Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Penyebab Blogger Menjadi Galau

5 Hal Penyebab Blogger Galau - Blog Mas Hendra



Apa kabarnya sobat blogger semua?? Mudah-mudahan masih selalu dalam lindunganNya. Aaamiiin... Sebelumnya, saya pernah menulis sebuah artikel sederhana yang berjudul : 7 Hal yang Disenangi Seorang Blogger. Pada artikel kali ini, saya mencoba mengulas masalah sebaliknya, yakni : 5 Hal Penyebab Blogger Menjadi Galau.

Dalam hal peningkatan kualitas blog atau website, pada prakteknya terkadang seorang blogger menemui beragam kendala, di mana kendala tersebut seolah menjadi momok (please dong jangan dirubah huruf vocalnya!!) yang sangat menakutkan bagi setiap blogger. Sehingga membuat banyak blogger menjadi galau di buatnya.

Anda masih penasaran untuk melanjutkannya? Mari kita simak penjabaran saya mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan seorang blogger galau (bukan main). Kita mulai dari hal yang paling ringan sampai yang paling berat. Menurut versi saya.

5. Blog di banjiri komentar SPAM

Sebuah blog atau website dengan ratusan bahkan ribuan komentar yang masuk, bukan tak mungkin rentan terhadap serangan SPAM. Tentu saja hal tersebut mengharuskan sang empunya blog atau website untuk menghapus satu per satu setiap komentar yang mengandung SPAM. Adapun langkah tersebut dianggap kurang efektif, mengingat banyaknya komentar yang masuk dan juga waktu Anda akan habis hanya untuk menghapus komentar SPAM.

Adakah cara yang lebih efektif? Tentu saja ada. Blogger.com sendiri telah mengantisipasi hal ini dengan pilihan pengaturan moderasi komentar. Fitur moderasi komentar ini berfungsi untuk menyaring komentar yang masuk ke blog atau website Anda. Karena setiap komentar yang masuk akan melalui persetujuan Anda terlebih dahulu. Dan Anda pun dapat mem-publish komentar-komentar yang dianggap layak untuk ditampilkan pada blog atau website Anda.

Mengapa banyak blogger yang kurang atau bahkan tidak menyukai komentar SPAM? SPAM yang disisipkan di blog atau website Anda dapat menyebabkan menurunnya kualitas blog atau website di mata Google, posisi artikel di SERP memburuk, karena blog atau website dianggap tidak sehat oleh mesin pencari (SERP) dan menurunnya pagerank serta traffic blog.

Lalu seperti apa ciri-ciri komentar yang mengandung SPAM? Berikut adalah penjelasan singkat ciri-ciri komentar yang mengandung SPAM :

Perhatikan screenshoot gambar berikut adalah salah satu komentar pada blog saya.


1. Menggunakan keyword sebagai nama.
Para spammer tak menggunakan nama akun aseli. Lihat saja gambar di atas, mereka memakai nama produk.

2. Komentar yang sangat singkat dan tak sesuai dengan isi artikel.
Para spammer enggan untuk membaca full artikel, melainkan hanya berniat meninggalkan link.

3. Meninggalkan alamat URL sebagai Signature.
Para spammer meninggalkan alamat URL maupun link aktif untuk berpromosi di akhir komentar.


4. Konten blog dicopas orang lain

Kegiatan copas (copy paste) sepertinya sudah mendarah daging dalam dunia blogging. Sampai-sampai kita tidak pernah mengetahui yang mana sumber artikel yang aselinya. Mengingat begitu banyaknya artikel ganda yang berserakan di dunia maya.


Baca saja artikel yang lainnya tentang : Bolehkah Melakukan Copy Paste Artikel?.

Rasa kecewa tentu saja menggelayuti pikiran Anda, manakala sebuah artikel yang telah Anda tulis rapih yang merupakan hasil ide sendiri, di copas mentah-mentah oleh blogger yang lemah inspirasi. Parahnya lagi, tanpa menyertakan sumber artikel.

Sudah pasti kekecewaan bercampur rasa kesal menjadi satu dalam pikiran Anda. Namun Anda tak perlu risau dan galau, terdapat beberapa cara dalam melindungi konten blog atau website Anda. Mau tahu caranya?? Silahkan baca selengkapnya : Cara Membuat Artikel di Blog Agar Tidak Bisa Diblok (Anti Copy Paste)

3. Artikel tak terindeks mesin pencari

Artikel yang langsung terindeks pada mesin pencari, rupanya masih mendapat tempat di hati para blogger. Betapa tidak, artikel yang Anda publish tersebut langsung terekam jejaknya pada mesin pencari sekelas Google. Apalagi artikel tersebut berada pada halaman pertama Google.

Namun apa yang terjadi bila sebaliknya, artikel malah tak terindeks sama sekali atau bahkan menghilang entah kemana. Hal ini tentu membuat sebagian blogger merasakan kekecewaan dan galau. Karena salah satu tolok ukur kesuksesan sebuah blog atau website biasanya terletak pada artikel-artikel yang telah SEO yang langsung terindeks oleh mesin pencari.


2. Ditolak Google AdSense

Banyak blogger yang merasa kecewa lantaran pengajuan sebagai publisher pada Google AdSense ditolak mentah-mentah dengan berbagai alasan. Bahkan tak cukup sekali, dua kali bahkan berkali-kali. Seperti kita ketahui bersama, Google AdSense masih menjadi primadona bagi para blogger dalam memonetisasi blog atau website, meskipun AdSense lokal pun tak kalah top nya.


1. Blog dibanned oleh Google

Mungkin hal inilah yang dapat menyebabkan kegalauan berkelanjutan bagi seorang blogger manakala mengetahui blog atau website nya telah dibanned oleh Google. Alasan paling klasik, semisal konten blog atau website hasil copy paste, menjadi dasar landasan Google dalam mem-banned sebuah blog atau website. Jadi berhati-hatilah.

Saya rasa cukup sekian artikel kali ini. Kelima hal di atas merupakan hasil pengamatan saya selama menggeluti dunia blogging. Selain kelima hal di atas, tentu saja masih banyak hal lainnya yang mengakibatkan seorang blogger menjadi galau. Menurut versi Anda masing-masing. Silahkan berbagi pengalaman pada kolom komentar sebelum berkomentar itu dilarang.

Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "5 Hal Penyebab Blogger Menjadi Galau"