Etika Berkomentar yang Baik di Blog

Ada seorang teman yang bertanya kepada saya mengenai komentar di blog. Seperti apa kriteria komentar yang baik? Mengapa seorang blogger perlu memberikan komentar yang baik? Apa manfaat yang didapatkan bila kita berkomentar dengan baik? Tentu saja sederetan pertanyaan itu mau tak mau membuat saya berfikir kembali mengenai etika berkomentar yang baik di blog.


Menu Comments - Blog Mas Hendra
Picture taken from Pixabay
Meskipun saya hanyalah seorang blogger baru kemarin subuh, namun saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana sikap kita ketika akan membalas setiap komentar yang masuk ke blog kita.

Baca juga artikel : 6 Manfaat Blogwalking

Sejatinya seorang blogger perlu memperhatikan beberapa tatacara berkomentar yang baik ketika melakukan blogwalking. Dampaknya tentu akan kembali kepada blogger itu sendiri dan secara tak langsung juga akan sedikit banyak mempengaruhi blog yang kita kelola. Dan reputasi kita juga akan dinilai baik di mata blogger lainnya. Yuk ya yuuuk mari.....

1. Hindari menyisipkan link aktif pada setiap komentar

Hindari meninggalkan komentar dengan menyisipkan link aktif. Banyak blogger yang memberikan pesan singkat di bawah kotak komentar di blog yang dikelolanya guna menghindari dari orang-orang yang terbiasa menyisipkan link aktif pada saat berkomentar. Selain itu, banyak juga blogger yang mengaktifkan fitur moderasi komentar untuk menyaring setiap komentar yang masuk. Tentu saja langkah ini dilakukan guna menghindari masuknya link aktif pada kotak komentar yang biasanya bertujuan sebagai bentuk promosi suatu produk, jasa maupun blog mereka. Kehadirannya  tentu saja sangat mengganggu dan dapat dianggap sebagai SPAM oleh Google. Link aktif juga akan menyebabkan kualitas blog kita menurun di mata Google.

Baca juga artikel : Pengertian Link Aktif dan Manfaatnya

Hargai jerih payah blogger yang sudah menulis artikel dengan bersusah payah. Kotak komentar bukanlah tempat untuk mempromosikan suatu produk. Jadilah seorang yang kreatif dengan menciptakan bagaimana agar produknya dapat dikenal luas di dunia maya, bukan dengan cara "nyampah" di blog orang!!

2. Komentar harus relevan dengan isi artikel

Ketika kita melakukan blogwalking, berilah komentar yang relevan dengan isi artikel. Dengan cara seperti ini, tentu saja kita dianggap telah membaca semua artikel sampai habis dan telah mengerti maksud dan tujuan dari isi artikel yang telah ditulis oleh si empunya blog. Jadi bukan hanya sekedar berkomentar yang sangat singkat tanpa membaca seluruh isi artikel, semisal :

- Nice artikel gan
- Sangat bermanfaat
- Terimakasih sudah sharing
- Nice info
- Pertamax
- Ooh jadi gitu ya
- Makasih
- Nice sharing
- dan lain sebagainya

Kalau komentarnya sangat singkat seperti itu, semua manusia di bumi juga bisa gan. Jadi jangan harap mereka akan mengunjungi kita balik bila berkomentar singkat seperti itu. Kalau memang kita mengharapkan respon yang positif dari blogger lain, maka berkomentarlah yang baik dan relevan dengan isi artikel. Saya yakin, para blogger yang lain pun akan senang untuk berkunjung balik ke blog yang kita kelola.

3. Jangan menunggu dikomentarin

Mulailah untuk lebih kreatif dalam berkomentar ke blog teman-teman yang lain. Jangan menunggu dikomentarin terlebih dulu, barulah kita berkomentar balik. Toh mereka juga akan komentar balik ke blog kita. 


Dengan cara seperti ini, secara tak langsung akan terjalin hubungan yang baik antar sesama blogger, meningkatkan traffic blog, menambah teman dan meningkatkan page view blog kita.
 
4. Jangan lupa memberi pujian


Jangan lupa juga untuk memberikan pujian pada setiap artikel yang kita baca. Dengan cara seperti ini, secara tak langsung, kita telah menghargai setiap artikel yang kita baca saat melakukan blogwalking. Selain itu, kita juga akan disegani antar sesama blogger.

5. Beri solusi yang baik

Tak sedikit blogger yang sering mencurahkan isi hatinya melalui blog ketika dihadapkan pada suatu permasalahan. Diujung tulisan, mereka terkadang meminta pendapat maupun masukkan dari para pembaca untuk sedikit membantu permasalahan yang mereka hadapi. Meskipun bukan masalah pribadi dan secara langsung tak dapat memecahkan inti permasalahannya, tapi setidaknya mereka memiliki beberapa opsi dari setiap solusi yang telah kita berikan.

Berilah solusi atau jalan keluar yang mampu kita berikan, meskipun hanya melalui sebuah komentar di blog. Tentu saja mereka juga akan merasa senang dan menghargai setiap solusi yang kita berikan pada kotak komentar, karena sedikit demi sedikit akan mengurangi beban yang menggelayutinya.

6. Balas setiap komentar yang masuk

Jangan lupa untuk membalas setiap komentar masuk yang kita anggap pantas untuk dibalas. Maksud saya, kalau memang komentar yang masuk itu masih relevan dengan isi artikel dan bukan hanya sekedar basa basi atau berisi SPAM, maka berilah balasan komentar yang baik juga.

Meskipun terkadang kita dihadapkan pada rutinitas yang super padat, tetap jangan lupa untuk membalas setiap komentar masuk dari para blogger yang lain. Secara tak langsung, seolah kita akan dianggap memiliki "hutang komentar" dengan blogger yang lain. Tentu saja kita tak mau dianggap sebagai blogger yang SOMBONG bukan? 

7. Hindari berkomentar yang negatif dan berbau SARA

Berkomentarlah yang baik dan positif serta jangan pernah memancing ikan duyung keributan atau kerusuhan di dunia maya. Jangan pernah menyinggung blogger lain dengan komentar yang berbau sampah SARA. 

8. Berkomentar pada postingan yang lama

Biasanya kita akan berkomentar pada artikel-artikel terbaru dari sebuah blog. Tentu saja hal ini masih bisa dibilang lumrah. Tetapi akan lebih baik lagi bila kita juga berkomentar di artikel-artikel lainnya di blog tersebut. Yah bikin blogger lain senang sedikit nggak apa-apa kan. Jadi cobalah sesekali berkomentar pada postingan yang lama pada sebuah blog.

Mudah-mudahan artikel tentang etika berkomentar yang baik di blog dapat bermanfaat bagi Anda semua. Dan juga kita mulai dapat menghargai karya blogger lain dengan berpedoman pada etika-etika tersebut diatas.

Baca juga artikel lainnya :






45 comments

setuju deh sama etika2 nya mas.
Kadang yg bikin kesel itu ya komentar singkat yg kayak di poin ke 2. Kebanyakan reader cuma baca dibagian akhirnya doang.
Kalo udah ada yg komen singkat gitu, jd bingung mau jawab komentar nya gimana :D hehee

Reply

Karena akhir-akhir ini saya sering menemukan komentar spam, akhirnya saya pasang pesan komentar berupa peringatan supaya tidak promo, oot, gaje, dan sebagainya, terutama yang pasang link aktif. Saya pikir, hanya blogger yang "jujur" yang memang berkomentar dengan baik seperti pemaparan diatas.

Reply

artikelnya bermanfaat gan

Reply

Nice inpoh Gan Haha

Ya emang bener bgt Mas, kalau kita ngunjungi atau rajin blogwalking blog kita juga akan nambah page vieuw bukan itu aja sih, nambah teman, nambah ilmu juga

Reply

Yup bener banget Wulandari. Kalo bisa komennya panjang kayak artikel itu sendiri.

Reply

Yup Mas ary. Harus dikasih peringatan dini, biar nggak seenak udele.

Reply

Komentarnya bermanfaat gan

Reply

Waah, bener juga tuh .. saya jadi tau etika berkomentar yang baik itu seperti apa .. makasih sudah di share :)

Reply

Nice komentar Gan Haha..

Yup bener banget gan,

Reply

Ya artikel ala kadarnya mba. Senang saya bisa berbagi

Reply

Jadi nambah ilmu nih tentang Etika komentar di perbloggeran hehehe. Nice Artikel...:)

Reply

yang paling sebel itu ada yang masang link aktif berjubel mas hendra..
langsung tak hapus saja deh biar tidak mengganggu..
hehehehe...

Reply

Kalau "Nice Blogger, Gan!" itu masuk di poin kedua juga gak, Mas Hen?

Aku pernah, komen di blog orang tapi komenku gak dibales. Sementara komen di bawahku pada dibales. Komenku memang sok lucu sih, tapi tujuannya supaya bisa akrab aja, mungkin gara-gara itu kali ya makanya gak dibales. Habis itu aku gak ada mampir ke blognya dia lagi.

Komentar di blog memang harus ada etikanya ya, Mas Hen. Ibarat main ke rumah orang, kita harus ngejaga sopan santun dan gak seenaknya di rumah itu.

Reply

betul setuju, setidaknya berkomentar dengan sopan dan dengan etika , kadang saya juga mendapat komentar yang tidak enak, padahal ya walaupun si pembaca tidak sehati dengan apa yang saya tulis, hanya sekedar memuji atau bersapa kan enak di bacanya, dari pada menyinggung dengan kata2 yang tdk enak

Reply

Mending pasang moderator aja buat komentar Mas eka, jadi kita bisa nyaring komentar mana yang pantas dipublish...

Reply

Kalo cuma komen "nice blogger gan", sama aja nggak baca artikel secara keseluruhan, karena dia nggak tau inti permasalahannya dari artikel itu, makanya cuma bisa komen singkat kayak gitu. Intinya malas baca artikel.

Bisa jadi orangnya belum sempat bales komentar Icha, atau terpana sama Icha, jadi beliau bingung harus balas komentar apa, hahaha...

Ya intinya jangan sampai nyinggung SARA sama perasaan si empunya blog. Kalo saya pribadi sih nggak ngaruh mau komen lucu, komen sedih, komen ngenes saya sih oke aja.

Reply

Makanya saya selalu aktifin moderasi untuk komentar, biar bisa menyaring komentar yang masuk. Kalo komentarnya rese dan rusuh, jangan harap komentarnya saya publish, huahahahaha *ketawa Jin Tomang

Reply

Ahahahaa ya gak sepanjang itu jugaa kali mas :D

Reply

Cha mungkin komen kamu gaib. Jadi gak bisa dilihat mata :D

Reply

Hahaha, yang nulisnya juga gaib kali, jadi nggak keliatan

Reply

Coba kalau semua blogger beretika seperti diatas djiamin siempunya blog akan senang bahkan mungkin saja jadi suka sama blog kita bisa jadi blogger tersebut menjadi pertama yang komentar diartikel terbaru kita contohnya kayak mas hendra kalau komentar diblog saya selalu enak dibaca

Reply

Waduh Mas Dwi terlalu berlebihan, saya jadi enak nih, hehehe...

Reply

jika kita meluangkan waktu sedikit saja untuk membaca dan memahami keseluruhan maksud dan arah artikel yang kita kunjungi, maka bukan hal yang sulit untuk kita menuliskan kata-kata dalam hal berkomentar,
kebanyakan yang mereka lakukan hanya melihat judul saja langsung Scroll kebawah mencari kolom komentar, yang akhirnya ikut-ikutan dengan komentar yang sebelumnya sudah ada dari orang lain,

gak nyambung, gak bermanfaat, yang ada admin akan menghapus komentar itu karena dianggap sampah.

Reply

Betul banget mba. Saya langsung hapus komentar yang ngasal nggak jelas... Lah wong udah capek nulis, komentarnya nggak nyambung, ditambah nyelipin link aktif

Reply

Setujuuuu.....!
berarti aku cukup beretika. Yes! Hihihi..., kalau aku lagi senggang biasanya main ke postingan lama. Dan kalau bisa sih blog temen-temen pakai related post. Jadi di bawah postingan itu muncul postingan yang mirip kaya postingan yang lagi dibuka. Siapa tahu tertarik dan ingin baca. Jadi memudahkan pengunjung buka postingan lama kita. ^^

Reply

Siap!! Saya juga sudah ada related post, silahkan di telusuri artikel-artikel lama saya, hehehe...

Reply

seperti halnya di saya kang. ada sedikit intruksi buat yang komentar.
sayah sangat setuju dengan poin -poinnya. Mantap
cuman saya pribadi yang penting rame . hehehe.
terkadang kalo saya kometar itulah yang melahirkan ide kang.

Reply

Iya sih biar banyak komentator di blog, hehehe. Makasih udah mampir...

Reply

related post artikel terkait menguntungkan y kang. jadi enak mau masuk kemana aja yng ngait :)

Reply

Yup bener banget Mang Aduls... Lebih leluasa

Reply

ah, nggak pernah muji artikel atau penulisnya...
dan jarang ngasih solusi, kalau ada yang curhat suka bngung sendiri gan gimana mau nasehatin...
kalau udah dianggap spam oleh google apa dampaknya tuh gan? apa blog kita bakal dihapus?
dan link aktif dan komkentar singkat
saya pernah gitu dn juga pernah dpet gitu...

Reply

Banyak juga yang bilang seperti itu Mas, info lengkapnya bisa browsing

Reply

ngeri juga kalau di hapus..
padahal bikinnya itu aja susah apalagi nulis artikelnya

Reply

Yup, sebaiknya siapin backupnya juga sih, biar artikel kita juga ada cadangannya...

Reply

Kadang lebih seru baca komentarnya dibanding baca artikelnya. Kalo udah gitu, mo komentarin komen orang takut dikira sok kenal ga dikomen kasian, ya gitu deh. Ala kadar jadinya :D

Reply

Dalam dunia blogger mah sah-sah aja, kan biar tambah rame, yang penting jangan bikin rusuh :p, hehehe

Reply

BACK UP
gimana caraya tuh gan?

Reply

Paling enak sih manual, tulisan kita disalin ke Microsoft Word, dan simpen deh di PC atau Flashdisk atau penyimpanan online, macam Dropbox atau Google Drive....

Reply

oh gitu... ada benenya juga sih.
em.... tapi males kyaknya

hehehe

Reply

Sama gan, saya juga malas, hahaha... *nyuruh orang lain, tapi sendirinya malas...

Reply

ckckc
samaan kalau gitu malesnya ya

Reply

Post a Comment