Pake Kartu XL Bertahun-tahun

Sudah sejak lama saya memakai kartu selular milik operator XL. Saya pun memiliki beberapa alasan tersendiri kenapa sampai detik ini tetap setia dengan XL. Karena sebagian besar keluarga saya memakai kartu operator XL. Tentu saja hal ini sangat membantu memudahkan kami untuk saling berkomunikasi satu sama lainnya.

Jauh sebelum Pak Jokowi menjadi Presiden, saya sudah mencoba beberapa kali menggunakan operator selular yang berbeda-beda, yang memang pada awalnya hanya mencoba-coba, sekiranya mana yang terbaik diantaranya. Boleh dong kalau kita selektif dalam memilih sesuatu.

 
Saya pun pernah menggunakan kartu operator Simpati, Mentari dan IM3 sebelumnya. Belakangan ini, malah sempat terbersit di dalam hati mau menggunakan kartu Remi, namun dicegah secara anarkis oleh keluarga saya. 'WONG EDDIANN' kata mereka.

Seorang Cewek Lagi Telepon

Pastinya saya mempunyai banyak pengalaman (pahit dan manis) saat memakai kartu operator XL selama bertahun-tahun lamanya, berikut penjabaran pengalaman sederhana saya, saat suka maupun duka selama memakai kartu operator XL.

1. Kekuatan sinyal

Kekuatan sinyal ketika berada di daerah atau wilayah tertentu, sudah pasti menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting bagi siapapun ketika akan memilih membeli kartu operator. Mungkin termasuk Anda juga. Kebetulan sekali saya tinggal di wilayah Cirendeu, Tangerang Selatan, dengan kekuatan sinyal yang cukup baik. Sangat jarang mengalami kendala gangguan sinyal.

Ketika mudik ke kampung halaman, sinyal akan sedikit mengalami gangguan. Hal ini sangat wajar, mengingat daerah pedesaan masih didominasi oleh bukit, gunung maupun pohon-pohon tinggi. Tapi masih cukup lancar ketika berinternet ria di Kuningan maupun Tegal, walau tak selancar ketika berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Handphone pun sangat mempengaruhi kekuatan sinyal. Sebagai contoh, dahulu kala sewaktu lebaran di Kuningan, saya sempat memakai HP Nokia keren (pada zamannya) yang notabene memiliki sinyal sangat baik. Terus sempat berganti HP Sony Ericson, tapi sayangnya sinyal si Sony Ericson ini kalah kuat dibanding dengan Nokia, dengan posisi lokasi yang sama.

2. Harga paket internet

Harga paket internet yang ditawarkan oleh masing-masing operator sangat bervarian. Saya yakin masing-masing operator memiliki kelebihan dan kekurangannya soal paket yang mereka tawarkan.

Di XL sendiri, saya selalu mengaktifkan paket internet unlimited seharga Rp. 49.000/bulan. Benar-benar unlimited (tak terbatas) di waktu kapan saja. Tapi ya itu, kadang sebelum masa waktunya (1 bulan) habis, kuotanya sudah mulai melambat. Harap maklum, internet selalu aktif saya pakai.

Selain paket internet unlimited, di XL juga terdapat pilihan paket internet :

  • Super unlimited
  • Super ngebut
  • Hotroad 3G+
  • Paket Opera Mini
  • Paket khusus FB


3. Customer Service (CS)

Pernah sekali complain ke CS-nya. Masalahnya cukup sepele, hanya karena paket internet sudah saya aktifkan, pulsa pun sudah terpotong Rp. 49.000, tapi apa yang terjadi pemirsah!!? Paket internetnya belum juga aktif. Akhirnya dengan inisiatif tinggi, saya menelepon ke CS XL. Di seberang sana terdengar suara operator wanita yang suara merdunya mampu merobek iman dan imron sampeyan. Pelayanannya pun cukup baik dan cepat tanggap. Setelah berkonsultasi dengan CS-nya atas kegelisahan saya, gak berapa lama kemudian masalah saya terselesaikan dengan baik. Sesuai dengan harapan saya.

Memang sudah seharusnya seperti itu, yang namanya Customer Service haruslah membantu menyelesaikan atau memberi solusi kepada para pelanggannya, agar produknya tetap diminati terus dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi intinya mereka-mereka (CS) ini berlomba memberikan pelayanan terbaiknya. Apalagi untuk perusahaan besar sekelas XL.

4. Banyak promo lewat sms

Segala jenis promo iklan berdatangan lewat pesan singkat. Saya gak tahu apakah hal ini juga berlaku pada operator yang lainnya. Yang jelas kadang ada saja promo-promo yang dikirimkan. Yah namanya juga lagi usaha.

5. Paket telepon

Saya selalu mengaktifkan paket telepon dan sms kapan saja. Paket ini seharga Rp. 12.000 untuk jangka waktu 14 hari atau dua minggu. Dengan paket ini, Anda akan mendapatkan durasi telepon selama 100 menit (1 jam 40 menit) untuk sesama pengguna XL dan 200 sms untuk semua operator. Cukup murah memang, mengingat bila saya tak mengaktifkan paket yang satu ini, sudah pasti pulsa saya akan cepat terkuras habis. 

6. Suara jelas

Suara yang dihasilkan ketika melakukan percakapan terbilang cukup jernih dan jelas. Baik itu di kota yang sama maupun dari luar kota Jakarta. Yang penting keduanya memiliki sinyal yang baik. Jarang sekali saya menemui kendala ketika bertelepon ria.

7. Internet lancar

Untuk urusan browsing, baik di handphone maupun di laptop terbilang cukup baik dan lancar. Saya pun sering memanfaatkan USB Thetering (menggunakan Samsung Galaxy Mini 1 sebagai MODEM) untuk berselancar di dunia maya dengan menggunakan Laptop. Hasilnya cukup memuaskan kok.

Itulah beberapa alasan yang membuat saya tetap betah untuk memakai nomor XL sampai tulisan ini dibuat. Pun begitu juga dengan keluarga besar saya. Bagaimana dengan Anda? Yuk sharing pengalaman pahit dan menyenangkan bersama operator Anda di kotak komentar.

Baca juga artikel :

Pentingnya Mengonsumsi Suplemen Bagi Tubuh

16 comments

saya juga sering makek xl, tapi juga sering gonta ganti mana yg kuota banyak dan murah

Reply

Kalau saya pakai telkomsel Mas sebab sinyalnya lebih kuat di daerah saya. Dulu pernah pakai XL di dalam ruangan tidak bisa ngenet.

Reply

Hati-hati jarang sering gonta ganti, nanti kena penyakit... :(

Reply

Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan Mas Ihwan...

Reply

kalo saya pakai axis mas, masih sama juga dengan XL.. udah 3 tahunan pakai axis betah sih apalagi bonus nelponnya

Reply

Iya mba Dewi, Axis dicaplok XL. Susah berpaling yaa

Reply

Yah, gue akui sih, ditempatku jaringan yang kuat ya XL sama Axis, makanya aku pake XL, modem buat internet ini aja pake Axis :D

Reply

Saya juga setia dengan XL tapi kini harus selingkuh ama 3 dan Telkomsel..

Reply

Iya Mas Febri, di tempat saya juga XL signal kuat

Reply

Wah jangan selingkuh dong mas Abu

Reply

Kartu XL bersaing ketat dengan Kartu TRI di daerah saya. Sama sama KUAT SInyalnya.

Reply

Iya pak Asep, yang terkuat yang kita pilih :)

Reply

Akhirnya kembali lagi ke XL setelah pindah ke lain hati.Karena ada waktu luang dibawah jam 12 siang saya pilih super ngebut 5gb+500MB Cuma 30 ribu.Mudah-mudahan seterusnya lancar

Reply

Istri saya juga pake yang paket super ngebut. Dibawah jam 12 siang, saya browsing dan download video, hehehe....

Reply

Buat teleponan sama internetan emang oke sih, kalok XL.. Aku uda 5 tahun pakeknya :D

Reply

Post a Comment