kelereng

Sewaktu saya libur kerja, di depan rumah saya selalu saja dipenuhi bocah-bocah yang sedang asyik bermain permainan tradisional. Entah itu main bola, main kelereng maupun mainin hati, eh... SKIP yang ketiga!!


Suara riuh pikuk teriakan bocah selalu terdengar. Menandakan betapa serunya permainan yang mereka mainkan. Apalagi di bulan puasa ini, yang notabene mereka liburan sekolah selama sebulan penuh. Jadi selalu saja suasana ramai sama para bocah yang bermain di pagi hari.

Para Bocah Bermain Kelereng - Blog Mas Hendra
Pekarangan rumah kecilpun nggak jadi masalah

Para Bocah Bermain Kelereng - Blog Mas Hendra
Serunya bermain kelereng bersama

Saat melihat para bocah sedang asyik bermain kelereng, saya jadi teringat masa kecil saya dulu. Dimana kelereng, layangan dan bola menjadi objek permainan yang sangat seru saat itu. Zaman saya dulu nggak kenal yang namanya gadget, lah wong belum ada gadget waktu itu. Taun 1988-1989 bro. Tua amat ya saya. -:)

Baca juga artikel : Memory of My Traditional Games

Ternyata kebersamaan itu sangat mengasyikkan ya. Mereka bisa saling bercengkrama satu sama lain ketika bermain. Nggak ada yang namanya individualistis atau menyendiri. Kerjasama dalam permainan menjadi prioritas bagi mereka. Hmmm... Jadi iri pengen bermain lagi.

Mudah-mudahan permainan tradisional akan tetap dilestarikan oleh para bocah pada zaman kekinian ya. 

Baca juga artikel :


Share This Article


50 comments:

  1. Alhamdulillah, ternyata masih ada anak kecil yang megang kelereng, bukannya megang tab atau gadget lain punya orangtuanya....

    Sekarang udah jarang banget liat anak main di pekarangan depan rumah. Kebanyakan anak-anaknya senang di rumah sibuk sama gadget. Ponakan aku, si Artha, sukanya main COC, Mas Hen. Pusing kepala Tantenya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah mau nggak mau mereka mengikuti perkembangan zaman juga Cha... Kalo pusing minum obat aje

      Delete
  2. Tahun 1988-1989 saya aja belum lahir mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew muda sekali Anda wahai anak muda!

      Delete
    2. boong itu mas, mas Ilham lahir tahun 70-an.
      Beneran.

      :P

      Delete
    3. Ooh, ternyata lebih sepuh dari saya ya..?! Jadi namanya Ilham ya, selama ini tertutupi dengan nama Chisana..

      Delete
  3. Inget jaman SD ngumpulin kelereng di dalam botol...

    ReplyDelete
  4. Dibekasi bermain kelereng masih kalah populer sama bermain layang layang mas soalnya jarang ada tempat kosong ada juga jalanan yang sudah dicor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermain layang-layang malah butuh lapangan bukan?? Bekasi sekarang semakin padat aja ya

      Delete
  5. di lingkungan tinggalku juga sama, masih banyak yang maen permainan tradisional atau fisik ketimbang di depan gadget hehe

    ReplyDelete
  6. Lebih baik bermain di jaman dulu dari pada sekarang. Dulu aja pasti tradisional banget permainannya, lelah tapi menyenangkan dan mengesankan, daripada sekarang, lelah engga, cuman diem didepan gadget dan laptop, beres, tapi gak akan ada keseruannya -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekarang cuma hayalan tanpa fisik ya... Beda sama dulu...

      Delete
  7. Beberapa bulan lalu pulang kesukabumi lagi musim ini trus nyobain main, eeh pas lebaran kemaren balik lagi kesana malah musim layangan trus ikutan ngejar layangan bareng bocah2 padahal udah tuwir :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pastinya kalo di pedesaan mah permainan tradisional masih laku ya... Seru tuh ngejar layangan

      Delete
  8. saya jadi ingat waktu sd, itu di sekolah sd saya juara nomor dua di sekolahan kalau mau tanding kelereng, jagonya gila, hahahha
    punya berbotol2 kelerng di rumah saya sampai sekrang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak ya masih punya koleksi kelerengnya, saya mah sudah pada hilang...

      Delete
  9. Generasiku masih ngerasain tuh mas (95), dulu SD masih sering main2 kelereng, petak umpet, bola, karet, dll. Tapi memang kemajuan di bid teknoogi sekarang yg membuat pudar. Bahkan sekarang keponakan sy yg berumur 3 th aja mainannya sehari2 tablet krn sama ortunya disuruh di rumah terus. Prihatin-_-
    Salam kenal ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga..

      Iya mau nggak mau kita juga malah mengikuti arus perkembangan zaman ya Mas. Semakin lama permainan tradisional semakin pudar

      Delete
  10. Kelereng sama maen gambaran sudah jd legend sayang bgt ga ada yang melestarikan tergerus zaman bukan kelereng yg dipegang tapi Tab he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih gadget telah "merampas" masa depan para bocah kekinian ya mba...

      Delete
  11. kalo saya kelereng kurang bisa, sering kalah
    hobinya main main tali sama petak umpet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Saya juga paling enak main petak umpet deh

      Delete
  12. Nah jadi inget
    Kayanya udah lama bener ga pernah liat yang main kelereng. Perasaan jaman kecil dulu hampir tiap waktu main ginian tiap kali musim. Udah hampir punah kah..?

    ReplyDelete
  13. jadi inget waktu kecil, permainan sewaktu kecil memang seru apa lagi main kelereng, beda sama jaman sekarang, udah jarang banget aku nemuin anak lagi pada maen kelereng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong mba. Sekarang udah jamannya gadget sih...

      Delete
  14. permainan yang udah jarang dimainin sama anak-anak zaman sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, sudah langka dimana anak-anak bermain permainan tradisional seperti dulu..

      Delete
  15. Saya juga kangen sama permainan dulu mas. Dimana belom ada gadget dan permainan praktis lainnya.
    Saya dulu pernah main kelereng juga sama temen2, pulang-pulang eeh jari telunjuk saya sakitnya minta ampun. Kuku sampe merah2 gitu. Hahaaa cemen banget yak mas.
    tapi sebenernya main kelereng seru ya mas.

    Hahaaa itu siapa yg mainin hati mas? wkakaa
    tahun 88-89 ya mas?
    hhhmmmmm saya kayaknya belom lahir. hahaa orangtua juga belum nikah pd tahun itu.

    hahaa
    hestegberasamuda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih dulu mah permainan lebih seru, bisa bebas lari-larian kesana kemari mencari alamat...

      Bocah-bocah sekarang pandai mainin hati, hahaha....

      Iya sekitar taun segituan, berarti Anda muda sekali wahai anak muda!!

      Delete
  16. Yang mainin hati kaya aku belum pernah bang waktu kecill.. Coba sekarang apa yah? hahaha

    Kalau inget permainan tradisonal gini jadi inget ternyata aku udah tua.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang mungkin banyak ya Mas, xixixi...

      Berarti kita sudah termasuk jejeran ;para sepuh ya Mas

      Delete
  17. disana masih ada yang yah,,, di perumahan saya mah anak kecil nya dah pada nunduk semua hahahaha #melekgadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunduk khusyu ngeliatin layar gadget yah??!!...

      Delete
  18. Jadi keinget masa kecil saya dulu suka main di kali sama sawah ahahaha,,,,, anak anak sekarang mah mainanya gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih jadi inget jaman dulu banget ya mba....

      Delete
  19. Iya mas waktu kecil saya juga sering main kelereng, layangan.. tapi kalau yang main kelereng di sini sudah langka mas, nah kalau main layangan sekarang di sini lagi musim pada main layangan ya anak kecil ya orang dewasa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya permainan tradisional cuma dimainin kadang-kadang doang sih mas, tergantung situasi. Tapi kalo gadget mah kayaknya hampir di setiap kesempatan ya,,,

      Delete
  20. Bocah macam apa yang main hati? :(
    Walaupun gadget udah menyerang, tapi kayaknya kekuatan permainan tradisional beneran kuat banget ya makanya bisa bertahan sampe sekarang. Yaa walaupun udah agak agak jarang keliatan sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bocah kekinian, hehehe... Iya sih kalo dipertahanin permainan tradisional, pastinya gadget bisa nomor sekian...

      Delete
  21. amin semoga saja mas

    paling suka tuh main kelereng
    apalagi itu juga suka ada tekniknya juga. sampai saat ini saya bisa bikin kelerengnya muter terus mundur ke belakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuidiiih, kayaknya jago banget nih maen kelereng, saya mah nggak jago Om...

      Delete
    2. witwiw keren tuh ajarin dong, saya mah ngepasin buat ke kelereng yang dipasang aja suka melenceng

      Delete
    3. Wah, sama mas, saya juga nggak Jago maen gundu

      Delete
  22. ditempatnya aku mainan kelereng udah kalah saing sama game online·_·

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beneran, zaman sekarang mah jangan heran, semakin canggih dan permainan tradisional semakin tersingkir...

      Delete
  23. Ditempat saya namanya ngadu kaleci.

    tapi sekarang perlahan mulai hilang ni permainan, tergerus zaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang juga masih ada sih, tapi nggak kayak dulu, rame

      Delete